Sabtu, 21 Desember 2019

KULINER MELAKA-KL BIKIN MABOK KEPAYANG ..EDISI 4

Bila edisi ke-3  saya  mengulik wisata Melaka yang keren dan kece dengan banyak sejarahnya.
Maka edisi ke-4 ini kita akan bahas tentang kuliner kita selama travelling .Bila kita travelling ke luar kota maka kuliner di suatu daerah kudu wajib kita coba dan cicip.Terasa hampa bila travelling tanpa kuliner.Makanya penikmat kuliner akan mencari tujuan kuliner yang melegenda di suatu daerah.
Tidak perlu kami harus mencari informasi atau baca review orang orang karena Jida Witri beberapa bulan terakhir sudah bolak balik ke daerah yang kami tuju.
Jadi kita bahas kuliner yang kami tuju dan coba saat kami travelling ke Melaka dan KL ya.

1.KEDAI MAKAN MAWAR PUTIH
Kami mampir disebuah kedai makan khas Melayu di daerah Jl KLIA 1 1/60C Sepang,Selangor Malaysia.Daerah selangor ini kami lewati saat dari Airport KLIA untuk menuju Ke Melaka.Karena kami belum sarapan pagi maka kita memilih makan Pagi menuju siang.
Kedai ini ternyata memfasilitasi makan ala french dinner untuk ambil sendiri Nasi Putih kemudian memilih beragam lauk ala Melayu di hidangan mereka.Beragam macam hidangan tersedia di sini .Nasi Campur dengan beragam lauk sayuran,ulam,telur dadar,Tauhu,Bawal hitam,Tongkol Hitam,Siput Sedut,Patin dan Daging cincang.Ada Nasi lemak,Mee Goreng,Kuey Teow Goreng,Bihun goreng,,Lontong dll.Begitu juga aneka minuman di sini ada yang panas atau sejuk(Dingin) ada teh "O" maksudnya teh tawar, Kopi "O" ,Milo "O" cincau,Limau dll.
Kami memilih lauk ,sayur dan teh panas O karena masih pagi .Jida juga pesan Roti Cane sayang gak sempat saya foto.Rasa cocok dengan lidah kita karena ini juga makanan melayu.Talk lupa kita mencoba cemilan tradisional kalau di Indo ini nama makanannya Ongol ongol.Cemilan dari tepung beras pakai gula Aren dan kelapa parut.Manis dan enak.
Inilah kuliner pertama kali yang secara rasa dan harga terjangkau yang kemudian ditraktir oleh Jida sisa Ringgit pulang dari KL dengan Group BNN sebelumnya. jiaah..Tks Jida..
2. RESTORAN ZAHRIN ASAM PEDAS
Hotel kami berada di sekitar Plaza Mahkota yaitu Hotel Mercury Boutique dimana banyak terdapat resto resto Melaka salah satunya yang kami datangi untuk makan siang setelah kita Check in hari pertama di Mercury Boutique yaitu Restoran Zahrin Asam Pedas.
Restoran Zahrin Asam Pedas beralamat Jalan Lingkaran MITC 20&22 Malacca Malaysia.
Restoran ini Halal Food sehingga semua masakannya halal buat Muslim.Kami memilih ruang ber AC karena siang itu Kota Melaka sangat terik dan panas yang cukup menyengat.Berada di posisi yang strategis membuat resto ini cukup gampang dicari dengan tulisan warna merah yang besar dan eye catching.
Restoran dengan Menu Buffet sehingga kita tinggal memilih lauk apa yang akan kita ambil lansung.
 Begitu banyaknya ragam lauk lauk khas Melayu tumpah ruah di Restoran ini sehingga awalnya kami bingung mana yang akan diambil.
Ada Asam Pedas Melaka,Kari Kepala Ikan,Asam Pedas Kepala Ikan.Asam Pedas disini dari berbagai jenis ikan lho dari Patin,Tenggiri ,Senangin,Pari,Jenak dan banyak lagi.Ada jenis sayur khas Melayu yaitu Kerabu Sulam Raja & Salom .Kerabu Kacang Botol terdengar aneh di telinga kita tetapi rasanya sangat enak.Barangkali ada 25-30 macam lauk dan aneka sayur yang harus kami pilih membuat para Amai bingung menentukan pilihan.hehe
Sayang saat nte Rika dapat Patin terasa agak keras ikannya.Sementara lauk lauk lainnya sangat enak dan cocok di lidah kami.

Kami juga menemukan cemilan tradisional khas juga yang kalau di Jakarta namanya Gemblong.Kue Tradisional ini terbuat dari ketan Hitam yang digoreng dan dibaluri tepung gula atau tepung gula merah.Rasanya manis dan empuk.
3. LAKSA & ES CENDOL DUREN
Kuliner Laksa dan Es Cendol duren ini kami temukan setelah kami pulang dari wisata Melaka River Curise.
Berada tidak jauh dari Museum maritim Melaka yang bentuknya Kapal besar tsb kemudian kita melipir ditepian sungai Melaka.
Mini Cafe ini bernama Samudera  Durian Cendol dengan menu Nyonya Laksa dan Asam Laksa dan ada cendol durian Musang King,Cendol Durian Kampung,Durian Pasta dll.
Sebenarnya kita masih kenyang dengan makan puas tadi siang di Restoran Zahrin tapi pingin mencoba Laksa Nyonyah dan Cendol Durian.
Setelah memesan sharing beberapa menu kami menikmati kuliner khas Melaka ini ditepian Sungai Melaka di penghujung senja yang indah di Melaka.
Harga yang terjangkau untuk Laksa RM 13 dan Es Cendol Durian RM 20 kami sudah puas menikmati kuliner tepian Sungai Melaka ini.
4. KULINER JONKER STREET
Barangkali inilah destinasi yang sangat populer di Melaka.Berkunjung  ke Melaka tanpa menyusuri wisata unggulan Melacca River Cruise

Setelah berjalan hampir ke ujung jalan kawasan Jonker berhubung kita sudah makan maka kami mampir di sebuah warung kuliner kecil yang berjualan cemilan tradisional yang kalau kita di indo namanya Kue Putu.Ternyata disini nama jajanan khas ini Putu piring.Bila dinegeri kita Kue Putu ini dibuat dalam bentuk bambu bulat kecil yang ditaruh diatas tempat dengan air mendidih dibawahnya.Tetapi disini berbentuk Piring bulat karena cetakannya bulat seperti piring mangkok.Rasanya sama kok seperti putu Bambu dinegeri kita.Kemudian juga ada ondeh -ondeh seperti juga nama onde onde di Minang tetapi kalau di Jawa namanya Klepon.(bahasan edisi3..)
 5. ASAM PEDAS JR2
Pagi hari pertama di Melaka kami mencoba sarapan pagi di restoran Asam Pedas Jr2 yang tidak begitu jauh dari Hotel lokasinya di ujung jalan  .Resto ini terkenal dengan asam pedasnya tertapi kiita karena masih pagi dan hanya mau menikmati sarapan pagi ala melayu dan lauk lauknya juga belum masak.Maka sarapan pagi kita saat ini yaitu Nasi kucing dengan porsi kecil berisi sambel dan teri kacang.
Kami tak lupa pesan juga Roti Canai dan ada kue tradisional ongol ongol dengan baluran kelapa serta kue Pastel.
Sayang kita masih terlalu pagi untuk sarapan disini jadi belum bisa menikmati aneka lauk nya yang sangat variatif bila dilihat dari menunya.

6. PARA THAI CUISINE MITSUI OUTLET
Restoran Para Thai merupakan restoran masakan Thailand yang specifik yang berlokasi di Mitsui Outlet Park Lot F56 KLIA Sepang.
Saat kami dari Melaka untuk kembali ke Kuala Lumpur maka hari ini kami memutuskan untuk shopping dulu mampir di Mitsui Outlet Sepang.
Kami mwmilih restoran ini untuk menemukan masakan khas Thai karena kemaren sudah menikmati masakan Melayu.
Para Thai Resto tidak saja berada di Mitsui Outlet tetapi ada di 4 lokasi yaitu My Town Shopping Centre,SITTA Mall,SOGO KL.
Kami memilih menu masakan mereka antara lain Tom Yum, Ikan ,beef sapi lada Hitam ,Spring roll crispi ,Nasi Putih dan pesenan khusus kami sampai 2 porsi yaitu Telor Dadar Crispi.
Siang itu benar benar membuat perut lapar sehingga saat hidangan sampai satu per satu kita habiskan rebutan lagi dengan 2 porsi Telor Dadar Crispi.
Begitu lahap dan lezatnya kami sehingga dalam sekejap masakan yang dimeja semua habis dan ludes.Terlihat setelah makan terlihat piring piring kosong semua.
Begitu lahap dan lezatnya kami sehingga dalam sekejap masakan yang di meja semua habis dan ludes.Terlihat setelah makan terlihat piring piring kosong semua.
Apalagi salah satu pelayannya berasal dari Medan sambil ngobrol dengan Jida terlihat serunya obrolan kami dengan dia.Merasa 1 kampung halaman dengan kami.Setelah kami bayar billnya baru tau harga Tom Yum dan Ikan gorengnya sangat muahal..Hikss.Lumayan  nyaris 2 juta rupiah olala...enak sebanding dengan harganya.Barangkali karena berada di dalam Outlet atau memang standar Resto Thai di Malay seperti itu.
7. OLDTOWN WHITE COFFEE
Saat sampai di Kuala Lumpur setelah menginap di Melaka.Kami menginap untuk 3 malam ke depan di Casa Residence yang berada di Bukit Bintang.Senja itu kami sudah lapar dan tidak mungkin mencari resto yang jauh dari apartemen kami karena kita sudah lelah dan lapar.
Saat mencari Apartemen kami menemukan Kedai Kopi Wara Laba  Old Town White Coffee yang juga mempunyai cabang di Indo yang cukup banyak.Ternyata kedai kopi ini memang berasal dari tanah Malay.
Kami memutuskan untuk mampir disini karena bukan saja minum kopi tetapi juga punya banyak makanan juga.Ada makanan dari Mie,Roti ,Ayam Goreng,Kentang goreng dan Laksa juga.

Ternyata kedai kopi ini memang berasal dari tanah Malay.
Variasi Kopi yang sangat banyak tinggal kami pilih.Bila berada di kedai Kopi selama di Malay kami membaca beberapa istilah yang sangat asing bagi kami.Seperti beberapa jenis Kopi seperti:
Kopi O yaitu Kopi hitam panas (dengan gula)
Kopi O Peng yaitu Kopi hitam es (dengan gula)
Kopi O kosong= Kopi hitam panan (tanpa gula)
Kopi O peng kosong : Kopi Hitam pakai es (tanpa gula)
Kopi : Kopi panas dengan susu kental manis
Kopi Peng : es kopi dengan susu kental manis.
Wah banyak lagi istilah mereka yang kita harus tanya kembali.
Kami memilih beberapa jenis Kopi panas dan Laksa serta Lauk yang ada Nasinya.Berada di Kuala Lumpur tanpa merasakan nongkrong di kedai Kopitiam apa kata dunia ya gak....
8. NASI KANDAR PELITA
Inilah kuliner yang paling top markotop selama kami di tanah Melayu Malaysia.Berada di Jl Ampang salah satu jalan terkenal di Kuala Lumpur dekat dari Menara Kembar KLCC.
Pagi ini kami sengaja tidak sarapan pagi di apartemen tetapi target sarapan kami di Nasi Kandar Pelita.

Mungkin ada yang bertanya Nasi Kandar itu Nasi apa ya?.
Nasi Kandar itu merupakan Nasi khas Melayu terutama Kaum India Muslim.Nasi Kandar ini bisa dibilang mirip dengan Nasi Rames lho karena berisi nasi putih plus aneka lauk.Hanya bedanya diberi rempah rempah yang digunakan untuk membuat Kari.Kari ini berisi bumbu rempah dan herba yang menyengat membuat baunya sangat khas dan menggoda jiwa.Menurut sejarahnya Nasi Kandar ini sudah ada sejak abad ke 19 saat menu sarapan ini dijadikan menu para imigran dan pekerja bangunan di wilayah Penang.
Salah satu Kedai Nasi Kandar yang paling terkenal di Kuala Lumpur ya Nasi Kandar Pelita ini.
Pagi ini kami sudah niat untuk mencicipi Nasi khas Melayu India ini di tempat yang sangat populer.
Kami datang masih pagi baru jam 8 pagi tetapi tempat duduk kedai ini sudah mulai penuh .Beragam lauk sudah tertata rapi di etalase.Sangat beragam dari ayam goreng,kerpiting goreng,Ikan goreng,aneka gulai  kari ikan,cumi,daging ,udang dll.
Kami memilih beberapa jenis minuman panas dari Teh Tarik yang paling populer.Teh panas dan tak lupa Roti Cane panas panas yang datang nyaris setelah kami hampir semua selesai makan.
Walau kami mencoba lauk yang berbeda beda tetapi kami saling mencicipi dan semua rasanya sedap nampol bangetss..
Bila ke Kuala Lumpur tanpa makan Nasi Kandar terasa hampa travelling kita.Nach apalagi bisa mencicipi Nasi Kandar Pelita yang paling populer ini.
 9. KULINER JL.ALOR
Salah satu tempat kuliner yang juga hits dan selalu ramai untuk dikunjungi yaitu Alor Street yang berada tidak jauh dari Bukit Bintang persis dibelakangnya malahan dari apartemen kami hanya berjalan kami 10-15 menit sudah sampai di Jalan sangat populer ini.
Kami sampai di sini masih sore padahal pinginnya malam untuk mencoba kuliner malam harinya.Tetapi kita syukuri saja karena sudah kembali dan kembali lagi ke kuliner hits Jl Alor ini.
Jalan ini sepanjang 500 meter berisi kedai,warung,toko dan pedagang kaki lima yang tumpah ruah menjajakan berbagai makanan baik halal atau non halal.Jadi harus bisa seleksi mana makanan yang halal bagi muslim.
Target awal kami ke sini berburu durian Musang King.Sayang waktu kami datang ke KL musim durian belum datang sehingga harga durian musang King lumayan mahal saat ini.Walau mahal tapi Musang King tetap menjadi target kami.Rugi bila tidak mencobanya.
Selain Durian Musang King kami berburu buah buahan seperti Mango Stick Rice,Rambutan,Nangka dll.Bahkan kudu wajib dicoba yaitu es cream kepala muda.Batok kelapa Muda yang sudah dikupas kemudian diberi es cream dengan pilihan rasa vanilla,Durian,mangga dll.Rasanya bikin air ludah meleleh...hm sedapnya.

Saya sempat berjalan sampai ke ujung jalan Alor sementara teman teman asik nongkrong dipojokan mangkalnya Pedagang Durian Musang King.Samapi waktu sudah menjelang senja kami sudah cukup lama disini yang kemudian kami putuskan untuk kembali ke apartemen.
10 RESTO ROSDET TOMYAM
Nach satu lagi resto yang patut diacungkan jempol untuk menu dan rasanya yaitu Restoran Rosdet TomYam.Restoran ini terletak di Kampung Baru dengan alamat 160 Jl Raja Abdullah Chow Kit  50300 KL.
Hari ini kami sudah pasrah untuk dipilihkan saja resto dan makanan yang dipilihkan driver kami.
Akhirnya kami berlabuhnya di restoran ini dengan pilihan makanan Melayu-Thailand yang beragam dan banyak pilihan.
Melihat foto foto makanannya yang terpampang di dinding dan menggiurkan kita memesan lauk yang memang menjadi best seller mereka.
Kami memilih "Homok kelapa" nach ini lauk yang seru ditaruh di kelapa muda batok berisi semacam ikan dan sayur seperti gulai gitu.Kita pilih kerang bakar ,Ikan Kerabu 3 rasa,Tom Yum Sea food,Telor dadar dan berbagai minuman hangat .
Sempat kita sholat jamak dan ke toilet mereka yang sangat bersih.Malah toiletnya diberi rating *** dari pemerintah.(Public toilet Rating).
Keren ya.
Setelah makan dan menikmati semua lauknya satu persatu memang rasanya sangat cocok lidah kita masakan melayu Thailand.Secara harga masih standar jauh lebih murah dibanding dengan resto Thai yang berada di Mitsui Outlet.
11 FOOD COURT GENTING HIGHLAND
Saat kami shopping ke Genting Highland kita pasti akan mencoba food court mereka yang dipenuhi gerai gerai makanan dan minuman.
Siang itu kami memilih salah satu Gerai makanan melayu eh ternyata namanya "Medan Selera" wah berarti makanan Medan Melayu deli nich.Kembali ke selera semula.
Selain lauk dan kuah kari serta kerupuk .Kami juga mencoba es cendol Kacang Merah khas Melayu.
Saking besarnya porsi untuk 2 mangkok rame rame malah tidak habis saking kenyangnya.Kita juga beli buah dalam 1 gelas plastik semangka, pepaya ,melon dll.
 Puas sudah kami mencoba kuliner dari Melaka sampai ke Kuala Lumpur sampai mabok kepayang saking begitu banyaknya yang sudah kami cicipi.Alhamdullilah