Halaman

Selasa, 31 Oktober 2023

GRAND MOSQUE ( Ulu Cami'i)..LANDMARK PERDANA OTTOMAN EMPIRE DI PUSAT KOTA BURSA EDISI 4

Kita bermalam di Bursa di Hotel Levor  **** star  Görükle, Eymir Cd. No:10, 16285 Nilüfer/Bursa, Türkiye BURSA hanya 1 malam saja.Jarak Istanbul-Bursa sekitar 154 km dengan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan darat.Suhu Bursa hari ini berkisar 12-27oC (Cerah)
Sabtu Pagi (D3) jam 4.15 Tahajud , subuh dan mandi untuk siap siap Breakfast di Levor Resto yang juga kami datangi untuk dinner tadi malam.Berhubung kami cuma 1 malam saja jadi Koper dan semua barang di drop di depan Lobby.Breakfast dengan Buffet di penuhi berbagai ragam makanan khas Turkiye,Ragam Madu,aneka kacang , aneka roti pastinya.


Bursa sebuah Kota di barat laut Turkiye dan Pusat administrasi Provinsi Bursa.Bursa berada di kaki Gunung Uludag.Jika saat winter kita bisa menikmati Sky Resort Uludag National Park.Bursa menawarkan pemandangan dengan latar belakang panorama pergunungan membuat keindahan kota ini sangat menyejukan mata.
Bursa menjadi salah satu Pusat Industri Otomotif Turkiye sebahagian besar merek otomotif terkenal berada di Kota Bursa seperti: Mercedez,Fiat,Toyota sehingga Kota ini menjadi Kota terpadat IV di Turkiye.

Hari ini kita akan mengunjungi destinasi di BURSA al:
1.TOPHANE PARK
2.MAKAM OTTOMAN
3.GRAND MOSQUE
4.AFRA NATURE HOUSE

1.TOPHANE PARK


Kami menuju menara Jam Tophane Bursa yang berada di atas perbukitan persis di belakang Makam Ostman Gazi pendiri Kekaisaran Ottoman..Menara Jam ini menggambarkan arsitektur periode Ottoman.Menara ini juga dikenal dengan Menara Api karena pemandangan Panorama Bursa yang spektakuler dari lokasi ini.
Kami bertemu tulisan BURSA yang sangat eye catching untuk sayang untuk tidak diabadikan.Menara jam ini dibangun pada masa pemerintahan Abdul Aziz th 1904 memiliki  6 lantai  panjang 65 m lebar 4,65 m memiliki 4 jam di ke 4 sisinya.Serta mempunyai tangga kayu sebanyak 89 langkah.Menara ini digunakan pemerintah Kota untuk keperluan pengawasan kebakaran.

Suasana pagi dengan sejuk dan hijaunya alam sekitar membuat kesyahduan Kota Bursa terasa dari atas perbukitan nan hijau ini.
Kota BURSA juga sering disebuh BURSA HIJAU  karena warna hijau sangat dominan dengan banyaknya tanaman hijau di area taman dan kebuh seperti yang kami lihat di Tophane Park ini. 

2.MAQAM OSTMAN  



Ostman Ghazi merupakan pendiri Kerajaan Ostmaniyah yang berhasil menaklukan semua suku di Turki menjadi satu bangsa sehingga kerajaan besar itu bisa bertahan sampai 6 abad.Kompleks Makamnya berada satu kawasan dengan Tophane Park di Bursa.Tempat ini merupakan Kompleks pemakaman Sultan Ustman bin Ertagral yang menjadi pemimpin pertama Turkiye Ottoman beserta keluarganya,dan makam putranya Orhan beserta keluarganya juga.
Kota BURSA berada di selatan Kota Istanbul yang tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO th 2014  Situs warisan Kekaisaran Ottoman sejak awal abad ke -14.Udara cerah dan tidak begitu panas membuat suasana bursa menjadi indah dan nyaman.Bursa bikin kangen lagi untuk kembali dan kembali ke sini.

3. GRAND MOSQUE 



Mesjid terbesar dan megah ini pernah saya tulis th 2016 saat kedatangan saya ke-2 di Bursa.
http://meciko.blogspot.com/2016/02/grand-mosqueulucami-mesjid-agung_2.html

Salah satu sisa peninggalan Islam di Bursa iatu : GRAND MOSQUE atau dikenal juga
 dengan Ulu Cami'i yang dibanguna dengan style Seljuk pada saat Kerajaan Ottoman
 berkuasa di bawah SULTAN BAYEZID I (SULTAN YILDIRIM BAYEZID) yang dibangun antara th 1396-1399.
Sultan Bayezid I pernah bersumpah bila memenangkan Perang Nicopolis melawan Pasukan Raja Sigismund (Hungaria) maka ia akan membangun 20 mesjid.
Setelah menang akhirnya para penasehat sultan menyarankan untuk mendirikan satu mesjid megah saja tapi dengan 20 kubah sama besar.
Sementara 12 pilar berbentuk segi empat yang dihubungkan dengan lengkungan gaya arsitektur Seljuk.Masya Allah indahnya.
Mesjid ini merupakan Mesjid terbesar dengan keindahan Kaligrafi di hampir setiap sudut mesjid.Apalagi Ulu Cami'i memiliki 20 kubah (Dome) dan 2 menara di desain oleh seorang arsitektur terkenal Ali Neccar serta yang lebih specific mempunyai air mancur dan tempat wudhu persisi di tengah Mesjid..Masya Allah.

Ekterior terlihat seperti Batu persegi panjang dengan warna batuan terang dan sebahagian dilapisi keramik.Berhiaskan jendela jendela kecil dengan 2 menara kiri kanan dan 3 pintu masuk menghadap ke Bazar,Pelataran dan Taman Kota.
Tak lupa kami berwudhu dulu di  samping kanan belakang mesjid untuk segera melakukan sholat Jamak.

Saat kami masuk ke dalam mesjid terpesona kaligrafi dan keramik yang digunakan .Kubah atas terbuka dengan fungsi ganda juga sebagai jendela.Karpet tebal menghiasi seluruh lantai mesjid dengan motif yang indah.



Apalagi kaligrafi di tiap dinding begitu banyak kaligrafi indah menghiasi interior mesjid ini.Bahkan pilar pilar pun tak luput dari hiasan ornament dan kaligrafi bernilai seni tinggi.Hampir 200 karya kaligrafi para seniman Turkiye Ustmani di abadikan di dinding mesjid megah ini.Kaligrafi yang ditulis oleh 41 seniman Kaligrafi yang berbeda.Sehingga Kaligrafi disini merupakan Satu koleksi terpenting dari Kaligrafi Islam di dunia.

Gand Mosque merupakan Mesjid terpenting ke-5 dalam agama Islam seperti layaknya Mesjid di Mekah,Madinah,Yerusalem,Damaskus sehingga 
Grand Mosque termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO th 2014.
Sepanjang perjalanan jalan kaki di Bursa kami masih menikmati tembok tua kota yang konstruksinya berasal dari masa abad ke-1.Setiap batu memiliki jejak lapisan Romawi,Bizantium dan ottoman .Masih sangat indah berdiri kokoh walaupun pernah dilanda gempa Bursa berskala 7.0 Richter pada th 1855.Namun masih dapat dinikmati setelah restorasi.Masya Allah.

4.AFRA NATURE HOUSE

Kami mampir di sebuah toko oleh oleh AFRA NATURE HOUSE yang menjual beragam makanan khas Turkiye ,oleh oleh.
Awal kami mampir sudah diberi arahan tentang aneka Baklava,Turkish delight,Safron,Madu,Coklat,Perfume,Lokum ,Teh Turkiye,Kopi dan banyak lagi.Kami diberi waktu sangat lama disini untuk bebas memilih semua oleh oleh yang ditawarkan.
Kita akan melanjutkan perjalanan menuju IZMIR sejauh 262 km .Pemandangan sepanjang jalan di penuhi Pohon Zaitu,Bunga Matahari,Jagung.dan juga kebun Anggur disepanjang perjalanan.


Kami makan siang di sebuah Resto Hunker Kofteci menu Bakso Daging  bakar dan hidangan Apple Tea hangat.Setelah kita menikmati makan siang saatnya sholat Jamak di Musholla Resto untuk 2 jam perjalanan lagi menuju ALACATI SEBUAH DESA Yunani ala Turkiye.
Perjalanan akan kami lanjutkan next edisi ke ALACATI VILLAGE...

to be continued



Tidak ada komentar:

Posting Komentar