Senin, 10 Agustus 2015

PAGANG,SIKUAI,PAMUTUSAN DAN PASUMPAHAN ..GUGUSAN PULAU CANTIK NAN EKSOTIK DI PANTAI WEST SUMATERA.(II)

PULAU PAMUTUSAN

Matahari mulai bersinat terik setelah kami makan siang dan leyeh leyeh untuk kemudian memutuskan beranjak dari Pulau Pagang menuju pulau berikutnya Pamutusan.
Semua peralatan dan pakaian di bawa menuju Perahu motor yang membawa kami dari pagi karena nantinya kita tidak akan balik lagi ke Pulau Pagang.
Tak lupa membayar restribusi pondokan buat leyeh leyeh dan bersantai selama di Pagang sebesar Rp 100 rb..hasil disc kesepakatan dengan Da Rib.
Pulau Pamutusan ternyata sangat dekat sekali dengan Pulau Pagang hanya sekitar 15 menit kurang akhirnya kami sampe di Pulau Pamutusan.
Cukup ramai Perahu motor bersandar disana dan terlihat group group kecil mandi dan bermain di pantai.

Pulau Pamutusan cukup indah dan banyak ditumbuhi pohon" dan nyiur .Pulau kecil yang hanya seluas 8 Ha yang ditanami Nyiur dan juga Mangrove.Pulau dengan luas yang sangat kecil bila terjadi pasang surut maka Pulau Pamutusan terhubung dengan daratan induk  di dekatnya  seperti sebuah daratan yang menjorok ke laut  dan bila pasang naik akan berbentuk seperti pulau  yang terputus dari daratan sebelahnya sehingga orang kampuang menjuluki Pulau Pamutusan  .
Bila kita siap untuk mengeluarkan energi ekstra menaiki dan trekking ke bukit hijau maka akan terlihat pemandangan indah di antara gugusan pulau pulau cantik nan eksotik  yang berada di sekitar daerah ini.
Sayang group kami memutuskan untuk tidak mampir karena terlalu dekat dari Pagang dan baru saja habis makan siang.Kekenyangan dan akhirnya memutuskan lanjut menuju Pulau Pasumpahan.lain waktu kita coba trekking ke atas bukit sana melihat pemandangan pulau" dari atas bukik..

PULAU PASUMPAHAN

Perjalanan berakhir di Pulau Pasumpahan yang menurut nelayan setempat beda Nuansa dan pesonanya dibandingkan Pulau Pagang.Saat kami tiba di pantai Pasumpahan sudah mulai terlihat jernih dan birunya laut di sekitar pantai.Tambah lagi begitu jelas terlihat isi kedalaman laut ..Subhanallah indahnya Alam Minangkabau...

Pulau Pasumpahan lebih banyak ditanami pepohonan .Apalagi banyak nyiur nyiur yang menghasilkan buah yang siap di petik dan disuguhkan di saat udara terik dan panas menyengat .
Tidak mahal untuk ukuran di sebuah Pulau 1 butir Kelapa dihargai Rp 10.rb .

Terlihat beberapa butir Durian yang menurut pemuda setempat berasal tidak jauh dari Bungus.Tapi lagi gak musim durian jadi Harganya selangit 40-50 rb per butir..alamaaak.Malah ada ketannya juga lho..tapi pada gak minat durian saat ini.

Sambil krucil dan beberapa yang lain berenang ,para cowo" menghabiskan sisa siang ini dengan Main Volley & main bola .Kami duduk dan leyeh leyeh tidak jauh dari lapangan Volley penduduk setempat.Siang itu barulah kami butuh asupan kopi dan teh panas setelah lelah berenang dan perlu energi extra  barulah team carlos mengeluarkan snack sore berupa kue" basah ala Kampuang untuk dinikmati dengan secangkir Kopi panas dan teh panas..slruuupsss.
Masih belum puas berenang dan mandi di Pantai Pasumpahan terlihat masih betah main pasir,berendam, dan santai santai di tepi Pantai.Ada beberapa group yang mendirikan tenda di dekat lapangan volley barangkali group yang camping disini.

Puas main ,berenang dan leyeh leyeh di Pantai saatnya kami bergantian mandi yang sudah disediakan tempat Toilet Umum walaupun air cukup banyak tapi bau payau dan hawa kuat belerang masih kuat tercium.Tak apalah di rumah kita mandi bersih lagi.
Segar mandi sekujur badan di samping  toilet umum sudah tersedia Musholla mungil cukup untuk menampung jemaah 10 orang.Saatnya sholat sebelum kami persiapan pulang kembali ke daratan Bungus.

Perjalanan kembali ke darat harus secepatnya sebelum matahari tergelincir karena ombak makin besar dan Perahu Motor tidak akan kuat menampung beban anggota 20 + 2 org crew...Suasana capek lemes dan terkantuk kantuk di perahu serta hembusan angin laut dan gemuruh ombak yang makin besar membuat anggota banyak yang tertidur.Hanya 40 an menit terasa lama  akhirnya kami sampai di tepi LosmenCarlos..
Usai sudah perjalanan "One Day trip" kami ke gugusan Pulau pulau cantik di Pantai Sumatera Barat.Sangat indah,eksotik dan cantik serta masih perawan.
Yukss yang belum pernah main ke sini saatnya ekplore kecantikan kepulauan negeri sendiri.....
Perjalanan One day trip berakhir di Rumah makan Keluarga di Bungus topnya Gulai Ikan Karang yang sore itu sudah habis hanya tersisa beberapa piring saja.Lumayan mengobati rindu urang rantau dengan Gulai ikan Karang...