Minggu, 02 Oktober 2022

THE HERITAGE SOLO...MELIRIK WISATA SOLO BERGAYA EROPA EDISI 5

HARI ke-2   Itinerary kita akan menuju Kota Solo atau Surakarta dengan jarak dari Kota Semarang 73 km sekitar 1 jam 30 menit via Toll.Setelah kami Breakfast di Hotel Horison Inn Alaska kita akan menuju Kota Solo di hari Jumat Berkah.

Itinerary kami hari ini dengan Dress Code Nuansa Pastel.

The Heritage Palace Solo

Mesjid Agung Surakarta (Jumatan)

Lunch :Resto Kusumasari

Pasar Klewer

Balik Semarang via Toll

Dinner : Kampung Laut Resto

Balik Hotel istirahat

Nama "SOLO" dikenal dimana Kota Surakarta didirikan di Desa Sala di pinggiran Sungai  Bengawan Solo.Solo merupakan desa terpencil dan tenang yang berjarak 10 km dari Kartasura Pusat Kerajaan Mataram di sekitar th 1744.Pada th 1745 Kerajaan Kartasura diangkut dan dibongkar untuk dipindahkan dalam suatu prosesi ke Surakarta di tepian Sungai Bengawan Solo. Desa Sala ini ditempati sebagai Keraton Surakarta Hadiningrat dengan penguasanya Pakubuwono .

Jam 8 pagi kami sudah menuju Kota Solo untuk destinasi Full day di Kota ini.Kami menuju suatu destinasi yang sangat terkenal di Solo yang berada persis di Sukoharjo yaitu : Jl Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT 002/RW 008 Honggobayan,Pabelan Kec Kartasura ,Kab Sukoharjo Jawa Tengah.
Kami sempat nyasar karena Waze yang error diarahkan di dalam komplek perumahan dengan jalanan kecil sehingga kita harus berbalik lagi mencari jalan raya yang besar.Akhirnya kami memasuki Area parkiran The Heritage di pagi hari yang belum begitu ramai apalagi hari jumat.
Kami memasuki area lokasi dengan lansung beli tiket di Pos penjualan Tiket .Kami hanya beli tiket outdoor saja Rp 30.000/org ada juga Tiket Terusan  Rp 55.000/org.
Fasilitasnya Wahana Outdoor-Indoor yang meliputi Garden Restro Paradise , 3D Trick Art Museum,Transportasi Museum,Area Kuliner, Convention Hall dan Kids Playground
Tampak Muka Bangunan  The Heritage ini sangat sederhana dan terkesan kuno dan jadoel.Ternyata sejarah tempat ini merupakan Bekas Pabrik Gula Gembong di Sukoharjo.Kawasan Industri yang cukup besar saat itu di th 1899 yang didirikan oleh Kolonial Belanda.Begitu besarnya pabrik ini memiliki lahan tebu  yang sangat banyak  seperti di Kartasura,Bendo,Dago,Baron Tremoulos,Trobajan,Ketitang dan banyak lagi.Hasil produksi Gula dari pabrik ini kemudian didistribusikan ke Pulau Sumatera,Jawa ,Asia dan bahkan Eropa.Seiring merosotnya produksi Gula akhirnya gulung tikar dan menjadi gudang penyimpanan Tembakau.
Gedung Jadoel yang ditahun 1892 oleh Sultan Pakubuwono X  kemudian di th 2018 disulap menjadi Tempat Wisata Solo yang bernama The Heritage Palace Solo.
Ternyata di dalam Heritage terdapat bangunankuno yang megah dan dipenuhi Pilar pilar besar kokoh dan bergaya Eropa.Juga dipenuhi patung patung kuno dengan banyak spot spot foto nan instagramable.Beruntung kami ditemani oleh petugas yang bisa bantu kita untuk mengambil spot spot cantik di dalam The Heritage ini.

Ternyata buat penarik minat pengunjung kawasan ini juga di isi berbagai mobil mobil antik yang cukup banyak.Mobil kuno ini merupakan koleksi dari pengelola The Heritage yang diperoleh dari berbagai daerah Nusantara dan merupakan sejarah transportasi di Indonesia.Terdapat juga Museum Transportasi yang nyaris hampir sama dengan Museum Angkut di Malang.Makanya kami kurang tertarik untuk masuk ke museumnya.
The Heritage juga ada 3D Art banyak peminat yang menyukai foto foto 3D.atut dicoba lain waktu ya.
Kami menghabiskan waktu dan foto foto di area outdoor saja sampai mulai terasa teriknya matahari di Kota Solo menjelang Sholat Jumat.
Beberapa spot spot indoor juga terlihat area bangunan bangunan tua ala Eropa yang bisa melengkapi foto foto cantik kita disini.Menjelang jumatan kami meninggalkan The Heritage Palace untuk Makan siang sambil menunggu Driver Sholat Jumat.
RESTO KUSUMA SARI
Kami memilih Resto legendaris ini yang masih tetap bertahan sampai sekarang sejak th 1970.Awalnya usaha catering ini kemudian berbagai kalangan minta untuk menjadi restoran biasa yang mulai dibuka th 1989 dengan banyak menu menu ala Holland  disini.
Penuhnya pengunjung Resto Kusuma sari membuat harus antri untuk mendapatkan meja dan kursi.Sampai beberapa sahabat duduk di meja yang masih belum menyelesaikan makanannya
Berada persis di Jl Slamet Riyadi No 111Kemlayan,Serengan Surakarta City.
Ternyata di sini sangat terkenal dengan "Selat Solo" dengan rassa yang original..apa ya makanan ini.Makanan yang diadaptasi dari kombinasi Salad dan steak Kami memesan Stoop macaroni ,Selat Solo,Es Kopyor ,kroket kentang dan beberapa makanan lainnya.

Kami menyelesaikan makan siang kami di resto legendaris ini.Sayang kita tidak sempat mencooba Es Krim legendarisnya .Lain waktu ke solo berharap mampir kembali untuk mencoba menu lainnya.
Setelah mencoba Kuliner legendaris Solo saatnya kami akan mampir ke Pasar Klewer.Awalnya yang sangat ngebet mau ke sini Wiwik .Ada 2 pilihan untuk kita datangi Pasar Klewer dan Butik Danarhadi mulanya.
Ikuti keseruan kita di Pasar Klewer ..Pasar Tradisional Solo yang cukup terkenal...