Halaman

Minggu, 17 November 2013

TOURING CENTRAL DE JAVA(JAKARTA-TEGALPURWOKERTO-WONOSOBO-MAGELANG-JOGYA-CILACAP) III



WISATA BATIK BETENG
PUSAT BATIK BETENG SLEMAN



Kampung Batik Ngasem.
KEISTIMEWAANKampung ini masih berada dalam jeron beteng keraton Jogjakarta. Jangan heran kalau anda berkunjung ke kampung ini, anda bakal lihat kampung ini dikelilingi oleh tembok.
Setiap sudut kampung bisa anda temui gerai dan toko batik dengan berbagai macam corak dan motif. Sebagai saran, apabila anda berniat belanja batik di kampung ini, anda harus jeli melihat harga. Jangan lupa menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah. Selain harga kain batik ditempat ini murah, penjualnya juga ramah-ramah. Nggak hanya baju atau kain batik yang dijual disini. ada beberapa toko menjual souvenir kualitas akspor bisa anda temui di kampung ini.
Nggak cuma belanja aja yang bisa kamu lakuin di kampung ini Sob. Kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik di kampung ini. Sejak abad ke-19 kampung ini sudah dikenal sebagai kampung batik. Kejayaan sebagai kampungbatik ini ditandai dengan adanya bangunan besar, mewah dengan arsitektur yang cantik


Mampir di Pusat Batik Beteng Sleman..milih bahan" batik dan daster beteng yang eye catching .Akhirnya nemu Bahan Batik beteng dengan 1001 corak yang sudah masuk dalam Rekor MURI. Dan juga dapat Mukena Batik, bahan , Kemeja batik buat Faras.



WISATA KULINER BAKPIA PATHUK 75
Pusat Oleh Oleh khas Jogya( Yang Pertama Setak Tahun 1948)

Lanjut ke Pusat Bakpia Pathuk 75 Jl Magelang Km 4,5 persis dI depan TVRI Jogyakarta
No Telp 0274..618185/624434
Beli macam" Bakpia,Bakpia Tugu. Dll
Belum lengkap kiranya kalo kita jalan jalan ke daerah Jogyakarta tanpa membawa oleh oleh makanan yang satu ini.
Walaupun bakpia banyak ditemukan dengan nama angka yang bervariasi bagi kami tidak penting.Yang penting bawa oleh oleh buah tangan ke rumah.


Bakphia Pathok ( Bakpia patuk) berasal dari nama kue dan nama tempat asal mulanya kue ini dibuat.
Jl Pathok tsb sudah diganti namanya dengan jalan KS Tubun. Dan kami tidak sempat membeli ke daerah KS Tubun.Kebetulan juga melewati daerah sini maka kami sempat mampir di salah satu Cabang Bakpia Pathuk 75. Yag sudah berdiwi sejak tahun 1948.
Kenapa dinamakan Bakpia Pathuk 75 .Karena Pusat oleh” ini berawal di Jl pathuk No 75 yang sudah berganti dengan Jl KS Tubun No 75…

Pusat Kulinernya cukup antic dengan bangunan dengan art décor style .Sangat bagus dan Indah.Luas dan nyaman.Berbagai ratusan macam penganan dan ole” dijual disini sehingga kita cukup mampir 1 toko bisa mewakili semua oleh” Kuliner dari berbagai kota di Jawa…
Benar saja kami juga menemukan Pie Jogya seperti pie Legong Bali dengan rasa Keju, Coklat.
Puas memilih dan berkeliling d pusat oleh” ini melanjutkan perjalanan kembali.

Awalnya kita mau rencana nginap di Kota Jogya.Hasil cek Hotel di Agoda untuk salah satu Hotel terkeren dan antic lagi full book.Sementara saya mupeng buat nginap di Hotel artistic tersebut.Akhirnya kita memutuskan untuk melanjutkan perjalanan saja karena sudah banyak tempat wisata Jogya yang kami lihat.Suatu saat berniat untuk kembali ke jogya dan nginap di Hotel artistic ini…
Hasil kesepakatan di jalan kami melanjutkan perjalanan ke Cilacap yang belum pernah kami lewati.


Lanjut ke Kebumen via Outer Ring Road Barat ke arah Bantul _Wates _Kulon Progo_Purworejo

Mampir d SPBU Candimas Wates Jl Water 11 Sedayu Jogyakarta yang baru launching toilet terbersih 60 toilet ,SPBU,Rumah Makan,Musholla,ATM centre ,Pusat Oleh Oleh d Mini market.


Sholat dan isi bahan bakar si Fortun..
lanjut Purworejo mulai gerimis

WISATA KULINER JOGYA
AYAM GORENG “ BU HARTIN” RESTO & MUSIC

Sedia Sop Buntut,bebek,Ayam Bakar.

Mampir d Ayam goreng "Bu. Hartin" Jl Wates _Jogya Km 02 Gunung Gempal Giripeni Wates Kulon Progo Jogya 30 km before Purworejo


http://ayamgorengbuhartin.blogspot.com/
Sejarah
Dulu, Ibunda Ibu Suhartinah (BU HARTIN) Mbok Karso Bandung adalah seorang pedagang Ayam Goreng keliling. Ayam Goreng yang dijual adalah Ayam Baceman. Bumbu yang dibuat khas sengan rempah-rempah dan Bahan Asli dari bumi Kulon Progo.
Akhirnya, setelah Mbok Karso Bandung meninggal dunia, usaha membuat dan menjual Ayam Goreng dilanjutkan oleh Ibu Suhartinah (BU HARTIN). Sebelumnya, Bu Hartin juga hanya menjualkan dagangannya keliling di pasar. Dan akhirnya, setelah dagangannya laku keras dan dikenal masyarakat, Ibu Hartin berani untuk membuka warung Ayam Goreng.
Sebelumnya, warung Ayam Goreng Bu Hartin berdiri di Watulunyu, Wates, KP. Sejak itu, Ayam Goreng Bu Hartin berdiri. Setelah lama berjualan disana, akhirnya Warung Ayam Goreng Bu Hartin pindah lokasi lagi di dekat perlintsan kereta api di Jl. Sudirman Wates, KP. Tapi, setelah berjualan selama 13 tahun, pada tahun 2006, Ayam Goreng Bu Hartin pindah lagi di Jl. Sutijab, Driyan, Wates, KP sampai sekarang ini. Dan telah mempunyai cabang yang lebh besar yaitu Ayam Goreng Bu Hartin "Resto & Music", di Jalan Raya Wates-Purworejo.

Selalu saja kami mampir di warung makan or resto yang penuh dengan mobil” parkir.Daerah asing dan yang parkirpun orang’ plat sini sehingga kita makin yakin pasti enak …
Pesan Ayam Kremes Soup Buntut_bawal bakar_Tempe men_Ngopi tentunya only Rp 99 rban
Ternyata warung ini salah satu Kuliner favourite juga banyak pajangan foto" celeb di dindingnya..saat kami datang cukup penuh lesehannya.Sehingga kami kebagian tempat di meja.

HOTEL DAFFAM CILACAP( ***)






http://dafamhotelcilacap.com/
Salah satu Hotel dari Group Daffam yang tidak saja berada di Cilacap tapi juga ada di Kota Kota besar
Location
Hotel Dafam Cilacap adalah hotel bintang tiga di Cilacap. Idealnya terletak dekat dengan kawasan pemerintahan dan kawasan bisnis, pusat perbelanjaan serta pantai eksotis “Teluk Penyu”. Hotel Dafam Cilacap ini hanya beberapa menit berkendara dari stasiun kereta api dan bandara. Hotel dapat diandalkan untuk wisatawan yang mencari nilai yang sangat baik, akomodasi yang mewah dan nyaman.
Hotel DAfam Cilacap is a minute drive from railway station and airport, 5-minutes’ drive from the sandy shores of Teluk Penyu Beach, 10 minutes boat ride to Nusa Kambangan Island from Teluk Penyu Beach and 15-minutes’ drive from Benteng Pendem fortress.
General Hotel Dafam Cilacap is the shining three-star hotel in Cilacap. The hotel is ideally located near the government and business district, shopping centre as well as the exotic “Teluk Penyu” beach. Hotel Dafam Cilacap is just a few minutes’ drive from railway station and airport. It’s a reliable hotel for travelers who look for the exceptionally good value, luxurious and comfortable accommodation.
Fasilitas hotel
Frontdesk 24h, Bar/Lounge, Laundry, Business Centre, Concierge, Ballroom, Deposit Box, Non-smoking Fl, Cold Pool, Restaurant, Sauna / Spa, Room Service, Internet, Meeting Room, Conference Room, Cable TV, Fax Machine.
Fasilitas kamar
Censored key card system, Electronic DND sign, Electronic make-up room, Extensive minibar, Individual air, conditioning control, Shower and bathtub, IDD telephone, 42-inch flat screen TV with 32 cable/satellite channels, Free broadband and wifi internet access up to 2 Mbps, Safe Deposit Box in the room, Hair Dryer (on request).
Parking
Available
Hotel ini kami temukan lagi lagi dari searching Agoda dan ternyata berada di Pusat kota Cilacap.Sempat nyasar karena Waze di ipad sudah mulai drop baterenya.Akhirnya kami sampai juga Jam 18.00 Magrib disini dengan kondisi yang lumayan cape.
Hotel Daffam (***) salah satu Hotel terbesar di Cilacap berada di Jl Dr Wahidin tengah kota tidak begitu jauh dr Pantai Teluk Penyu..
Check in di Executive room 102 .Ketemu kawanan anak" muda barangkali penggemar Noah karena Ariel juga nginap d Hotel yg sama di Daffam.Berbarengan Acara Noah besok d Lapangan alun" Kodim Cilacap
Istirahat sebentar mandi ,sholat dan siap siap untuk Kuliner Sea Food Teluk Penyu Cilacap.


KULINER SEA FOOD TELUK PENYU CILACAP
LESEHAN IKAN BAKAR 70



Hanya sekitar 5-10 menit dari Hotel kita sudah sampai di Kawasan Pantai Teluk Penyu.
Menyusuri pantai yang cukup gelap mala mini kami lansung menuju “LESEHAN IKAN BAKAR 70”
Tidak terlalu susah mencarinya.
Sampai di sea food ternyata ketemu lagi rombongan anak” muda td yang di hotel..berarti emang disini Kuliner Favorite di Cilacap.
Lesehan Ikan bakar ini sudah ada dari 15 tahun yang silam dengan Pemilik Bapak Konny C.S merupakan restoran sea food pertama yang berdiri di tepi pantai teluk penyu ini.Terlihat patung Ikan Hiu yang besar saat kita memasuki Leseha.Tempatnya cukup besar dengan kapasitas pengunjung 100 orang.

Kami mengambil posisi lesehan paling sudut di belakang dekat pantai sambil nunggu hidangan masih sempat memandang laut di keremangan malam.Terlihat sampan Perahu kayu Nelayan sudah mulai melaut.Malam yang cukup gelap.Sehingga gak terlalu terlihat jelas.
Hidangan sea food segar Udang Saos Tiram,Cumi,Kepiting dan macam" Ikan segar.Serta pelengkap Cah kangkung untuk sayurnya.
Kami pesan Kepiting saos Padang,Udang bakar,Ikan Baronang ,tempe dan Kelapa Muda Batok..
Total Rp 220 rb standard sea food..Tetapi paling mahal untuk ukuran Kuliner kami selama di perjalanan Touring kali ini.


THURSDAY(4 NOV’12)

Sholat ,mandi dan Breakfast di Rafless Resto..
Ketemu dengan team ahli Jepang yang cukup banyak..mgkn lagi riset ke Perairan Cilacap..
Siap" Check out untuk lanjut wisata Cilacap ke Pantai Teluk Penyu ..


WISATA PANTAI TELUK PENYU





Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan. Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dan menyegarkan dengan luas kira-kira 14 ha. Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung (utamanya penduduk dan wisatawan lokal) biasanya mulai dari pelabuhan perikanan Samudera dari hingga bibir pantai yang biasa disebut Areal 70 (merujuk kepada sebutan masyarak sekitar terhadap kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar dari PT Pertamina UP IV) dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai. Di sepanjang pantai sekarang lebih tertata rapi, terutama dari arah pintu masuk area wisata Pantai Teluk Penyu yang sudah banyak berdiri kios-kios,warung yang menjajakan ikan asin kering serta ikan-ikan segar,basah yang siap langsung dibakar atau dimasak sesuai dengan keinginan pengunjung, serta aneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata ini.


Kembali melewati Gerbang masuk wisata Teluk Penyu restribusi Pemerintah Kab Cilacap Rp 5000 per org plus mobil Rp 5 000. Disadur dr Brosur pariwisata Pemda Cilacap.

WISATA BENTENG PENDEM CILACAP
"Kusbatterij Op De Land Tong Te Tjilatjap"




Cek di Wikipedia yaaa..
Benteng Pendem Cilacap (bahasa Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986.
Bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini. Namun, sejak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Namun, hingga kBenteng Pendem dahulunya merupakan markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah yang didesain oleh arsitek Belanda. Benteng ini difungsikan untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring. Benteng Pendem difungsikan hingga tahun 1942. Ketika perang melawan Pasukan Jepang, benteng ini berhasil dikuasai Jepang. Tahun 1941, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh sekutu; sehingga, benteng ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah. Dalam penguasaan TNI, benteng ini digunakan para pejuang kemerdekaan berlatih perang dan pendaratan laut.


Sekilas ttg Benteng Penden Cilacap merupakan benteng Pertahanan yg dibangun oleh tentara Kerajaan Belanda pd Masa Pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia .Utk mempertahankan wilayah jajahannya maka sekitar th 1861_1879 dibangun Benteng ini di ujung tenggara Kota Cilacap dg bentuk bangunan sbgmn benteng poertahanan pd umunya .Namum od bagian atas ditimbuni tanah dan dtumbuhi pepohonana perdu sehingga dr jauh tdk terkesan adanya bangunan benteng pertahanan.disamping itu dsisi selatan terlindungi oleh P Nusakambangan.Pemerintah Hindia Belanda menamai; Kusbatterij Op De Land Tong Te Tjilatjap" artinya Tempat pertahanan Pantai di atas tanah menjorok ke laut menyerupai bentuk lidah".
Berada di Batas timur Samudera Indonesia Batas Selatan Selat Nusa Kambangan ,Batas Barat Kantor Pertamina d batas Utara Tanki Penampingan minyak mentah Pertamina .Jarak tempuhnya 5 km sr terminal Bus,sekitar 2 km dari Pusat Pemerintahan Kab Cilacap,dan 500 m dr Kampung Kebon jati.

WISATA OLEH OLEH KERAJINAN KERANG



Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan. Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dan menyegarkan dengan luas kira-kira 14 ha. Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung (utamanya penduduk dan wisatawan lokal) biasanya mulai dari pelabuhan perikanan Samudera dari hingga bibir pantai yang biasa disebut Areal 70 (merujuk kepada sebutan masyarak sekitar terhadap kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar dari PT Pertamina UP IV) dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai. Di sepanjang pantai sekarang lebih tertata rapi, terutama dari arah pintu masuk area wisata Pantai Teluk Penyu yang sudah banyak berdiri kios-kios,warung yang menjajakan ikan asin kering serta ikan-ikan segar,basah yang siap langsung dibakar atau dimasak sesuai dengan keinginan pengunjung, serta aneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata ini.
 Melanjutkan perjalanan Cilacap_Wangon_Lumbir_Karangpucung__Majenang_,Banjar_Majalengka_Bandung. 



WISATA KULINER WARUNG JERUK BANJAR

Jalanan berliku perbukitan dan bergelombang..waktu tempuh Cilacap_ Banjar 2 jam .hbs sholat mampir d RM Warung Jeruk 10km before 9iamis daerah Bojong..warung ala sunda dengan menu pepes ikan Mujaer,Nila,pepes jamur Npepes tahu,ayam kampung goreng serta berbagai lalapan kebun di ambil hehe terlihat kunyit kunci juga dlalap....tp yg makan penuh sekali terlihat deretan mobil" d parkiran.




Melewati jalanan sedikit rame sebelum masuk Tol.Menuju Jakarta dengan gerimis hujan .Akhirnya sampe Jakarta Jam 19.00 WIB.
Berkhir sudah touring Central De Java kami kali ini.Semoga dilain waktu kami bisa melakukan tour tour lainnya ke daerah yang belum pernah kami kunjungi.

Salam,


Meciko Syafrinot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar