Minggu, 17 Desember 2017

DUSUN TERINDAH NAN MOLEK SHIRAKAWA-GO DI JEPANG ..EDISI 13

Dusun terindah...Shirakawa-go
Salah satu situs wrisan dunia UNESCO yang sangat ppuler dan kekinian bila kita travelling ke Jepang.
Naufal mulai mempelajari route perjalanan kami ke Shirakawa-go dari Osaka.Banyak route yang bisa dipilih baik dari Tokyo atau pun dari Osaka.Malah banyak sekali special Travel 2 hari 1 malam ke shirakawa-go.Tetapi Naufal lebih memilih untuk explore dan cek sendiri perjalanan mandiri kami tanpa ikut Travel Lokal.
Akhirnya dengan mempelajari jam jam kereta dan Bus dengan tujuan ke sana.Akhirnya kami mendapatkan route dengan waktu waktu pilihan yang sudah terjadwal .Perjalanan awal kami jam 05.30 Pagi dari Namba menujuShin Osaka Station .Shin Osaka Station  dengan JR Pass kami menggunakan kereta Thunder Bird 1  Jam 06.30 dan diprediksi sampai  Kanazawa  Jam 09.13  . Sampai di Kanazawa kami sudah reserved Nouhi  Bus PP 3290 Yen .Jam yang kami pilih jam 09.40  untuk menuju Shirakawa go. Jadwal yang sudah di pilih Naufal untuk kembali dari Shirakawago menuju Kanazawa Jam 15.55 untuk sampai Kanazawa 17.20 .Kemudian dari Kanazawa kita kembali ke Osaka dengan Shin Osaka Jam 17;54 dan sampai di osaka 20.38.
Bila diuruti Jadwal yang sudah Naufal pilih sbb:

1. Namba menuju Shin Osaka Station Jam 05.30 Pagi

2. Jam 06.30 --- Kanazawa Jam 09.13  Kereta Thunder Bird 1 pakai JR Pass
3. Kanazawa Jam 09.40--- Bus Nouhi  Jam 11.05 Shirakawa go (PP per 3290 Yen per person)
4. Shirakawago Jam 15.55 ....Kanazawa Jam 17.20  ( Bus Nouhi)
5. Kanazawa Jam 17.54 ...Osaka Jam 20.38  Shin Osaka Station
Jadwal ini dipilih agar kami lebih leluasa dan santai di Shirakawago sampai sore.
Dusun Shirakawa go berada di Lembah Sungai Shokawa (Shirakawa) diantara perbatasan Perfectur Gifu dan Perfectur Toyama diwilayah Pulau Utama Honshu.
Dusun terindah nan molek ini merupakan warisan Situs Budaya UNESCO sejak th 1995. Dusun  dengan bangunan banguna tua yang masih terpelihara dan dilestarikan berusia 250 th.Salah satu Dusun yang paling besar yang berada di Shirakawa go adalah Dusun Ogimachi yang sangat mudah ditempuh dari Kanazawa atau Takayama
Walaupun negara Jepang merupakan Negara yang super modern tetapi masyarakatnya masih melestarikan warisan  budaya dan keunikan rumah rumah yang berbentuk segitiga sama kaki  dengan ditutupi jerami tebal  yang puluhan tahun usianya.
Atap rumah yang berbentuk segitiga itu dinamakan :Gasso zukuri yang artinya 'tangan yang berdoa'. Berada di lembah Sungai Shokawa membuat iklim di lembah ini paling banyak ditutupi salju yang tebal.Nach dengan atap yang mempunyai kemiringan 60 der maka hujan tebal salju akan cepat turun ke bawah akibat kemiringan atap yang di desain oleh tetua moyang Jepang di sana.Dahulu rumah disana berjumlah 300 rumah tetapi sekarang hanya tinggal 114 rumah saja.

Setelah Nouhi Bus yang membawa kami menuju Shirakawa go sampai di area bus stop.Disana juga terdapat Information Centre dan kami mengambil Maap Shirakawa go.
Let's Walk slowly in Shirakawago.
UNESCO WORLD HERITAGE SHIRAKAWA-GO
OGI-MACHI GASSHO STYLE VILLAGE
Kami jalan kaki menuju arah perbukitan.Dengan nafas ngos ngosan ditengah dinginnya udara Shirakawa akhinya sampailah kami di atas bukit dengan memandang seluruh Dusun terindah yang diselimuti sebahagian salju dipermukaan tanahnya.Indahnya Masya Allah...
Di musim apa saja Dusun Shirakawa go sangat indah untuk di datangi.Musim dingin diselimuti salju memutih dengan anggunnya.Musin Gugur terlihat tanaman" akan berwarna warni menguning orange,kuning ,merah  menghias panorama Shirakawa go.Nach musim semi pun seperti saat kami datang Salju masih saja terlihat menyelimuti sebahagian jalanan dan bangunan dengan terik matahari membuat perpaduan cuaca itu menjadi semakin indah.

Setelah menikmati keindahan Shirakawa go dari atas perbukitan kami menuruni bukit untuk mendekat ke dusun yang sudah dipenuhi dengan beberapa Guest House ( Gassho style minsyuku yang berada disekitar rumah rumah penduduk al: Juemon,Sahimizu,Hisamatsu,Furusato,Kidoya,Koemon,Yoshiro,Rihee,Iccha,Isaburo dan beberapa lainnya.Guest house di Shirakawa go cukup mahal untuk dompet kami tetapi sensasi menginap di rumah tradisional Jepang kadang membuat orang tidak mempedulikan tarif per malamnya yang berkisar sekitar 8.500-25.000 Yen sesuai dengan fasilitas dan ukuran rumahnya.pasti lebih mahal dibanding Tarif Hotel biasa...

Beberapa Restaurant dan Cafe Shop juga bertebaran di areal perkampungan ini .Hanif membeli Ice cream di saat kondisi dan cuaca ektreem katanya gak pengaruh dinginnya udara dengan makan es..Olala akhirnya saya juga ikut ikutan terpengaruh ternyata memang enak lho makan es cream di tengah salju yang menutupi Shirakawa go.,,

Kami juga mengunjungi "Wada House Museum" dengan tarif 300 Yen.Tetapi Hanif dan Naufal tidak mau masuk .mereka lebih menikm ati suasana dusun molek ini dari luar.Wada House merupakan salah satu rumah traditional Shirakawa yang dapat dimasuki pengunjung untuk melihat pernak pernik peralatan rumah tangga penduduk asli di sana.Rumah Wada tidak ditemukan paku untuk memasang kayu kayu penopang rumahnya tetapi hanya dililit dengan tali ijuk di semua titik temu kayu kayu .Begitu kuat dan kokoh sampai bila ada hujan salju atau angin topan bahkan gempa sekalipun rumah rumah ini tetap kokoh tahan terhadap terjangan cuaca dan iklim..
Siang semakin terik saatnya kami harus mencari resto untuk makan siang disekitar Shirakawa Go.Terlihat salah satu resto di penuhi oleh pengunjung.Kami siap masuk di resto bergaya traditional Japan.Setelah makan dengan puas untuk bertiga kami menghabiskan 3500 Yen.
Santai sejenak di Information centre sambil melepas lelah dan mengumpulkan tenaga untuk kembali explore kawasan indah Shirakawa go.

Kami melewati Jembatan penghubung diatas Sungai Shokawa yang saat itu airnya sedikit  mengering dan tersisa salju salju yang masih menempel di bebatuan sungai.Masih banyak waktu untuk keliling dan explore beberapa bangunan,rumah atau kuil di sana.
Reservasi Bus untuk pulang kami jam 15.55 sore sudah saatnya kami kembali dari Shirakawa go ke Kanazawa.Terminal untuk menunggu jadwal Nouhi Bus kembali ke  Kanazawa dan melanjutkan perjalanan ke Osaka karena kami untuk beberapa hari ke depan menginap di Osaka.
Hari makin sore saatnya kami kembali ke Kanazawa Jam 15.55 dan mengejar kereta yang menuju Namba Osaka.Jam 17.54.Alhamdulillah akhirnya kami sampai Osaka hampir jam 20.38an.
Masih sempat ke money changer untuk tukar Euro ke Yen.Karena besok kami rencana akan pindah ke Hotel Hilton Osaka.Masih sempat belanja di Uniqlo pakaian Naufal dan Hanif.Makan di Mc D dan menikmati Kopi panas di Cofee shop.Berakhir sudah perjalanan full day kami ke Dusun terindah Shirakawa go yang lagi ngehitss dan sangat indah tsb..

Berakhir sudah perjalanan full day kami ke Dusun terindah Shirakawa go yang lagi ngehitss dan lagi trend untuk traveller ke Japan tsb..Saatnya malam ini kami beberes dan rapi rapi karena besok kami akan pindah ke Hotel berikutnya untuk menikmati suasana yang  berbeda .