Senin, 11 Januari 2016

PLUS MINUS PERJALANAN DENGAN PESAWAT TRANSIT..EDITION 3

Bagi Traveler yang melancong ke berbagai negara dan belahan dunia.Transit di suatu kota/Airport untuk menuju Kota tujuan merupakan hal yang lumrah terjadi.Dimana transit maksudnya berhenti sementara di airport tertentu untuk berpindah pesawat menuju Kota yang kita tuju.Demikian juga transit yang kami jalani saat umroh plus  baik pergi dan pulang dengan jadwal dan pesawat yang berbeda.Jangan bad mood dulu biasanya transit selalu di airport yang besar,megah dan komplit.Seperti Changi Airport, Hongkong Airport, Attaturk Airport atau Frankfurt Airport untuk di Negara Eropa.Banyak aktifitas yang bisa dilakukan selama menunggu waktu transit.
Kita cek dulu ya Jadwal saat Umroh plus Turki kemaren:

Pergi: Sabtu(26 Des 2015) : JKT – SIN- ISTANBUL
16.30 JKT(SOETA)- SIN (CHANGI) JETSTAR
23.20 SIN(CHANGI)- IST(ATTATURK) 05.25 TURKISH AIR
Sementara pulangnya:
Selasa (5 Jan 2016)
18.10 MADINAH- 20.55 ISTANBUL
01.25 ISTANBUL- 18.15 SING (CHANGI)
20.20 SIN (CHANGI)- 21.15 JKT (SOETA)

Mari kita bahas kelebihan /plus saat Transit di suatu Airport/Kota:
1.Kita harus tahu jadwal dan periksa dengan teliti jadwal penerbangan dan terminal untuk penerbangan berikutnya. Jangan lupa cocokan waktu jam tangan  dengan waktu setempat agar saat kita akan berangkat tidak ada selisih waktu dengan waktu setempat. Bila punya waktu lebih dari 2-3 jam.Banyak aktifitas yang bisa dilakukan misalnya sholat  dengan mencari letak Musholla di airport.Mandi/Toilet bebersih badan.

2. Culinaire dan mencoba masakan kota setempat.Beruntung saya saat berangkat diberi Voucher  gratis Changi Airport 20 $ SING ( 2 lembar) setara Rp 400 rban.. sama doi sehingga saat cari makan malam kami menikmati makan besar untuk 4 orang di Burger K…karena Voucher tidak bisa dikembalikan dalam bentuk uang sehingga harus belanja sesuai total voucher…olala..
Atau saat berada di  Attaturk airport perjalanan dari Madinah ke Singapore kita mampir di Istanbul dulu.Masih banyak waktu untuk kuliner mencoba lagi Es krim Turki yang khas dengan permainan tongkat  spesific saat es krim diberikan ke pembeli...Hanif sukaaa....

3. Hampir di setiap airport tersedia Free Wifi  @ 24 hour bisa digunakan untuk akses nirkabel gratis (#Wifi@Changi)  seperti di Changi Airport Singapore di area transit .Pilih  dan ikuti petunjuk untuk mendapatkan password dalam mengaksesnya. Sehingga bisa  update kondisi dan perjalanan ke keluarga,teman atau saudara.Bahkan ada workstation Internet gratis di tempat istirahat yang bisa dipakai dalam mengakses internet selama kita berada di airport.
Bahkan ada tempat pengisian daya perangkat Portabel Gratis @ 24 hours.Bayangkan lebih dari 800 port USB dan soket daya universal..

4. Explore airport seperti Changi Airport banyak taman dan tempat menarik sebelum penerbangan kita berikutnya:

Seperti Terminal I :Kreasi hujan kinetis,Taman daun Bundar,Pohon social,Taman kaktus dan kolam Renang.
Terminal II: taman ajaib,Taman anggrek,Taman bunga Matahari,Dek Hiburan dan Pameran Porselen Asia.
Sementara Terminal III: Kolan Koi,Taman Kupu Kupu,The Side @T3,Galeri Penerbangan.
Berhubung kami menggunakan maskapai Jetstar Asia dan Turkish Airlines yang sama sama di terminal I sehingga tidak perlu pindah terminal.
5. Bila waktu kurang dari 2 jam menunggu kita bisa shopping di Duty free.Beli oleh oleh mini perfume, chocolate,Minuman ,cosmetic, souvenir  dll.

