Halaman

Minggu, 06 Desember 2015

KECANTIKAN TERSELUBUNG TAMAN SARI GOA SUNYARAGI ..EDISI 7



Cirebon Selain terkenal dengan Kota Udang..Cirebon juga terkenal dengan  peninggalan dan sejarah Para Walinya.Salah satu peninggalan bersejarah dari Kasepuhan Cirebon.
Sebuah sejarah peninggalan zaman dahulu yang berada di kelurahan Sunyaragi ,daerah Kesambi Cirebon.Jarang terdengan destinasi yang satu ini apa kurang publikasi dari Pemda Cirebon atau destinasi ini tergeser pamor dibandingkan Kasepuhan Cirebon. Walaupun sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang.
Berada Jl Bypass Brigjen Dharsono dengan luas sekitar 1,5 Ha..cukup luas .Dulunya Kompleks Taman Sari ini dikelilingi oleh danau Jati yang sekarang airnya sudah mengering.


Taman Sari Goa Sunyaragi atau dikenal juga dengan Taman Air Sunyaragi.Berasal dari Bahasa Sansekerta” Sunya Ragi”..sunya berarti sunyi,sepi sementara Ragi artinya Raga.Ternyata tempat ini ditujukan untuk beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon.
Kompleks Taman sari dibagi jadi 2 bagian yaitu Pesangrahan dan Bangunan Goa.Pesangrahan dilengkapi dengan Serambi,Ruang tidur,Kamar mandi,kamar rias, ruang ibadah/meditasi .Sementara Bangunan Goa berbentuk gunung-gunungan yang mempunyai terowongan yang menghubungakn saluran air dan bawah tanah.


Kami sampai di destinasi ini menjelang siang .matahari bersinar terik beberapa ibu ibu.Bagi yang membawa topi dan paying sangat cocok untuk digunakan di areal yang sangat luas ini.Cuma turun dan tidak masuk ke area Taman sari Goa Sunyaragi ini.Sepintas terligat seperti bangunan candi dengan bebatuan dan gunungan.Tetapi setelah dimasuki dan ditelusuri bangunan dalamnya betapa cantik dan indahnya komplek peristirahatan dan meditasi Para Sultan Cirebon ini.

Bagaimana tidak cantik bila luar kompleks bebatuan ini dihiasi motif batu karang dan awan.Pintu Gerbang depan berbentuk Candi Bentar dan pintu dalamnya berbentuk Paduraksa…
Menurut info dari Wikipedia Sejarah pembangunan Goa Sunyaragi ada 2 versi ..Versi Carub Kanda dan Versi Purwaka Caruban Nagari .Versi Caruban nagari lebih popular dimana Goa ini didirikan th 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen ,salah satu cicit Sunan gunung jati .
Gara arsitektur Goa Sunyaragi berupa perpaduan gaya arsitektur Indonesia Klasik/Hindu, Gaya Cina(Tiongkok Kuno) ,Gaya Timur Tengah (islam) dan Gaya Eropa.
Berbagai style goad an bebatuan terlihat dilokasi ini dari arsitektur gaya Hindu,Gaya Islam Timur Tengah,Cina bahkan Gara Eropa berpadu satu menjadikan bangunan bersejarah ini sangat cantik dan unik.

Rombongan akan dipandu oleh salah seorang pemandu wisata dari Kompleks Taman sari ini.baynyak informasi yang kami dapat dari pemandu sejarah dan nama nama Goa yang berada dalam komplek Taman ini.Sebut saja bagian bagian Taman Sari al:
1.   Gua Pengawal(berkumpulnya para pengawal)
2.   Gua Pandekemasang ( tempat buat senjata tajam)
3.   Gua Simanyang (Pos Penjagaan)
4.   Gua Langse (Tempat bersantai)
5.   Gua Peteng (Tempat nyepi untuk kekebalan tubuh)
6.   Gua arga Jumud (tempat orang  penting keratin)
7.   Gua Padang ati) tempat semedi)
8.   Gua Kelanggengan (tempat semedi agar langgeng)
9.   Gua Lawa (khusus kelelawar) 
    .Gua pawon (Dapur penyimpan makanan).
 
Walaupun kawasan ini berada di pinggir jalan raya yang cukup besar tapi bila berada di areal dalam komplek serasa berada di pedalamam bukit dan pergunungan yang jauh dari keramaian dan kebisingan .
Sayang bangunan nan cantik terlihat sepi pemeliharaan dan identitas nama” Goa di setiap arealnya.
Sayangnya pengelolaan area cagar Budaya ini diambil alih oleh Keraton Kasepuhan tahun 1997 .Berharap pemerintah daerah kembali bersemangat untuk mengambil alih salah satu situs budaya Kasepuhan Cirebon ini.Sayang bangunan cantik,indah dan penuh sejarah makin lama makin pudar ditelan masa.
To be continued..
http://meciko.blogspot.co.id/2015/12/jejak-kaki-di-wsata-sejarah-kasepuhan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar