Halaman

Selasa, 27 September 2011

“WISATA KULINER CIREBON WITH IKASMANTRI 85  15-16 JANUARY 2011”


@ Day 1…15 January 2011

Setelah Journey Ikasmantri 85 Painan-Padang dskt tgl 21-25 Oct 2010 berikutnya Ikasmantri 85 melakukan Wiskul ke Cirebon(15-16 Jan 2011)  atas tawaran menarik dr  Om Afid yg kebetulan Beliau dinas di Cirebon selaku Big Bos Cab BRI Cirebon….(emang Big sic orgnye he..he..)
Rombongan dibagi 2 ada yg pool di stasiun Jatinegara ada yg dr Gambir.Group Jatinegara ada Meci-Hanif,Rika-Ridho,Dody,Lisa,Indra, Ji AA-Tek Bidah Lucy,Iwan-Arya (yg berubah pikiran pindah ke jatinegara krn waktu mepet).Total 11 org included 3 kurcaci yg ngebet mau ikutan dg   Ortunya sementara Group gambir ada Boy,Samil,Triza,Yen,Aal,Fahmi Inyiak,Adit,Em-Tety,Benny ucup,fery Coduck( korlap PDG) yg selalu bikin kejutan he.he.. total(11 org).
KA Cirex Eksekutif dr Gambir sedianya berangkat jam 6.15 WIB..tp telat 15 mnt sehingga KA Cirex baru sampai Jtnegara 6.30 an WIB ..
Ketemu di Gerbong 1 & 2 seperti tiket yg sdh dipesan Ji Boy..Berhubung semua berangkat subuh blon satupun yg sarapan maka dikereta sibuklah dg mencari sarpi dulu Menu Nasgor KA,Tea manis,J Co dr Om Samil ( 2 lusin) sesuai janji nic, Kue dr Bunda Rika,Pisang Molen-Bolu Kukus Kartika Sari dr rmh dan byk snack dr kawan” lainnyo serta menu special Talua katuang dr Painan & Buah Naga  20kgan dr Kebun Bu Hj.Nana ole” Pak Wabup Adyt....mantabsss…Tks Pak Wabup…


Perjalanan dipagi hari nan heboh d selalu narsis foto” di gerbong heboh dg ketawa dan bolak balik nganterin kue & Talua katung kayak pedagang asongan..begitulah klu sdh ketemu ..
Waktu tempuh 3 jam tdk terasa..Jam 9.30an kita sudah sampai di Stasiun Cirebon
Persis Depan Stasiun Cirebon ternyata ada BRI Cab.Stasiun disitulah kita diterima oleh Tuan Rumah dengan Full Team BRInya ,kami  disuguhi  snack kecil dan air mineral …
“SELAMAT  DATANG di KOTA UDANG CIREBON”…

Ternyata kami sudah ditunggu oleh Team BRI untuk meluncur ke rumah kediaman Big Bos nic..Jl Wahidin Sudirohusoda No 41 persis 2 pagar di sebelah Hotel Santika Cirebon..
Ketemu dengan Nyonya Beth yg cantik d ramah dan saling bersalam”an krn memang sdh pada kenal saat Acara Reuni Perak Ikasmantri 85  di Cibubur 24-25 Juli 2010.
Ternyata saat kami datang juga muncul warga Cirebon dadakan Om jack Fauzan..wah makin rame nic..



Tuan Rumah lansung menawarkan Sarpi dulu yang lansung disambut Hangat oleh kawan”..emang laper..
Kuliner (I) Menu Soto Padang, Kue Lupis PDG, Es Buah dan kue’ kecil yg full lengkap…           
Hmmm..memang mantabs,..ternyata Soto PDG buatan Nyonya Afid..wahh bole nic..bener” uenaaakkk..subana sero lai…

Setelah penyambutan tuan rumah yg hangat dan sarapan pagi yg nambah teruuss..nurunin tas” dan tuan rumah sdh menyiapkan kamar” tamu bw kita”…Alhamdullilah…
Sedianya para Bapak” mau nginap di Hotel Santika sebelah..jadi pd gak mau pengen rame” di rumah Om Afid…Dasar..keliatan bgts..udah pd bosenn nginap di Hotel tuch…..
Saatnya utk menyusuri wisata dan kuliner Cirebon..
Kami segera meluncur  ke
Wisata Belanja Pusat Kerajinan Kerang(1)  qualitas export di Desa Astapada.... Shiowroomnya lumayan besar d wah  bagus’ banget dan memang indah” disambut oleh ownernya lansung bhubung ada Big Bos BRI yg datang...Kerajinan dari Kaca, meja kursi,taplak meja,lampu, dan pernak pernik rumah semua lengkap…
Mulai kalap nic kawan” ngeborong macem” barang..Bukan Ibu”nya aja..apak” kalap juga nyariin ole’ bw sang istri..drpd Pintu gak dibukaiin d rumah ..huhahaha..Diem” Ji AA d Tek Bidah Lucy mesen khusus nic..Kaca dan Meja Pajang..soalnya  bisa di order d dkirim praktis kan
Diam” dipojok Om Samil mulai bongkar” Special Item yg pernah dpt awards..untung nyarinya sm ownernya dikasi deh …Rezeki om Samil gak bakal kemana..hihi..
Setelah cukup lama di Showroom Pusat Cindera mata ini..
                                                                           




kita lanjut ke Wisata Belanja(2) Kampung Trusmi… Pusat Batik Cirebon…Menuju ke Desa Trusmi kita melewati jalan kecil yg klu papasan dengan Bus cukup bnyali bw lewatnya…Disini banyak ditemukan Rumah” dan Gerai” Batik Cirebon.Kami mampir di Wisata Belanja (2)Batik EB Traditional Galerry..Pusat Batik dari harga Rp 20rban sampai Harga Jutaan tersedia disini..
Sebelum kita bongkar” batik di Galerry  Batik ini mempunyai Pusat Kuliner  Cirebon d juga bermacam fasilitas istirahat leyeh” d Mushola..Kita sholat Jamak dulu disini biar hati tenang&  nyaman nyari batiknya..heheh.

Nasi Lengko


Baik Ibu” maupun bapak”..sibuk milih’ bahan,baju jadi..lumayan sic disini banyak ketemu Bahan batik yg bagus” dan sesuai kualitasnya.Ada yg ATBM,Sutra dan Katun..lengkap bangets deh..sesuai kantong..
Tidak puas dg 1 galerry kita keliling ke sekitar daerah tsb karena memang pusatnya..
Banyak ketemu yg bagus” sic…Bu Meciyen ngeborong abiezzz bw dijual kembali di padang..huhh dasar Bisnis Woman..bisa banget tuc ..
Perut sudah mulai keroncongan nic..mulai ngelirik Wisata Kuliner(2) Tahu gejrot persis di depan toko batik..
Tahu gejrot adalah salah satu Kuliner khas Cirebon



Kuliner yang satu ini dapat ditemukan di hampir setiap sudut Kota Cirebon. Bentuknya berupa irisan tahu yang disantap bersama saus berwarna kecoklatan. Konon, nama Tahu Gejrot diambil dari cara memberi saus yang digejrotkan (dikeluarkan dari botol melalui lubang dengan cara dikocok-kocok).Biasanya penjual tahu gejrot menyediakan 2 piring yang terbuat dari tanah liat seukuran telapak tangan orang dewasa. Piring pertama digunakan untuk tahu goreng yang sudah di iris-iris. Piring kedua berisi ramuan khas yang terdiri dari bawang merah, cabe, dan garam. Ramuan khas ini diulek lalu ditambahkan saus berupa campuran gula merah dan kecap yang dibubuhi sambil digejrotkan.Harganya murah Cuma Rp 4000 perak 1 porsi....lahap nic makannya..pdhal emang laper..
Sudah mulai ditelponin bapak” supaya segera balek ke EB galerry siap untuk makan siang apa sore yach..sudah nyaris jam 3an...hihi.Dasar Ibu” kalo sdh belanja suka kalap.....maaff nic..
Wisata Kuliner (3) Empal Gentong & Empal Asem H.Apud...disini tersedia Empal Gentong,Sate kambing muda TL(tanpa lemak), Es Lilin Cap Nyonya.dll
Empal Gentong apaan sic...Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar (dari pohon mangga) di dalam gentong atau periuk tanah liat. Dinamakan empal gentong karena cara memasaknya yang khas menggunakan gentong. Isinya sendiri merupakan empal yang terdiri dari potongan-potongan daging. Daging yang umum digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Makanan yang berkuah kental dan bersantan ini serta dipenuhi dengan daging dan di taburi dengan irisan daun kucai ini sungguh lezat. Teman makannya adalah nasi ataupun lontong. Anda tinggal pilih mana yang lebih anda suka. Sambal empal gentong juga sangat unik berupa saripati cabai merah kering yang ditumbuk halus. Hati-hati jika menggunakannya karena rasanya cukup pedas.
Makan disini cukup lahap..Sate Kambingnya itu lho bikin nambah teruuss..ada yg pake lemak ada yg TL.wuiih mana duduk persis di depan Ji Boy..Pakar Penikmat Sate Kambing..semakin panasssss....semakin banyak tambahan order..terakhir ditutup denganKuliner (4) Es Lilin jadul Cap Nyonya..macem” rasa dr Duren,Ketan Item,Sarikaya dll..

seperti menikmati es zaman kanak” dulu..hmm nikmatnya..
Setelah kenyang menyantap makan siang yg sudah sore akibat kalap belanja batik..lalu kita melewati Wisata Budaya(3) Keraton Kasepuhan..ternyata disekitar Keraton tsb ada Acara Maulidan sehingga banyak penjual’/Lapak” Pakaian sdg dibangun..sampai mobil” kami gak bisa lewat saking semua jalan sdh ditutupi lapak...Gak jadi berhenti krn sudah males duluan lihat kondisi yg tidak nyaman...
Kita melewati /ngitari Kota Cirebon disore hari....berhubung Mobil plg depan disopirin oleh Tuan Rumah Om Afid..kita gak ngerti tujuan beliau masuk- keluar Komplek” Perumahan Elit..di Cirebon...Beberapa Komplek rumah elit kita susuri..sampai” Ibu” di Mobil nanya ..Ini nyari Rumah Tek Bidah siapa nic yg di simpan dsini huhahaha...Jadi curiga sama seseorang..Pissss Om..Mati Belanda....curigabangetdotcom..dehhh
Ternyata Om Afid ngasi tau kita” bahwa komplek” tsb merupakan KPRnya BRI..Intinya disuruh jd nasabah BRI nic..omm...pisss deh...bisa aja jualan bapak yg satu  ini...Semakin sore setelah cape putar” kota balik pulang ke rumah untuk istirahat ,mandi dan sholat magrib....Sudah pd cape nic..byk yg lansung teller tidur ,leyeh” setelah magrib...
Setelah semua pd mandi jam 7an  maka berkumpullah dengan serius membicarakan Prospek Masa Depan Ikasmantri 85..dengan diawali Hasil Diskusi teman ” awal Jan11 sewaktu di PDG yg disampaikan oleh Om Indra beserta banyolan” gilanya...dilanjutkan oleh Presentasi Bu Meciyen ttg prospek mendirikan Bisnis Mini Market..Hasil kesepakatan bersama untuk mulai menanamkan sahan minimal Rp 100 rb..per alumni..Waktu yg sudah disepakati adalah sampai akhir Feb 2011 sudah terkumpul Dana kira” 170 jtan..Dana yg sudah terkumpul  ada 30 jt ditangan om indra(rekening)..Hayoo..Hayo sapa menyusul...
Tuan Rumah sudah mempersiapkan Makan Malam dengan Menu Kuliner (5) Ayam Goreng BAHAGIA..   yg cukupp terkenal di Cirebon dan sudah puluhan tahun bertahan..Nikmat sekali dengan Ikan Gurame Goreng sampe’ Om Samil ,Om Doddy dengan Bu Dosen  Lisa gak berhenti rebutan tulang ikan b2 dipojok....hihihi  seru ya Omm....
Habis makan sudah hilang 1 rombongan bapak” alasennya keluar cari angin wahh..perlu dicurigai nic kemana...heheh.Jangan-Jangan nyari tukang pijit....pisss om...
Ibu” gak mau ketinggalan sambil kasi kode Nyonya Beth..disambut dg ajakan hayoo jalan” Malming kita kllg Cirebon..wah boljug nic..
Kita hanya 1 mobil saja Ibu” sambil plesiran dimalam hari..liat” Daerah Kota dg peninggalan Gedung” Belanda...ihh seremmm...kllg Kota daerah” makan,daerah anak muda nongkrong..sampe terakhir ke Daerah  Wisata Budaya (4) Makam Sunan Gunung Jati..
Wah sekitar Makam penuh sekali orang” jualan dan jual jerigen ternyata utk diisi air doa setelah ziarah ke Makam..Banyak bangets Group” pengajian pake baju putih datang k sini.Menurut infonya kalau persis ziarah didepan Makan Sunan Gunung Jatinya harus ada izin khusus dl dr Kasepuhan/Keraton jd gak gampang..Klu masyarakat biasa ini Cuma sampai beberapa makam” sebelum sunan g.jati..mungkin cucu atw kerabatnya.Kita Cuma mengitari depannya saja krn memang gak niat mau ziarah hehe...
Pulang” sudah pd cape d ngantuk..sampe dirumah para bapak” sudah gelar aneka game ,ngobrol,main musik.Ibu” sudah teller siap berangkat ke peraduan.Tapi kok masih ada Bu Dosen lLsa sm 2 tek Bidah di luar..wah jangan” lagi ada khursus kilat nic bw tek bidah”...huhahha..bisa bisanya Bu Lisa nic.Kursus menghadapi Suami-Suami  huhahaha..pisss Buk Dosen..



@Day 2- 16 january 2011
Pagi” sudah menghilang Om Coduck dan Om jack yg harus buru” kejar KA jam 6.an karena Beliau harus segera ke PDG.Selamat Jalan kawans...
Pagi seperti biasa azan sudah pada bangun sholat d ada yg lansung mandi biar gak antri saking ramenya..Sudah ditunggu Bapak’ siap” Sarpi Kuliner (6) Nasi Jamblang Mang Doel di depan Grage Mal..
Ini
lho riwayatnya:





Sega Jamblang atau Nasi Jamblang
Sega Jamblang atau Nasi Jamblang. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Sega Jamblang pada awalnya sebenarnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Dibungkus dengan daun jati, tujuannya agar bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Penyajian Nasi Jamblang bersifat prasmanan menggunakan meja rendah yang dikelilingi bangku panjang untuk duduk pembeli. Makanan digelar dengan menggunakan wadah-wadah yang masih tradisional. Penjual akan menyodorkan nasi yang dibungkus daun jati kemudian kita tinggal mengambil sendiri lauk pauk yang ingin dimakan. Aneka pilihan antara lain sambal goreng, paru, semur hati/daging, perkedel, sate kentang, telur, ikan asin, tahu dan tempe otak goreng dan sambel cabe merah, tidak ketinggalan blakutak, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah. Nasi Jamblang yang cukup tersohor, adalah Nasi Jamblang ‘Mang Dul’ yang berlokasi di Gunung Sari dekat lampu merah ke arah jalan Tuparev.
Wah rame banget nic padahal masih jam 6.30an lho..dr rumah kita Cuma jalan kaki karena mmg deket..Berbagai lauk ada disitu tinggal milih maunya apa...makan sambil tetep narsis foto”..malah pulang aja dijalan raya masih sempat”nya foto...Untung selalu bawa fotografer handal sapa lg klu bukanJi Boy..Makasih Ji Boy..
Mampir ke Kantor BRI Cab Cirebon tempat Kantornya Om Afid mulanya sic Cuma mampir sebentar ehh taunya dsuruh masuk ke dalam dan msh tetep aja foto” mana bapak” belon pd mandi tuc..ihhh...Apalagi ada 3 pasangan mesra yg kita pajang bw foto disini..yang laen joelus deh gak bw pasangan..rasain aja sendiri..
Pulang ke rumah pd mandi dan Ibu” beres” siapin barang” yg mau dipacking krn siang kita sudah siap balik ke Jakarta.Sambil nunggu waktu ,Ibu” kok kayaknya masih penasaran dengan Batik Trusmi nic..pengen balik lg..sambil pengen jalan” ke Kuningan krn menurut info Kuningan Cuma ½ jam dr Cirebon.Kami cuma 2 mobil yg ikut yg laen ada yg masih ngantuk tidur ada yg maen..ya sud jalan deh 2 mobil..Bocah” tetep gak mau ikut katanya mau maen band sama Kak Jodi anaknya Om Afid ya sud kebeneran..hihi.
Sampe di jalan Raya Cilimus  Kuningan ternyata adaKuliner (7)  Pusat Oleh” Terkenal namanya Teh’Diah Oleh” Kas Cirebon d Kuningan.Mampirlah kita dsitu ternyata memang full lengkap oleh: dari tape di ember,sirup tjampolai,es lilin Cap Nyonya,ikan asin,terasi udang,asinan,kue” dr berbagai penganan,kerupuk melarat,wajit Kuningan ,Aneka Keripik, kerupuk ,Aneka Dodol Buah dan tak lupa ”Jeniper”...yaitu Jeruk Nipis Peres yg disimpan dibotol” kecil..rasanya segeeer banget...                           


Semua pd sibuk milih” ole”..yg awalnya Ji AA dan tek Bidah Lucy Cuma mesem” aja gak milih takut keberatan bawa di kereta..ehhhh org dah pd mau pulang baru inget belakangan..hihhii ..telat mikirnich..
Habis dr sana kita gak jd ke Kotanya karena Ibu” masih pengen balek lg ke Trusmi Batik...Lumayan balik lagi ke   



 (8)Wisata Kuliner Pusat Jajanan EB batik Tursmi..Kami pesen Nasi Lengko,Tahu Tek”,Es Cuing,Es Cincau...
Nasi Lengko:
Nasi lengko dalam bahasa Indonesia. Makanan khas yang cukup sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori. Penyajiannya berupa nasi putih yang panas, tempe goreng, tahu goreng, mentimun segar yang telah dicacah, tauge rebus, irisan daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak) terakhir di beri kecap manis dan disiramkan ke atas semua bahan.
Lebih enak lagi dimakan dengan ditemani krupuk aci yang putih.
Setelah kenyang mk lanjutkan Wisata Belanja Batik Trusmi kembali yg masih ada pesenan yg tertinggal..lumayan sisa waktu 1 jam.an bisa nemu di Galerry terakhir..
Pulang jam 12.30an takut klu bapak” protes lg karena kita harus pergi Makan siang di Wisata Kuliner(9) Sea Food H.Moel..persiapan beres” barang dan sholat jamak lansung supaya perjalanan lancer d pikiran tenang
Tiba di Sea Food H.Moel sudah ditunggu oleh Team BRI juga..wah ternyata sdh disiapkan ruang khusus buat kita..sambil menunggu pesanan datang..mulai sepatah kata dr Tuan Rumah bw kami atas kunjunga kami ke Cirebon.Sambutan balasan dr kami diberikan Om Indra..yg pasti penuh banyolan heboh dengan kemenangan Team beliau semalam dengan team Om Afid dan Pak Wabup…
Ternyata menunya full sea food ada Kepiting Special saos  Padang ada istilah  Hot lady..tau deh..,Udang Bakar,Ikan Bawal bakar,dll mantabss dan mak nyuss rasanya ruar biasa…
Setelah makan d foto” segera meluncur ke Stasiun karena waktu sudah hamper jam 2.30.Kereta berangkat jam 3.15.Kami kumpul dulu sebentar di Kantor BRI Cab stasiun dan Salam”an dengan Tuan Rumah Om Afid dan Nyonya Beth,ananda Jodhi serta Team BRI yg sudah menservic kami selama di Cirebon..
Terima kasih yg tak terhingga kami ucapkan atas kerendahan hati beliau dan sangat “ welcome dengan kedatangan rombongan Ikasmantri 85..Mohon maaf bila ada salah” kata dan perbuatan selama kami berada di Cirebon..sampai ketemu lagi di lain waktu d tempat…
Kereta sampai tepat jam 3.15 kami pamit menuju kereta dan sesuai tiket berada di Gerbong Eksekutif 1 & 2.Dalam kereta banyak yg tepar kecapeaan termasuk Trio Kurcaci (Ridho,Hanif dan Arya) sudah ilang duluan…Ada juga tuch pasangan mesra yg kecapean tidur sambil difoto sama “Paparazi”..weleh-weleh..kedinginan selimut..selimut..wukakakaka..
Mendekati Daerah Bekasi sudah siap” saling salam”an dan bermaafan karena ada 2 group yg turun di jatinegara dan di gambir..
Kami turun di Jatinegara Group ( Meci,Hanif,Rika,Ridho,Doddy,Ji AA,Tek Bidah Lucy,Indra,Yen,Triza,Lisa )  sebahagian lagi di Gambir…kayaknya Ji Boy sm Ji AA dan para Tamu: dr PDG(Pa’wabup Adyt,Inyiak Fahmi, Om Aal PKU) sudah mulai bisik” mau kuliner lg makan malam di SCBD..ampunnn tuc peruttt…minta mulu.
Waktu sudah menunjukan pukul 6.lewat krn sudah terdengar azan magrib..Kami turun di Jatinegara dengan selamat.Alhamdullilah sehat dan selamat sampai tujuan……Alhamdullilah barakallah
See U Temans’..sampai ketemu lagi d acara berikutnya..Mohon maaf bila ada salah ’ kata dan penempatan          kisah     cerita             karena ini hanya sebatas hobi sampingan selama perjalanan wisata kuliner dengan Teman” Ikasmantri 85.
Salam Hangat,
Meciko

2 komentar:

  1. Wahhh...naksir sama toko kerajinan kerangnya tuh,Mbak... jd kepengen ke sana! Saudara-saudara saya di Maluku selama ini hanya merubahnya jadi perhiasan sederhana saja. Miskin kreasi. Trimakasih infonya yaa...

    BalasHapus
  2. Iya keren banget sist...export lho mereka...Hayoo ke sana ATM ..amati tiru d modifikasi..bisa bw inspirasi saudara" di Maluku yang kaya akan kekeayaan lautnya...Tks juga sdh main ke blog saya...

    BalasHapus