Halaman

Senin, 29 April 2013

FANTASTIC & FUN TURKIYE WITH NAUFAL.....Beautiful Tulips.... (I)




    DAY 1: 12 APRIL 2013

   FRIDAY (JKT -    ISTANBUL)



Hari ini masih ngantor di antar Faras..sudah janjian siang after Jumatan Faras jemput ke JHHP untuk lansung berangkat ke Airport kebetulan dia libur karena anak Kls 3 persiapan UAN..Koper full titipan Naufal sudah penuh berikut 2 Hand Carry dari Golden Rama(GR) Travel siap ditaruh di mobil biar gak ada yang lupa.

Kebetulan Naufal juga dapat Hand carry dari GR walaupun dia cuma Land Tour Turkiye aja.Sesuai perjanjian Naufal akan berangkat Jumat pagi dari Jerman pakai Turkish Airlines .Hanya 2 jam saja dari Kotanya sampai di Istanbul duluan dari Group kita.
Butuh perjuangan cukup alot untuk pengajuan proposal  ke Papanya agar dia joint ke Turkiye  karena dia masih Ujian Mid Semester dan pertimbangan  terakhir Lebaran mau pulang ke Indo.
Tapi hati seorang Ibu yang sudah berpisah 1,5 thn. cukup  lama menahan rindu dan kangen.Kalau Doi sempat ketemu Mei’12 saat ada Euro Packaging Fair   dan mereka pergi  travelling bareng  ke  East Europe juga. Benar” putus jantung amaknyo  menahan rindu bercampur taragak.. edisi wwwlebaydotcom
Sampai last minute untuk pendaftaran Land tour ke GR (Tasya).Baru berani menyampaikan isi hati ke doi..itupun pakai diskusi dulu dengan adek”nya.Gimana agar “Mama” bisa ketemu Abang dan direleased Proposalnya.
Alhamdullilah pagi” pas ngopi before ngantor akhirnya Proposal disetujui .Horeeee…akhirnya Naufal bisa joint ke Turkiye.
Setelah bayar Land Tour dia 8 hari Plus 1 Night  nginap Hotel WOW (Hotel ****)
Dekat Airport untuk 1 Night bayar cash  dari Indo .Hotelnya sangat mewah untuk ukuran bujang yang perlunya hostel ala Backpacker..Tapi karena itu standar GR mau gak mau harus manut karena diurusin oleh Global Travel Service(GTS)..Perusahaan joint dengan  GR di Turkiye.Semuanya diurusin oleh GR  diluar ticket PP dia ke Turkiye  dan VoA(Viskal on Arrival)nya. Tks a lot for your help Tasya…
Setelah ada kepastian dia mau ke Turkiye  berbagai pesanan segera dicariin…benar” gak mau rugi nic…full pesenan  sepatu,baju,celana jeans,kaos kaki,CD de el el…wah hemat abiez deh dia…
Tambah lagi Bagasi Turkish ke German 35 kg..cukup besar…buat bawa ole”,makanan,pakaian dari Indo.Hampir semua isi koper berisi titipan Naufal…Dendeng,Sambal lado,Keripik,Abon, Kering kentang, Kacang tojin,Kacang Balado,bumbu” pemasak,sambal terasi,sambal botol  dll…dan juga titipan Mama Rifat Jamu Tolak Angin 2 duz hehehe…Rifat penikmat Jamu tolak angin nic..
Back to journey..

Setelah appointment dengan Tour Leader Mas Achmad Kosasih di Gate 2DE Terminal 2 Soeta.Jam  16.00 WIB dekat Resto  Tonny & Jack.
Pas jam 16.00 sampai di Soeta jalanan yang cukup ramai..Berkumpul dengan Group 24 org dan bagi” Ticket serta Pasport..Masukin Bagasi akhirnya Hand Carry Naufal  + Koper masuk ke Bagasi aja.
Ketemu dengan Group Eroupe (West Europe Th2011) dulu  yang kembali lagi janjian jalan bareng.Bu Hajar,Bu Nani Dirman, Bpk& Ibu Agung dari Denpasar(Group Bali ) .Kita 6 orang include Naufal.Heboh dan kangen”an pasti…
Menggunakan Singapore Airlines.Maskapai Penerbangan yang Bonafide dan terpecaya 
 SQ 963 12 Apr CGK_SIN 19.05_21.40.Seat 50 H .                           
 Setelah Boarding Jam 18.00 untuk terbang Jam 19.05 WIB.Hanya butuh waktu 1 jam 20 menit kita sudah mendarat  mulus di Changi Airport


Day 2; 13 April’13                       
SATURDAY    
(ISTANBUL-HIPPODROME-BLUE MOSQUE-ST SOPHIA CHURCH-
TOPKAPI PALACE-CANAKALLE)

Kita transit selama 4 jam di Changi  Airport.untuk lanjut penerbangan SQ 392  13 April SIN-IST



(01.50-07.45) seat 41 C .Menikmati fasilitas Wifi ,nonton film dan tidur”an di kursi empuk Changi sambil menunggu waktu Boarding.

Waktu SIN dari JKT(WIB)  lebih cepat 1 jam. Sementara waktu Istanbul (Turkiye) lebih lambat 4 jam dari WIB.
Kalau kita berangkat Jam 01.50 Waktu SA berarti di JKT Jam 12.50 WIB.di Istanbul Jam 08.50 .
Menaiki Maskapai Singapore Airlines dengan pesawat Air Bus sangat lengkap dan modern.Berbagai fasilitas music, film serta info Flight .Berbagai fasilitas menu dari Breakfast,Lunch dan Dinner semua lengkap tinggal bebas pilih sesuai list di Map ordernya, snack,minuman full lengkap. Tambah awal datang kita sudah disuguhi Handuk lembut yang panas dan basah untuk lap muka/ tangan.Ada selimut,bantal,kaus kaki,sikat gigi,odol,dan ear plug…Full facilities…
Tak putus”nya kita menikmati suguhan dari Pramugara/Pramugari SA yang cantik,super lansing dan ramah.Beda harga pasti beda fasilitas…so pasti itu..
Menuju Istanbul( TAV Airport) menempuh waktu 11 jam perjalanan.Tanpa terasa karena diselingi nonton film,dengar music,ngobrol, makan,minum tak lupa sholat dan zikir tentunya….
Landing sangat mulus di TAV Airport dengan  tepuk tangan  riuh penumpang..Barangkali ini style khas untuk penghargaan ke Pilot yang telah melakukan Landing pesawat dengan mulusnya…Alhamdullilah..sudah terasa bau Turkiye.  Türkiye.. yang dijuluki “ A GATE WAY TO PARADISE”
Ambil Bagasi dan lansung  urus VOA(Visa on Arrival)  25 USD oleh TL Mas  Achmad.Oh ya kalau kita ke Turki Visanya bisa lho lansung diambil saat kita sampe di Airportnya.Visa on Arrival berlaku selama 30 hari kunjungan di Negara ini. Jadi gak perlu ribet ngurusin Visa Turkiye di Jakarta…
Segera ke lokasi Money changer karena mata uang Turkiye Lira sangat jarang ditemukan di Jakarta.
Kurs hari ini yaitu:
 1 _USD: 1,72  T.Lira . setara dengan 1 TL= Rp 5.700.
Kebetulan bawa 1.000 USD sekalian deh dituker lansung ke  Lira =  1720 TL.Setelah ambil bagasi dan bebenah cuci muka dan toilet.Kita gak mandi disini.Ntar sore aja di Hotel.Siap untuk City Tour…
Di gate utama sudah menunggu Naufal dan Tour Guide Local  Mr Murad. Sepertinya mereka sudah kenalan dan ngobrol banyak  .Wah sempat kaget liat Naufal makin tinggi ,badannya berisi dan putih…Ibu” di group semua  bilang Ganteng abiezzz..apa iyaa…ciapa dulu donk Mamanya…xixixixi. Edisisombongdotcom..
Setelah melepas kangen dan peluk cium sambil kenalin ke teman” Group selain Group Bali tentunya yang sudah kenal Naufal saat ke West Europe dulu Th 2011 semuanya pangling liat Naufal ...Kita siap meluncur untuk City Tour hari ini.
Ditemani Tour Leader Local Murad asli Turki Ibu Moslem dan Bapak Katholik seorang Diplomat  .Dia sendiri Kristen bisa Bahasa Indonesia mix English karena pernah tinggal di Bali dan Jogya berapa bulan untuk belajar Bahasa.Sudah keliling dunia puluhan Negara..wahh..Ilmu bumi dan Sejarahnya pasti TOP BGT deh…dengan Bus wisata dari Global Tour Service(salah satu Travel Agent  terbesar di Turkiye) serta   drivernya si Ganteng nan cool Mr Tunjai…

Bus yang dilengkapi Wifi gratis(Turcell Vinn) dilarang upload foto biar ngirit …tetap aja bandel selama perjalanan upload juga deh.. ,disediakan minuman air mineral 1 botol/org/day.Serta kursi yang nyaman dan bersih,apik,sopirnya resik abiezzz.

Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.
·      Bangsa Turki mulai bermigrasi ke daerah yang dinamakan Turki pada abad ke-11. Proses migrasi ini semakin dipercepat setelah kemenangan Seljuk melawan Kekaisaran Bizantium pada pertempuran Manzikert. Beberapa Beylik (Emirat Turki) dan Kesultanan Seljuk Rûm memerintah Anatolia sampai dengan invasi Kekaisaran Mongol. Mulai abad ke-13, beylik-beylik Ottoman menyatukan Anatolia dan membentuk kekaisaran yang daerahnya merambah kebanyakan Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara. Setelah Kekaisaran Utsmaniyah runtuh setelah kalah pada Perang Dunia I, sebagian wilayahnya diduduki oleh para Sekutu yang memenangi PD I. Mustafa Kemal Atatürk kemudian mengorganisasikan gerakan perlawanan melawan Sekutu. Pada tahun 1923, gerakan perlawanan ini berhasil mendirikan Republik Turki Modern dengan Atatürk menjabat sebagai presiden pertamanya.
·         Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur tanah di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang semakin tumbuh.
·         Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu. Turki telah berangsur-angsur bergabung dengan Barat sementara di saat yang sama menjalin hubungan dengan dunia Timur. Negara ini merupakan salah satu anggota pendiri PBB [4], Organisasi Konferensi Islam (OKI), [5] OECD, [6] dan OSCE, [7] serta negara anggota Dewan Eropa sejak tahun 1949, [8] dan NATO sejak tahun 1952. [9] Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963. [10] Turki juga merupakan anggota negara industri G20 yang mempertemukan 20 buah ekonomi yang terbesar di dunia.
                                                                                                                                      
Cek itinerary GR yaaa..

 FUN TURKEY
10 DAYS ISTANBUL TO ISTANBULISTANBUL, CANAKKALE, IZMIR, KUSADASI,
 EPHESUS, PAMUKKALE, KONYA, CAPPADOCIA, ANKARA
DEPARTURE BY SQ : 12 APR 2013

INCLUDE :
-BOSPHORUS CRUISE
Exluded:
 -Hot Ballon Capadocia
 -Belly Dance

HARI 01 : JAKARTA - ISTANBUL                                                                                                                                                      
Berkumpul di Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk berangkat bersama-sama menuju kota Istanbul

HARI 02 : ISTANBUL - CANAKKALE
Setibanya di Istanbul, Anda akan langsung kami ajak untuk city tour menuju Hippodrome, Blue Mosque mesjid terbesar di Istanbul, St. Sophia Church gereja yang pernah berubah fungsi menjadi Mesjid, dan dilanjutkan dengan mengunjungi Topkapi Palace yang merupakan istana Sultan jaman dahulu. Perjalanan dilanjutkan menuju kota Canakkale untuk bermalam. (MS/MM)
HARI 03 : CANAKKALE – IZMIR - KUSADASI
Pagi hari Anda akan diajak untuk melihat area yang dahulu dipercaya sebagai kota Troy yang sangat terkenal. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Kusadasi untuk bermalam, sebelumnya Anda akan diajak mengunjungi St. John’s Basilica dan House of Virgin Mary yang dipercaya sebagai rumah Bunda Maria setelah Yesus Kristus wafat. Anda pun berkesempatan untuk memperoleh oleh- oleh khas Turkey, Turkish Delight dan Leather products terbuat dari Baby Lamb Skin yang terkenal di Turkey . (MP/MS/MM)

HARI 04 : KUSADASI - EPHESUS - PAMUKKALE
Pagi-pagi Anda akan diajak untuk menuju Ephesus untuk melihat Ephesus Ancient City yang merupakan reruntuhan kota terbesar Romawi di bagian Timur. Kemudian Anda akan diajak untuk menyaksikan keajaiban alam Cotton Castle yang merupakan terasering yang terbuat dari hasil aliran air belerang dan sulfur, yang berada di area Hierapolis, reruntuhan kota di jaman Romawi dimana Anda juga bisa menjumpai Cleopatra’s Pool. (MP/MS/MM)

HARI 05 : PAMUKKALE – KONYA - CAPPADOCIA Sebelum menuju Cappadocia, Anda akan diajak melewati kota Konya untuk melihat Museum Mevlana. Setelah itu Anda akan diantar menuju hotel di Cappadocia untuk bermalam. (MP/MS/MM)
HARI 06 : CAPPADOCIA
Pagi hari ini, Anda berkesempatan untuk menikmati keindahan Cappadocia dengan menggunakan Hot Air Baloon (Optional dan jika Cuaca memungkinkan). City Tour hari ini Anda akan melihat Underground city of Sartli yang merupakan salah satu kota bawah tanah di Cappadocia, Goreme Open – Air Museum, Pigeon Valley dan Uchisar Village. Kemudian bila waktu memungkinkan, Anda akan diajak untuk mengunjungi tempat pembuatan karpet, jewelery Turquoise dan pottery yang merupakan oleh – oleh khas Turki. (MP/MS/MM)

HARI 07 : CAPPADOCIA – ANKARA
Pagi hari menuju Ankara. Setibanya disana Anda akan kami ajak untuk mengunjungi Ataturk Mausoleum yang merupakan tempat dimakamkan Presiden Republik Turki I. (MP/MS/MM)
HARI 08 : ANKARA – ISTANBUL
Hari ini Anda akan langsung diantar menuju kota Istanbul. Setibanya di Istanbul Anda akan menikmati Bosphorus Cruise, untuk melihat keindahan Istanbul bagian Asia juga Eropa. Dilanjutkan dengan berbelanja di Grand Bazzar yang merupakan pusat perbelanjaan di Istanbul sejak jaman Ottoman (MP/MS/MM)

HARI 09 : ISTANBUL - JAKARTA
Pagi hari ini Anda akan diantar ke Bandara untuk kembali ke tanah air (MP)
HARI 10 :JAKARTA
Hari ini Anda tiba di Jakarta dengan membawa kenangan indah wisata bersama Golden Rama. Terima Kasih atas partisipasi Anda dan sampai jumpa di acara wisata lainnya.

.Simak sejarahnya yaa..

Turkiye  merupakan negara yang unik dan menarik untuk di kunjungi. Satu-satunya negara yang berada di 2 benua sekaligus, yaitu benua Eropa dan Asia (Euroasia) yang membentang dari semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai wilayah Balkan di Eropa Tenggara. Laut Marmara adalah batas antara Turki bagian Asia dengan Turki bagian Eropa. Ibukota Turki adalah Ankara, namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Ini disebabkan karena Istanbul berada di lokasi yang strategis yaitu di persilangan 2 benua. Budaya Turki merupakan perpaduan budaya Barat dan Timur.

Istanbul merupakan salah satu kota terbesar di Turki. Walaupun bukan sebagai ibukota Turki, namun ia merupakan kota terpenting di negara ini. Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke Istanbul karena banyaknya tempat yang menarik yang tidak dimiliki oleh negara lain. Ya, sejarah yang kaya telah membuat Istanbul menjadi European Capital Culture pada tahun 2010. Apabila anda tertarik akan sejarah, Istanbul merupakan suatu destinasi yang tepat untuk belajar sambil travelling. Latar belakang Istanbul yang pernah dikuasai oleh berkunjung ke Istanbul karena banyaknya tempat yang menarik yang tidak dimiliki oleh negara lain.Sejarah yang kaya membuat Istanbul menjadi “European Capital Culture” pada Th 2010.

Latar belakang Istanbul yang pernah dikuasai oleh Bizantium, Konstantinopel dan Ottoman Empire membuat Istanbul memiliki peninggalan sejarah sepeti bangunan-bangunan yang layak untuk dikunjungi. Selain sejarah, salah satu yang menarik dari Istabul ialah letak geografinya. Istanbul berada di dua benua yakni Asia dan Eropa. Oleh karena itu, jangan heran apabila Istanbul memiliki culture diversity.(Majalah panorama Edisi Marc-Apr’12)

Istanbul merupakan kota bersejarah, sebagian kota seolah masih berada di abad masa lalu karena bangunan kunonya masih cukup terjaga kecantikan dan keutuhannya. Secara geografis, kota Istanbul berada di dua lempengan benua, sebagian ikut benua Eropa sedangkan bagian lain merupakan bagian dari Benua Asia. Antara dua lempengan ini terhubung oleh jembatan yang cukup panjang.
Kota Istanbul nan cantik. Saat ini musim bunga Tulip warna warni dimana mana .Indahnya.Kami menjelajahi Istanbul Bagian Eropa yang sangat banyak bangunan-bangunan sejarah  di Daerah Sultanahmet al:
1.     HIPODROME OF CONSTANTINOPEL
2.       HAGIA SOPHIA MUSEUM( AYASOFYA MUZESI)
3.       TOPKAPI PALACE MUSEUM(TOPKAPI SARAYI  MUZESI)
4.       Blue Mosque ( destinasi hariterakhir)
5.       Basilica Cistern
6.       Grand bazar.(destinasi hari terakhir)
Ternyata kita baru tahu kalau Tulip itu berasal dari Negara Turki..Bukan Holland lho..banyak Tulip bermekaran di Istanbul dari warna red,yellow,violet,pink,White.Indah dan cantiknya.Tulip dulu dimasa Kejayaan Kerajaan Ottoman dibudi dayakan…Tulip nama aslinya Turkiye adalah durban
Sejarahnya dari Wikipedia yaa…

Pada mulanya bunga tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga tulip dan mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Motif-motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia:  dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban.




Jenis-jenis tulip yang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai motif garis-garis, "coretan kuas," atau "jilatan api" atau mempunyai warna lain pada bagian-bagian tertentu daun bunga, sedangkan jenis-jenis yang lebih baru mempunyai pola aneka warna pada daun bunga. Sentuhan warna lain pada warna dasar bunga tulip disebabkan perubahan pigmen di bagian atas dan bagian bawah bunga.

Oh ya temperature udara Kota Istanbul cukup dingin sekitar 10-12’C.Walaupun disinari matahari tapi kita harus tetap pakai jacket untuk menutupi badan yang menggigil dengan temperature ini. 

to be continued..
 http://meciko.blogspot.com/2013/05/fantastic-fun-turkiye-with-naufal-ii.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar