Halaman

Minggu, 25 Februari 2018

BERBURU KULINER & OLEH OLEH CIREBON-KUNINGAN SAMPAI HABIS HABISAN..EDISI 3

Setelah kami beranjak dari Kampung Batik Tulis Ciwaringin ditengah rinai hujan kami melanjutkan perjalanan menuju Cirebon .Sempat merasakan penganan khas Inderamayu di rumah Teh dewi : kerupuk Rumput teki" nach saatnya sekarang kita berburu kuliner samapi malam.
mecikoblogspot

Hayoo kenapa sampai malam karena belum lapar lagi perut sudah terucap list kuliner yang harus di datangi.Padahal kita hanya semalam di daerah ini. olala.bakal padat nich perut.

NASI JAMBLANG BU NUR
Kuliner  perdana yang kami datangi Nasi jamblang Bu Nur yang beralamat di 
Jl Cangkring II No 34 Cirebon.Awalnya kita belum akan mampir ke sini tapi karena "Hevie" terlanjur ngidam pengen pake bangetss ke Nasi Jamblang akhirnya siang menjelang sore kami ikutan antri di Warung Nasi Jamblang Bu Nur.
Selain Nasi Jamblang yang berada di depan Garage Mall "Nasi jamblang Mang Dull" yang pernah saya bahas waktu pergi dengan Ikasmantri85 ke Cirebon .
 http://meciko.blogspot.co.id/2011/09/wisata-kuliner-cirebon-with-ikasmantri.html
Kali ini kami memilih untuk mampir di Nasi Jamblang Bu Nur yang terletak juga tidak jauh dari Grage mall.Saat kami datang pengunjung penuh dan antri teratur untuk memilih lauk lauk yang berderet rapi di meja untuk dipilih pengunjung.Berbagai aneka lauk tinggal dipilih yang paling ngetop untuk menikmati Nasi jamblang adalah lauk Sotoy hitam goreng atau Blakutak (Cumi hitam saus Tiram) ,Sambal Goreng,aneka tempe-tahu,aneka pepes,aneka sate,berbagai semur,aneka pergedel,berbagai sayur.wow banyak bangets menunya.
Sampai kami bingung untuk memilih lauk yang mau dimakan.Setelah memilih lauk dengan Nasi yang sudah disiapkan dan dibungkus dengan daun Pohon Jati.Porsi 1 bungkus Nasi benar benar kecil seperti Nasi kucing layaknya.Tetapi disini letak serunya mencoba kuliner legenda dari zaman Belanda yang sudah turun temurun di Cirebon.
Kami akhirnya bisa mendapatkan meja dipojok dalam kapasitas 12 kursi ber AC ahirnya kami menikmati Nasi Jamblang yang melegenda dengan beberapa lauk diselipin sambal goreng pedas manis membuat makan sore kami menjadi lahap.Porsi kecil berharap berikutnya bakal ada kuliner lagi.hehe..
Pasti ada yang bertanya tanya kenapa ya Nasi Jamblang itu haru dibungkus dengan Daun jati dan kenapa ukurannya kecil gitu.Nach menurut kisahnya Nasi Jamblang atau Sega Jamblang berasang dari jamblang suatu daerah barat dekat Cirebon tempat asalnya pedagang makanan itu.Awalnya Nasi Jamblang diperuntukan untuk pekerja tanam paksa di Zaman Belanda yang sedang membangun Jalan Anyer -Panarukan.Sengaja dibungkus dengan daun jati karena bisa tahan lama dan tidak cepat basi karena Daun jati mempunyai pori pori yang tetap bisa menjaga nasi menjadi awet dan tahan lama.Tinggal nanti dengan penyajian ala Prasmanan dengan aneka lauk tinggal memilih aneka lauk yang disuka.Begitulah asal Nasi Jamblang yang membuat sampai sekarang melegenda.Kalau kita ke Cirebon terasa hampa bila belum mencicipi Kuliner legendaris yang satu ini.
Saat kita sudah selesai dan beberapa teman ke toilet karena kita harus melanjutkan berburu kuliner berikutnya.Ternyata beberapa teman" sudah mencicipi Es krim Durian di depan Warung Nasi Jamblang.Walau hujan gerimis nan awet tetapi selera kuliner tidak berkurang.Lanjut dengan Es Krim Duren.Apalagi Duren sedang musimya di sekitar Cirebon dan Kuningan.

KETAN BUMBU"BU YUDI"
Awalnya penganan ini diburu oleh gank BSD yang ngotot pengen makan Ketan Bumbu.Saya pertama sempat bingung apa sich yang bikin kebeletnya.Setelah kami mampir di Toko Cake Bonscherry untuk pesan Ketan Bumbu taunya hanya tersisa 1 box saja yang berisi 5 pc ketan dalam 1 box.sayang cuma 5..
Cemilan ini berasal dari ketan putih yang ditaburi bumbu serundeng.Serta dikemas denga kemasan yang apik dan terkesan lebih elegan membuat penganan sederhana dan biasa ini menjadi terasa modern dan mewah.Packaging yang menarik dan rapi membuat oleh oleh khas Cirebon menjadi "sesuatu".Oleh oleh penganan Ketan bumbu tidak saja dijual di Toko kue Bonscherry tetapi juga dijual di Toko Oleh oleh Shinta,Toko oleh oleh Daud,empal Gentong Mang Afud dan ditempat yang lain.
mecikoblogspot


BONSCHERRY CAKE & BAKERY
Jl.Pamitran  No 48 Kejaksaan Cirebon.
Selain Ketan Bumbu Bu yudi ternyata Toko Cake & bakery ini menjual berbagai cake,snack,makanan dan oleh oleh tradisional lainnya.
Aneka kue basah,kue kering,roti,cake ,Bolu loyang ,Pia Gong dan aneka parsel juga.Dengan tampilan interior serba putih ,bersih membuat dekorasi toko kue ini menjadi vintage .Berhubung kami baru sampai di Cirebon jadi belum kepingin beli oleh oleh dulu.karena tadi hanya mau nyari Ketan Bumbu saja maka kami singgah di toko kue nan resik ini.

Berhubung hari masih hujan sementara kita pingin ngopi ngopi cantik dulu akhirnya rehat sejenak di cafe mini mereka untuk pesan kopi dan teh hangat untuk menghangatkan badan dan mata yang sudah sedikit mengantuk.
Habis ngopi dan mata mulai seger kembali kami melanjutkan perjalanan kuliner kami.Sementara  ditengah perjalanan Olivia putrinya Ce Christine sedang dalam haid dan pingin mampir di mini market untuk beli obat penghilang nyeri sakit Haid.Pas kami mampir di mini market tiba tiba asap dan api keluar dari arah depan bawah kursi penumpang depan.Sambil berteriak Imel "api api"..Sambil panik kita lansung turun secepatnya dari mobil.Dalam penuh kepanikan dan gaduh sopirnya juga bingung nyari air untuk penyiram api yang muncul dari mesin mobil.Tiba tiba olivia malah lansung angkat galon air mineral mini market untuk penyiram api yang berkobar.Akhirnya api padam tapi kami trauma untuk kembali naik mobil yang nyaris terbakar itu.Untung kami masih ditemani Mas Baroq dan teh Dewi yang orang sana sehingga sedikit menghibur ditengah kepanikan dan stress emak emak habis lihat mobil mengeluarkan api dari mesinnya.

Begitu alotnya kami mencari pengganti mobil yang sudah rusak harus menghubungi teman kita Nely bahkan marketingnya Arion  juga ..ribet sekali.Kami memutuskan sementara  mencari Grab 2 mobil karena magrib kami rencana akan menuju RM KLAPA MANIS.

RM KLAPA MANIS
Berada di Jl Raya Kuningan Gronggong Patapan Breber Cirebon.Kami sengaja malam ini belum masuk ke villa biar sekalian dinner dan nanti tinggal capek dan tidur aja lagi.Restoran dengan view terbaik dari atas perbukitan kita disuguhi pemandangan yang ciamik mengarah ke Kota Cirebon.Berada diperbatasan antara Kuningan-Cirebon dengan ketinggian yang cocok untuk melihat pemandangan indah lampu lampu Kota Cirebon.Kami memilih meja yang berada sedikit ditepi resto agar leluasa memandang view malam hari .Sebenarnya muka sudah capek dan masih trauma tapi melihat view indah di depan mata membuat kami sedikit terobati.
Berbagai menu resto ala Sunda terpajang di buku menu mereka.Kami memilih nasi Liwet paket komplit di tampah( khusus 4 orang) kami bisa pesan 2 paket dan beberapa lauk dan sayuran lainnya.Minuman hangat special untuk menghangatkan badan ditengah hujan Kuningan.Menu ala sunda pisan membuat dinner malam kami sedikit mengobati rasa trauma senja tadi.Hari semakin malam saatnya kami harus menuju penginapan di sebuah Villa/Rumah di Kompleks Grage  Banoa Estate di Daerah Cilimus Kuningan.
Mas Baroq dan Teh Dewi pamit tidak mengantarkan kami ke penginapan karena sudah ada Teh Tati penduduk asli Kuningan...Kuliner kami tidak berhenti sampai disini saja besok kami lanjutkan untuk berburu oleh oleh dan santapan tradisional lainnya.



to be continued






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar