Halaman

Sabtu, 07 Maret 2015

@30 tahun IKASMANTRI 85..DALAM RINDU BACAMPUA TARAGAK...Edisi 1

Kamis(19 February 2015)

Sejarah panjang telah lahir…dengan kesetiaan hati dan kebanggan jiwa lika liku 30 TAHUN sudah terlewati sketsa PERJALANAN  nan elok ..rentang ranting yang menakjubkan IKASMANTRI ’85 PADANG..kilaumu tetap nyata dan abadi…

Harau,Payakumbuh Sumatera Barat 19-21 Februari 2015…
(by Bambang Arts.)

Indahnya rangkaian kata” yang dikemas apik dan puitis oleh seorang rekan kami yang juga seorang sastrawan Padang yang cukup dikenal …..terpampang indah di depan Villa Utama Echo Harau Resort yang menanti kami untuk mengulang kembali keceriaan dan kegembiraan masa lalu 30 th sudah angkatan 85 Ikasmantri Padang.

RUMAH ANAK SHOLEH 5 PASIE JAMBAK

Rangkaian acara reuni 30 Thn Ikasmantri 85 di awali dengan kunjungan kami ke RUMAH ANAK SHALEH di Pasie Jambak, Koto tangah Padang Kamis ,19 Feb 2015  yang merupakan Rumah Anak Sholeh ke 5 yang kami dirikan 1 thn  yang silam .Berawal dengan diskusi iseng kami di salah satu  acara di Jakarta yang melahirkan ide untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain selain kumpul” untuk menjalin silaturahim dan reunion.Akhirnya ide itu terwujud berkat kerjasama dengan apik dengan Alumni SMA2 Th 85 yang lebih duluan berbuat aksi sosial yang sudah mendirikan RAS total  4 cabang.

KITA BUKANLAH  PELOPOR ,TAPI MEMBUAT GENERASI PENERUS PEMIMPIN NEGERI INI TIDAK TERPUTUS”.


Slogan itu tidak muluk memang tetapi mengandung makna yang sarat akan cita” untuk mewujudkan generasi yang sholeh ,cerdas dan berkepribadian mulia.Acara demi acara  bergulir dari Bakti  Sosial Pengobatan Gigi Gratis yang dipimpin oleh Drg Irza Fita dkk di pagi harinya dilanjutkan beberapa sesi sambutan  pidato Ketua Alumni 85 yang diwakili Om Nafrialdi ,Ketua Yayasan Anak sholeh H.Apwiddhal Dahlan ,Sambutan oleh Pejabat Kelurahan ,Pemberian plakat yang diwakili oleh Om Edit (Wabup).

Sementara rombongan JiAA dkk(JiAA,Om Em ,Nte Tety,Budoz,Nte Emy,Om Dody) delay cukup lama dengan Lion Crisis dari 1 hari sebelumnya sehingga mereka  tidak bisa mengikuti rangkaian acara dari awal .
Antusias anak” menyambut kedatangan kami di RAS terobati melihat acara demi acara yang mereka hadirkan dari bacaan Al Quran oleh seorang anak yang sudah hapal Juz Amma, Mendongeng oleh mentor,Nyanyi,Senam Pinguin  bersama Ayah  Bunda dan pemberian paket tas  sekolah buat anak” dari Alumni.
Ditambah lagi sambutan warga dan orang tua mereka yang sangat antusias dengan menu makan siang ala Pasie Jambak..Begitu banyak menu yang mereka hadirkan berikut Kelapa Muda dan makanan kecil lainnya.Sambil silaturahim dan melepas kangen dan taragak sesama alumni juga kami menyatu dengan seluruh team harian RAS ,pengurus pusat RAS dan juga warga setempat.
 Makan siang basamo ,makan bajamba ala anak RAS  dengan menu lauak pasie serta sholat Jamak,foto bersama anak”  karena siang ini kami harus melanjutkan perjalanan ke Harau tujuan utama Acara reuni 30 Th Ikasmantri85.
Acara bakti Sosial berakhir dengan semakin teriknya matahari siang itu pertanda kami secepatnya meninggalkan Pasie Jambak .Beberapa alumni yang berada di Padang tidak bersama kami untuk menuju Harau hari ini  karena mereka besok jumat harus wajib masuk kantor walaupun Harpitnas tetapi kewajiban harus dijalankan.Dengan janji besok pagi setelah masuk kantor mereka akan menyusul ke Harau.
Panitia menyediakan 2 bus pariwisata yang akan membawa kami menuju Harau .Bersama kami ikut serta para adek” Mentor RAS 5 yang akan membantu dan turut hadir di acara reunian di Harau.
Perjalanan nan heboh menuju Harau dilalui tanpa banyak rintangan Beberapa teman yang janjian naik di jalan sudah ketemu dan bergabung .30 tahun bukan waktu yang sebentar untuk kembali mengenang nama” dan wajah wajah satu persatu teman lama.Apalagi yang jarang bertemu dan silaturahim..Hampir seumuran  dengan rata” usia kami 49-50 th setengah abad umur yang tidak muda lagi untuk mengingat memory  lama yang melintas di pelupuk mata.Berbagai profesi kami dari Ibu rumah tangga,Petani, karyawan,Pengusaha,Dokter,Dosen,Polisi ,Pegawai negeri ,Bankir, Pejabat,Bupati  seakan-akan dilepaskan menyatu dalam kenangan memori kembali ke masa masa SMA yang indah.Tidak ada perbedaan derajat,kedudukan status sosial  semua sama dan lepas canda seperti 30 tahun yang silam.
Menjelang senja akhirnya bus Pariwisata memasuki wilayah Harau.Desa sekaligus kampuang sang pacar tercinta..hehe.Perjalanan dilanjutkan memasuki area Harau sambil teman” menanyakan persisnya rumah Neneknya Hanif di Tarantang.
Bus Pariwisata kami tidak perlu membayar restribusi di pintu masuk wisata Harau karena rombongan sudah diinformasikan untuk menginap di Echo resort yang berada di dalam areal wisata Lembah Harau menuju objek wisata akar berayun …
Daerah wisata dan Kampuang Harau ini sudah pernah saya tulis di edisi saat Padi nenek menguning di kampung...Edisi yang juga pernah dimuat di edisi Forum Jalan-jalan.com
http://meciko.blogspot.com/2012/04/padi-nenek-menguning-di-lembah-harau.html

Walaupun menjadi bagian  orang Harau tapi belum pernah juga satu kalipun saya menyilau di Echo Resort ini yang dulunya dimiliki oleh Bule Jerman yang beristrikan wanita Pikumbuah.Tapi sekarang sudah dibeli oleh Keluarga Group Shaden menurut infonya.

ECHO RESORT
An excotic Place to stay in Harau Valley 
Reservation: lembahecho@ymail.com
phone(+62)752-7750306
Lembah Harau kab Lima Puluh kota West Sumatera Indonesia
''LEMBAH Echo" :  Home Stay, Convention,Cafe,Outbond,Swimming Pool
Wajar saat pemilihan lokasi dan tempat reunian Harau terpilih pemenang setelah mengalahkan Lawang Park andalan Jidon.Melihat lokasi yang sangat indah di lingkungan tebing dan bukit nan menjulang tinggi..
Kami sampai ke lokasi Echo resort sudah hampir senja.Lokasi yang berada di hutan lindung arah Resort Aka berayun tidak begitu jauh dari belokan kiri setelah restribusi tadi.Melewati jalanan  setapak dan jembatan berayun menuju perbukitan tempat resort ini berdiri.Cuaca yang indah sore itu membuat kami hilang rasa penat diperjalanan.
Setelah pembagian kamar oleh panitia dan ujung"nya saling joint dengan teman" dekat yang sudah lama gak ketemu.
Echo resort mempunyai cukup banyak bangunan bagonjong khas rumah minang  yang hampir semuanya sudah kami booking dengan anggota alumni  70an membuat semua kapasitas resort ini sudah full booked.
Resort yang berada diantara rindangnya hutan lindung dengan pemandangan indah apalagi pagi hari saat kami sempat "kabur" bada subuh menghirup udara pagi di Harau village ditemani kabut dan embun yang masih menebal menemani foto narsis diantara pematang sawah.Tanpa sengaja ketemu Ketua Om Nov yang rela jadi fotografer dadakan ..tks omNov kapan lagi nyuruh" pak pejabat...

 Padatnya acara yang sudah susun oleh panitia yang super duper dengan sajian makanan dalam menu" ala kampung.Setelah Magrib kami disuguhi makan malam dan berkumpul untuk  "acara awak dari awak" dimulai dengan presentasi Ketua Alumni JiAA dengan sejarah berdirinya RAS 5 Ps Jambak dan seluruh kegiatan dan perkembangan  yang sudah dilakukan RAS .RAS diresmikan 8 Feb 2014.Acara dilanjutkan dengan api unggun dengan menu jagung bakar, goreng ubi, dan beberapa menu snack ala kampuang.Ditemani dengan hiburan Saluang yang sudah lama tidak dinikmati lansung oleh para perantau.

Berada di malam yang cerah tanpa bintang dan udara yang tidak begitu dingin kami masih bisa menikmati api unggun sambil berjagung ria dan menikmati Sate Danguang danguang..

Malam semakin larut tapi masih saja para apak"  masih betah dengan obrolan dan main kartu ,domino melepas taragak .Hampir sebahagian amai"nya sudah melepas lelah di kamar .Sayangnya fasilitas kamar tidak sempat saya abadikan .Full furniture dominan kayu dan baru saja habis di vernish dan cat.Jadi bau cat dan vernish masih tercium kuat saat kami ke peraduan.Mungkin pengelola Homestaynya berbenah diri sebelum group kami mengisi homestay ini.















(mantan Brigade 06...)
to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar