Selasa, 31 Oktober 2023

KONAK SQUARE ...SAAT BERTEGUR SAPA DENGAN GADIS IZMIR TERCANTIK DI DUNIA EDISI 6

Day 4 Sunday(17Sept23)

Hari ini sudah hari ke-4 perjalanan kami ke Turkiye dan berada di Kota Izmir hampir 480 km dari Kota Istanbul.Sudah jauh perjalanan kami keliling Turkiye.Kami menginap 1 malam saja di Hotel mewah dan cantik pRadisson (*5).Bangun sholat dan beberes karena kita cuma 1 malam saja.Untuk Breakfast jam 6-7 pagiPagi ini kita akan City Tour Kota Izmir menikmati keindahan Izmir di pagi hari.Izmir pasti semua ingatan akan terpaku dengan wanita Izmir yang tercantik di dunia katanya.Kita buktikan ya selama di Izmir ketemu Wanita cantik gak yaaa.

Saat Breakfast di restonya kami terpesona dengan adanya Propolis Madu menjadi sajian lengkap di buffet mereka.Kita tahu Propolis ini sangat mahal dan cukup langka.Propolis merupakan product sampingan yang dihasilkan dari lebah madu.Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh.lebah akan menghasilkan zat lengket untuk melapisi sarang lebah.Nach zat berwarna coklat kehijauan ini disebut Propolis.Lebah madu akan mengumpulkan getah dari berbagai tanaman untuk mengisi celah/lubang pada sarang mereka.Untuk melindungi sarang dari ancaman mikroba dan hewan pemangsa.Propolis salah satu obat herbal yang dikenal ribuan tahun lalu dan dipercaya baik untuk kesehatan tubuh membantu menyembuhkan serta mencegah berbagai gangguan kesehatan.
Masya Allah makanan langka kami temukan di hotel mewah Izmir.Kesempatan ini kami gunakan untuk mencicipinya.
Pasti ingatan kita sama Kota Izmir akan teringat kejadian Gempa Maha Dasyat 6,6 M yang mengguncang Izmir th 2023 ribuan tewas dan ribuan luka parah.Persisnya gempa Izmir terjadi di Pantai Aegean Turkiye dan Utara Pulau Samos Yunani.Gempa yang disebabkan aktifitas Anatolian Plate(Lempeng Anatolian).Gempa bumi dan disusul oleh Tsunami yang menghantam perbatasan urkiye dan Suria.
Namun saat kami ke sini sisa sisa gempa sudah tidak kita temukan lagi apalagi sudah hampir bbrp bula berlalu pembangunan sangat cepat sehingga kami tidak menemukan bekas gempa yang menakutkan itu di depan mata.Subhananllah.
Izmir merupakan Kota ke-3 terbesar di Turkiye yang dijulki "The Pearl of Aegean"..
Merupakan Kota peradapan tertua di dunia Kota yang pernah dikuasai oleh Kerajaan Persia,Ottoman dan Roma.Berada di tepi Laut Aegea yang berbatasan dengan Yunani bila naik kapal hanya 1 jamsudah sampai di Yunani.Karena berada di tepi laut Aegea sehingga menjadi destinasi Musim Panas bagi penduduk  Turki,Yunani bahkan Turis Manca Negara.
IZMIR CLOCK TOWER

Konak Square yang ditemukan Izmir Clock Tower merupakan taman besar yang di beberapa sudutnya ditemukan Mesjid Konak (Masjid Yali) dan Clock Tower.Di Konak Square kita bisa melihat keindahan kota Izmir sambil berfoto dan dilatar belakangi merpati merpati yang banyak ditemui di taman.Saat kita membeli makanan di penjual makanan mereka akan terbang menghampir kita.Asyik banget khan.Kota nan indah dan nyaman.
Pusat keramaian Izmir memang berada di Konak Square ini yang kebetulan kami masih pagi sampai di sini.Izmir Clock Tower merpakan alun alun Izmir yang yang merupakan Simbol Kota Izmir yang dibangun pada zaman Kesultanan Ustmaniyah.Terlihat sisa sisa arsitektur zaman kuno Yunani dan Romawi masih terlihat dari pahatan cantik Izmir Clock Tower ini.Begitu indah dan megah.

MESJID YALI(MESJID KONAK)

Masjid Yali merupakan salah satu jenis mesjid yang berada di Konak Square dan sangat berdekatan dengan Izmir Clock Tower.Mesjid yang dibangun th 1755 memiliki size yang sangat kecil.Tetapi mempunyai arsitektur yang sangat indah dan menarik.Arsitektur dengan ciri khas Masa ottoman.Sebenarnya kita bisa melaksanakan sholat 5 waktu disini tetapi karena ukurannya yang sangat minimalis maka kami batalkan masuk ke dalam ruangannya.

Wanita wanita Izmir terkenal dengan kecantikannya di seluruh dunia.Saat berada di Yali Cami ini saya disapa wanita cantik bergaun Biru terang yang mengira saya orang Thailand.Wah kebetulan bisa menjadi objek Photogenic walau harus background karena tidak berani ijin lansung.
Masya Allah indahnya Izmir dan wanitanya...
Bila wanita foto dibawahnya yang dikira dari Thailand ini ternyata wanita asli Minang yang kebetulan diberi nama khas Japan(Meciko) oleh Ibunda tercinta..hehe..#bercyandaaa...

Saya berdua Mba Elys menyusuri tepian pantai disekitar Konak Square karena tidak mau rugi oleh pemandangan tepi pantainya yang eksotik disaat kami berjalan menuju Bus.Masya Allah indahnya.
Kami sengaja mencari toilet di sekitar Konak Plaza ternyata sudah ditutup untuk belum begitu kebelet.Akhirnya kami mampir di toilet stop sebuah resto yang kebetulan bertemu dengan Pembuat Gozleme makanan Khas Turkiye .Roti pipih yng terbuat dari tepung ,air,garam dengan isian daging yang menggugah selera.Persis seperti kulit piza kayaknya..Kami melewati Desa Selcuk yang terkenal dengan penghasil Minyak Zaitun yang sangat terkenal di Turkiye..

Kita akan menuju KUSADASI untuk meihat 'LEATHER JACKET SHOW" Pagelaran Fashion Show Donna Milan di sebuah Toko Mewah di kota KUSADASI.