Halaman

Senin, 01 Mei 2023

SERUNYA PULANG KAMPUANG SAAT RAMADHAN MELEWATI PERJALANAN DARAT ETAPE 1

Jumat 14 April23

Saya memutuskan mudik ke kampuang nan tacinto menggunakan mobil pribadi via darat bareng bersama Pp Hanif dan Hanif bertiga saja.Karena Naufal ,Faras dan Anisa memutuskan untuk tidak pulkam karena kondisi orang tua Anisa sedang sakit dan mereka juga baru saja merintis Bisnis baru Waroeng Sambal Bakar yang membuat mereka harus stay dulu di Harapan Indah.Barangkali ini kesempatan langka saya yang mungkin hampir 10 th lebih  tidak pernah mudik lebaran ke Padang  menggunakan Mobil karena selalu lebih duluan pulang dengan pesawat ke Padang menemani Mama di rumah, puasa dan bisa menikmati Tarawih di Mesjid Baitur Rahman Tabing.Kali ini kerinduan akan serunya pulang saat Puasa melewati jalan darat membuat keputusan naik Mobil b3 menjadi keputusan terbaik.Apalagi Mama baru saja dari Bekasi hampir 2 bulan di rantau dan tidak perlu juga saya pulang lebih awal karena baru pulang ke Padang sebelum Ramadhan ini.
Walau ijin Cuti dari Big Bos SN baru saja di dapat 1 hari sebelum kita memutuskan mudik.Tetapi saya sudah prepare persiapan barang " Koper untuk mudik,Parcel,Oleh oleh dan Paket Buah yang di beli di Ancol 4 box untuk rumah Harau dan Hamka30.
Akhirnya pp Hanif memutuskan untuk jalan di Jumat sore sambil melihat kondisi pabrik jumat pagi bila tidak ada issue serius jumatan kita akan cicil perjalanan kami Etape I.Kami sudah memutuskan untuk pulang dengan bawa si Merah M9 sebelum mobil ini dikembalikan sesuai new rule .Saya dan Hanif jam 11 siap otw menuju rest Area Km 6B Jatibening untuk Jumatan.Kami yang bawa Mobil untuk mudik karena sudah rapi packingnya.Sementara doi dan Dendy bawa CRV ke Pabrik.
Hanif jumatan di Mesjid Km 6B ,sekalian saya Jamak sesudah jumatan bubar.Tak lupa  isi E Toll setelah ketemu ppnya kami siap menuju Merak jam 12.45 Siang.
Insya Allah kita ber3 masih dalam puasa Ramadhan.Terlihat Bos masih menggunakan Batik Jumat tanda memang baru pulang kantor dan Ijin CP hehe.
KMP LEGUNDI
Perjalanan ramai lancar di jumat siang menuju Merak membuat kami sampai di Merak Jam 14.47 hanya 2 jam(125 km) kami sudah memasuki Merak.Kita sudah memasuki Kantong kantong antrian  sebelum masuk ke Ferry.Setelah kita masuk ke kantong antrian barulah kami ke toilet di dermaga eksekutif sembari melihat makanan apa yang akan dibeli untuk berbuka di atas ferry.Hanif sudah order Tiket Ferry express seharga Rp 644.K melalui Aplikasi Ferizy.

Setelah keliling Plaza Dermaga kami memutuskan  untuk beli Ayam Goreng Cepat saji K_Csaja karena ada Nasi dan Minumannya  saja .Saat beli masih sepi setelah kami tunggu mulai banyak antriannya yang memutuskan untuk beli buat Buka Puasa di Ferry.
Kapal Ferry ke-3 KMP LEGUNDI  baru kami naik hampir  3 jam sampai  jam 17.57 loading.Antrian yang cukup rapi dan disiplin tanpa ada yang ngotot"an seperti tahun kemarin.

Ferry ke-3 KMP Legundi persis terdengar azan magrib Buka  jam 17.59 dari atas Ferry.Alhamdulillah puasa kami lancar sampai magrib diatas Fery.Dari atas mobil kami membuka bekal Paket Ayam K_C tadi yang dibeli di Plaza Dermaga.
Setelah lepas makan dan sudah kenyang saatnya kami sholat magrib untuk naik ke atas mencari Mushola Ferry.Berhubung kami habis buka lansung pergi sholat jadi Mushollanya belum penuh masih lega dan nyaman untuk sholat.Saya lansung jamak Magrib Isya berharap nanti di Hotel bisa melaksanakan Taraweh dengan nyaman .
 Setelah sholat jamak di Musholla kecil yang rapi dan bersih.Kami berdua sempat mengitari sudut demi sudut Ferry dengan kondisi angin kencang.Setelah sempat keliling dari dek atas dan terlihat kursi kursi dipenuhi oleh penumpang Ferry.
Ternyata KMP Legundi ini merupakan Ferry yang berada di penyeberangan Surabaya Lembar(NTB) sebelum th 2021.
Mulai awal tahun 2021 Legundi mulai beralih ke lintasan Penyeberangan Merak Bakauheni sebagai Moda transportasi layanan Kelas Express.Terlihat Ruang Penumpang dengan berbagai kelas: Ekonomi,Executive,VIP .Bahkan Gerai Minimarket yang sangat terkenal Alfa Express sudah hadir di tengah tengah kabin penumpang.
Kami merapat di Bakauheni jam 20.15 WIB dengan planning kita akan menginap di Hotel BBC Bandar Jaya .Kami melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Jaya dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit jarak 133.8 km melewato Toll Bakauheni-Terbangi Besar .

HOTEL BBC BANDAR JAYA
Hotel ini terletak di kawasan BBC (Bandar Jaya Bussinnes Convention)
Jl Raya Proklamator ,Terbangi Besar,Lampung Tengah.Hotel yang pernah disinggahi doi dan anak anak sewaktu pulang ke Padang tahun sebelumnya.

Hotel yang pernah disinggahi doi dan anak anak sewaktu pulang ke Padang tahun sebelumnya.Karena sudah cukup malam kami hanya tunggu Hanif Check in di hotel ini untuk 2 room.Hotel bintang 3 dengan bangunan yang cukup besar dan ada swimming poolnya di tengah hotel.
Setelah mendapatkan 2 room kami istirahat,mandi,sholat dan sahur jam 4 kami niat untuk sahur di resto Hotelnya.
Saat sahur restonya terhidang cukup lengkap menu hidangan.Tahun lalu karena masa Pandemi jadi sahur mereka hanya dalam Paket Nasi Goreng saja.
Menikmati sahur yang cukup enak dan lengkap karena habis subuh kita berniat untuk melanjutkan perjalanan Etape ke II.Sambil order Air panas untuk buat Kopi Panas dalam perjalanan nanti di Etape II.Setelah subuh mandi kami siap untuk persiapan perjalanan Etape ke II.Habis Subuh kita siap siap dengan detail jarak 319 km waktu tempuh 5 jam 17 menit.Hanif siap menyetir untuk perjalanan di Toll berikutnya.

Perjalanan akan kami lanjutkan untuk Etape II .