6. Apalagi yang punya waktu diatas 7 -8 jam..malah bisa city tour dengan mencari informasi di seputar airport. Jangan lupa titipkan bagasi bila meninggalkan airport .Layanan tersedia 24 jam/hari di area public atau transit.
Nach saat kami transit mau pergi setelah melewati imigrasi dan kami harus mengambil bagasi dari Jetstar untuk kemudian Check in ke Turlish Airlines.Untung Jetstar dan Turkish airlines berada di 1 terminal sama sama Terminal I.Bila beda terminal kita harus membawa bagasi berpindah Terminal dengan menggunakan Skytrain gratis yang beroperasi mulai Jam 5.00 hingga jam 02.30 dinihari berada di area transit dan umum.Memang perjalanan antar terminal hanya memakan waktu tempuh 5 menit dan waktu tunggu rata-rata 2-3 menit.

Sementara factor minus bila transit di suatu aiport.

1. Bila waktu mepet yang hanya 1-2 jam transit beresiko keterlambatan untuk berangkat di pesawat berikutnya.Apalagi terjadi kendala delay di penerbangan I akan berimbas ke penerbangan berikutnya.Tapi kalau ini terjadi dalam 1 maskapai yang sama mungkin lebih mudah pengurusannya.Tapi kalau terjadi dengan beda maskapai maka resiko keterlambatan ditanggung penumbang.
     2.Waktu yang dibutuhkan otomatis lebih lama dibanding kita menggunakan penerbangan lansung ke Kota Tujuan.
     3.Bila perjalanan dengan 2 maskapai yang berbeda saat transit akan terjadi selisih Bagasi yang kita bawa.
Ini terjadi sewaktu kami kembali umroh dan membawa oleh oleh dan belanjaan.Saat berangkat wajar saja transfer bagasi dari Jetstar (Low cost ) ke Turkish Airlines tidak problem karena Bagasi Jetstar 25 kg  ke 30 kg Turkis Airlines plus Hand Carry 2x 8 kg masih banyak spare bagasi kita.
Sedih  banget saat kami pulang dengan Turkish Airlines dari Madinah bagasi kami semua bisa terangkut.Tidak tahunya saat transit Changi Airport problema terjadi Jetstar hanya mempunyai Berat bagasi 25 kg. Sehingga beberapa teman harus bagi” barang belanjaan mereka agar bisa terangkut semua.Malah bagasi Koper hijau Ajwah ada yang sebahagian sudah dititipkan ke jemaah Reguler dengan penerbangan Etihad.
Apalagi Air Zam” yang dibawa masing masing 5 L dimasukkan sebagai Bagasi standar.olala..jelas gak muatlah.
Akhirnya dengan berat hati kami harus meminum sepuasnya air zam” di airport dan meninggalkan beberapa pak karena memang semua sudah over bagasi..sayang bingits..
Menjadi pelajaran buat Travel Agent untuk memikirkan pemilihan maskapai local(low cost airline) untuk transit agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi buat Jemaah berikutnya.Apalagi Jemaah Umroh plus yang notabene butuh pakaian dan perlengkapan yang extra dibanding Jemaah regular.Tambah lagi setelah kembali mereka pasti membawa oleh oleh  yang membuat bagasi mereka meledak…

4.Butuh energy  extra  saat harus transfer bagasi dari 1 maskapai ke maskapai berikutnya.Bila bagasi hanya 1 pax mungkin tidak menjadi masalah.Tapi bila transit kepulangan yang harus membawa 2-3 pax per org butuh energy ektra dalam proses check in berikutnya.Terlihat saat kami harus mengambil bagasi Jetstar untuk check in ke Turkish Airlines kami melewati escalator panjang sampai harus bertabrakan sesama Jemaah karena banyaknya koper yang ditaruh diatas trolley.Walaupun Travel agent punya perwakilin di kota transit tetapi sifatnya hanya mengarahkan ke lokasi check in saja..Tanpa punya kekuatan pengurusan bagasi bila over atau ada case apa..Sehingga perwakilan travel agent di sini tidak ada fungsi sama sekali...Sorry Madam..it's true..
      5.Harus menyiapkan mata uang Negara dimana kita  transit.Sehingga saat kita harus makan,cari cemilan atau belanja sudah punya persediaan mata uang sana.

Nach inilah lika liku problema dengan plus dan minus bila harus transit penerbangan disuatu Airport.
Semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi yang ingin travelling dengan transit penerbangan