Halaman

Sabtu, 08 Desember 2012

DILEMA AWAL ANTARA 2 PILIHAN ONH REGULER or ONH PLUS….


Sudah lama ya rasanya gak nulis di Blog..Terakhir membahas tentang Umroh yang pernah kami tunaikan sekitar end June 2012 .Setelah kepulangan dari Tanah Suci  kemaren   Mid  Nov’2012 dan lansung menghadiri Pesta pernikahan Viona (19Nov’12) di PDG.Waktu cukup tersita panjang dan lansung ngantor…
Baru saatnya sekarang mulai menulis lagi.Kali ini yang menarik buat diutarakan tentang Pilihan awal saat menentukan pilihan terbaik dalam menjalankan Ibadah haji. Ada 2 Pilihan Resmi  dalam menentukan kita menggunakan Fasilitas ONH Reguler atau ONH Plus.
Pilihan resmi karena 2-2nya dikelola oleh Lembaga resmi ,Reguler oleh DEPAG dan Plus oleh Swasta (Biro Haji/Travel ) resmi dengan mempunyai SK Resmi dari DEPAG dan diawasi lansung oleh DEPAG.
Sementara yang tidak resmi itu seperti Non Quota..berangkat tanpa ijin dari DEPAG..diurus oleh Travel tidak resmi dan tidak terdaftar di DEPAG dan bisa saja sampai Airport Saudi dipulangkan kembali ke Tanah Air…Jangan deh pakai yang ini…
Berawal saat kami medaftarkan diri di DEPAG Th 2009 untuk ONH Reguler. Saat membuka  Tabungan Haji BNI dengan setoran minimal 25 Juta per org. agar kita dapat Porsi di DEPAG.
Setelah mendapatkan
No Porsi an Ismeli meciko VR
No Porsi 1000288967
No SPPH 102600122 No ReG 01926
Dan an Suami Syafrinot
No porsi 10000288976
No SPPH 102600121
No Reg: 01927

Saat mendapat Porsi ini DEPAG sudah dapat memprediksi Thn Keberangkatan kami sekitar
 Th 2012.Butuh waktu 3-4 th untuk menunggu berangkat ke Tanah Suci.Tahun tsb belum pasti tergantung Porsi tiap tahun dan Quota tahun yang sudah disetujui oleh Pemerintah Arab Saudi untuk  Jemaah haji Indonesia.
Dari informasi beberapa teman dan saudara kalau kita menggunakan Reguler sebaiknya kita juga menentukan pilihan ikut Kelompok Haji mana sehingga saat Porsi resmi keluar dari DEPAG kita bisa dibantu oleh KBIH tsb.
Pilihan kami saat itu sekitar Th 2010 ikut daftar ke KBIH Al Furqon di Bekasi atas info Hj.Lilis & H. Agus Yarman  (teman kuliah) yang sudah pernah ikut KBIH ini saat Haji thn 2009  kebetulan Ketua KBIH rumahnya di Uj menteng(Samping Menteng Metropolitan)  Ustadzah Atifah Hasan LC dan Suami K.H Mukhlis.
Tidak banyak yang kami ketahui saat itu tentang KBIH ini hanya daftar dan menyerahkan No Porsi serta Fotocopi Tabungan BNI ke Beliau kebetulan kami diterima oleh Pak Kyai Mukhlis.Beliau juga memprediksikan bahwa porsi kami Insya Allah berangkat thn 2012.
Tanpa diduga  awal Tahun 2011 kita diberi kemudahan finansial untuk mendaftarkan diri juga ke Biro Travel SARI RAMADA   atas petunjuk Kkd Desri d Kak Edha yang menunaikan Ibadah Haji menggunakan fasilitas ONH Plus Th 2010 pakai Travel Sari Ramada.
Saat mendaftar ONH Plus minimum Porsi yang didapat harus menyetorkan 4000 USD /org .Sehingga b2 total 8000 USD.
Alhamdullilah kita mendapat porsi  an Ismeli meciko No Porsi: 3000099793
No SPPH 30010804 No REG 01308
dan an Suami Syafrinot  No Porsi3000099790 No SPPH 30010804 dan No REG 01307.
Prediksi keberangkatan kami Thn depan 2012 karena Thn 2011 Quota ONH Plus sudah over.

Berbekal 4 porsi yang kami punya .Kami berharap mana yang keluar duluan itulah yang menjadi pilihan kami menjalankan Ibadah ke Tanah Suci.Begitu menggebu -gebunya keinginan untuk secepatnya menunaikan ibadah haji tsb.Agar Kewajiban  Rukun Islam yang k5 sudah bisa kami tunaikan sebelum ajal menjemput.Betapa sangat inginnya kami berangkat sehingga setiap doa di sholat selalu kami pinta agar segera dimudahkan jalan berangkat ke Tanah Suci.
Lebih baik kita bahas dulu perbedaan antara ONH Regular dan ONH Plus ditinjau dari beberapa aspek…yukkk simak
1.         Quota &  waiting List
2.       Besarnya Biaya Haji
3.       Lama Perjalanan
4.       Fasilitas yang didapat
5.       Intensif Bimbingan

1.         Quota & Waiting List.
Saat ini Quota dan Waiting list Haji sudah cukup panjang.Th 2009 Waiting list ONH Reguler masih 3-4 th dan ONH Plus 1-2 th. Tapi sekarang thn 2012 hampir semua Kota di Indonesia Waiting list ONH Reguler sudah 7-8 th bahkan ada yang 12 thn nunggu..keburu tua deh…Sedangkan ONH Plus sudah 2-3 th tunggu.Saking berjubelnya peminat untuk berangkat ke Tanah Suci.Sehingga Pilihan untuk Plus menjadi incaran Jemaah saat ini.

2.       Besarnya Biaya Haji
Kalau dulu ONH (Ongkos Naik haji) sekarang dengan istilah BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) untuk Reguler tiap tahun sedikit berbeda tapi Th 2012 kemaren BPIH yang kami setorkan 3638 USD atau sekitar 35 jutaan. Lebih murah dibandingkan Plus dengan beberapa istilah fasilitas Plus+ Arbain, Non Arbai\n  hampir berkisar sekitar 8000-10.000 USD sebanding dengan fasilitas Hotel  Bintang berapa dan lama waktu ibadah disana…Cukup Mahal kan…
Saat kami daftar di Sari Ramada  Travel:
Sari Ramada Arafah Travel,
Penyelenggara Haji dan Umroh resmi yang mendapat izin dari Kementrian Agama Republik Indonesia dan berpengalaman sejak tahun 1978.

PROGRAM PERJALANAN IBADAH HAJI KHUSUS
TAHUN 1433 H/2012 M
AKOMODASI/HOTEL
TIPE KAMAR
BIAYA PAKET
ARBA’IN
NON ARBA’IN
PAKET IBADAH HAJI (A)
Mekkah : Hotel Intercontinental (*5)
Madinah : Hotel Movenpick (*5)
Jeddah : Hotel Red Sea (*5)
Aziziah : Apartemen
1 Kamar 2 orang
             
1 Kamar 3 orang
US$ 9,900
       
US$ 9,500
US$ 9,500
       
US$ 9,000
PAKET IBADAH HAJI (B)
Mekkah : Hotel Sofitel (*4)
Madinah : Hotel Movenpick (*5)
Jeddah : Hotel Red Sea (*5)
Aziziah : Apartemen
1 Kamar 2 orang
1 Kamar 3 orang
1 Kamar 4 Orang
US$ 8,900

US$ 8,500

US$ 7,900
US$ 8,500
US$ 7,900
US$ 7,500

BIAYA PAKET SUDAH TERMASUK
  • Biaya setoran ONH ke Pemerintah/Kementrian Agama dan pengurusan dokumen lainnya.
  • Tiket Pesawat reguler Jakarta – Jeddah – Jakarta kelas ekonomi
  • Akomodasi di Saudi Arabia sesuai paket dan makan 3 (tiga) kali menu Indonesia (prasmanan)
  • Pembimbing Ibadah dan Mthawief/Muzawir yang berpengalaman
  • Transportasi sesuai program berikut Ziarah di Mekkah, Madinah dan Jeddah
  • Bagasi seberat 25 (dua puluh lima) kilogram per jamaah (disesuaikan dengan ketentuan Airlines)
  • Kegiatan Manasik Haji di Indonesia
Nach saat kita ambil ONH Plus b2 berarti secara Reguler kita sudah bisa berangkat dengan jumlah anggota keluarga 5-6 org…hmm jauh ya bedanya..
Tinggal menentukan pilihan terbaik mana…
3.       Lamanya Perjalanan
Untuk ONH Reguler lamanya perjalanan dari  berangkat sampai kembali ke Tanah air sekitar 40 hari.Kemaren kami berangkat s/d kembali total 41 hari.
Sementara lamanya perjalanan Haji Khusus umumnya berkisar antar 21-29 hari.Lebih cepat lagi bila tidak melakukan Sholat Arbain di Madinah (Non Arbain) bisa 14 hari khusus para executive yang hanya punya waktu untuk Ibadah di ARMINA saja.
Tinggal pilih lebih lama ibadah disana atau ambil yang singkat .Tergantung niat dan pilihan hidup masing” kita.


            4.Fasilitas yang didapat
            Semakin banyak/besar ongkos yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan.Wajar saja untuk ONH Plus tinggal di Hotel berbintang dengan jarak yang sangat dekat dari Masjid Nabawi Madinah atau Masjidil Haram  Mekah bahkan di depan Masjidil Haram.Begitu juga dengan Makan yang pasti fasilitas Hotel (Prasmanan ala hotel).
Sementara regular kita nginap di maktab untuk Madinah mungkin radiusnya masih 100-500 m.Tapi untuk Makah sekitar radius 6 km dr Masjidil Haram.
Karena lingkungan sekitar Masjidil Haram lagi pemugaran besar”an dengan perluasan Masjidil Haram.Tapi ini juga bersifat rezeki dan untung”an juga .Kenyataannya Maktab kami berada di Syari’I mansyur yang hanya berjarak 1-5-2 km dr Masjidil Haram.Bisa jalan kaki atau naik kendaraan umum dengan ongkos 2 Real .
Untuk Makan memang regular harus mengusahakan sendiri bisa dalam bentuk catering kelompok haji atau masak sendiri..Tapi biasanya di depan Maktab atau Pondokan kita banyak penjual makanan Indo musimam yang dijual oleh org” Indo yang kerja atau belajar di Arab.
Dari sisi Fasilitas memang Plus lebih enak dan nyaman tidak perlu susah dan repot..Tapi semuanya kembali ke kita masing”.Niat untuk Ibadah dengan Ikhlas.Hasil yang didapatkan sesuai dengan Ongkos yang dikeluarkan.
5.Intensif Bimbingan
Untuk ONH regular intensif Bimbingan tergantung dari Pelayanan yang diberikan DEPAG biasanya sesuai dengan alamat Jemaah dan dikelompokkan seseuai kecamatanbermukim.Itu bila kita Jemaah Mandiri tanpa dikelola oleh KBIH.
Untuk Jemaah regular yang dikelola oleh KBIH seperti Al Furqon kita melakukan Manasik haji dengan Pertemuan sekitar 3 bln tiap Minggu siang pertemuan.Sehingga waktu dan kesempatan belajar cukup banyak.Tiap pertemuan sekitar 3 jam .Sampai saatnya kita akan berangkat ke Tanah Suci.
Sementara ONH Plus Intensif Bimbingan dilakukan sekaligus 2-3 hari fullday .Biasanya diadakan disuatu tempat yang lansung nginap 2 malam.Sehingga bimbingan dan Manasik Hajinya dilakukan full day.
Begitulah perbedaan antara ONH regular dan ONH Plus ditinjau dari beberapa aspek.Tingal kita menentukan pilihan mana yang cocok dan sesuai niat Ibadahnya.

Alhamdullilah Allah tidak pernah mengabaikan permohonan umatNYA.Begitu awal Thn 2012  saat Bulan Maret DEPAG mengumumkan Porsi ONH Reguler kami keluar Th 2012.Alhamdullilah Barakallah.
Tanpa diduga juga General Manager Sari Ramana Bu Irma  juga menginformasikan bahwa Porsi ONH Plus kami juga resmi keluar untuk Tahun 2012 ini.Alhamdullilah begitu bertubi-tubinya Undangan Allah ke kami untuk datang berkunjung ke RumahNYA Baitullah sekaligus 2-2nya keluar dalam tahun yang sama.Alhamdullilah Ya Robb…
Diberi kebebasan memilih membuat awal” tahun dilemma yang sangat panjang buat kami memutuskan pilihan terbaik yang harus kami ambil.Berbekal informasi teman,saudara,keluarga,pertimbangan anak” dan tak lupa Sholat istikharah akhirnya pilihan kami terakhir untuk menentukan pilihan : BERANGKAT HAJI DENGAN ONH REGULER.
Berbekal niat untuk ONH Reguler kami pun kembali daftar ulang ke KBIH Al Furqon yang selalu disambut oleh Kyai H.Mukhlis.Menceritakan kasus yang sedang kami hadapi dan sudah memutuskan untuk joint dengan KBIH Beliau.Beliau pun menyatakan sangat menghargai keputusan kami dan malah Beliau benar” gembira karena kami diPanggilNYA untuk berkunjung ke Baitullah dengan berbagai cara dan kesempatan.Anugerah yang sangat istimewa.Alhamdullilah Wasyukurillah…
Begitu kami daftar ulang ke KBIH untuk ikut Rombongan Al Furqon (ONH Reguler) maka kami juga menyatakan diri BATAL menjadi Haji Plus Sari Ramada.Saat pertamanya kami ditawari untuk pending saja tahun depan jangan dibatalkan.Tapi kami sudah memutuskan untuk batal dan beri kesempatan Jemaah lain untuk Porsinya naik .Sehingga waiting listnya lebih maju.
Dengan berbekal niat iklas dan keputusan mengikuti Haji melalui Reguler.Kami pun Insya Allah berangkat Awal October 2012.Kloter 40 Gelombang I. JKS…
Alhamdullilah wasyukurillah ternyata selama di Tanah Suci kami diberi kesempatan merasakan 2-2nya Fasilitas Reguler dan Plus…Semua dimudahkan dan dilancarkan..Pada kesempatan lain kami akan cerita Fasilatas Plus Biaya Reguler yang kami dapatkan di sana.
Barakallah>.Ya Rob…

8 Decemcer 2012







           







4 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga menjadi Haji yang mabrur Bu. Nice info atas sharing informasinya :)
    Btw, ketika mendaftar di travel Haji Plus Sari Ramada ada biaya pendaftaran ga Bu?
    Dan kalau ada biaya, waktu melakukan pembatalan, uangnya dikembalikan atau hangus yah?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Amiin..Ya Rob..saat daftar kita gak bauar biaya pendaftaran tapi minimal Biaya daftar ONH Plus ke Depag saat iti per org 4000 USD.. aru kita dapat porsi haji dan perkiraan thn berangkatnya
    .nach saat kami batalkan ONH Plus semua uang kembali sesuai dg biaya yg sudah didaftarkan..
    Begitu.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. bermanfaat banget kak artikelnya, kami ada paket haji plus yang sangat menarik loh kak mungkin bisa jadi referensi.

    BalasHapus