Halaman

Senin, 17 Desember 2012

"Smart Klamp" metoda Sunat Modern(Germany)


Libur telah tiba..Libur telah tiba..Horee..Horeee..Horeee..
Jadi ingat Lagunya Tasya zaman dia masih kecil..
Cukup lama juga untuk merayu Hanif agar mau disunat saat liburan. Tapi selalu saja ada alasan dia..Yang habis Mama pulang Hajilah..Lulus  Kls 6 lah..Setelah UANlah …dan banyak lagi 1001 alasan buat mengulur" waktunya sunat.Penyebabnya mungkin canda” teman dia   yang Non Muslim yang membuat dia stress untuk Sunat.
Dalam Ajaran Islam khitanan  adalah Sunnah Rasul bagi anak laki-laki sebelum dia akil baliq (masa menginjak dewasa). Tandanya dia sudah menjadi seorang Muslim bila dia sudah dikhitan.Tapi sebahagian umat Katolik juga melakukan Khitan/sunat untuk kepentingan medis.
Menurut infonya...
Khitan artinya membuang kulit kulup penutup (sorry nic…) alat kelamin laki-laki. Ilmu kedokteran sudah mengakui kalau khitan ternyata mempunyai manfaat ditinjau dari sudut medis, yaitu untuk menghindari penularan penyakit kelamin, HIV, dan sebagainya. Kulit penutup alat kelamin laki-laki tadi adalah sarangnya kotoran yang sulit dibersihkan dan tempat subur kuman penyakit. Dengan membuang kulup tadi maka seorang laki-laki terhindar dari penyakit melalui alat kelaminnya.
Berbekal informasi dari beberapa teman yang sudah melakukan Khitan  bagi anaknya di Rumah sakit dan juga di suatu Klinik Khusus namanya” Rumah Sunat”.
Walau Hanif Putra ke 3 berarti sudah paham nic.. tapi kami ingin dia mendapatkan fasilitas sunat yang lebih modern dibandingkan 2 kakak laki”nya.Naufal dengan sunat traditional  seperti operasi biasa  sembuh 1 minggu dan banyak pantangan makanan dulunya .Faras dengan Laser belum lansung pakai Celana panjang.
Berbekal info tsb.Kami melakukan pencarian data di web mereka: http://www.rumahsunatan.com.
Salah satu Kliniknya berada di Daerah Jati Asih Bekasi.


RUMAH SUNATAN

Jl. Jatiasih Raya No. 7
(Swatantra I Kav. II)
Jatiasih, Bekasi
Tel. 021 8242 0020

Setelah melakukan ‘Appointment” dengan mereka untuk Jadwal sunat Hari Jumat Jam 10 Pagi.
Jumat tgl 14 Dec 2012 Hanif masih punya 1 Mata pelajaran UAS lagi Penjaskes sehingga Jam 9 dia sudah selesai UAS .
Ternyata oh..ternyata JHHP punya cuti khusus untuk anak yang di Sunat/Baptis 2 hari.. Duch Senengnya…secara Cuti regular sisa 1 buat end  Year 2012…Alhamdullilah …
Metode yang tersedia di Rumah Sunatan sampai saat ini adalah :
  • Smart Klamp
  • Tara Klamp
  • Ismail Klamp
  • Ali’s Klamp
  • Sunathrone Klamp
  • Q-Tan
  • Gomco
  • Electric Cauter
  • Flash Cutter
Smart Klamp merupakan metode dan teknik sunatan yang diperkenalkan sejak tahun 2001 di Jerman. Penemunya adalah dr. Harrie van Baars yang mana saat ini Smartklamp telah dikembangkan dan diproduksi di Malaysia. Smart Klamp terbuat dari bahan plastik dengan cara kerja seperti klem tali pusar pada bayi yang baru lahir. Alat ini terdiri dari 2 komponen, tabung plastik dan ring klem. Smartklamp terdiri dari beberapa ukuran yang dapat digunakan dari usia bayi sampai usia menjelang remaja. Khusus pasien usia dewasa Rumah Sunatan menyarankan dengan metode lain. Alat ini digunakan sekali pakai, dengan keunggulan lebih aman, cepat dan nyaman.

Keuntungan menggunakan alat ini diantaranya adalah : melindungi kepala penis saat disunat, perdarahan sedikit sehingga mengurangi risiko infeksi dan tidak memerlukan antibiotik, alat ini mudah digunakan, mencegah cedera pada saat proses sunatan, proses sunat cepat hanya 7 menit, dengan mekanisme penutupan ”klik” maka tidak perlu lagi jahitan, hasil kosmetik yang lebih baik dan simetris, aman bagi pasien kencing manis, hemofilia, autis atau hiperaktif.

Setelah disunat, pasien dapat beraktifitas seperti biasa. Namun, tetap dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang berlebihan. Setelah 5 hari, alat dapat dilepas sendiri atau oleh dokter yang mengkhitan.
Jumat pagi sempet Janjian dengan Rika (Teman SMA) karena ternyata Rumah Sunatan Jati Asih tidak jauh dari Kompleks Rumahnya.Dan dia lagi cuti di rumah.Berbekal info dia dan juga cek di Map  Google Ipad..Start dari Rumah jam 9.30  cuaca gerimis di Jumat pagi. Melewati Jalanan Bekasi yang gerimis cukup lancar.Menuju arah Metropolitan Mall..jalannya belok kanan di lampu Merah kea rah Kompleks  Kemang Pratama..Ketemu Kompleks Grand Galaxy tidak berapa jauh dari Grand Galaxy sebelah kiri Jalan Raya Jati Asih.
Kliniknya berada di Komplek  Ruko dengan warna Orange Terang yang cukup eye catching..Alhamdullilah tidak nyasar.
Sudah rame pasien ternyata dilihat dari parkir Mobilnya lebih dari 5-6 mobil.
Sebelum masuk ke dalam kita harus berganti sepatu dengan sandal” lucu yang sudah disediakan mereka.Hmm…cukup bersih dan hygienis nic..Kesan pertama yang menggoda…
Disamping pintu masuk juga ada pajangan Model Baju Penganten Sunat yang bisa disewa buat Foto dan Acara Sunatan..Lucu juga yaaa..

Mulai daftar di Meja pendaftaran yang diterima oleh 2 petugas cewe berseragam  Merah..Hampir semua berkerudung .. dan Tanda Tangan Surat perjanjian Orang tua tentang pelaksanaan Operasi dan Metode yang diambil.”Smart Klamp”
Hanif Giliran No 6. Sambil menunggu giliran di sudut  kanan ada ruang khusus bermain(Castle Sunat)  dan  tersedia juga Game computer 2 unit agar anak tidak boring selama menunggu giliran.Ada mini cafĂ© disudut belakang..
Ada seluncuran di taman belakang..Hmm..lumayan lengkap dan bersih .Nyaman suasananya..




Hanif sempat dag dig dug dan sedikit pucat menunggu giliran masuk.Tidak begitu lama No 6 dipanggil untuk naik ke lantai atas.
Kami disambut sama Dokter  Muda  dan seorang asistantnya (laki juga).Hanif diajak ngobrol “ dan diberikan ear phone untuk dengar dan nonton Film Carton di teve  mulai diperiksa  serta
siap” untuk disuntik bius.



Saat disuntik Hanif mulai ketakutan dan nangis karena belum pernah merasakan suntik usia sekarang ini.Kecuali saat Imunisasi Bayi dulu..Keliatan tegang dan stress.Secara waktu tidak begitu lama proses khitannya dari saat pembiusan, dan memberikan tanda untuk batas yang akan dibuang kulit luarnya..Pengerjaannya sangat cepat sampai alat smart klampnya dipasang.
Tapi karena Hanif keburu stress dan ketakutan sehingga nangis kesakitan.Proses selesai Dokternya memberikan info untuk waktu buka klampnya 4 hari. Ada brosur pasca Sunat yang harus ditaati pasien.
Lansung bisa pakai celana walau belum Celana Jeans..Kebetulan Hanif bawa celana Hawai..
Bayar di kasir  dengan Total Biaya Rp 950.000 ,- dan diberikan Obat nyeri dan antibiotic.Serta obat tetes antiseptic setelah kencing diteteskan 1 tetes didalam tabung dan disisi luar Tabung..
Dan beberapa brosur" pasca sunat..
Tak lupa minta surat Istirahat Dokter 2 hari buat Hanif dan juga info buat HRD JHHP di kantor besoknya karena Saya ambil Cuti Khusus Khitan.
Tak lupa hanif diberi Gift juga mini bag dan bola lucu jugaa..
Dibawah sudah ditunggu Nte Rika yang ternyata sudah dari tadi datang.Tks Nte Rika sudah nemanin Kami. Terutama Hanif yang stress saat disunat.
Berhubung belum sarapan dan hampir siang maka Kami mampir di Resto Bebek May Nyuss “Waris” di Jl Jati Asih sambil sempat ngobrol kemungkinan batal joint ntar malam di Lavande dengan teman” Ikasmantri.Sempat titip Ole” bw Nte Rika dan teman” Air Zam-Zam dan korma Ajwa….
Maaf ya..Hanif pasti gak bisa ditinggal.Maklum anak bungsu kolokan..


Masih Gerimis sampai Harapan Indah.Hanif masih meringis .yaaa sedikit kolokan aja..dibanding Abang dan Udanya yang lebih berani…
Rumah sunatan ini boleh dibilang bisa dijadikan rujukan buat saudara” dan keluarga yang akan sunat/khitanan nantinya.Servis,Pelayanan dan suasananya sangat ramah dan bersahabat.
Malah bisa dijadikan Bisnis baru nic..apalagi di Padang & Pekanbaru belum buka cabang..Hmm..boleh juga...secara adek" Dokter berada di 2 kota tsb..
Sampai ketemu lagi di Sunatan keluarga lainnya….

Mama Hanif...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar