Halaman

Sabtu, 16 November 2013

TOURING CENTRAL DE JAVA (TEGAL-BATU RADEN-PURWOKERTO) ...I



SATURDAY( 2 Nov '13)

Touring kali ini benar benar only 3 personel saja dengan Si Bungsu Hanif.
Faras sudah mulai sibuk dengan kegiatan sekolah dan persiapan Ujian..
Berangkat jam 7.30 pagi mampir di Bekasi Cyber Mall ke Telkomsell blon buka nyari SIM card untuk Iphone 5S kado si Abang Naufal..ternyata bukanya jam 9 Pagi.
Tks a lot ya Bang…keren blon masuk Indo nic. .

Lanjut Tol Cikampek padat sampai Deltamas.
Touring kali ini kami tidak punya Planning mau kemana dan tujuannya apa.Tujuan setelah diskusi bertiga di mobil.Sehingga kami tidak melakukan reservasi Hotel mana pun.Dimana Kota yang dilalui maka disanalah recervasi Hotel.Jadi benar’ touring bebas tanpa ikatan.
Nach diskusi awal kami akan menuju Guci Tegal Daerah wisata Air Panas Guci.Tapi setelah ditengah jalan menuju Tegal rencana berubah ke arah Jalur Selatan tidak melewati Pantura.
Akhirnya kami sepakat untuk menuju Route Jalur Selatan:

Jakarta-Wonosobo :
Jakarta-cikampek (via tol) = 73 km, Cikampek-Sukamandi-Ciasem-Pamanukan = 46 km, Pamanukan-Patrol-kandanghaur-lohbener = 56 km, Lohbener-Jatibarang-Palimanan (via tol)-Plumbon-Kanci = 74 km, Kanci-Losari = 29 km, Losari-Brebes = 27 km, Brebes-Tegal = 9 km, Tegal-Slawi-Bumi Ayu = 40 km, Bumi Ayu-Ajibarang-Purwokerto = 37 km, Purwokerto-Sokaraja-Purbalingga = 21 km, Purbalingga-Banjarnegara = 47 km, Banjarnegara-Wonosobo = 30 km,
Total Jarak Tempuh = 489 km.

Mampir. di KM 57 SPBU dan belanja cemilan d Lawson. menuju Pantura ramai lancar sedikit tersendat di Jl Raya Jati Sari..menuju Pamanukan lancar.

Melewati Tol Palikanci dan next Tol Kanci_Pejagan Rp 21.500 cukup panjang .Tol terakhir ini belum sempat kami lewati saat Touring Jawa end Th 2011.

KULINER TEGAL :SATE KAMBING BALIBU “ BP MASHUR”


Berada di kawasan kuliner Tegal dengan deretan warung warung makan sepanjang Jalan yang bertuliskan Sate Kambing Muda .
Kami selalu memilih warung makan atw resto yang selalu dipenuhi dengan parkiran mobil”..Ini pertanda tempatnya diminati bisa enak,murah ataw, dua duanya enak dan murah hehe….Penuh parkiran mobil dan juga meja”nya hampir semua terisi. Trik ini selalu kami pakai di setiap memasuki daerah asing dan tidak kenal kuliner yang top di sana..Ternyata trik ini Manjur dan Berhasil ..Semua Kuliner” kami selalu enak dan mantabsss..
Ntar bisa dibaca semua yaaa..

Wikipedia infonya…
"Teh Poci" adalah minuman khas Tegal. Teh poci diseduh dalam poci tanah liat kecil dan diminum dengan gula batu. Istilah teh poci "wasgitel" artinya wangi, panas, sepet, legi, lan kentel, Tegal hingga saat ini dikenal sebagai sentra penghasil teh.
Moci - Budaya minum teh sebagai teman ngobrol, biasanya dilakukan beramai-ramai. Teh direbus pada poci tanah (teh poci). kemudian dituang ke dalam cangkir dengan pemanis gula batu. Teh dalam cangkir tidak diaduk. sehingga rasa manis ditemukan pada saat isi teh dalam cangkir hampir habis. Hal ini menyebabkan cangkir terus dituangi
Sate Tegal atau Sate Kambing Tegal adalah sate dari daerah Tegal, Slawi, dan sekitarnya yang dibuat dari daging kambing atau domba muda, yang dipotong dadu (±1,5 - 2 cm) disusun pada tusuk sate dari bambu dikombinasikan dengan lemak (gajih) dan hati atau ginjal. Kemudian daging sate dibakar di atas bara arang kayu atau arang batok kelapa sampai matang. Aroma yang ditimbulkan dari pembakaran sate ini berbau sangat khas. Cara membakar tidak perlu dicelup ke dalam kecap manis encer tapi apa ada saja alias polos. Kalau minta dibakar polos di warung sate Yogyakarta, cara ini sudah mendekati asli cara bakar di Tegal, daging kambing yang mungkin tidak sama seperti di Tegal. Sate Tegal biasa dihidangkan dengan bumbu sambal kecap yang terdiri dari kecap manis, cabai rawit, bawang merah dan tomat. Di Tegal sate dijual dengan satuan kodi (=20 tusuk sate).
Sedia Tongseng,Gule, Sop kambing/Ayam, Sate Kambing ,Ayam Bakar/Goreng dll
Ditemani Tea Poci “ Tong Tji yang menggunakan Poci dari keramik hmmm wanginya…slruuup….
Kami memesan sate kambing Muda 1 kodi dengan Sopnya serta ayam Goreng kesukaan Hanif.
Tak lupa Kopi hitam menemani habis makan siang kami.


Saat disinilah Jalur Pantura dan Jalur Selatan bercabang 2.Kami memutuskan untuk menuju arah Selatan Jawa melewati Purwokerto.Saat touring Jawa end th 2011 ke arah Pantura sudah kami lewati sehingga diputuskan untuk mencoba jalur baru ke arah Purwokerto.

Menuju arah Purwokerto Jalur Selatan.

Ketanggungan__Larangan_Bumiayu_Ajibarang _Batu Raden_Purwokerto.


WISATA BATU RADEN
(SELAMAT DATANG DI LOKAWISATA BATURADEN “THE RIGHT PLACE FOR YOUR HOLIDAY”)



Lokawisata Batu Raden berada 14 Km dari Pusat Kota Purwokerto berada di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Batu Raden Kab Banyumas, dibawah kaki Gunung Slamet..
Udara yang dingin menambah sejuknya suasana Batu Raden di sore ini .
Sebelumnya juga sudah bayar ticket masuk juga.Ticket masuk khusus Pancuran 3 Batu Raden Rp 7500 .


Cek Wikipedia yaaa..
Baturaden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin di malam hari. Selain memiliki panorama alam yang cantik, Baturaden juga memiliki banyak legenda rakyat, salah satunya cerita lutung kasarung yang terkenal.
Dari Baturaden, Anda dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, juga beberapa pantai indah di daerah Cilacap. Baturaden sendiri memiliki banyak objek wisata yang menarik dikunjungi seperti Taman Bitanin yang memiliki beragam tanaman dan bunga langka, di antaranya bunga havana, daun dewa, antarium lipstick, palem paris, dan widoro laut yang tak hanya dipamerkan, juga dijual sebagai souvenir.
Kemudian juga ada Curug Gede, sebuah air terjun cantik di Desa Ketenger yang terletak 3 km dari pusat Baturaden. Tidak jauh dari situ juga ada sebuah pemandian air panas, Pancuran Pitu yang bersuhu sekira 60 hingga 70 derajat Celsius.
Selain pemandian air panas, Baturaden juga memiliki pemandian yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu Pancuran Telu. Baturaden pun memiliki kolam sumber air murni, Telaga Sunyi.
Baturaden ternyata turut dibuka untuk lokasi perkemahan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Baturaden, Anda dapat mendirikan tenda di Wana Wisata, sebuah hutan hijau yang berjarak 2 km dari Baturaden dan sangat pas untuk berkemah bersama keluarga.
Wisata keluarga di Baturaden akan bertambah menyenangkan apabila berkunjung ke Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang dan museum yang menyimpan kerangka-kerangka fauna khas Indonesia.
Tidak hanya wisata alam, Baturaden juga menyediakan beragam wisata kebudayaan seperti grebeg syura yang diadakan setiap bulan pertama dalam kalendar tahun Islam, pertunjukan musik calung, dan tari tradisional lengger, pertunjukan bernuansa mistis yakni kuda lumping, serta sadranan sebagai upacara mengunjungi situs suci, biasanya kuburan yang juga disebut kenduren oleh masyarakat sekitar. [1]
Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah atas Pancuran Telu.
Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah bawah Pancuran Pitu.
Merupakan camping ground yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunkan sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.
Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden atau Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden merupakan kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh Bupati Pemandian Air Panas
http://wisatakuliner.com/kuliner/tempat-wisata
Puncak, kawasan puncak merupakan salah satu lokasi yang sering dijadikan pilihan untuk menghabiskan weekend atau masa liburan bersama keluarga tercinta atau sahabat. Udaranya yang relative dingin, menyejukkan dan keindahan alamnya menjadi poin tersendiri hingga mampu menarik hati para wisatawan. Baturraden yang berlokasi di Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kawasan puncak yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Berada di Lereng Gunung Slamet sebelah selatan dengan ketinggian ±640 mdpl, membuat Kawasan Wisata Baturraden berhawa sejuk dan menjadi semakin dingin ketika malam hari. Untuk mencapai kawasan Baturraden, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila dari Purwokerto hanya berjarak ±15km ke arah utara kota, sedangkan kalau menggunakan kendaraan umum bisa dari terminal Kebondalem Purwokerto langsung menuju lokasi Wisata Baturraden.

Setelah sampai di lokasi, kita harus membayar tiket masuk sebesar 3ribu rupiah untuk setiap orang belum termasuk tiket parkir. Sedangkan untuk kendaraan dibandrol mulai dari seribu rupiah untuk kendaraan roda dua hingga 8ribu rupiah untuk kendaraan roda lebih dari 6 buah. Setelah memasuki area Baturraden, hamparan tanaman hijau dengan udara yang menyegarkan siap menyambut siapa saja yang datang, dan rasa lelah sepanjang perjalanan seolah hilang begitu saja.

Lokawisata Baturraden ini sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, sehingga para pengunjung bisa lebih nyaman pada saat berada di lokasi. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu Wisma Baturraden yang berkapasitas 11 ruangan, home stay, hotel, resto, lapangan tenis, area perkemahan hingga peralatan untuk perkemahan. Selain itu, kita juga bisa menikmati pertujukan seni dan budaya yang digelar pada waktu-waktu tertentu, seperti Grebeg Syura yang dilakukan pada tanggal 9 di bulan Syura, Ebeg atau tarian kuda lumping yang diiringi dengan alat musik gamelan yang bernama bendhe. Dan yang tidak kalah menarik, kita bisa menikmati keindahan Gunung Slamet yang diselimuti hutan Heterogen, Kota Purwokerto, Pantai Cilacap dan Nusa Kambangan dengan cukup jelas bila cuaca sedang cerah.
Konon, Baturraden atau Baturaden berasal dari bahasa Jawa Batur yang berarti bukit, tanah, teman, pembantu dan Raden yang berarti keturunan bangsawan. Sedangkan menurut legenda yang beredar dikalangan masyarakat, ada dua versi cerita mengenai asal-usul Baturaden. Salah satu versi tersebut mengisahkan tentang seorang putra Raja (raden) yang jatuh hati kepada seorang pembantu (batur). Namun kedua orang tuanya tidak menyetujui, sehingga raden tersebut mengakhiri hidupnya dan tempat itulah yang kini dikenal dengan nama Baturaden.
Selain keindahan Lokawisata Baturraden itu sendiri, jaraknya yang berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lain membuat para pengunjung semakin tertarik untuk singgah ke Baturaden. Lokasi wisata yang sering dikunjungi ketika berada di Lokawisata Baturaden diantaranya ada Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Telaga Sunyi, Taman Kaloka Widyamandala, Curug Gede serta Wana Wisata. Sebelum meniggalkan Lokawisata Baturraden jangan lupa untuk singgah ke beberapa kios-kios cinderamata untuk membeli oleh-oleh.
Agustus 2012
Sumber & Sumber foto : dinhut,jatengprov.co.id,
Wikipedia.org, desnantara-tamasya.blogspot.com, belantaraindonesia.org





Sayang sekali kami hanya bisa menikmati sebentar karena sudah keburu hamper Magrib.
Sempat sic menyusuri arah jalan ke Pincuran Telu dan Pitu sampai penjaganya bilang kita kesorean dating ke sini.Akhirnya sampai di Pincuran Telu kami balik arah .Hanya berpapasan anak” muda yang mau berenang dan berendam di Pincuran Pitu.Kayaknya wisatawan tinggal kami aja …

Masih sempat foto” di depan Pintu Masuk dengan Bangunan Pesawat Terbang “Theater Alam” batu Raden.


HOTEL ASTON IMPERIUM PURWOKERTO
Jl Overste Isdiman No 33, Purwokerto, Indonesia

Hotel (****) berada di tengah Kota Purwokerto.Kami bookingnya saat perjalanan dari Tegal menuju Purwokerto.
Tidak terlalu susah untuk mencarinya dengan menggunakan Waze di Ipad sehingga magrib kita sudah sampe di Hotel ini.
Hotelnya besar untuk ukuran Kota kecil Purwokerto.Salah satu Hotel baru disini,nyaman dan strategis.

Deskripsi Hotelnya:

Terletak di pusat Purwokerto, Aston Imperium Purwokerto Hotel adalah tempat ideal untuk menelusuri Purwokerto. Hotel ini terletak 1 km dari pusat kota dan menyediakan kemudahan akses ke fasilitas-fasilitas penting kota ini. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses mudah ke destinasi yang wajib dilihat di kota ini.

Pengalaman pelayanan hotel dan fasilitas kelas satu Aston International menunggu Anda di Aston Imperium Purwokerto Hotel. Untuk kenyamanan para tamu, hotel ini menawarkan layanan kamar, restoran, concierge, lantai eksekutif, coffee shop.

Semua akomodasi tamu dilengkapi dengan fasilitas yang telah dirancang dengan baik demi menjaga kenyamanan. Sepanjang hari Anda dapat menikmati atmosfir santai dari spa, pijat, kolam renang (luar ruangan), kolam (anak), gym/fasilitas kebugaran. Ketika Anda mencari penginapan yang nyaman di Purwokerto, jadikanlah Aston Imperium Purwokerto Hotel rumah Anda ketika Anda berlibur.

Check in Hotel Aston Imperium Purwokerto..Room Deluxe 820..
Hotel yang cukup mewah dengan fasilitas yang lengkap .Kamar kami persis menghadap Gunung Slamet ..
Kamar yang lumayan luas,nyaman ,kamar mandinya bagus dan view yang bebas memandang kearah Gunung Slamet.Berada di samping kiri kamar kami Jln Prod dr Soeharso Pusat Kuliner Purwokerto.

Terlihat cukup rame dengan tamu” hotel banyak anak” muda nongkrong dan juga bersiliweran.Ternyata ada 2 acara besar besok Minggu disini ada Training Ippho Sentosa 7 Keajaiban Rezeki dan juga Acara Mahasiswa Univ Soedirman.
Istirahat di kamar ,mandi,sholat dan siap” menikmati Kuliner Banyumasan/Purwokerto malam ini.

KULINER BANYUMAS/PURWOKERTO:
RESTO UMAEH INYONG

Dinner malam ini Salah satu Kuliner terkenal di Purwokerto berada
Jl A Yani 47 Purwokerto dekat dengan STAIN Purwokerto .
Resto khas Banyumasan Ph. 0281_5759000..


Saat masuk Resto ini sebuah Rumah lama bercat putih Jaman Belanda yang ditata apik seperti berada di dalam rumah…Terasnya yang terdiri dari Taman bunga dan air mancur ada Ruang tengah Halaman belakang, Taman dan juga Pendopo Jawa di pojok Belakang yang saat itu diisi dengan Group Arisan Keluarga besar.
Terlihat Oma Opa dengan cucu”nya yang berkeliaran main di taman belakang..

Awalnya resto sangat penuh karena hamper semua meja d kursi terisi .kami memilih duduk di ruang tengah.Tapi saya lebih terpesona duduk di taman belakang di tengah Taman sehingga pas kosong lansung pindah ke tempat yang diincar.
Terlihat dekorasi ruang dan kursi mejanya seperti Jadul dan pernak pernik jaman dulu terpajang di dalam ruang.Konsep restonya Budaya Banyumasan.Nyaman nic…
Saat membuka Menu dan foto” yang terpajang di Buku order nama” Banyumas di sini:
check Menu yang beragam dari variasi Segane Inyong (Segane rames,Goreng jawa,Iwak Pitik Kobar,Banden ,Gemblung) Jangane Yu Bawor( Iwak pitik Goreng,kobar ,Kluban Biyunge gado",Lembutan kali serayu dll)Lawuh Medang(tahu inyong,Mendoan Kriyik dll),Panganan Liyane(sroto kriyik,Bakmi Nyemek dll),Medangan khas Bawor(variatif wedang secang,runtah,Badeg,Ronde,Sekoteng,Kopi srupt dll),Segeran yu bawor dan es peresan Buaeh Mbekayu Sinten.

Merasa gak ngerti Bahasa Purwokerto or Banyumas maka kami balik nanya ke pelayan Top Kuliner yang sering di order pelanggan. kita pilih makanan yang sering order..Sega Rames Banyumas,Sega Goreng Jawa,Pecel Yu Bawor,Tahu Inyong, Sroto Kriyik ,Es dawet Degalan,Es duren,ice tea..9 item only Rp 87.ribu walah murah amatt yaa dan uenaaak tenan..ternyata harganya berkisar 7.500_15.000 minuman Rp 2000_Rp 12.500.. Last ordernya masih bisa jam 21.30.


Es Dawetnya benar” dalam Gelas super duper Besar…Kenyang buat 3 org…Sroto Kriyiknya khas Sroto Sokaraja ..Tahu Inyongnya eunakk dan Pecel Yu bawor mantabs rasanya.
Kesimpulan kuliner kali ini mantabs..apalagi dengan harga yang sangat murah..Sampe” Hanif terperanjat lihat Bill kita…Top deh Kuliner Purwokerto.
Habis dinner kita keliling kota Purwokerto melewati Jl Dr Soeharso persisi d samping Aston
Berbagai Pusat kuliner berada di jalan ini..
Setelah keliling kota kembali ke Hotel..yang di penuhi peserta 2 seminar acara minggu pagi ada
Seminar Ippho Sentosa 7 Keajaiban Rezeki....dan Acara Univ,Sudirman..
lelah istirahat sambil nonton bola...

to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar