Halaman

Kamis, 27 September 2018

SENSASI KULINER LEGENDARIS RUMAH MAKAN KHAS SUNDA MAK'UNEH.. EDISI 2

Setelah beranjak dari Stasiun Bandung saatnya kami harus mengisi perut untuk Sarapan menjelang makan siang juga barangkali.Awalnya idenya kita mencari warung sarapan pagi berupa bubur ayam atau sejenisnya yang berada di sepanjang jalan yang kami lewati.
Mampir di salah satu  restaurant ternyata makanannya belum siap saji .Akhirnya putar putar kami melewati Jl .Pajajaran.Barulah Nyah Corina teringat Rumah makan Ma' Uneh ini yang ternyata berada di salah satu gank sempit dan harus mengingat kembali posisi jalan masuknya.
Awalnya kami ragu melihat jalan yang dilalui seperti gank menuju rumah penduduk.Apa iya disini ada rumah makan.
Benar saja kami memasuki gank kecil dan dipenuhi tanaman hijau memasuki sebuah rumah lama yang sudah disulap menjadi sebuah rumah makan.
Waktu makan siang belum tiba jadi hanya ada beberapa pengunjung yang sudah duluan order makan .
Ternyata rumah makan ini sangat legenda dan terlihat dari tulisannya tidak ada Cabang.Jadi restoran Mak Uneh yang lain????...(bukan cabangnya berarti).
Terlihat foto Ma' Uneh (alm) yang dipajang di dinding rumah makannya ternyata sudah ada sejak th 1960an..

Berbagai menu lauk sudah terhidang sangat banyak mungkin ada sekitar 30 varian lauk.Berbagai pepes,sop,soto,variasi ayam,Berbagai jeroan dari limpa goreng,usus ,Paru goreng,gepuk sapi,gado gado.Berbagai gorengan tahu,tempe,pergedel.Semua tumpah ruah diatas meja siap untuk diorder.
Bahkan Udang galah goreng tertata rapi di atas untuk siap dihidangkan.
Setelah order berbagai  lauk serta pilihan nasi putih atau nasi merah,soto Bandung,Lotek ada Tutuq juga.
Sambil menunggu pesanan digoreng lagi dan dipanaskan kami memilih duduk dimeja yag berada di dalam salah satu ruangan.Ada yang berkesan saat membaca rumah makan ini buka setiap hari kecuali Hari Jumat.Jumat berkah berarti karyawannya libur .
Sambil menunggu pesanan digoreng lagi dan dipanaskan kami memilih duduk di meja yag berada di dalam salah satu ruangan.Ada yang berkesan saat membaca rumah makan ini buka setiap hari kecuali Hari Jumat.Jumat berkah berarti karyawannya libur .
Rumah makan Ma'Uneh ini ternyata memang sudah ada dari jaman dulunya dari sebuah rumah yang kemudian diperuntukan jadi rumah makan.Terihat ruang demi ruang bekas kamar,ruang makan,ruang tamu  ,ruang keluarga .Disamping juga ada lesehan dengan dihiasi tanaman tanaman menambah sejuk udara di rumah makan ini.Menurut sejarahnya dulu ma'Uneh jualan di sebuah warung kecil yang berada di sekitar Pabrik Kimia Farma dengan menu andalannya Lotek.

Setelah pesanan kami datang ternyata mereka juga memberikan lalapan free disetiap pesanan pengunjung.Menu makan yang sangat lengkap.Rasa yang masih bertahan sampai sekarang menurut orang Bandung.Menikmati masakan sunda asli di rumah makan legendaris menjadi sesuatu bangets apalagi awalnya kami tidak sengaja sampai ke daerah ini .
Benar saja setelah 2 hari di Bandung makan sore besoknya pun kami kembali menyambangi rumah makan ini sebelum balik ke Jakarta.Berarti masakannya benar benar cocok di lidah dan bikin kangen kembali dan kembali lagi lho..


Malah kami memilih posisi makan di lesehan samping rumah.Dan juga order Sop Durian yang persis berada di belokan ujung jalan menuju rumah makan Ma'Uneh.Soal rasa pasti jagonya sunda bangets.Tetapi soal Harga memang lebih mahal bila dibandingkan dengan rumah makan sejenisnya lho.Apa karena sudah punya nama dan pasti dicari orang yang tahu kuliner legendaris Bandung..may be...

Kami puas selama 2 hari malah sudah mencoba 2 x makan di Rumah Makan Ma' Uneh ini dengan catatan rumah makan ini tidak punya cabang.Jadi bila ada restoran Mak Uneh yang bertebaran di Puncak,Bandung dan dimana pun berartti bukan cabang rumah ini ini lho..
Setelah makan kami bersiap siap untuk mendatangi destinasi perdana di Bandung "DAGO DREAM PARK BANDUNG"
Kawasan Dago Dream Park berada di daerah Lembang .Jl Dago Giri Km2,2 Mekarwangi ,Pagerwangi.Lembang.










http://meciko.blogspot.com/2018/09/dago-dream-park-lembang-bandungwahana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar