Halaman

Minggu, 15 Januari 2012

(I)TOURING DE JAVA( JAKARTA-SEMARANG-MALANG-BROMO-SOLO-JOGYA-BANDUNG) (31 Dec 2011-7 JAN ’12)


ETAPE I

Day 1:Sabtu 31 Dec  2011


Jam 5.00 pagi  dari  HI kita berangkat mulai  gerimis sampai  Cikampek  waktu menunjukkan Jam  5.54 menemui kemacetan 50 menit di daerah  Jatirasa setelah Cikampek lancar sampai Indramayu .


Sarpi (Kuliner 1) di Pringsewu. Resto Jl Raya Pantura Eretan Kulon Indramayu  

Menu sangat lengkap..Iga bakar,Sop Buntut,Ikan Baronang,Gurame Bakar.
Beberapa km saja papan reklame Pringsewu dengan berbagai menu sudah terpajang heboh di tepi jalan.Sehingga menarik minat kita buat mampir.
Restorant dengan konsep taman dan ditepi pantai.Tapi karena kami tidak untuk leyeh” maka hanya ambil menu yang fast food saja.
sarpi soup iga sapi  dan  tea poci.Lumayan seger.






Lanjut ke Cirebon sedikit padat di pasar tumpah Arjawinangun .Kondisi jalan banyak tambalan" kurang mulus tapi cukup lengang kalau dibanding saat mudik lebaran nic...Masuk Cirebon jam 10 pagi .Tapi kita tidak melewati pusat kotanya.Lansung Masuk Tol Palikanci udara cerah 3 kali bayar toll .Tol Kanji-Pejagan  harga toll Rp  21.500 toll baru diresmikan lebaran kemaren kayaknya

Keluar via Tegal mampir d POM Bensin MURI dg 70 toilet terbersih Jl Raya Dampyak Km 3,5 mampir sholat ,ngopi dan  beli snack di Bright Cafe and Minimarket. Tegal .ternyata Hanif sudah lupa pernah mampir di toilet ini dulu saat kita touring 1 ke Jawa Thn 2006 lalu.








Sudah mulai lapar untuk makan siang  di Pemalang daerah Comal ..
Katanya daerah Comal ini terkenal dengan Kepiting yang segar”.Kebutuhan sea food dan Ikan “ Resto Jakarta disupply dari daerah ini.
Tanpa sengaja juga sic sebenarnya.Bisa menemukan resto yang cukup terkenal ini.

Wisata Kuliner (2)

Resto Kebun Prima Comal Pemalang Jl A Yani No 33 A Comal
spesialis Kepiting segar dengan  menu berbagai kepiting.. persis di depan Gedung SMA1 Pemalang.
Menu super lengkap sea food dari Kepiting telur,jantan,soka, Udang,kerang,Cumi,sayur dengan berbagai variasi sambal.
Wuihh memang mantabs…rasanya uenaaak,segar karena material sea foodnya fresh tanpa kena es batu/ freezer dan kenyang banget nic…


  
Jalur yang akan  kami lewati sampai Semarang  adalah:


Jakarta-cikampek (via tol) = 73 km, Cikampek-Sukamandi-Ciasem-Pamanukan = 46 km, Pamanukan-patrol-kandanghaur-lohbener = 56 km, Lohbener-Jatibarang-Palimanan (via tol)-Plumbon-Kanci = 74 km, Kanci-Losari = 29 km, Losari-Brebes = 27 km, Brebes-Tegal = 9 km, Tegal-Pemalang = 27 km, Pemalang-Comal-Pekalongan = 31 km, Pekalongan-Batang-Weleri-Kendal = 50 km, Kendal-Kaliwungu-Semarang = 12 km
Total sekitar 434 km…
Masuk Semarang jam 17.30 sore menuju Hotel Gumaya Tower  Jl Gajah Mada  56-61 Semarang .Hotel diatas baru saja dibooking walaupun semua Hotel full booked karena Old d New.Terpaksa deh pakai special Facility hehe..
Hotel Gumaya Tower berada  Pusat Kota persis tidak jauh dari Simpang Lima
Welcome to Gumaya Tower Hotel.
Hotel baru di semarang dengan Fasilitas yang cukup lengkap dan berada di tengak Pusat Kota Semarang.

Cek websitenya ya.

Towering above the heart of Semarang’s Central Business District, Gumaya Tower Hotel, the tallest building in Semarang, is luxurious 5* business hotel built with a vision to provide 5* service to the discerning guest.

With its concept of modern contemporary design and emphasis on grandeur, comfort and spaciousness, Gumaya Tower Hotel is a unique luxury hotel with the added benefit of being situated in center of Semarang Central Business District.

At Gumaya Tower Hotel, hospitality starts from the time of guest arrival the hotels “Mantra” is to exceed our guests expectations










Selamat datang Semarang Indah..istirahat smp jam 20.00. Nyari makan malam

(Kuliner 3) di Iga Bakar Mas Giri Jl Pemuda 78 Semarang..

Menurut Info dari simpang5wordpress:
Sugiri, arek Suroboyo kelahiran Ngawi tahun 1998 hijrah ke kota Malang mengawali membuka warung kaki lima iga bakar di Jalan Ijen Malang, dengan nama Iga Bakar Mas Giri. Sukses di Malang, Iga Bakar Mas Giri membuka sayapnya ke Bandung Jalan RE Martadinata, Medan Jalan Adam Malik, Jambi Jalan Arif Rahman Hakim, Balikpapan Jalan Jend. Sudirman, Manado Boulevard, Tasikmalaya dan Purwokerto Jalan Prof Suharso. Saat ini Iga Bakar MasGiri membuka gerai cabang ke-8 di Semarang. Ekspansi Iga di Semarang ini merupakan rangkaian go nasional dimana wilayah di Jawa Tengah merupakan kota untuk pengembangan berikutnya. “Dengan mengandalkan Iga Bakar, Iga Penyet yang empuk dan gurih, sambal saos yang pedas dan istimewa, klop betul dengan nasi, membuat badan keluar keringat, hidung tersumbat jadi plong,” kata Mas Giri penuh semangat..Anda bisa menikmati Iga Bakar, Iga Penyet, Sate Iga, Baso Urat/Iga, dan Nasi Goreng. Buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB. Jika Anda penggemar Iga, silahkan datang ke Iga Bakar Mas Giri di Jalan Pemuda No 78 (Samping BCA) Semarang.
Iga Bakar Mas Giri
Jl Pemuda No 78 (Samping BCA) Semarang
Telp. (024) 3588308, 3516848
HP. 081325710409

Kami gak berani ke  daerah simpang lima karena pusat  keramaian old and new Kota Semarang.Kecuali mau berjalan kaki seputar simpang lima. Habis makan cape nonton bola sampai  pergantian tahun..2012...
Happy New Year 2012..                                        



Day 2/ Minggu  Tgl 1 Jan 2012.                                
Mandi  breakfast dan  siap" jalan ke atas  maen ke daerah Unggaran sebelum  Magelang melewati Tol Banyumanik .Gerimis pagi di awal tahun pertanda   keberkahan ..




Mampir di Vihara Budhagaya Watugong Semarang persis di depan Balai Diponegoro.

WISATA BUDAYA

Kutipan dari wisata Semarang:
Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang, Jawa-Tengah, merupakan vihara yang pertama berdiri di Indonesia semenjak hancurnya Majapahit dan musnahnya Buddha-Dhamma serta lenyapnya ummat Buddha di Nusantara.Berawal dari kedatangan Bhante Naradha Mahathera dari Srilanka di sekitar tahun 1930 Masehi, yang menjadi missionaries Buddhis pertama setelah 500 tahun pasca Majapahit. Menurut sejarah, vihara Buddhagaya Watugong ini resmi didirikan pada tahun 1957.Di lokasi vihara ini ditanam “Pohon-Boddhi” [ Pohon yang ‘berjasa’ kepada Sang-Buddha Gotama pada saat mencapai Pencerahan Sempurna ], dan yang menanam tersebut adalah Bhante Naradha Mahathera.
Gedung Dhammasala yang berdiri di atas lokasi Dhammasala yang lama itu terdiri dari dua lantai setinggi 22 meter dengan ukuran 27 meter kali 27 meter. Lantai I untuk kegiatan pertemuan dan lantai II yang memiliki tinggi sekitar 15 meter digunakan untuk upacara keagamaan. Di lantai II terdapat Rupam Sang Buddha dengan posisi duduk dan ber-mudra ‘memutar roda-dhamma’ yang merupakan duplikasi dari Buddha-rupam di Candi Mendut.Meskipun luasnya sudah jauh lebih besar dari Dhammasala yang dulu, namun tetap saja masih tersedia banyak lahan kosong mengingat total luas area yang tersedia sebesar 2,5 hektar. Dana yang digunakan untuk pembangunan Gedung Dhammasala dan sarana penunjangnya yang dimulai sejak Februari 2001 tersebut mencapai 3 milyar rupiah yang membengkak dari anggaran awal karena harga barang-barang naik.Sayangnya, vihara Buddhagaya Watugong sekarang ini lebih sebagai objek wisata ketimbang tempat ibadah ummat Buddha. Vihara ini adalah milik “pribadi” Yayasan, dan belum diserahkan kepada Sangha. Oleh karena itu, tidak ada Bhikkhu yang berdiam di Vihara Buddhagaya Watugong, kecuali hanya pada saat-saat ada acara-acara keagamaan, seperti acara puja-Bhakti tertentu, upacara perayaan Katthina, Magha-Puja, dan Waisaka-Puja.

Kita mampir dan hunting foto” saja disini.Maklum sebenarnya ini rumah Ibadah…Secara Ibu berkerudung maen ke Pagoda hehe..
Katanya masuk Museum Rekor Indonesia dg Pagoda tertinggi di Indonesia .




WISATA BUDAYA : LAWANG SEWU

Mampir ke lawang sewu..Gedung  1000 pintu Jl. Pemuda. Berada di gedung ini terkesan angker dan sangat eksotik. Sangat banyak pintu sehingga menurut cerita setiap menghitung pintu gedung ini selalu tidak bisa..Percaya apa tidak.Secara nyata memang sangat banyak hamper semua ruang mempunya pintu” besar .

Sejarahnya dr Visit Semarang:
Lawang Sewu dalam bahasa Indonesia berarti "Pintu Seribu". Warga Semarang menyebutnya demikian karena gedung ini mempunyai pintu dan jendela berukuran besar menyerupai pintu yang berjumlah sangat banyak. Gedung ini dirancang oleh arsitek Belanda C.Citroen dari Firma J.F. Klinkhamer dan B.J. Quendag pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907. Gedung ini awalnya digunakan untuk kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, perusahaan kereta api Belada. Bagian depan bangunan bersejarah ini dihiasi oleh menara kembar model gothic dan terbagi menjadi dua are, memanjang kebelakang yang mengesankan kokoh, besar dan indah. Arsitektur Lawang Sewu bergaya art deco yang bercirikan ekslusif yang berkembang pada era 1850-1940 di benua Eropa.Bangunan ini menghadap ke Taman Wilhelmina yang sekarang lebih dikenal sebagai komplek Tugu Muda. Di depan Lawang Sewu dulu melintas rel trem kota Semarang, jurusan Bulu – Jomblang.




KOMPLEKS TUGU MUDA

Berada persisi di depan Lawang sewu.

Menurut Wikipedia
Tugu Muda adalah sebuah monumen di Semarang, berlokasi di pusat bundaran tugu muda. Monumen ini dibangun di tahun 1953 untuk mengenang heroisme pejuang Semarang melawan penjajah Jepang yang dikenal sebagai pertempuran selama lima hari di kota Semarang dari tanggal 14-19 Oktober 1945

Terus kuliner mencari Roumah Keboen di daerah Candi ternyata telah dibooking utk pesta perkawinan..Sehingga umum tidak bisa masuk saat itu.Padahal melihat suasananya cukup rimbun dan nyaman.Belum rezeki kali.
Lanjut mencari Resto Gama sea food  di daerah MT Haryono tapi nyasar mulu selama 1 jam  akhirnya malah  ketemunya

WISATA KULINER
Resto Sunda Sambara..terletak di Jl Majapahit

www//sajiansambara.com
Resto masakan khas sunda yang disajikan dengan nampan " kecil beralas daun pisang sdh setengah matang dan juga ada sea food segar siap utk dimasak .
Punya ruangan yang cukup luas ada juga lesehannya .





 
Sajian Sunda Sambara Semarang memiliki beberapa jenis menu nasi yaitu nasi panggang, nasi anglo, nasi tutug oncom, nasi liwet dan nasi song-song (nasi dan oncom yang dibungkus dengan daun pisang lalu dimampatkan ke dalam bambu). Menu yang tersedia antara lain Ayam Bakakak,Gurame Acar Kuning/Goreng Cobek/Goreng, Ayam Sambara, Goreng Oncom, Karedok, Pete Goreng/Rebus/Bakar, Pencok Leunca, aneka pepes, Semur Jengkol, Sambal Goreng Ati/Kentang/Udang dan jeroan.
Terlihat display di dinding belakang resto nya dengan kata” Sunda sarat makna yang dalam:

“Katuangan teh  ibarat seni anu dinikmati  jeung mere Kapuasan ka pribadi sorangan sorangan”..

Barangkali maknanya makanan itu  ibarat seni yang dinikmati  dan memberi kepuasan kepada  diri sendiri.

Habis makan dan sholat kita mampir sebentar

WISATA BUDAYA
Gereja Blenduk (KOTA LAMA)


Gereja Blenduk  di daerah kota lama dekat Ikan Bakar Cianjur Resto .
Gereja lama peninggalan Belanda yang masih terawatt rapi.Terlihat beberapa Fotografer professional berada persisi di depan Gedung Jiwasraya untuk mengabadikan Gereja ini.
Kita mampir sebentar sic..penasaran untuk hunting foto sebentar.Walau tidak lama karena gerimis kecil sudah datang.Sempat mutar mutar Kota Semarang untuk kembali ke Hotel istirahat.Karena malamnya kita rencana mau Dinner special Wedding Anniversary 20 th ..


Balik ke hotel karena cape dan  istirahat tapi  Hanif ngajak renang katanya kapan lagi make fasilitas Gumaya ..Halah...
Akhirnya nemanin dia di tepi Kolam renang Semarang di guyur Hujan sedang  tapi tetap aja gak mau keluar kolam.Malah ketemu teman baru dari Surabaya lagi..Makin heboh..
Bila sudah kenalan..dasar bocah..gampang banget gaulnya..















Siap" mau makan malam special menyambut wedding anniversary 20 th( 2 Jan 1992-2012)  di  Rumah makan Kampung laut di Puri Maerokoco Jl.Anjasmoro Tawang Mas Semarang ..


WISATA KULINER KAMPUNG LAUT
Rumah Makan Apung & Kolam Pancing Kampung Laut Semarang.



RM Kampung Laut Semarang merupakan Rumah Makan Apung dan Pemancingan dengan desain bangunan dominan kayu. Menu menu makanan di Kampung Laut ini antara lain Bandeng Kropok, Gurame Bumbu rujak, Soup Tom Yam, Baby Kailan ca Sapi, Salad buah, Iga Sapi Bakar, Ayam Sc Lemon, D Sapi Lada Hitam, Kerapu Steam Kecap, Lobster Steam Bawang Putih, Lodi Asam Manis, Udang gr Mayonaise, Cumi Gr Tepung, Kepiting Telur/Jantan Super Sc Padang, Kepiting Soka Gr Malaysia, Patin Bakar Bumbung, Bawal Bintang Bakar, Kerang Hijau Sc Pedas, Tiram Rebus, Salmon Gr Panko, Burung Dara Goreng Mentega dan masih banyak lagi. Bagi pengemar Wisata Kuliner, tak jauh dari sini terdapat Lesehan dan Pemancingan Bandeng Baron dan juga Pusat Jajan Tradisional Pondok Daun di dekat Pantai Marina depan Royal


Jam 20.00 an  kita menuju daerah Semarang tepi pantai di pandu Farras tumben gak nyasar hehe..walaupun doi sering ke Semarang tapi gak pernah nyetir sendiri.
Hujan sudah reda dengan udara yang sejuk dan nyaman.Kita sampai di Kampung Resto yang cukup ramai.Perlu reservasi dulu untuk saung”nya..Sambil tunggu saung kosong Hanif dan Faras sibuk nyari shoot” yang oke disini karena secara view bagus banget.Kampung laut punya Pohon Natal alami  yang cukup besar dengan diterangi Lampu” kerlap kerlip menambah semaraknya resto ini di malam hari.
Dinner special diiringi Live Music penyanyi Bule STW ..Acara dinner  keluarga walau tanpa Naufal karena kita baru bisa ngumpul nanti di Malang setelah dia dari Bali bersama teman” SMAnya.

Tak terasa waktu berjalan cukup cepat sudah mencapai 20 thn masa” bahagia, susah,senang dilalui bersama dalam ikatan perkawinan. Bila diingat masa kenal jelas dari Tahun 1985 hampir 27 tahun karena 1 angkatan di Kuliah Kimia.Melewati waktu bersama 3 anak cowo beranjak dewasa.Tak terasa ini saat” kebersamaan kami keluarga untuk Touring terakhir  kami dengan si Abang Naufal sebelum dia berangkat Medio Jan ke Berlin Germany .Untuk mengejar cita”nya.Semoga kami selalu dapat memegang amanah menjaga,mendidik  anak” untuk menjadi anak yang sholeh,pintar cerdas dan berguna untuk Nusa Bangsa dan Keluarga.
Impian yang tidak muluk” tapi sarat makna yang dalam.

Alhamdullilah  Barakallah ..Semoga selalu menjadi Keluarga yang Sakinah Mawaddah dan Warahmah.

Day 3/  Senen 2 Jan 12

Mandi , breakfast Jam 9 pagi  sudah beberes untuk Check out 9.30 dari Hotel Gumaya Tower Semarang  siap berangkat ke Surabaya.
Wedding Day dengan udara hujan gerimis di beberapa jalan sudah ada genangan air..Semoga udara cerah di jalan .Semarang_Demak_Kudus _Pati
Udara mendung dan gerimis halus..sampai Rembang makan siang.


WISATA KULINER
IKAN BAKAR TRIO & ES DOGAN 

Resto dengan saung” dari kayu dan bamboo di tengah” tambak.Menambah sejuk dan nyamannya suasana.
Pesan Ikan Bakar,sayur dan es Dogan. Ternyata makanannya cukup murah dan enak.



 DI tepi pantai dengan  tambak" ikan Ikan Bakar Trio saung" di tengah tambak..sejuk dan  nyantai sambil makan es dogan kelapa muda .Istirahat makan dan  sholat lanjut jam 2 menuju Tuban. Lewat toll menuju Malang tdk jd ke SBY krn msh ada waktu.Masuk Malang jam 8 krg lapar nyari Hotel transit ketemu Hotel Trio Indah II Smpngnya Mc Donald di jln utama Jl.Bridgjen Slamet Riyadi Kayutangan Malang.


check in sambil nanya Tugu Malang
Wisata Kuliner  Restoran Kertanegara No 1_3














Suasana resto kebun ada live music juga banyak bule" nongkrong.Menu check...Masuk hotel Trio sdh cape,lelah tidur..                                

To be Continued.....



2 komentar:

  1. Dear Our Lovely Customer
    Mbak Meciko


    Salam Sejahtera kami sampaikan semoga dalam menjalankan aktifitas kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Amin.
    Terimakasih kami ucapkan, karena telah berkenan singgah & menikmati menu yang kami siapkan serta atas posting yang sangat menarik ini. Pringsewu Restaurant Group (Pringgading, Pringsewu, Pringjajar, Kabayan, Mie Pasar Baru) selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Oleh karenanya, masukan, saran serta kritik akan kami jadikan sebagai alat untuk memacu kami untuk semakin baik lagi kedepannya. Sekali lagi atas nama manajemen, kami ucapkan terimakasih, dan salam hangat dari keluarga besar Pringsewu Restaurant Group.
    Semoga kita bisa berjumpa kembali :)


    Salam
    Manajemen
    Pringsewu Restaurant Group

    BalasHapus
  2. Haloo Manajemen Pring sewu Restaurant Group..
    Terima kasih sudah baca postingan touring kami yang berkesempatan mampir walau sejenak di resto anda di Indramayu..Walau Sarapan pagi tapi kami sekeluarga cukup puas dengan menu dan pelayanan team Anda.
    Lain waktu kami dengan senang hati mampir di Restorant Anda.
    Terima kasih atas perhatiannya..
    Salam,Meciko

    BalasHapus