Halaman

Minggu, 01 April 2018

GEORGE SQUARE ..ALUN ALUN CANTIK KOTA GLASGLOW..EDISI 14

Perjalanan kami dari Edinburgh dilanjutkan menuju Galsglow yang hanya berjarak 1 jam perjalanan darat.Glasglow merupakan Kota Terbesar di Skotlandia.
Sebelum kami meninggalkan Skotlandia untuk menuju kembali keLondon.Kami diberi kesempatan singgah di Kota Terbesar di Skotlandia yaitu Glasglow.Hanya berjarak 1 jam perjalanan darat dari Edinburgh sampailah kita di Landmarknya Kota Glasgow yaitu George Square ,alun alunnya Kota Glasglow.Angin dingin makin menusuk ke badan walaupun matahari bersinar terang saat kami turun dari bus dan diberi Free time untuk menyusuri alun alun Glasglow yang memukau.Alun alun Kota Glasglow berada persis di depan Glasglow City Chambers gedung pemerintahan Kota Glasglow.

Kami kembali terpesona seperti saat di Edinburgh melihat Bangunan bangunan kuno Glasglow bergaya Victoria yang terbuat dari batu batuan berwarna coklat/kelabu memenuhi hampir semua jalanan Kota Glasglow.Bukan saja bangunan kuno nan cantik yang terpelihara di Glasglow tetapi beberapa bangunan modern juga sudah mulai terlihat.Sehingga perpaduan gaya Victoria dan modern menjadi dinamis.Kotanya berhiaskan patung patung ilmuwan yang berasal dari Glasglow yang bertebaran di tengah tengah alun alun dengan sejarah dan masa hidupnya.Terlihat patung James Watt penemu mesin uap yang menjadi awal industrialisasi  berkembang di Inggris.Ada Patung Thomas Campell, Patung James Oswald.
Glasglow berasal dri Bahasa Cumbric tua, Glas cau yang berarti Lembah Hijau.Glasglow terletak di Sungai Clyde yang berada di dataran rendah Skotlandia.

Nach kalau Edinburgh berada di dataran tinggi dan perbukitan maka Glasglow berada di dataran rendah Skotlandia.Kedua kota ini mempunyai daya tarik wisata yang nyaris sama dipenuhi oleh bangunan bangun kuno abad ke-12 dengan gaya victoria yang membuat kita seperti masuk ke alam zaman raja raja Skotlandia.
Kembali kami menemukan Gerai Kopi yang terkenal di UK *PRET A MANGER* yang persis berada di sudut pertokoan alun alun Glasglow.Tanpa pikir panjang di dinginnya udara Glasglow kami memutuskan mampir untuk minum Kopi serta makan cemilan atau snack roti.Beberapa teman ternyata sudah duluan nongkrong di sini.Habis lepas penat dan badan mulai hangat setelah menyeruput khas kopi organik mereka saatnya kami melanjutkan explore Kota Glasglow.

Persis ditengah tengah alun alun George Square kami menemukan Pasar Natal Tradisional yang memuat deretan kios kios pedagang berbagai macam barang dari makanan,snack,pernak pernik natal,Souvenir aneka buah kering,dan berbagai cafe dan resto kecil tumpah ruah di alun alun ini.Mereka juga menyediakan tempat nongkrong berupa meja dan kursi yang dilengkapi alat pemanas ditengahnya.Sehingga saat kami nongkrong perapian cukup untuk menghangatkan badan di dinginnya Glasglow.Toilet pun berada di tengah Pasar Tradisional ini.Kami sempat membeli cemilan kentang goreng sambil ngobrol dan ketemu dengan pasangan Pak Gunawan dan Mbak Shinta.

Sambil kembali ke Bus yang akan membawa kami balik ke London kita masih sempat menikmati bermain dengan burung burung merpati jinak yang dilepas di tengah alun alun.Saatnya kita kembali ke London jam 3 siang  untuk sisa waktu travelling kita 2 malam lagi di UK.Perjalanan menuju London ditempuh dengan6-7 jam dengan 1 kali toilet stop di daerah Abingston.
 Kami  memasuki Kota London jam 22.00 waktu London dengan hujan dan dinginnya London kami turun dan menggeret koper yang ternyata recepsionis Hotel Ibis berada di seberang jalan.Kami menginap di Hotel Ibis Style London Leyton,543 & 586 Lea Bridge Road,London UK dapat Room 332.Saat rapi rapi heaternya Kamar tidak berfungsi ternyata harus ambil remote Heater ke receptsionis lagi.Kami bertiga mau mampir ke KFC yang berada tidak jauh dari Hotel Ibis.Ternyata Para TL Ote lagi makan dan ngumpul di sini ada Mas Ardy,Arma dan Bayu.Kami hanya beli KFC untuk makan di kamar sampai bebenah dan mandi sholat.capeknyaaa..