Halaman

Senin, 24 Agustus 2026

MENIKMATI ANEKA KULINER SEMARANG YANG MENGGODA JIWA EDISI 4

Berada di Semarang,Unggaran dan sekitarnya selama 3 hari membuat beberapa kuliner menjadi target kami saat kami menginap di Kota "Lumpia" ini.Beberapa kuliner legendaris Semarang sudah kami coba selama Breakfast di Hotel Tentrem karena Kayu Manis Coffee &Resto menyuguhkan kumpulan  kuliner legendaris Semarang yang membuat tamu tamu Hotelnya tidak perlu berburu Kuliner tersebut di tempat aslinya karena sudah disuguhkan secara apik dan mewah di Resto Hotel Tentrem ini. 

Beragam kuliner dihadirkan dari Sajian khas Semarang Lumpia Semarang,Nasi Ayam Bu Pini ,Asem asem Koh Lim, ,Soto Bokoran komplit dengan sate satenya , Gudeg Abimanyu,Mke Ayam,Bihun Bakso,Es Cream Tolak Angin yang "special",da stand Jamu jamuan "Sido Muncul" pastinya,beragam Salad,Buah dll.Nach bila tidak sempat kuliner keliling Semarang di Kayu Manis Coffe Shop ini sudah tumpah ruah semua kuliner legenda Semarang.(Edisi 3)  https://meciko.blogspot.com/2026/08/suasana-tentram-mewah-dan-nyaman-di.html

Kami kemudian menikmati Kuliner Sea Food Semarang, Ngopi cantik di beberapa Cafe dan menikmati Cafe & Resto  di alam rimbunnya Unggaran.Inilah beberapa Kuliner yang kami coba selama di Semarang al: 

 1. CAFE TANAMERA

2.KURNIA SEA FOOD

3.KAYOE EATERY UNGGARAN

4.WATU COFFE & ROSTER

5.GAMA IKAN BAKAR & SEA FOOD

1. CAFE TANAMERA

Cafe Tanamera ini berada di Lobby Mall Tentrem yang menyatu dengan Hotel Tentrem ketika kami harus menunggu jadwal waktu Check in yang ontime Jam 15.00 .Sehabis makan siang di D'Kambodja Heritage perut sudah kenyang sebenarnya tapi mata mengantuk dan lelah sehingga kita memutuskan ngopi cantik dan leyeh leyeh sebentar di Cafe bernuansa Merah menyala ini.Ternyata Cafe Tanamera ini sudah banyak cabang di kota kota besar  di beberapa Mall besar Jakarta .Konsep Cafe Tanamera ini menjadikan Indonesia terkenal dengan kopi spesialnya .Menjadikan yang terbaik di Tanah Vulkanis merah menjadi dasar nama "Cafe Tanamera".Kepulauan Nusantara yang memiliki tanah subur untuk menanam Kopi special di bumi Nusantara.

Beberapa Varian Kopi yang ditawarkan disini al: Cofee Bean,Kopi Bag,Kopi Tubruk,Kopi Kapsul,Kopi Konsentrat ,Hampers dll.Selain varian Kopi cafe ini juga punya makanan kekinian generasi Z dan milenial.Sayang kita sudah kenyang hanya order Nachos,Pisang Goreng dan Kopi Panas tentunya.Terlihat menu yang merekaa tawarkan sangat beragam Chicken Burger,Club Sandwich,French Fries,Chicken Wings,Chicken Salted Egg Rice Bowl,Chicken Balck pepper Rize Bowl,aneka ,Beragam minuman Java Tea,Jasmine,Lychee,Lemon,Earl Grey,Oolong,Chamomile  ,TC Water tentu  saja aneka Kopi Espresso,Americano,Iced Americano,Latte dll.Tidak saja makanan kekinian tetapi aneka nasi juga tersedia bila kia mau makan berat Nasi Goreng Tannmera,Nasi Goreng Buntut,Nasi Goreng Iga,Sop Buntut dan banyak lagi.
Sambil santai melepas penat berangkat dari Bekasi pagi hari dan melihat lalu lalang orang yang lagi main ke Mall Tentrem.Apalagi Mall tentrem menghadirkan Aquarium raksasa di lantai atas dengan kaca transparant sehingga menjadi ajang gratis saat pengujung memasuki Mall Tentrem.Setelah  waktu mendekat jam check in kita beranjak kembali ke Lobby Hotel  untuk mendapatkan Kunci Kamar untuk istirahat sore.

2. KURNIA SEA FOOD

Biasanya kalau kami dolanan ke Semarang selalu menjadi Pilihan Kuliner hits di Semarang yaitu " Restoran Kampung Laut" Sensasi kuliner ala Sultan kembali dihadirkan Kurnia Seafood Semarang.Tapi kali ini kita pingin coba Sea Food lain yang juga terkenal di Semarang.Kurnia Sea Food bukan saja ada di Semarang tetapi ada di Jogya,Bandung,Surabaya,Bali dan segera dibuka di Jakarta .Berada di Lokasi                    Jl Kompol Maksum No 3000,Peterongan,Kec Semarang Selatan,Kota Semarang. Kami memutuskan makan malam saat pertama sampai di Semarang .Setelah mandi sholat magrib kita menuju Kurnia Sea Food.Terlihat Papan nama Restonya sangat besar dan eye catching dengan tulisan merah di KURNIA SEA FOOD

Restoran ini merupakan resto yang cukup mewah di Semarang.Area Indoor dengan AC,Outdoor,Gazebo ada ruang VIP,Playground,Mushola,Toilet dan parkir yang luas.Nach saat kami masuk Menu yang paling Premium dan salah satu Menu wajib dicoba " KING CRAB SULTAN".Menu premium ini berasal dari Alaska King Crab salah satu kepiting raksasa yangmempunyai daging tebal,manis tetapi tekturnya sangat lembut.Harga yang dibandrol Rp 289.900/ons..hmm.. berarti 1 kg hampir 3 juta..wow..pricey sich tapi penasaran kalo tidak mencobanya.

Beragam resep khuss Bumbu special Khas Kurnia bisa kita pilih untuk hidangan Sea Food al: Saus Kurnia,Saus Mango,Steam Tamarin,Sambal Dabu Dabu,Saus Tiram ,Steam Hongkong ,Kuah Gulai,Saus Padang Khas Kurnia dan Bakar Kecap.Wah banyak lagi yang lain.Uniknya resto ini menyediakan Bar dengan aneka bumbu sea food.

Paket yang ditawarkan setengah porsi dengan berat 4-8 ons.Pilihan isi seperempat bagian daging King Crab yang dipadukan dengan 1capit 1 kaki atau 2 kaki.Paket tsb diberikan dengan Free 1 porsi Mantou.Mantou ini roti khas  berasal dari Tiongkok yang bertektur lembut tanpa isian dan biasanya digoreng atau dikukus dan dihidangkan saat panas.Nach makannya Mantou ini dicocol ke King Crabs saat panas...unik ya..
Beberapa menu yang dihidangkan dan banyak dipesan al:
*Kepiting Saus Garlic Caramel
*Kepiting Saus Kurnia
*Kerapu Cantang Saus steam Temarine
*Udang Saus Kurnia
+Kakap Merah Saus Stream Hongkong
*Kerang Bakar Saus Jimbaran
*Cumi Saus Padang
*Kepiting Saus Lada Hitam
Beragam Jenis Ikan,Lobster,Kepiting,Cumi ,udang yang masih segar malah masih hidup di aquarium  sehingga menunya selalu segar,fresh dan pastinya saat panas lansung disantap pengunjung resto.

Selain King Crab Premium tadi Faras juga memilih Udang segar,Ikan Kerapu,Cumi ,Kerang  Tiram dan sayur pastinya.Hampir semua makanan yang dihidangkan enak ,lezat dan mantabs.Naampol pastinya.Sayang bedanya untuk mencari View dan Suasana tepi laut masih "juara" resto Kampung Laut  tetapi secara makanannya lebih special di Kurnia Sea Food.Beda Rasa beda gaya..pastinya.
3.KAYOE EATERY UNGGARAN
Kayoe Eatery Unggaran berlokasi di Jl Kedung Glagah No 30 ,Kamang-tengah,Lerep,Kec Ungaran Barat,Kab Semarang.Kami kesini setelah Papa Hanid dan Faras habis sholat Jumat di Mesjid Raya Baiturahman dan siangnya kita memilih menuju Ungaran yang sejuk.Kayoe Eatery at The Backyard merupakan resto hidden Gem di Semarang karena berada sedikit melipir ke Ungaran tetapi jauh dari keramaian serta resto yang dikelilingi pohon pohon rindang ,teduh dan sejuk.Saat kami parkir resto ini sangat teduh dan rindang dengan pilihan tempat duduk indoor dan outdoor dengan desain Tropical cantik.Ada beberapa fasilitas resto seperti Mini Zoo,Kids Friendly.Area Parkir yang luas,Toilet,Stop Kontak,Wifi,Spot Foto dll.
Kami memilih meja kursi di indoor masih bersisian dengan outdoor dan tamannya karena tadi terlihat gerimis kecil membasahi Ungaran.Area indoornya di desain Tropical dengan lukisan daun daun artistic di dinding resto.Banyaknya pot pot tanaman hijau di sudut ruang memberikan kesan fresh segar dan alami.Setelah kita memilih menu makanan yang secara jumlah dan porsi tidak banyak.
Tetapi hampir 1 jam makanan kami belum dihidangkan juga.Bahkan minuman sudah mulai habis.Ternyata Nasi restonya habis dan harus masak lagi tetapi mereka tidak"jujur " info ke kita sehingga makanannya sudah dingin karena menunggu Nasi yang belum matang.Sayang tidak info dan kami kelaparan sehingga saat dihidangkan nafsu makan kita jadi hilang akibat team servis Resto ini tidak gercep dan tidak  jujur..walah.Secara suasana nyaman,menunya juga variatif sayang saja pelayanannya perlu ditingkatkan lagi.

4.WATU COFFE ROSTER

Setelah makan siang di Ungaran kami memutuskan jalan ke daerah Lerep.Persisnya ke Watu Coffe Roster yang berada di Wisata Watu Gunung.Lokasinya persisnya di Lerep Satu,Lerep,Kec,Ungaran bar,Kab Semarang Jawa Tengah.Lerep ini berada dekat dengan Gunung Ungaran sehingga udaranya sejuk .Perjalanan melewati banyak epohonan dan daerah perbukitan yang membuat kita serasa menuju kampung halaman.Watu Gunung ini menjadi tempat wisata alam yang sering dikunjungi masyarakat Semarang dan sekitarnya. wisata dengan berbagai fasilitas.

Ternyata Kawasan wisata ini sudah ada sejak th 2004 yang awalnya berupa villa pribadi  yang kemudian berkembang menjadi tempat wisata.Mulai fasilitas area Parkir, Kolam rengang,Villa,Joglo,Villa,Aula,Toko Souvenir dan salah satunya buat ngopi cantik di sore hari ini Watu Coffe Roster.

Bila kita cuma ke Cafenya saja kita tidak dikenakan Biaya Masuk ke Lokasi Wisata.Jadi kita lansung masuk ke Cafenya lansung tanpa masuk ke areal wisatanya.Kami memesan Kopi panas dan minuman dingin serta cemilan menemani kopi hangat kita sore ini.Ciri khas bangunan jawa dengan Joglo terasa kental .Bangunan Joglo terdapat di setiap sudut objek wisata yang luasnya 3,5 Ha.
Saat menikmati Kopi Panas dan cemilan ala kampung hujan deras membasahi bumi Watu Gunung.Sampai senja mulai merambat kami menuju Mobil untuk kembali ke Kota Semarang hujan deras masih belum reda.Kita meninggalkan Watu Gunung sudah senja.Kami mampir di Paradise Butik yang berada di Kota Semarang.batik ini memang langganan Papa Hanif jadi mumpung di Semarang mampir sejenak untuk melihat motif motif anyar Paradise dan "ngebungkus" 2 helai Atasan Lengan Pendek yang jadi Baju Harian di Pabrik.

5. GAMA IKAN BAKAR &SEA FOOD

Setelah dari Butik Paradise dan hari mulai malam saatnya kami makan malam terakhir di Semarang sebelum besok kami Check out untuk melanjutkan perjalanan ke Wonosobo dan Dieng.Kita memutuskan tidak perlu pulang ke Hotel lanjut saja ke sebuah Resto Sea Food yang berada di tepi Pantai Kawasan AwwanCosta POJ City Semarang.Awwan Costa Semarng merupakan Kawasan  Ekowisata dan Lifestyle tepi laut yang berada di POV (Pearl ov Java) City,Marina ,Semarang.Gama Ikan Bakar &Sea Food ini merupakan Cabang baru yang berada di kawasan wisata terbaru.

Gama Ikan Bakar &Sea Food ini merupakan Cabang baru yang berada di kawasan wisata terbaru.Perjalanan malam hari ke kawasan baru dengan jalanan yang masih belum rapi dan sepi seperti kawasan sunyi.Barulah sampai di Jl Paradise Kawasan Bibir Pantai baru terlihat lampu lampu resto kerlap kerlip.Sayang kami datang tidak saat sunset yang pasti vienya cantik di tepi pantai ini.Kita sampai disini hampir jam 19.an .Awalnya saya lebih tertarik duduk di luar memandang ke pantai tetapi gelap dan angin kencang malam hari akhirnya mengalah untuk memilih indoor dalam resto dengan pemakaian AC  di ruangan yang luas.

Awalnya saya lebih tertarik duduk di luar memandang ke pantai tetapi gelap dan angin kencang malam hari akhirnya mengalah untuk memilih indoor dalam resto dengan pemakaian AC  di ruangan yang luas.

Kita memilih menu Udang Bakar madu,Cumi Goreng tepung,Toge ikan asin,Cah kangkung,Ikan bakar .Menu sea food yang menjadi andalan disini mulai Ikan Bakar,goreng" dan olahan laut yang segar dan pastinya fresh.Lokasinya sangat bagus bila kita datang saat Sunset,Tempatnya luas, makanannya enak serta cepat pelayanan dibandingkan saat makan di Ungaran.

Barangkali kalau kawasan ini sudah semakin ramai maka resto resto di sini semakin penuh.Inilah beberapa kuliner Semarang yang kami datangi selama 3 hari di Kota "Lumpia" ini.Cukup mewakili kuliner andalan Semarang ditambah lagi kuliner Legenda yang sudah dihidangkan Hotel Tentrem lansung ke Dapurnya di Resto Kayu Manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar