Halaman

Rabu, 26 Agustus 2026

KULINER MEWAH PRIYAYI BANGSAWAN DI AMAN JIWO RESTO EDISI 6

 Setelah dari Benteng Fort I Willem Ambarawa kami melanjutkan perjalanan ke Magelang.Jarak Benteng Ambarawa ke Aman Jiwo sekitar 59 km ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit.Hujan lebat membasahi Bumi Magelang saat kami di perjalanan menuju Hotel Aman Jiwo yang mewah .Siang menuju sore dibawah rintik hujan kami memasuki area Hotel.Penjagaan yang cukup ketat saat gerbang pertama saja securitynya lansung cek reservasi kami ke Restonya sebelum disuruh masuk dan dibukakan gerbang Mobil masuk.Suara merdu tembang Jawa Klasik dan Gamelan bergema saat kami masuk Restoran dan Bar Aman Jiwo.Terlihat terasnya sangat megah dengan latar Borobudur dan pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah.

https://cafeborobudur.com

 AMAN JIWO merupakan Resort mewah Bintang ***** yang berada di Kabupaten Magelang,Jawa Tengah yang lansung menghadap ke Situs Warisan Dunia UNESCO CANDI BOROBUDUR.Lokasinya : Desa Sawah,majaksingi,kec Borobudur,kab Magelang,Jawa Tengah .Ternyata Aman Jiwo berasal dari kata "Aman" bahasa Indonesia Aman dan "Jiwo" (Bahasa Jawa) artinya Jiwa yang Damai.Dirancang oleh arsitek Ed Tuttle menyerupai Bentuk Mandala dengan sentuhan desain lokal dengan pemakaian Batuan Padas megah nan memikat.

Alhamdulillah diberi rezeki menginjak kaki di Hotel termewah  Para Soultan Soultan AMAN JIWO  *****.Melihat harga untuk menginap 1 malam sangat pricey sayang bayar 1 malam saja .Bisa jalan ke Singapore 1 keluarga bila harganya setara dengan 1 malam menginap di Aman Jiwo.Restonya buka untuk Tamu Hotel jam 07.00-23.00 WIB tetapi buat Umum (Pengunjung) Jam 11.00-21.00 WIB.

Dadakan selama  perjalanan ide muncul untuk mencoba Resto mewah ini.Kita harus reservasi pastinya dengan min order Rp 800 K per orang untuk reservasinya.Kami dipersilahkan memilih kursi meja yang untuk kita pakai.Terlihat tamu tamu Resto hanya beberapa meja saja seperti Tamu Hotel yang menginap.Terlihat Bule Bule manca negara yang menginap disini.Hmm ...

Resto Aman Jiwo ini menyajikan Masakan Nusantara dan Westren tentunya dengan sajian cantik premium dan menggugah selera.Bukan saja untuk Lunch tetapi Breakfast dan Dinner juga mereka menyediakan menu menu istimewa.

Beberapa menu westren di order Faras dan Anisa  dan beberapa Menu Nusantara buat mix matchnya.Sambil menunggu Hidangan order kami datang dengan waktu tunggu 15 menit kita berkeliling dan menikmati suasana Hotel dan Resto.Mencoba Toilet Mewah Hotel Premium ini yang memang sangat wangi dan penuh aroma bunga bungaan premium.

Saat saya ke Toilet sempat menanyakan Mushola Hotel yang mereka punya.Staffnya bilang adanya di area parkiran..Hmm Hotel semegah ini Mushollanya di parkiran..baiklah...

Pelayanan mereka memang Prima,santun dan luwes  dengan memberikan detail Racikan menu yang ditawarkan serta pastinya pilihan Bahan Baku(Raw Material) untuk diracik menjadi menu istimewa dan High Level.Pastinya chef handal ada di dapur Resto mereka.Biasanya mereka mempekerjakan Chef International.Sehingga Harga yang ditawarkan level International.Supaya tidak bikin Mules jadi saat order jangan lupa baca menu detail dan Harga per porsinya.Tolong jangan disamakan dengan warung makan/resto standard di luar karena bikin stress dan gak jadi order.perut keburu mules ya gak sich...

Sajian Priyayi Bangsawan Ningrat membuat serasa kita Bangsawan Jawa yang lagi menyamar jadi Rakyat Biasa eh ..kebalik ya..Kami order Nasi Kuning ,Iga Bakar ,Udang Spagethi,Udang  Bumbu Saos Aman Jiwo, Hot Lemon tea

Setelah semua datang dari Plating yang cantik bikin kita sayang merusak sajiannya.Apa daya perut sudah keroncongan jadi semua hidangan ludes seketika.Porsi pastinya kecil ya..dengan plating mewah di piring cantik membuat cepat habis dan kita memang lapar berat dari Benteng Willem Ambarawa.
Kami memutuskan untuk ngopi cantik dan order cemilan di sini saja karena sudah booking seat juga sayang terlalu cepat meninggalkan resto walau tetap diberikan waktu santap sekitar 1,5-2 jam setelah makanan dihidangkan.
Hotel Resort Aman Jiwo ini memang salah satu Resort Mewah di Indonesia dengan ciri khas memadu padankan keindahan alam di suasana terpencil dan tenang Magelang dengan Konsep eklusif ala Candi candi Jawa yang dipenuhi Batuan Marmer Premium di dinding Hotel dan Restonya.Menurut infonya Hotel Resort ini terdiri hanya 36 kamar desain arsitektur Indo-German dimana Tarif per malamnya mencapai 23 Mio per night..Wow...Kalau bayar dari kantong pribadi sayang banget kecuali ada yang memfasilitasi kita menginap disini.Hayu kemonlah..

Kita review Makanan yang dihidangkan ya..Bila kita lirik secara Price Makanan yang dihidangkan terasa biasa saja dengan Nominal yang dikeluarkan.Tetapi tetap secara rasa ,plating dan tampilannya mewah dan premium.Harga yang dijual sebanding dengan view mewah Candi Borobudur dan pemandangan spektakuler Gunung Merapi.Serta menjual quality Material Resort dan Restonya.Ciamik habiss.
Pelayanan mereka terhadap tamu sangat istimewa dengan ramah mereka menawarkan Handuk Basah saat kita baru duduk dengan serbet wangi ditaruh dipangkuan kita.Inilah standar Table Manner Restoran Mewah dan Mahal pastinya.Intinya bila ingin mencoba experience makan di suasana ambience yang syahdu,private berlatar sawah dengan view indah Candi Borobudur tanpa melihat Price Menu yang ditawarkan boleh dicoba buat pengalaman unik menjadi Priyayi Bangsawan Jawa.

Baik tamu hotel atau pengunjung di Lobby Hotel ditawarkan cemilan Nusantara dan beragam Jamu Jamu serta aneka permainan kanak kanak zaman tempoe doeloe.Terlihat Congklak dan juga belajar membuat mainan dari janur.

Kami hanya bisa menikmati suasana Hotel seputaran Resto saja karena kita tidak punya akses ke dalam Kamar apalagi ke Swimming Poolnya yang ciamik.Penasaran owner Aman Jiwo dimiliki siapa ya.Ternyata Aman Group itu dikuasai sepenuhnya oleh Pengusaha asal Rusia Vladislav Yurievich Doronin (Vlad Doronin) yang dimiliki sejak th 2014.Awalnya Aman Group dimiliki Pengusaha Indo Adrian Willem Zecha 1997 yang akhirnya berpindah ke owner Rusia ini.
Nach kenapa penasaran cari tahu ownernya siapa karena secara Musholla Hotel mewah premium saja tidak punya.Kami mencari Musholla diparkiran karena mau sholat Jamak akhir ternyata oh ternyata Musholla kecil,sesak  dan "Only Driver"...wah Muslim disini dipandang sebelah mata.."kecewaberat".

Rasa kecewa kita tidak bisa sholat di Hotel mewah ini akhirnya buru buru cabut dari Hotel mewah ini untuk kemudian mampir ke Mesjid Agung Jawa Tengah.Hujan lebat masih membasahi Magelang saat kami turun menuju Mesjid Agung Jawa Tengah.Suasana adem,nyaman dan sejuk terasa menular ke sanubari.Melihat megah dan resiknya fasilitas Mesjid Agung ini.Ada rezeki juga saat kami tak pantas "Sholat Jamak akhir" di Aman Jiwo.Dibalas sama Allah untuk mampir ke Mesjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini.Masya Allah.
Alhamdulillah bisa sholat Jamak akhir  dan kemudian menunggu Magrib karena waktunya sudah datang.
Bolehlah mencoba pengalaman untuk menikmati sore di keindahan suasana damai teduh di Aman Jiwo.Cukup perdana dan terakhir kalau melirik Bill yang dibayar Papa Hanif..Reservasi per seat aja 800 K berarti lunch dan ngopi cantik kita hampir per orang 1,5 -2 Mio..ck..ck..Alhamdulilah bisa bayar dengan uang hasil keringat di Pabrik Kemasan..Special untuk Wedding Anniversary kita yang ke 34 th.Barakollah.Jazakillahu Khairan Pa...


To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar