Halaman

Jumat, 16 Mei 2014

CANDI RATU BOKO ...RERUNTUHAN ISTANA MEGAH DI ATAS BUKIT BOKO...section2

Day2 Jumat/ 2 May 14 

before destinasi....
http://meciko.blogspot.com/2014/05/candi-cetho-warisan-leluhur-di-lereng.html

Calm you  in Green..

Destinasi Candi Ratu Boko_ Pantai Sundak Wisata Gunung Kidul_Manding Kerajinan Kulit_KERAJINAN PERAK ANSHOR - Kuliner_Shoping

Sholat subuh, mandi dan Sarapan jam 7. Sambil ngobrol sebentar dengan Mba Evie sebelum beliau ke campus karena semalam baru say hello sebentar  .Ketemu dengan keluarga besar  dan  adek" Mba Tutun .Kami diservis oleh Mba Evie di rumah besarnya yang hanya diisi olh putra semata wayang .Sementara suami beliau lebih sering dinas keluar kota .Membuat kami dilayani sepenuh hati oleh keluarga beliau.                                 

Kami  sudah dijemput Mas Sigit dan  Mba Tutun Jam 8 kita start untuk  Destinasi. Hari ini .
Destinasi pertama menuju Candi Ratu  Boko Komplek Candi dari Abad ke  VIII campuran Hindu dan Budha ..situs arkeologi dengan  arsitektur Abad VIII
Perjalanan menuju timur Kota Jogya sekitar 17 km berada di kecamatan Bokoharjo ,Kabupaten Sleman.Ratu Boko masuk dalam wilayah 2 desa Dawung dan Sambirejo.


WISATA SEJARAH CANDI RATU BOKO

Simak yuk Wikipedia..
Situs Ratu Baka (Bahasa JawaCandhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18 km sebelah timurKota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota SurakartaJawa TengahIndonesia. Luas keseluruhan komplek adalah sekitar 25 ha.
Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas.[1] Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan.[2] Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.
Nama "Ratu Baka" berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (Bahasa Jawa, arti harafiah: "raja bangau") adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada komplek Candi Prambanan.
Secara administratif, situs ini berada di wilayah Kecamatan PrambananKabupaten Sleman, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian hampir 200 m di atas permukaan laut.
Situs ini dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.
Mecikoblogspot
Mecikoblogspot
Mecikoblogsopt

Memasuki pelataran Candi ini kami disuguhi Tulisan Besar “KERATON RATU BOKO” menandakan kami memasuki wilayah keraton zaman dahulu kala dengan pelataran parkir yang ditanami Pohom Beringin rindang yang mungkin sudah puluhan tahun berdiri kokoh disana.Sambil menunggu Mba Tutun dan Mamah Susi  beli ticket masuk kami memandang sekitar area yang rapi dan resik.Situs yang benar” dijaga kelestarian dan kebersihannya.

Tampak Papan besar  bertuliskan sejarah Candi Ratu Boko.
Situs Ratu Boko ini terletak di atas perbukitan Boko dengan ketinggian 195,97 dpl dengan luas 160.898 m persegi.Situs Rtu Boko merupakan peninggalan sejarah yang bercorak hinduisme dan Budhhisme ,yang dibangun pada abad VIII-IX M.
Waktu pertama kalinya merupakan kompleks wihara seperti dalam Prasasti Abhayagiriwihara pada thn 792 M.Peninggalan Arkeologi yang bersifat Budhhisme lainya: runtuhan stupa, arca Dhyani dan stupika.
Sekitar thn 856 M situs ini berubah menjadi kediaman seorang pengusaha bernama Rakai Walaing Pu Kumbhayoni yang beragama Hindu .Temuan Arkeologi berupa prasasti yaitu Prasasti Ratu Boko a,b (berangka th 856) dan c semua mengandung keterangan tentang pendirian lingga yaitu lingga Krrtivaso ,Lingga Tryambaka dan lingga Hara.Prasasti lain yang ditemukan yaitu prasasti Pereng (862M) mengandung keterangan pendirian sebuah bangunan uci untuk dewa Siwa yaitu Candi Badraloka.Adapun peninggalan arkeologi lainnya bersifat hinduisme adalah arca Durga,Ganesa,miniatur candi ,yoni dan prasasti dari lempengan emas...(wwwborobudurpark.co.id)




Memasuki Situs ini kami diwajibkan menggunakan Kain batik untuk menjaga kesopanan dan menghormati daerah peribadatan umat Hindu seperti kita kalau ke Candi Borobudur akan sama perlakuannya.
Areal yang cukup luas hampir 250.000 m persegi  dan ketinggian 196 dpl membuat cuaca sejuk walaupun saat kami datang terik matahari sudah mulai membakar bumi.Candi ini lebih mirip keraton atau istana dibandingkan Candi.Bukan hanya untuk tempat ibadah tapi juga sebagai Benteng pertahanan diatas bukit .Benteng pertahan Ratu Boko oleh Rakai Kayuwangi dari serbuan Rakai Walaing Puhuyaboni.Akibat serbuat tsb membuat beberapa bagian candi rusak.
Melewati jalanan mendaki dengan hamparan rumput dan pendopo” kecil untuk istirahat sepanjang jalan.Terlihat dikiri panorama Kota Jogya yag indah  dan Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi indahnya...
Candi in terbagi 4 bahagian: Tengah, Barat,Tenggara dan Timur.
Bagian Tengah: Bangunan Gapura Utama, Lapangan,Candi Pembakaran,Kolam,Batu berumpak dan Paseban.
Bagian Tenggara: Pendopo,Balai”,3 candi,Kolam dan Komplek keputren.
Bagian Timur: Komples Gua,Stupha budha dan Kolam
Bagian Barat: hanya perbukitan.


Kami hanya sampai di bagian tengah candi saja karena luasnya yang lumayan besar membuat kami tidak sampai ke sumur Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra.Menurut masyarakat setempat airnya membawa keberuntungan bagi penganut ajaran Hindu.klo kita Muslim minum air zam” ajha yaa..
Menikmati suasana candi bak istana megah dengan foto” narsis disini sampai insiden Mom Tatu kehilangan Kaca Mata bacanya saking ngebet foto loncat...Saling berusaha mencari kembali di rerumputan luas akhirnya seorang bapak pekerja pemugaran candi menemukannya .Alhamdullilah kalau rezeki kembali lagi  walau 1 pecah dan hilang.Saking gembiranya Mom tatau sampai lupa ngucapin terima kasih dan memberikan tips kecil ke pekerja tsb.Akhirnya karena niat kembali lagi untuk menemui bapak tsb.
Thanks pak atas kebaikan hatinya...
Puas keliling candi dan udara sudah mulai terik kami kembali ke parkiran sambil mampir di resepsionis ambil brosur dan istirahat menikmati Plaza Andrawina yang juga difungsikan sebagai restaurant dan Balai pertemuan.Situs yang apik,resik dan terpelihara membuat kami puas menikmati situs bersejarah ini.Tidak kalah indah dan megahnya dari peninggalan” sejarah di luar negeri lho..percaya dech...
Perjalanan dilanjutkan menuju Kawasan Pantai Wisata Gunung Kidul
OBJEK WISATA KAWASAN PANTAI GUNUNG KIDUL
mecikoblogspot

mecikoblogspot
mecikoblogspot

mecikoblogspot
 Setelah menuruni jalanan candi Ratu Boko kami menelusuri Objek wisata Pantai di Gunung Kidul.Mendengar nama Gunung Kidul terlintas  di benak saya daerah kering kerontang dan tandus.Pantai pantai di wilayah Kapubaten Gunung Kidul ini terdiri dari jajaran pantai selatan seperti Pantai Baron,Kukup,Sepanjang,Drini,Krakal,Sundak,Pulang Sawal, dan Poktunggal.
Dugaan saya ternyata salah besar kami memasuki wilayah salah satu Pantai namanya Sundak.
mecikoblogspot

RESORT ASRI MENAWAN DIATAS BUKIT  SUNDAK
Persis disamping Pantai Sundak kami memasuki daerah perbukitan kapur  yang hijau dengan kontur batu kapur  putih menuju atas perbukitan..Menapaki batu” kapur  yang sudah dibuat menjadi tangga” semen  yang cukup melelahkan untuk sampai persis di atas bukit tsb. Sambil ngos ngosan menuju atas bukit....
Ternyata diatas perbukitan yang sepertinya tanpa terlihat dari bawah bibir pantai.Tersimpan sebuah Resort mewah yang asri dan keren.Indahnya...
Resort  tsb dimiliki oleh teman sejawat Mba Tutun sehingga saat kami ke sini sudah diijinkan pemilik dan juga penjaga resortnya.Resort ini pernah dipakai beliau untuk reunian sekolah kata Mba Tutun...
Menikmati resort dengan beberapa villa kayu yang indah dikelilingi pantai” Gunung kidul seperti Pantai Indrayanti ,Sundak,Baron dll. membuat suasana indah dan menakjubkan.
Tak sadar kami merasakan sensasi yang berbeda tidak seperti berada di Gunung kidul tetapi seperti berada di wilayah Bali .Indahnya.
 Di kiri kanan mata memandang ke bibir pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang berkilau diterpa terik matahari siang itu.Terlihat pulau” kecil diseberang pantai nyaris seperti alamnya Pulau Dewata.
Alam Gunung Kidul yang tersembunyi dan mempesona dan hanya sedikit yang mengetahui keindahan alam sini.Subhanallah....
Setelah puas berkeliling resort dan foto” keren disini kami pamit ke penjaga resortnya.

WISATA DAN KULINER PANTAI SUNDAK GUNUNG KIDUL

Menuruni bukit tsb kami lansung mencapai pantai Sundak yang saat ini hanya terlihat satu group kecil Arisan yang berada disini.Mungkin juga karena Jumatan sehingga terlihat sepi .
Menurut infonya bila sabtu minggu dan hari libur Pantai ini banyak dikunjungi .
Pantai Sundak berada disebuah wilayah Gunung Kidul di desa Sidoharjo Kecamatan Tepus.
SUNDAK,katanya perpaduan nama ASU dan LANDAK, yang awalnya perkelahian antara ASU(Anjing) dan Landak yang meninggalkan jejak bagi penduduk sekitarnya dengan adanya Gua dengan sumber air tawar di dalamnya.
Pantai Sundak seperti pantai yang tersembunyi salah satu pesona Baru Gunung Kidul.
Setelah  reminder order makan siang sea food ala Sundak .Kami lesehan di pondok” beratap rumbia dan kursi kayu.Membuat siang itu terasa nyaman dengan semilir angin laut yang membelai .
Tak lupa pesan Kelapa Muda Batok slruuuppp dahaga hilang...Segernya....

Sambil menikmati suasana pantai dengan pasir putih yang landai.Siang itu tersa nikmat karena suasananya tidak begitu dipenuhi pengunjung.Sambil berkeliling terlihat kuliner sea food Cumi goreng, Udang goreng tinggal dinikmati.

Hamparan bibir pantai dengan ombak yang bergulung siang itu membuat kami tak lupa mengabadikan suasana pantai ini dengan berfoto ria disepanjang pantai.
Indahnya keelokan pantai pesisir selatan Pulau Jawa.Tidak kalah kerennya dibandingkan Pantai” di Pulau dewata yang sudah termasyur ke seluruh dunia...
Pesona tersembunyi alam Gunung Kidul.....
Menikmati kuliner sea food siang ini Ikan Bakar, Cumi Goreng tepung,Udang goreng ,Lalapan Timun, Sambel Ijo yang cukup menyengat pedesnya.Dengan air kelapa muda menambah nikmatnya makan siang kami kali ini di pantai Selatan Jawa...
Setelah kenyang dan puas bermain di tepi pantai.Pantai nan landai dengan air laut yangjernih dengan bukit” kapur yang menjulang membuat daya tarik tersendiri di pantai ini.
Puas sudah menikmati pantai dan hunting foto” keren disini..dijamin keren pastinya....















Perjalanan kami dilanjutkan menuju Manding
PUSAT KERAJINAN KULIT MANDING

Berada di desa wisata Manding di Jl Parang Tritis Km 11 Dusun manding Kec Bantul Yogyakarta.Memasukdesa wisata Manding dengan Gapura besar “Sentra Kerajinan Kulit Manding”.
Sepanjang jalan kami temukan toko” yang menjual aneka kerajina  kulit asli seperti dompet,jacket,tas,sepatu,ikat pinggang dll.
Tidak banyak yang kami cari di sini karena bukan sebagai target belanja.Hanya terlihat uni Ites mencari Tas Kulit buat Chelin.
Cuma sebentar disini dan juga gerimis mulai turun kami segera meneruskan perjalanan  .

PUSAT KERAJINAN SILVER “ANSHOR

Alamat: Jl Tegal Gendu 28 Kotagede,Yogyakarta 55172
Phone: +62 274 373266, +62 274 371305 
Fax: +62 274 382258 
Website: http://www.ansorsilver.com

Sebelum berangkat ke Jogya Mba Tutun selalu reminder untuk bawa Perak” koleksi saya untuk di cleaning khusus di Bengkel Anshor.Ada beberapa sic koleksi perak yang memang dibeli di sini juga dan beberapa dari Lombok.
Berhubung sudah sampe Jogya sayang kalau tidak dicleaning di pusatnya.
Awalnya Cuma mampir untuk cuci koleksi perak ehh...malah jadi lihat” koleksi terbaru Anshor.
Gimana lagi terpaksa nyeret  satu new edition Anshor tapi dapet special dic nic ...lumayan perak keren ...ampun deh mata mak mak..

mecikoblogspot
mecikoblogspot
mecikoblogspot
mecikoblogspot
mecikoblogspot
Simak dari Liburan info yaa..
Kota Gede merupakan ibu kota Kerajaan Mataram yang pertama, dengan raja pertama Panembahan Senopati. Panembahan Senopati menerima kawasan yang waktu itu masih berupa hutan yang sering disebut Alas Mentaok dari Sultan Pajang, Raja Kerajaan Hindu di Jawa Timur. Kota Gede menjadi ibu kota hingga tahun 1640, karena raja ketiga Mataram Islam, Sultan Agung, memindahkannya ke Desa Kerto, Plered, Bantul.

Keberadaan perajin perak muncul searing dengan lahirnya Mataram, juga tak luput dari peran Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) yang masuk ke Yogyakarta sekitar abad ke-16 silam. Waktu itu, banyak pedagang VOC yang memesan alat-alat rumah tangga dari emas, perak, tembaga, dan kuningan ke penduduk setempat. "Ibu kota memang dipindah dari Kota Gede ke Plered, tapi itu tidak membuat para perajin ikut-ikutan pindah. Mereka yang biasanya melayani kebutuhan raja itu tetap mempertahankan dan menjalankan usahanya dengan menjualnya ke masyarakat umum," jelas Happy.

Dari pengaruh Kerajaan Mataram dan VOC inilah, maka rumah-rumah pada waktu itu bergaya campuran Jawa dan Eropa, atau juga disebut rumah Kalang. Keunikan Rumah Kalang ini adalah adanya perpaduan unsur Jawa dan Eropa, yaitu joglo yang dijadikan rumah induk terletak di bagian belakang dan di depan bangunan model Eropa.

Bangunan Eropa ini cenderung ke bentuk baroque, berikut corak Corinthian dan doriq. Sedang pada bangunan joglonya, khususnya pendopo sudah termodifikasi menjadi tertutup, tidak terbuka seperti pendopo joglo rumah Jawa. Pendopo Jawa umumnya terpisah dari bangunan utamanya, sedangkan yang ini menyatu.

Relief-relief dengan warna-warna hijau kuning, menunjukkan bukan lagi warna-warna Jawa lagi. Munculnya kaca-kaca warna-warni yang menjadi mosaik penghubung antar pilar-pilar, menunjukkan joglo ini memang sudah menerima sentuhan lain.

Rumah bergaya campuran Jawa dan Eropa ini yang sekarang menjadi milik keluarga Ansor terletak sekitar 300 meter di utara Pasar Gede. Sambil menikmati keindahan arsitektur masa lampau, wisatawan juga bisa membeli kerajinan perak yang diukir indah oleh tangan-tangan terampil serta menikmati santapan lezat di rumah keluarga Ansor . 




KULINER BAKPIA KURNIA
Jl Glagahsari No 112 
Telp: 0274-375030 Yogyakarta
Bakpia merupakan salah satu kuliner wajib beli kalau kita jalan ke Jogya.Saking wajibnya selalu diminati teman” bila ada yang dari jogya.Isi bakpia saat ini sudah bervariasi dari keju,kacang hijau,coklat Kumbu hitam dll.
Salah satu Bakpia yang sangat terkenal  selain Bakpia Pathuk  adalah Kurnia Sari dimana Bakpia Kurnia ini memiliki keunggulan dari kulit yang lebih lembut,tipis ,cukupbesar dan isinya sangat terasa .gurih dan asin.
Alamat Bakpia Kurnia sari dan Cabangnya :
1. Jln Glagah Sari 91C Jogjakarta. Telp. (0274) 380502
2. Jln Glagah Sari 112 Jogjakarta Telp (0274) 375030
3. Ruko Permai Pogung Lor No 6. Jln Ringroad Utara Jogjakarta
(sebelah ahmad dhani school rock of music). Telp (0274) 625279

Setelah order untuk pesanan yang akan kami ambil hari terakhir.Kami melanjutkan perjalanan ke Kuliner berikutnya.

SEGO  KUCING -KOPI JOSS ANGKRINGAN LIK MAN 

Berada di sebelah utara Stasiun Tugu .Saking deketnya turun dari kereta dan menuju arah utara kita akan menemukan angkringan Lik Man yang sangat terkenal ini.Angkringan Lik Man yang dikelola oleh putranya Mbah Pairo ,penjual angkringan pertama di Yogyakarta.
Nongkrong di angkringan merupakan salah satu sensasi trsendiri kalau kita berada di Kota Gudeg ini.
Tanpa melewati angkringan ini terasa belum mampir ke Jogya.
Coba saja terlihat begitu ramenya pengunjung angkringan ini sampe kita duduk pas”an..Ada juga lesehan tinggal pilih.
Saking penasarannya Kris sampai foto lansung ke tempat angkringan Lik man  dekat bakul /anglo saat mereka menyiapkan Kopi Joss dan minuman lainnya.
Nasi kucing yang kami order merupakan nasi bungkus dengan porsinya yang kecil dengan order lauk khusus yang diambil dari tempat yang lain seperti telur puyuh,oseng tempe,telor, sate usus dan gorengan,mendoan   dll.tinggal milih sesuai selera.
Nanti penjualnya akan menghangatkan dengan cara dibakar .

Sementara Kopi Joss adalah Kopi tubruk hitam yang ditaruh digelas biasa dan dimasuki arang yang masih membara .Saat memasuki arang tersebut akan terdengar bunyi joss...itulah disebut Kopi Joss...
Rasa kopinya cendrung pahit dari karbonnya arang tersebut.Bila terlatih makan kopi yang sudah dimasuki arang panas dibalik menggunakan wadah piring kecil dan membuat kopinya tidak tumpah...sensasinya luar biasaa..
Jangan ragu dan bimbang untuk ngobrol di sini dari politik,gosip celebrity,demo dan juga gosip ala Pabrik PG bisa saja suka” dibahas disini.
Saking hebohnya kami ngobrol ngalor ngidul tetangga disamping kami seorang karyawan asal jogya senyum” dan cengir” sendiri mendengar cilotehan kami yang heboh...Indahnya suasana Jogya malam hari...


WISATA BELANJA KAOS DJOGJACHOLIC
Jl. Rotowijayan No 5(lama) Yogyakarta

Malam yang sudah larut  lanjut mampir kaos khas jogya. Djogjacholic..
Kota Jogya yang unik dengan beragam budaya,kreatif dan cindera mata yang khas termasuk Kaosnya.
Salah satunya yang kami kunjungi Djogdja Holic.
Desain yang beda dengan rasa humor tuinggi disetiap lembar kaosnya membuat kami senyum” sendiri membacanya.
Ternyata kaos ini sudah sampai ke luar negri lho seperti Perancis,Belanda ASEAN dllnya.
Dari Kantong belanjanya kami kutip bahasa nyelenehnya:


Dalam kamus /ensiklopedia ,Djogdja : Sebutan/ejaan lawas untuk nama kota Yogya, Holic : penyakit kecanduan ,bahkan mengarah pd jenis kegilaan yg akut .Penyakit Djogdjaholic ini mewabah hanya pada musim liburan . Bila sedang kumat diawali demam berkepanjangan ,lalu beranga angan melakukan aktifitas liburan di Djogya seperti windows shopping di Malioboro,mubeng mubeng cari Batik dan oblong di Rotowijayan,andongan keliling kraton,kongkow di alkid,fotoi foto di Parang tritis ,blusak blusuk Bringharjo atau apapun suing penting kesenangan bisa terlampiaskan
Kaos dengan desain orisinil,bahan dan produksi sendiri.
Kaos ukuran terjumbo dan kaos lukis yang lucu dan unik.Servis terbaik yang hangat khas Kota Gudeg Jogya.
Tak lupa mampir di beberapa toko” Batik sekitar nya.

Pulang ke rumah hampir Jam 22.00  malam.Hari yang cape,puas dan luar biasa destinasi hari ini...
Istirahat ,mandi,sholat dan benah” untuk segera menuju peraduan...
Capek sangaaddd....


To be continued
http://meciko.blogspot.com/2014/05/special-dinner-ala-priyayi-jawa-di.html

12 komentar:

  1. Ditunggu sesi berikutnya..... Ya tq bu ciko

    BalasHapus
  2. Wow... Sdh canggih... Ok ok dcicil yaa sectionnya banyak nic...

    BalasHapus
  3. Nach sudah ada tuch yang section Orange...

    BalasHapus
  4. Mom Tatu section orange sm purple sdh ada ya.. Silahkan d koment...🌺🌸

    BalasHapus
  5. Hanif..... beruntung ya mom'a satu selera...

    BalasHapus
  6. Selera apa nic..selera touring apa selera fotografi...hehe

    BalasHapus
  7. Sepertinya selera mom hanif. Diwariskan semua ma hanif deh.kl ke faras ga mungkin..... Hobbi faras climbing.lah mom nya panjat pinang. Ha....ha....

    BalasHapus
  8. Daripada ngelamun.iseng buka blogspot sesi ijo.ternyata memang pantai sundak indah bangget...... Y

    BalasHapus
  9. Iya section Hijau memang keren..destinasinya keren keren...jadi bikin orang yang baca mupeng....xixixi

    BalasHapus
  10. mbak boleh tau nama resort di atas pantai sundak? contac personnya juga boleh? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resortnya untuk sementara di tutup utk umum krn ada renovasi besar"an menurut info temanku di Jogya...tks ya sudah berkunjung diblogku..

      Hapus
  11. Silahkan jalan ke daerah sana..gak kalah bagusnya kok dibanding Luar negeri....

    BalasHapus