Halaman

Minggu, 05 Mei 2013

FANTASTIC & FUN TURKIYE..BOSPHORUS CRUISE(V)

lanjut yukksss...
Day 8  19 April 2013
FRIDAY.
ANKARA-BOSPHORUS CRUISE-BLUE MOSQUE-GRAND BAZAR-ISTANBUL

Morning Call jam 5 mandi –Sholat -Breakfast check out jam 6.45 menuju  Istanbul dataran Eropanya Turkiye.
Jarak Ankara_Istanbul sekitar  300 km melewati perbukitan diatas ketinggian  1500m. Pohon" Pinus terlihat diselimuti salju" memutih..cukup dingin...
Mampir di Rest area Koroglu Park  temp 6'C  daerah terdingin di Ankara..diikelilingi bukit" hijau..
 
Beli snack dan kacang Pistachio disini…Naufal nyobain jagungnya turkiye….
Lanjut kembali ke Istanbul melewati jalanan  diantara Gunung Bolu dan  ada tunnel terpanjang di Turkiye sepanjang 3 km ,,benar" indah di anatara kiri  kanan  bukit" yang menghijau .95 km sebelum Istanbul ada Kota Izmit pusat Industri otomotif Turkiye  seperti Hyundai,Mercedez Benz,Toyota.
Info Murad pernah terjadi  gempa bumi th 1999 yang menewaskan  17.000 jiwa disini.
Akhirnya dibuat kota baru dengan  bangunan" yang baru dan modern dikiri jalan terbentang laut Marmara sebelum Istanbul.

22.BOSPHORUS CRUISE   
   

Bosphorus merupakan selat yang membagi Laut Hitam dan laut Marmara .Merupakan selat yang memisahkan antara Benua Asia dan benua Eropa.Salah satu pemandangan terbaik yang ada di kota Istanbul bisa dilihat dari Selat ini.



 Global Tour Service sudah menyewa 1 cruise yang hanya group kita saja di dalamnya.Mulai melakukan  perjalanan menyusuri selat Bosphorus  selama 45 menit untuk melihat view selat dengan berbagai bangunan yang indah dan  menarik .

Saya dan Naufal sengaja naik ke atas Dek kapalnya sehingga mata lepas memandang keindahan selat dan bangunan megah dan indah.
Cuaca sangat cerah dan bagus walaupun angin  cukup kencang sehingga kita tidak bisa melepaskan jacket disini.
Kita beranjak dari Turkiye bagian Asia untuk lanjut ke Turkiye bagian Eropa…

Sepanjang pantainya  terlihat bangunan seperti   Istana Dolmabahce Palace yang dipenuhi ornament” yang indah tempat tinggalnya Sultan setelah Istana Topkapi.,,terlihat bekas Istana Ottoman  Abad ke 19  yang sudah berubah menjadi Hotel Four Season.. Anadoluhisari (benteng dari Anatolia), Küçüksu Kasri (Istana), The Hidiv Kasri (Villa yang dibangun tahun 1900), restoran cantik tepi pantai  khusus untuk kaum elit dan berduit Turkiye di Tarabya.Terlihat Galata Tower berwarna Hijau nun disana. Dan beberapa bangunan kuno yang megah dan cantik.

View yang indah dan bangunan” cantik membuat harga tanah di sekitar Selat Bosphorus ini menjadi sangat mahal..

Tak jemu mata memandang keindahan daerah ini serta bangunan” kunonya…Kita juga melewati Jembatan ( Galata bridge)…

Setelah merapat ke Istanbul daratan Eropa..kita siap” menuju Blue Mosque.
23. BLUE MOSQUE
 



Simak yaaa.
Blue mosque atau Masjid Sultan Ahmed adalah masjid bersejarah yang dibangun tahun 1609-1619, dan merupakan masjid terbesar di Turki. Desain, sejarah dan keantikan bangunan menjadikan Masjid Sultan Ahmed menjadi primadona wisatawan.

Salah satu interior yang paling menarik pengunjung adalah mihrab yang terbuat dari marmer. Di sebelah kanan mihrab terdapat mimbar, tempat imam berdiri ketika menyampaikan khotbah. Masjid ini dirancang sedemikian rupa, sehingga meskipun masjid sedang ramai, imam tetap telihat di mimbar dan terdengar suaranya. Lampu yang terdapat di dalam masjid pernah dilapisi dengan emas dan permata, tetapi sekarang telah diberikan kepada museum untuk kepentingan sejarah.
Blue mosque atau Masjid Sultan Ahmed adalah masjid bersejarah yang dibangun tahun 1609-1619, dan merupakan masjid terbesar di Turki. Desain, sejarah dan keantikan bangunan menjadikan Masjid Sultan Ahmed menjadi primadona wisatawan.

Saat kami ke sini baru saja selesai jumatan. Jadi kita harus melewati pintu samping  karena masih banyak Jemaah pria yang keluar setelah habis Jumatan.
Berada persis di depan Topkapi yang saat hari I kita sudah masuk.Beda dengan Tokapi yang harus bayar ticket kalau ke Blue Mosque kita tidak perlu bayar ticket.

Sambil antri dan memasuki area Masjid.Para wanita harus memakai pakaian yang sopan dan berkerudung..Lucu aja liat Bule” memakai pashmina dan syal Turkiye masuk ke Mesjid yang megah ini.
Kita harus menyimpan sepatu dalam plastic khusus yang sudah disediakan sebelum masuk masjid.

Memasuki dalam Mesjid yang megah dan besar dengan Interior dan warna Biru yang dominan.banyak kaligrafi tulisan Arab di sini.
Menikmati keindahan ruang Mesjid sampai kita diluar pun masih terlihat indah dengan semaraknya Tulip” yang bermekaran penuh warna warni di pekarangan masjid.


Menikmati indahnya suasana Sultahmet diantara Bunga” Tulips..Kita mendapatkan view yang sangat cantik..dibelakangnya Istana Topkappi..yang merah…serta banyak  Bunga Tulip warna warni da nada Air Mancur yang indah..


Udara cerah dan temperature 12-14 ‘C.
Lanjut untuk Lunch di sebuah restorant yang berada di tengah” Kawasan Sultahmet..
Restoran Tamara..

 Berada di antara Toko" Souvenir dan Toko karpet Hand Made Turkiye..

24. GRAND BAZAAR
 


Grand Bazar adalag Pasar yang sangat wajib dikunjungi oleh Turis yang berkesaempatan melancong ke sini.Merupakan Pasar tertutup dan sudah sangat tua dan paling besar menurut infonya di dunia.




Terdiri dari 5.000 toko dari berbagai macam keperluan ada di sini.Dari Karpet,tas=lukisan ,rempah”,Pakaian,Pernak-pernik,keramik,cindera mata.dll.
Berada didaerah Fatih pasar ini sangat wajib dikunjungi dan cocok untuk membeli segala pernak pernik untuk oleh”..
Pengunjung dituntut untuk pintar menawar di Pasar besar ini.Menurut Murad harga yang ditawarkan 3x diatasnya.jadi gunakan Bahasa tawar menawar sampai tega..Hehe…hal ini sempat kami praktekan saat menemukan sepasang Tas tangan dan Dompet “Hand Made” yang sangat halus dan indah..
Harga yang ditawarkan hampir 75% dibawah …sampai harus balik lagi..karena kita juga sudah tidak punya TL..dan gak mau ke Money changer lagi…alias stock sudah ludes semua…
Akhirnya Alhamdullilah penjaganya mau kasi setelah telp ke bosnya.Sampai dia bilang harga yang kita tawarkan sangat tipis untungnya..bisa aja style pedagang..persis style Tenabang nic….
Saking besarnya pasar ini kita awal masuk membuat meeting point dulu di Gate mana kita ketemu lagi.
Sangat banyak ragam dan corak barang” khas Turkiye di sini membuat kalap para penikmat belanja..
Kami berdua Naufal menikmati Kahve Turkiye dan Roti Kebab disebuah kedai …slurrpppp..luar biasa wangi kopi Turkiyenya..

Setelah keliling dan membeli barang” yang paling gampang dibawa ke Indo.Ringan,murah dan banyak…hehe.
Bila takut kesasar di pasar ini kita bisa lihat No Toko dan Hapalin Gate saat kita masuk.
Tapi tetap aja ada teman yang kesasar..dan molor cukup lama disini..karena mereka bolak balik nyari jacket Kulit yang keren” dsini..asal kuat dengan Dompet semua pasti kebawa…

Akhirnya kita telat hampir 45 menit disini untuk siap ke Restorant makan Malam.Dinner di Korean restaurant yang berada di Old City “Seoul Restaurant”…

Berjalan sepanjang Old City dengan bangunan kuno dan indahnya udara hampir malam itu...


Kita lanjut ke Hotel terakhir kita nginap selama di Turkiye..Hotel Ramada Textil kent.
 Hotel yang berada 20 menit dari Kawasan Sultanahmet tsb…

Ramada Plaza Istanbul TekstilkentOrucreis MhTekstilciler Cad 3, Esenler, Istanbul, 34235 TR     

http://www.ramada.com/                

Our hotel is strategically positioned close to Istanbul Ataturk Airport, exhibition fairs and convention centers such as CNR - Expo, IDTM, Tuyap, Halic Congress Center. Only a short distance to Forum Istanbul Mall linking the respective business area Maslak and Ikitelli and has easy access to Old City and City Center. The hotel also offers eight meeting rooms to accommodate up to a maximum of 800 people.

Check in untuk 1 Night…beberes barang” ke Koper karena besok kita sudah siap” berangkat ke Airport dan Juga Naufal kembali lagi ke Jerman.Malam ini semua kita packing rapid an memisahkan barang” yang harus dibawa Naufal ke Jerman dan barang” yang dibawa ke Jakarta.


to be continued...
http://meciko.blogspot.com/2013/05/fantastic-fun-turkiye-good-bye.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar