Halaman

Sabtu, 04 Februari 2012

(II)TOURING de JAVA ( JAKARTA-SEMARANG-MALANG-BROMO- SOLO-JOGYA-BANDUNG) (31 Dec 2011-7 JAN ’12)




ETAPE II

 Day 4/ Selasa, 3 Jan 12.
                                         
Mandi & Breakfast ,Naufal nyamperin sambil sarapan di hotel kebetulan Hotel Tugu Malang berada  di sebelah Mc Donald., Anak" makan di Mc Donald .
Jam 9.30 menuju Batu Malang .
Alhamdullilah dapat sopir brondie gantiin doi.Kasihan cape juga dari Jakarta nyopir sendirian ..













Hari ke-4 kita sudah lengkap dengan bergabungnya Naufal.Sehingga bisa saling ganti nyopirin.
Menuju Batu cuaca cerah dan  bagus..


WISATA JATIM PARK II BATU

Kita mengunjungi  Jatim pak II di daerah Batu Malang.udara cukup cerah.
Lumayan foto” disini…banyak permainan tapi hanya cocok buat Hanif sementara Naufal ,Faras tidak tertarik.




Wisata Kusumo Agrowisata
Di Kota Wisata Batu  kita  juga bisa menikmati wisata agro. Mulai petik apel, petik strawberry, jeruk dan sayur-mayur.  Wisata petik apel langsung dari pohon dapat ditemui di wilayah Desa Punten, Desa Bumiaji, Sidomulyo dan sekitarnya. Atau, kalau ingin yang dekat  di kawasan wisata Kusuma Agro.
Daerah wisata ini tidak jauh dari Jatim Park.]





Disini kita mampir ke Kebun Strawberry dan lanjut ke kebun petik jambu Biji dan Apel Malang.Ada beberapa paket untuk metik Jambu biji + Apel malang dan gratis juice jambu segala. Kita ambil salah satu paket metik jambu biji per org 6 biji dan apel malang sambil keliling kita diberikan informasi oleh team penyuluhan pertanian sana..sambil keliling dan metik buah.
Memetik apel langsung dari pohonnya memiliki rasa tersendiri yang tak terlupakan, karena memetik apel tidak asal petik. Bukan hanya acara memetik, pengunjung juga akan diterangkan tentang ciri-ciri apel yang sudah tua dan masih muda. Karena bentuk besar bukan berarti tua. Diberitahu juga jenis” Apel yang ada di kebun ini.


Dengan memetik apel itulah pengetahuan tentang apel akan bertambah. Katanya sic wisata memetik apel di Indonesia hanya ada di Batu jadi sangat sayang sekali  jika datang ke Batu tanpa mencoba sensasi petik apelnya.
Puas memetik apel, anda bisa berpindah untuk berbelanja buah”an . Ada Buah Naga, Apel, Strawberry,jambu Biji ,dll. Kita juga bisa beli Snack “ dari Apel yg sudah dikeringkan berbentuk keripik serta Juice Apel dan Jambu Biji..
Puas keliling metik buah,anak” mampir maen bilyard sebentar di arena bermainnya.
Kita lanjut perjalanan menuju Probolinggo.


Mampir ke Bakpia telo purple n sweet potatoes...di daerah Jl Raya Purwodadi No 1..
Ketemunya juga tidak sengaja karena kita mau makan siang..Kelihatan restoran besar jadinya kita mampir..Ternyata pusat Ole” Malang ada dsini. Bermacam” snack dariKeripik BUAH , Keripik NANGKA . Keripik APEL . Keripik NANAS , Keripik SALAK , Keripik PISANG , Keripik TEMPE , Keripik SINGKONG , Keripik KENTANG , Keripik UBI , Keripik BAYAM , Keripik TALAS , Keripik GADUNG, Keripik BEKICO, Keripik SUKUN , Kerupuk TAHU , Keripik BELUT.
Wah lengkap banget tapi yang dominan memang bermacam” snack dari ubi Jalar berwarna ungu yang mengundang selera buat mencoba ada Bakpia, Bakpao,Cake ,Bolu Kukus dari telo purple..Pantes saja nama pusat Jajanannya Bakpia Telo Purple n sweet potatoes.

Hujan mengguyur sepanjang jalan…Mudah”an kita sampai di daerah Bromo cuaca cerah dan bisa menikmati suasana Bromo….Jalan menuju Probolinggo

Mampir maksi  sudah kelewat di Resto  Sederhana Jl Raya Purwodadi
bersih dan  luas 2 lantai dengan  musholla mini yang indah..
ketemu Rambutan rafiah cukup murah biasa 3 ikat Rp 25. Rb ini dapat Rp 15 rban… dborong deh buat makan  di jalan..
Hujan deras masih mengguyur saat kita sampe makan sore disini..
Makanannya cukup enak maklum walaupun resto Sederhana banyak dimana” tetapi beda juru masak beda tastenya..Gak bisa dipungkiri.
Habis ngopi,sholat d makan perjalanan kita lanjutkan ke daerah Probolinggo.

Lanjut ke arah probolinggo menuju Bromo.Walau sudah booking di Hotel Cemara Indah .
Melewati jalanan kampung sepi menanjak dan berkelok-kelok .Ngaak yakin ini jalannya secara sudah hampir 30 km kok tidak ketemu juga hotelnya.
Ternyata Hotelnya benar” diatas pendakian Bromo..jalanan curam d terjal..wah uji nyali dan stress juga..Jantung deg”an mana anak” pada tidur semua lagi kecapean.
http://www.hotelcemaraindah.com/Hotel Cemara IndahCemara Lawang – Ngadisari – Bromo – Jatim Telp./Fax +62 - 335 - 541019
email: info@hotelcemaraindah.com





Hotel ini salah satu Hotel terbaik di daerah Cemoro lawang yang viewnya lansung berhadapan dengan Gunung Bromo.jadi tidak salah kami mendapat rekomendasi dr teman” untuk nginap di Hotel ini.


Sampai di Hotel Cemara hampir jam 19.00 WIB dengan dipandu 3-4 kali telp dari Hotel.
Lansung check in turun saja sudah dinginnya minta ampunnn..brrrrr…gimana kalo sampe Bromo nic.
Hujan mulai reda dan tinggal gerimis kecil.Terdengar bunyi desauan besar angina yang bergemuruh dr arah Bromo.Menurut mereka penduduk di sini bila angina bunyi seperti itu bakal udara besok paginya cerah dan tidak hujan.Berharap mendapatkan udara cerah dan view yang fantastic besok paginya.

Masuk kamar dan sekaligus order jeep utk ke Penanjakan 2  Harga Jeep Bromo 1 paket  Rp 450 rb/jeep.Sewa tambahan jacket tebal karena diatas cuaca 2' C katanya..pesan kuda juga @1 org 80 Rb. Setelah order semua dan barang sudah diturunkan ke kamar.

Makan malam di Resto Hotel siap" istirahat karena jam 03.00 pagi akan dibangunkan pelayan hotel..Siap" jam 3an pake perlengkapan jacket,kupluk,sarung tangan dan sepatu kets..                                             
Istirahat untuk siap” dibangunkan Jam 03 pagi…lelah d cape euyyy…sehabis berjuang melewati jalaan curam dan tanjakan menuju Hotel cemara…


Day 5 Rabu/4 Jan 12.                                        

Menurut info dari Mr Google nic…



Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah selebar ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo.

Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan
Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.


Kisah Penawaran Upacara Kasada
Ratusan tahun yang lalu, pada masa pemerintahan raja Majapahit terakhir, Brawijaya, situasinya sangat tidak pasti karena agama baru berkembang, Islam. Pada saat itu, Ratu melahirkan seorang bayi perempuan dan menamai dia Roro Anteng, kemudian menikahi putri Joko Seger, seorang Kasta Brahma.

Karena pengaruh agama baru begitu kuat sehingga menciptakan kekacauan. Raja dan para pengikutnya terpaksa mundur ke timur, beberapa di antaranya mencapai Bali dan beberapa dari mereka mencapai gunung berapi.



Diambil dari berbagai sumber

Gunung bromo
 
Di sekitar gunung bromo terdapat, gunung kursi, gunung jantur, gunung ider-ider, gunung batok, gunung kepolo, dan pastinya gunung semeru.. the highest point in Java Island. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Kita bisa mencapai hingga puncak kawahnya, dan merasakan debu belerang yang kuat. Kawah bromo bisa diputari, maksudnya dikelilingi dengan berjalan kakai. Cuma kayanya ngeri banget, kalo misalnya ada angin, salah-salah kita bisa terjun ke kawah atau malah terjun ke kaki gunung.


Di padang pasir bromo, terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadat agama Hindu Tengger. Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang beragama Hindu. Menurut legenda, asal-usul suku tersebut dari Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri. Uniknya, melihat penduduk di sekitar (Suku Tengger) tampak tidak ada rasa ketakutan walaupun menge-tahui Gunung Bromo itu berbaha-ya, termasuk juga wisatawan yang banyak mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada saat Upacara Kasodo.Yang istimewa di tempat ini?. kawah gunung bromo dan view gunung bromo dan sekitarnya jika dilihat dari penanjakan juga Sunrise yang diliat dari penanjakan. Bromo ternyata adalah sebuah gunung yang dikelilingin pegunungan dan dibatasi padang pasir yang sangat luas, uniknya pegunungan itu lebih tinggi dari gunung bromo sendiri, misalnya gunung batok dan penanjakan.
Kami mulai siap” jam 3.pagi dengan perlengkapan dr atas kepala kupluk, baju,mantel sweater dan jacket serta sarung tgn dan kaus kaki tebal..wahh serasa mau pergi ke Alpen aja nic..hehehe…
Didepan Hotel sudah menunggu beberapa jeep yang sudah diorder sama penghuni hotel.Giliran kami mulai start  untuk segera menuju pendakian ke arah penanjakan.
Melewati jalan kecil yang berliku” yang hanya cukup untuk 1 mobil jeep bila papasan  di tikungan yang sempit lumayan bw sport jantung nic…Wah bener” buat jantung berdegup kencang untuk sampai ke atas.Tapi setelah sampai di atas terbayar sudah nyali ciut tadi dengan pemandangan yang spektakuler…


Di penanjakan inilah spot paling keren  untuk melihat ke arah pegunungan Bromo, juga, di penanjakan disediakan semacam tribun untuk melihat matahari terbit dari timur gunung bromo. Pergeseran dari subuh menjadi pagi benar-benar luar biasa, ketika cahaya matahari perlahan muncul  sebagian bumi hingga seluruhnya terang dan mentari tepat bersinar k seluruh jagat raya., Fantastik !!!
Bromo di musim awal tahun  ini cukup ramai. Puncak Penanjakan di dini  hari  sangat ramai oleh pengunjung yang menanti pemandangan spektakular matahari terbit. Antrian motor dan jeep hardtop warna warni  membikin sempit lahan parkir yang sangat terbatas. Tersedia banyak Jeep Bromo  dgndrivernya yg handal. Terdapat 200-an jeep yg siap mengantar  dari Cemoro Sewu ke Kawah Bromo dan Penanjakan round trip.

Penanjakan yg merupakan titik tertinggi di Bromo-Tengger dapat dicapai dari Cemoro Lawang maupun dari Tosari. Dari Cemoro Lawang turun ke dalam kaldera berpasir yang amat luas seperti didalam sebuah mangkuk kawah raksasa dgn dindingnya yg berketinggian 300 meter; dari sini menanjak lagi 600-an meter kearah gunung melalui jalan aspal sempit berkelok-kelok dgn sedikit bahu jalan ditepi jurang yang cukup utk kendaraan satu arah, dan sudut tanjakan yang cukup heboh 60 derajat.


Posisi sampai sunrise di penanjakan 2 Bromo yang merupakan titik tertinggi Bromo-Tengger sangat  rame juga..udara dingin menusuk dan angin tapi cerah tidak hujan.Setelah terang dan matahari bersinar kami lanjut ke Padang   Kaldera  pasir Bromo yang amat luas. Dari padang kaldera ini kita dijemput menggunakan kuda 5 ekor  untuk naik ke penanjakan berikutnya.Bila  gak  naik kuda cukup jauh juga jalan kaki ..Naek ke pendakian tangga berjumlah  200 tangga.Sampai diatas ngos”an sambil kepala mulai puyeng nic.mungkin kekurangan Oksigen .sempat pusing dan istirahat diatas.Pengamanan ke kawahnya sudah habis diterjang letusan Bromo setahun silam.Sehingga benar” ngeri tanpa penyangga dan pembatas…





Setelah puas diatas..mulai turun ke bawah dan melanjutkan berkuda melewati Pura suku Tengger yang beradea ditengah” padang pasir.
Sampai dipenantian jeep” untuk segera melanjutkan penurunan kembali ke Hotel.
Waktu sudah menunjukan Jam 8 pagi…Sampai di hotel sempat santai”  di depan pelataran Hotekl untuk menikmati Pemandangan Bromo yang persis berada di depan hotel.benar” memukau..Indahnya..alam Indonesia..


Sarapan pagi di resto hotel.istirahat semuanya kecapekan karena Cuma tidur beberapa jam semalam.
Siap” check out jam 10 untuk segera menuju Solo via Mojokerto.






Makan siangd sholat  di  Rumah Makan Kartika Sari Jl Bundaran toll Gempol.-Pasuruan Standar makanan Indonesia per org 50 rban..Cyuukup banyak saung” dan menu yang cukup lengkap.Panas” dan seger..Makan dengan lahapnya.Selesai sholat ,leyeh” dan ngopi kita melanjutkan perjalanan kearah Mojokerto.Waktu menunjukan pukul 14.00 WIB siang.
Perjalanan melewati Mojokerto –Solo.Sampai di Solo kita kelaparan untuk Makan malam kembali di resto Sederhana Solo.

Hasil keputusan saat makan malam di Solo akhirnya perjalanan dilanjutkan ke Jogyakarta.Lebih baik nginap 2 malam di Jogyakarta..
Dari Solo-Jogyakarta driver digantikan Naufal karena doi sudah cape…Jalanan cukup bagus dan lebar sehingga tanpa hambatan kita sampai di Jogyakarta Jam 10 malam.
Diperjalanan kita hunting Hotel yang masih ada.Akhirnya kita booking Hotel Santika Premier yang berada di Jl.Sudirman 19 persis di tengah kota.Tidak terlalu jauh dari Tugu Jogya.
Culturally Inspired
Hotel Santika Premiere Jogja honours classic Javanese artistry and the city's rich cultural heritage. This iconic four-star property is steeped in old world charm yet offers all the necessary facilities and conveniences that every modern traveller has come to expect.
Strategically located, Hotel Santika Premiere Jogja is just 20 minutes from the airport and 10 minutes from the popular Malioboro shopping district. Transportation can easily be arranged to visit the Sultan's Palace and other historic sites of interest. Business and leisure guests alike will find this hotel .Comfortable place to work, rest or play Setelasbefore moving on to explore Java and beyond.





Setelah check in untuk 2 ninght..Cape istirahat sambil para brondong” nonton bola.


Day 6/5 Jan 12

Breakfast jam 9an leyeh" utk siap ke Borobudur jam 11 ke arah Magelang..
Awalnya pada males ikut karena sudah pada ke sana hanya Hanif yang sudah lupa karena waktu kecil.lagian sekarang mau hunting foto..camera SLR baru..
Dengan berbagai bujukan akhirnya full team jadi jalan ke Borobudur..
Menuju Borobudur udara cerah dan  cukup panas..

WISATA CANDI BOROBUDUR

http://galass.wordpress.com/2008/03/12/sejarah-candi-borobudur/
Simak yaa..
Sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu. Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Tegak dan kokoh menjulang keangkasa dan merupakan bagian dari sejarah yang telah berumur 12 abad. Kapan pastinya candi ini didirikan tidak diketahui dengan pasti. Tidak adanya bukti-bukti tertulis menyebabkan Borobudur penuh kegelapan. Penentuan umur dilakukan dengan memperhatikan dasar corak bangunan candi dan ukir-ukirannya yang menunjukkan corak Jawa tengah abad 8 masehi.Sejak dibangun pada abad ke 8, sejarah borobudur timbul tenggelam. Setelah selesai dibangun, borobudur menjadi pusat penelitian dan pemngembangan agama budha. Para pemeluk agama ini, mengunjungi Borobudur untuk mempelajari agama budha. Seluruh rangkaian relief borobudur berisi ajaran-ajaran agama budha. Pada jaman itu bangunan borobudur menjadi pusat perhatian dan dipuja sebagai bangunan yang suci.
Seiring dengan berpindahnya pusat kerajaan jawa ke Jawa Timur, praktis borobudur menjadi tak terurus lagi. Bekas abu letusan gunung berapi yang menyelimuti borobudur menjadi media tumbuh bagi rumput dan semak belukar. Pohon-pohon kecil mulai bertumbuhan menjadikan borobudur beralih rupa menjadi gundukan batu yang tertutup semak belukar dan nampak angker sehingga membuat orang takut untuk mendekat.
Pada awal abad ke 18, Gubernur Jendral Inggris bernama Sir Thomas Stamford Raffles, menerima laporan tentang keberadaan candi besar yang tertutp oleh semak belukar. Raffles kemudian mengutus perwiranya, H.C. Cornelius untuk mengunjungi candi besar tersebut, yang ternyata adalah borobudur. Semak belukar dibersihkan, sehinga nampaklahsebuah candi dengan patung-patung budha yang banyak sekali jumlahnya. Keadaan candi memang menyedihkan, karena banyak sekali bagian-bagian yang sudah runtuh. Banyak patung yang rusak, kepalanya patah dan lengannya buntung. Sayang pemerintahan Inggirs tidak berlangsung lama. Penelitian dan usaha memperbaiki borobudur menjadi terbengkalai lagi. Namun sejak itu borobudur mulai diperhatikan. Dengan dibukanya oleh raffles itu, banyak orang mengunjungi borobudur.

Masuk Borobudur dengan kain batik yang dibagi untuk dipinjam  cuma" .Masuk dan  Foto" Walaupun Faras dan doi malas naik ke atas.Tapi Hanif ditemani Abangnya untuk foto” diatas Candi.
Setelah puas kita turun karena udara cerah dan puanas poll…

Pulang nyari makan mutar dulu di Malioboro .Walaupun beberapa kali ke Jogya tetap aja jalan’nya kita gak pernah hapal.
Buat keputusan untuk ada yang ke Ps bBeringharjo dan keliling Malioboro da nada yang kembali ke Hotel.
Kami bertiga (Naufal,Faras) turun di Malioboro untuk belanja ole” dan juga titipan teman” mereka.
Hunting Batik murah di Ps Bringharjo yg hampir tutup..
Sempat makan pecel pincuk di depan Ps Beringharjo dengan sate telur ,usus.Tumben nic para brondong manut aja mau makan di emperan..bisa adaptasi lingkungan  hehe..
Lanjut Mirota Batik belanja ole" buat  keluarga .Naufal nemu Batik Sutera di sini..Malah dia yang ngeborong baju batik buat dibawa ke Berlin..Walah jatah pp d mamanya jadi gak ada deh..
Puas belanja disekitar Malioboro dan sampai jalan ke Mall Malioboro di jemput Hanif janjian di depan Mall Malioboro untuk makan malam di daerah Palagan Tentara Pelajar.Katanya sekitar daerah sini banyak resto”

Dinner di Resto Ikan Bakar Cianjur… alamatnya Jl Palagan tentara Pelajar No 23 Jogyakarta.





Resto ini menyajikan berbagai menu traditional yang cukup enak.Yang jelas makanan panas,lapar dan nikmat.Terdiri dari Gurame bakar/Goreng, Ayam bakar/Goreng, tahu goring crispy..aneka sup dan berbagai juice minuman .
Tahu goring yang crispy jadi menu andalan mala mini sampai nambah order 2 piring lagi…alamak..habis makan di emperan Malioboro sorenya jadi pelampiasan nic.

Balik ke Hotel sudah cukup malam.Istirahat,mandi dan sholat..capeee..


 Jumat/ 6 Jan 12.                                      

Sholat,mandi beberes packing barang untuk breakfast jam 7.30 karena siap check out dari Hotel Santika Premier  jam 8 pagi  menuju Bandung.                              

Etape berikutnya :

Jogya _Magelang_Bawen_Ungaran _toll ungaran_Semarang_Kendal : 112 km


Jam 12 saatnya sholat jumat di Cepiring  Kendal. Etape lanjutan  Kendal_Pekalongan

Mampir di Wisata belanja Pusat Batik Pekalongan
Beli ole" sajadah batik Pekalongan..lumayan buat bagi" ntar.
Lanjut makan siang kembali ke Wisata Kuliner Prima Kepiting special sea food di comal Pemalang...


Penasaran  Naufal belum merasakan sensasi kepiting comal..
Selesai makan jam 4 sore habis sholat azhar kita melanjutkan  ke Pemalang_ Tegal_Brebes_tol kanci_Plumbon lanjut ke Majalengka_Sumedang _BDG


sampe hampir jam 11 malam nginap d Hotel Sukajadi Hotel Naval karena dekat twig house.

Makan malam dhotel saja cape..                            


Sabtu 7 Jan 12.           
                               
Breakfast hotel masih pada istirahat..Jam 11 check out dari Sukajadi Hotel lanjut ke Twig House
Wisata Belanja Twig House Jl Sukajadi No127  Bandung.


Pusat pakaian Musim dingin/winter .berbagai jacket,sweater,kupluk,sarung tangan,kaus kaki winter  ,Long jhon dan perlengkapan musim dingin full lengkap di sini.
Ternyata toka ini sudah banyak diminati orang” dari berbagai kota untuk persiapan studi ke Negara 4 Musim, Tapi  ada juga buat perlengkapan pergi Haji/Umroh.Secara harga lumayan bersaing apalagi kalau dibandingkan beberapa took” terkenal seperti Zarra,Mark & Spencer dll..ya pasti lebih murahlah..karena dia lansung ambil dari Hongkong,korea,China dll.

Ketemu orang Bekasi juga yang anaknya mau ke Berlin tapi via Management yang lain..Sempat curhat”an nic sesame Ibu”..hehehe…siap” mau ditinggal anak tuanya..

Mencari perlengkapan musim dingin bw Naufal ..yang masih kurang" sekalian dapat kuliah gratis dari owner twig si tante yang sudah malang melintang tinggal di Eropa.
Pantes aja hapal semua kebutuhan disana.Melihat style gondrong Naufal si Tante Fera owner twig lansung berkomentar..Wah si Ganteng ini cocoknya ambil music aja..habis ganteng..ada nilai jual halah…..bisa aja nic tante……bikin mamanya geer…

Lanjut ke Paris Van java makan di
Wisata Kuliner Restorant Melayu Katjapiring
Pesan menu Nasi Rijsttafel,oxtail soup grilled,Banana flat bread ala katjapiring.
Keliling PVJ nyari baju kaos,celana dll.Lanjut ke daerah jl Banda,Riau hunting FO .
Banyak nemu keperluan Naufal berangkat..






Mampir di Wisata Kuliner  Toko Bawean nyari oke" kue ,bolu di Riau 140 .Toko Kue Bawean d/h Sweetheart sejak th 1946 

di Jl. RE Martadinata merupakan Cabang toko.dari Jl Bawean dan juga ada Cabangnya di Jl. Gandapura ,disini  bermacam  Mocca "Rhum Tart,lapis Malang,bolu keju,bolu kukus,nougaat tart,chocolate wafel ,bermacam: bolu gulung..

Toko yang sudah terkenal sejak dulu.Lumayan beli makanan dan ole” buat teman” di kantor..

Langsung masuk toll Cipularang .sudah jam 18.00 WIB  sore  .Bandung hujan ..di tol cipularang gerimis..
Perjalanan cukup lanaAr sampai Harapan Indah  jam 20.55 WIB.
Alhamdullilah fantastiq long trip tour de java....
Benar” perjalanan penuh sensasi dan penuh kesan,penuh kekompakan di antara 3 brondong  karena ini saat touring terakhir kami bersama dengan si Sulung Naufal.Sebelum dia meninggalkan Indonesia untuk studi ke Negeri Hitler.
Waktu kebersamaan itu  sangat mahal dan tidak bisa dibayar dengan materi…
Touring 8 hari via darat sambil wisata kuliner,wisata ,belanja, wisata alam dan wisata budaya..Banyak hal yang dapat kami petik diantaranya….Alam Indonesia tidak kalah dan indahnya dari Negara luar..Penuh pesona dan keindahannya…

Demikian akhir perjalanan kami kali ini..Untuk siap” menghadapi persiapan keberangkatan Si Sulung  Naufal tgl 18 Jan dini hari  meneruskan studinya ke Berlin.
Semoga kami siap untuk ditinggal….




Salam Hangat

Meciko




Tidak ada komentar:

Posting Komentar