Halaman

Sabtu, 09 Januari 2016

PERSIAPAN UMROH PLUS JALAN JALAN SAAT MUSIM DINGIN EDISI 1


Alhamdullilah wa syukurillah kami diberi kesempatan untuk beribadah ke Baitullah sekaligus  tour jalan jalan ke sebuah negeri impian “ Negeri Peradapan Islam” pernah hidup dan berkembang disana..Constantinopel.
Waktu yang dibutuhkan selama perjalanan pulang pergi  12 hari dengan perjalanan umroh 7 hari di Saudi Arabia plus perjalanan tour di Turki (4D-3N) hari.
Awalnya planning hanya umroh Reguler 9 hari di akhir tahun  karena adik (suami istri) dokter yang harus meninggalkan anak” yang masih kecil 3 orang.Tetapi rezeki lebih membawa kami untuk memilih Umroh Plus Turki dengan sedikit tambahan biaya dari Reguler kita bisa mendapat plus tour jalan jalan.
Jadwal dari Madinah Prima Indonesia dibawah naungan Ajwah Travel dan memang kami inginkan  saat Liburan sekolah kami mendapat Jadwal 26 Desember 2015 sd 6 Jan 2016.
Umroh di saat bulan Desember apalagi tour ke Turki yang sedang dalam musim dingin membuat kami harus mempersiapkan Perlengkapan musim dingin yang super lengkap.Sehingga dalam perjalanan selama  tour dan ibadah tidak membuat kondisi badan drop akibat perubahan cuaca yang ektreem dibanding cuaca Jakarta.

PERSIAPAN SEBELUM UMROH
Sebelum melakukan perjalan umroh beberapa persiapan yang harus kami siapkan sebelum pengurusan Visa Saudi Arabia. Al:
1.      Pastikan passport masih berlaku lebih dari 3 bulan.Nach syarat ini terlewatkan karena Pasport saya dan ananda Hanif baru saja diperpanjang bulan April 2015 kemarin.
2.      Nama Pasport untuk masuk ke Negara Timur Tengah harus mempunyai 3 suku kata misalnya Hanif Shidqi masih kurang 1 kata lagi nama Bapaknya dibelakan g sehingga harus dilengkapi menjadi 3 kata: Hanif Shidqi Syafrinot.Kebetulan Travel MPI membantu pengurusan passport ananda Hanif.Pasport tetap menggunakan passport lama hanya ditambahkan saja di halaman pengesahan dan dicetak dengan 3 nama lengkap.Penambahan biaya endorse nama ini dikenakan Rp 250.000 via travel.Kalau urus sendiri gratis sic..
3.      Lakukan suntik  Vaksin Meningitis (mempunyai Kartu Kuning).Travel memberikan fasilitas suntik meningitis saat Manasik I  dengan tambahan biaya dari biaya normal bila melakukan Suntik di tempat resmi yang sudah ditunjuk pemerintah.
Kebetulan saya tidak sempat manasik I dan melakukan suntik meningitis di Asrama Haji Bekasi.Jl.Kemakmuran No 72 Kel.Marga Jaya Bekasi Selatan yang berada persis di belakang Islamic Centre Bekasi.
Vaksin Meningitis Rp 305.000 + Vaksin Influenza Rp 150.000 dan test urine (menggunakan test pack untuk wanita yang berusia dibawah 50 th) Rp 15.000 .Totalnya Rp 470.000
Untuk yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya disarankan melakukan vaksin ke Asrama Haji Bekasi tidak  harus pergi ke Bandara Halim Perdanakusuma atau ke Pelabuhan Tanjung Priok.Lakukan suntik meningitis 2 minggu sebelum berangkat sehingga vaksinnya bekerja dengan optimal.
Berhubung kuota Yang vaksin  per hari 200 jemaah umroh.Silahkan datang sepagi mungkin agar tidak terlalu lama antri .Isi formulir dengan melampirkan fotocopi Pasport dan pas photo muka 80% ukuran 4x6 1 lembar.
Buku kuning berlaku 2 th(mungkin vaksinnya kadaluarsa setelah 2 th) sehingga bila mau pergi umroh tahun ke 3 harus memperbaharui suntik meningitis kembali.
4.      Mengikuti Jadwal manasik umroh yang dilakukan Travel bersangkutan.Kebetulan Travel Madinah memberikan 2 x manasik .Manasik yang ke 2 dilakukan 1 hari sebelum berangkat saat jadwal semua Jemaah diinapkan H-1 di sebuah Hotel milik Ustadz Yusuf MansyurHotel Siti”.sore sampai malamnya kami diberikan materi teori dan praktek Manasik.Jadi bagi Jemaah yang berada di luar kota bisa bergabung di hari 1 jemaat berkumpul dan nginap di Hotel Siti
      .(pra Pemberangkatan,,bersifat Kondisional)


Berhubung adikDr Yefri dan Dr Titi tinggal di Pekanbaru kami sepakat untuk joint di Siti Hotel sekalian ikut Manasik teori dan praktek di sana.

5.    Baca buku Panduan Umroh yang diberikan travel.Travel sudah menyediakan 1 Koper Bagasi ukuran berat  25 kg .Tas slempang untuk pergi sholat,Tas tangan untuk taruh mukena atau kain ihram.Bahan batik seragam travel baik Jemaah pria dan Jemaah wanita.

Jemaah wanita: Kerudung putih, Mukena pendek putih
Jemaah Pria: Kain Ihrom 2 lembar dan ikat pinggang putih 1.

6.      Olah Raga yang teratur agar stamina dan fisik selama menjalankan Ibadan dn jalan jalan tetap prima dan sehat.Untuk Olah raga saya sudah teratur melakukan senam Tera 3x seminggu.Sementara Hanif tiap minggu sekarang main Badminton dengan group Papanya.
7.      Cukup istirahat dan tidur yang cukup 7-8 jam  di malam hari.Agar stamina kita prima .Apalagi saat minggu terakhir berangkat cuaca berubah dari panas sore hujan.Gampang terserang batuk dan influenza.
8.      Minum vitamin dan cukup air putih  serta makan makanan yang bergizi pastinya.
Berhubung perjalanan Umroh kami plus Turki sehingga untuk Mata Uang kami mempersiapkan beberapa Mata Uang SAR(Saudi Arabia Real), USD (untuk tukar ke Turki Lira ) di Bandara Attaturk,  $  Sing ( karena kita transit di Changi Airport).
Saat kami berangkat Kurs Valuta Asing dalam Posisi:
1 SAR= Rp 3.800

1 TL (Turki lira) Rp 7.800

Untuk Turli Lira disarankan bawa USD saja untuk nantinya ditukar di Attaturk Airport setelah pemeriksaan Imigrasi .


1 USD @ 2.889 TL
3 Minggu sebelum keberangkatan kami Umroh PPMI Arab Saudi (Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia ) di Saudi menyampaikan himbauan dan catatan bagi yang hendak menjalankan Ibadah umroh di musim dingin Arab Saudi Bulan Desember –Februari.agar kesehatan tetap bisa terjaga dengan baik.
Himbauan PPMI Arab via fanpage ( Selasa 8/12/2015)
Assalamualaikum Wr.Wb.
Dalam kesempatan ini, izinkan kami PPMI Madinah menghimbau kepada seluruh Bapak/Ibu/Saudara-i dan seluruh Masyarakat Indonesia yang hendak menunaikan Ibadah Umroh Di Makkah & Madinah pada bulan-bulan ini (Desember-Februari), untuk menjaga Kesehatan dan menjaga stamina serta mempersiapkan beberapa hal untuk keperluan selama di sini.
Mengingat cuaca di sini sekarang telah memasuki "Musim Dingin", dimana udara dan angin yang dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, PPMI Arab Saudi menghimbau untuk memperhatikan hal-hal berikut :

1. Membawa perlengkapan musim dingin seperti; jaket, kaos kaki, sarung tangan, masker, penutup telinga, lipgloss, cream kulit dan lain2 sesuai kebutuhan.
(Dengan memperhatikan pakaian ketika berIhram nanti)
2. Memperbanyak minum air putih (walaupun tidak merasa haus)
Sebab udara dingin sering menyebabkan kita merasa tidak haus, padahal tubuh butuh cairan.
3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula berlebihan dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin (dari kulkas).
4. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan suplemen yang alami serta perbanyaklah bergerak.
5. Jangan sekali kali menganggap remeh udara dan angin dingin yang ada, dan jangan juga menganggap enteng sakit-sakit yang ringan.
6. Pastikan suhu udara sebelum keluar kamar.
(apabila suhu relatif rendah, persiapkan jaket yang agak tebal,
Apabila suhu relatif tinggi, sediakan jaket yang agak tipis.)
7. Selalu mematuhi Himbauan pemerintah Arab Saudi yang berkaitan dengan cuaca dan yang lain-lainnya.
Demikian himbauan ini kami sampaikan, semoga Allah memberikan kita keberkahan dan kesehatan kapanpun dan di musim apapun, serta menjadikan Ibadah Umroh Bapak/Ibu sekalian Umroh yang Mabrur. Amin.
Barakallahu fiikum.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
PPMI Arab Saudi
to be continued
http://meciko.blogspot.co.id/2016/01/perlengkapan-dan-pakaian-umroh-plus.html

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Telah dibuka pendaftaran Paket Promo umroh reguler Murah 2016. kami menyediakan berbagai pilihan program umroh reguler yang akan membuat semarak liburan akhir tahun Anda.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Wah sangat membantu informasinya dari agan ini, semoga saya bisa mengikuti cara diatas dengan baik dan benar.
    Saya disini juga memberikan jasa tour umroh.

    JASA UMROH DAN WISATA BERSAMA SUMITRATOUR TERPERCAYA

    Maaf sudah mengganggu. Terima kasih sudah mengijinkan saya berkomentar.

    BalasHapus