Halaman

Senin, 30 November 2015

MELEPAS PENAT DI KESEJUKAN UDARA WADUK DARMA ..Edition 3




Perjalanan Ibu Ibu ISTHI  dari Musium Linggardjati diteruskan menuju Waduk Darma .Berada di Desa Jagara-Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan yang berjarak sekitar 12 km dari kota Kuningan dan +37 Km dari kota Cirebon.Waduk darma mempunyai Luas Area  + 425 ha dengan Prasarana yang tersedia: Cottage ,Area Parkir,Toilet ,Musholla,Taman Bermain anak”.Gazebo, ,Flyng Fox,Mini Train,Area Perkemahan,Warung Jajan,Perahu Motor ,Panggung Serbaguna dll.
Hanya sekitar 1 Jam kurang   perjalanan kami dari Desa Linggar jati sampailah kami di Waduk Darma .
Memasuki  Gerbang  destinasi Waduk ini dan parkir Bus kami sudah disuguhi tampilan Tulisan besar di Tembok bukit dengan warna  cat Kuning terang: “SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA WADUK DARMA”

Background tulisan inilah yang menjadi central focus moment anggota ISTHI diabadikan di Waduk Darma.
Setelah Panitia membeli ticket masuk dan kami sudah dipersilahkan turun dan menikmati keindahan dan kesejukan wisata Waduk Darma ini.
Udara siang sudah mulai terasa panas tapi karena lingkungan sekitar Waduk dinaungi oleh pepohonan nan rindang sehingga membuat adem dan nyaman.

Siang ini pengunjung waduk tidak begitu ramai walaupun saung saung buat lesehan sudah terisi penuh dan kami hanya bisa menempati gazebo” dengan kursi  dan juga tepi Waduk yang dipenuhi kursi kursi buat bersantai.
Jadwal Group ISTHI siang ini sambil berwisata di waduk kita juga Makan Siang dengan lunch Box dari Pring sewu Gronggong,Sholat dan istirahat santai.
Sambil menikmati makan siang beberapa penjaja makanan mendekati kami terlihat Gelayutan Petai” yang hijau,montok montok dan sangat segar.karena habis dipetik dari pohon lansung.
Berbagai buah segar ditawarkan dari Mangga,Sawo,Jeruk ,Pete dan juga ada Buah Labu Kuning bisa buat kolak dicampur pisang…hmm enaknya…ternyata ada yang beli lho dibawa ke Harapan Indah…hehe
Ada yang membuat sedikit aneh terbersit “sesuatu mistik ” dari pesan ibu Ketua Hj.Endah agar Ibu” tidak usah  naik perahu dan hanya bermain di pinggir waduk saja.Ternyata setelah di bus saya tanyakan ke beliau yang notabene  asli Darah Biru  Kuningan bahwa Waduk ini masih banyak mistisnya.Banyak cerita dan kisah orang tenggelam di waduk ini…

Penasaran tentang kisah Waduk Darma yukk kita simak ya…
 Waduk darma dikelilingi oleh bukit dan lembah dengan luas hampir 425 Ha merupakan bendungan/situ yang dibuat oleh Mbah Dalem Cageur pada   zaman Para Wali  masih hidup.Air Bendungan ini berasal dari mata air Cihanyir persis di tengah Waduk Darma .Sementara dari hulu berasal dari Sungai Cisanggarung.
Awalnya Mbah Dalem Cageur punya  hobi pelihara ikan dan juga bendungan untuk tempat bermain Putranya Pangeran Gencay.Puluhan pekerja dikerahkan untuk menyelesaikan Situ ini dan saat selesai tak lupa Mbah Dalem membuat sebuah perahu terbuat dari papan kayu jati yang cukup besar.Tujuannya untuk bermain Pangeran Gencay dengan para pengasuhnya.
Tragisnya saat bulan purnama Pangeran dan para pengasuhnya karam/tenggelam ditengah tengah Situ/Bendungan.Begitu berdukanya Mbah Dalem situ/bendungan  dibobol dan tidak boleh diairi lagi  karena akan membahayakan anak cucu..
Setelah jenazah Pangeran Gencay ditemukan dan dibawa ke suatu tempat “Munjul bangke” artinya Tempat yang menonjol  Bangke: bangkai lalu dimakamkan di Desa Jagara.Sementara tempat tenggelamnya diberi nama “Labuhan Bulan” karena perahunya tenggelam tepat bulan purnama .
Tapi saat jaman Belanda tanah ini dibeli tunai dan dijadikan proyek Waduk.Sampai Era Soekarno proyek ini dilanjutkan dan resmi pada thn 1961..
Makanya sampai sekarang daerah tengah situ masih menjadi mistik sampai sekarang…
Tks Bu Endah sudah memberikan sinyal ke anggota .Untung juga anggota pada patuh dan manut..sehingga gak ada yang “bandel” nyoba nyoba main perahu…hehe
Makan siang dan lanjut sholat jamak  di Mushola mungil di atas bukit yang di depannya sedang ditanami Bunga Bakung yang cantik rupanya.
Puas ngopi,ngeteh dan belanja cemilan dan juga santai rehat di kerimbunan pepohonan tepi waduk.
Saat kami pulang terlihat Komunitas Mobil Jeep sedang Touring di hari yang sama ke Waduk Darma ini.
Perjalanan semakin siang dan kami masih punya 1 destinasi lagi di sore hari yaitu mandi di Sankanhurip…Sumber  Mata Air Panas…..

Next..
 http://meciko.blogspot.co.id/2015/12/mandi-heboh-di-private-room-pemandian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar