Jumat, 25 Agustus 2017

MINANG MAIMBAU TRIP REUNI EX BAYER –JHHP (16-20 AUGUSTUS 2017)..EDISI PURPLE IN LOVE

Day 1( 16 Agustus 2017): Purple in Love and Friendly
BIM  ,Panorama Sitinjau laut ,Danau Kembar Diatas Dibawah,Tenunan Silungkang,Kebun teh Gunung Talang,Sawahlunto City Tour ,GudangRansum,Lubah Mbah Soero.Nginap Parai City Garden Hotel

Bermula ngobrol kami di WA Silaturahim Al Bayin..ajang diskus dan kangen kangenan sesame Ex Bayer dan Jhonson Home Higiene Product tempat saya dulu pernah kerja hampir 25 tahun .Bulan May  Cici (Sri purwati) share Video keindahan alam Minangkabau dan destinasi destinasi yang lagi ngehits di SUMBAR.Beberapa teman menanggapi dengan serius kapan kita main dan jalan ke Ranah Minang.Gayung pun bersambut banyak koment & antusias teman  yang pingin dan rindu ke Ranah Minang .
Kami punya teman (ex atasan malah  ) Bu Yanti Zairianti yang paling jago untuk arrange Travelling baik Luar Negeri apalagi dalam negeri..enteeeng bgts bagi dia.Akhirnya Beliau kita tunjuk untuk Koordinir kita yang niat mau ngumpul ngebolang ke Ranang Minang.Dari urusan tiket teman teman sampai mencari Travel yang arrange kita selama 5 hari di SUMBAR.Pilihan jatuh saat libur 17 Agustus yang jatuh Kamis sehingga dari tgl 16-20 Agustus 17  teman teman yang masih ngantor hanya cuti 2 hari.Kenapa pilih Travel Agent pasti banyak yang bertanya secara beberapa orang asli Padang pasti tau jalan dan daerah yang dikunjungi.Travel  Agent ini kita pilih untuk mengakomodir seluruh keinginan kita untuk melihat destinasi SUMBAR dari ujung utara Sumbar,Selatan,Barat dan Timur.Sehingga selama 5 hari kita bisa dapat semua destinasi top dan ngehits serta sudah ada yang atur akomodasi,penginapan,pilihan makan di restoran dan tempat" yang kita tuju sudah ada tiket restribusinya.Sehingga emak emak yang hampir 99% tinggal duduk manis di Bus dan enjoy tanpa mikir panjang lagi nyari" selama perjalanan.gak mau rugi emak" rempong..
Bu Yanti ( kalau saya sekarang selalu manggil beliau “Uni Yanti” )karena beliau punya darah Minang walaupun ke Minang mungkin bisa dihitung jari dibanding keliling Europe hiksss..piss Unnn.Beliau sangat fasih mencari tiket Mumer,jadwal yang cocok  dan serta Travel Agent  yang berkualitas  yang akan  kita pakai.Walaupun sempat japri japrian deg degan takut Agent ini bodong kayak yg lain.Wah giliran arrange temen Cuma ke Padang beliau ciut juga padahal keliling dunia santai aja dia.hehe….sorry un..
Walaupun secara Itinerary saya dan uni Yanti diskusi lagi jalur perjalanan yang nyaman dan enjoy buat kami..Agar teman teman mendapat situasi dan suasana terbaik dalam perjalanan selama 5 hari di Ranah Minang.Akhirnya kami sempat bongkar bongkar itinerary sehingga dapatlah route terbaik yang kita lewati nanti…
Minggu ke-2 May teman teman yang bakal joint sudah mulai pesan Tiket GA yang dapat jadwal Flight jam 06.15 Pagi hari Rabu 16 Agust 17.Peserta yang terdaftar Uni Yanti,Meciko,Cici,Riris,Uni Ites,Susi,Bu lely,Wizni,Ellis,Mak Anna ,Mbak Lucy  dan terakhir Hera.Sementara Uni Yanti ngajak teman kuliahnya berdarah Minang juga Uni Ita Rosita yang membawa suaminya “Dabro Rolf ” Bule Swiss Rolf Alfred Maag yang minat ke Ranah Minang.

Total peserta jadi 14 orang.Alhamdulillah
Sementara saya tgl 15 Agus17 sudah duluan pulang ke Padang secara Mama masih ada di rumah dan kita “malapeh taragak “ dulu sebelum ijin pamit kabur 5 hari keliling SUMBAR.Apalagi Mama paling bahagia bila anaknya dari Rantau pulang trus ngobrol lama lama curhat sambil pijitan…hmm

Saya sudah info ke  Bos Travel Agent “PELANGI HOLIDAY” Pak Rusdi untuk jemput saya dulu ke rumah Mama yang kebetulan rumahnya di pinggir Jalan Raya Prof Hamka jadi gampang janjiannya.Malam sebelum teman” berangkat persiapan mereka tetap kita monitor walaupun hampir semua dari group ini hobi Travelling tetapi karena factor Usia sudah Lolita upppst (Lolos Lima Puluh tahun) banyak lupanya.Semalam saya masih remind untuk bawa Topi,Payung,sandal,baju renang,kaca mata Rayban,mukena mini dll.

Seru seruan baca WA di group bagaimana persiapan baju dengan koper kecil (ini mah Cici)..atau Hera yang belum siap” malah mau bikin Lontong oncom pedesss  buat teman” sarapan pagi ..hebaaat nich ibu satu ini…

Awalnya saya ngajak mereka mampir untuk Sarpi ke Rumah mama makan Lontong Pical  tapi melihat waktu dan sikon kayaknya kami lanjut ke Sitinjau Laut saja.Mereka kebetulan naik GA yang sudah dapat Meal Box sehingga butuh kue” dan cemilan di bus nantinya..untung datang duluan nich

Setelah saya dijemput Bus Travel dan ketemu dengan Ownernya Pak Rusdi,Driver Edi,TLnya  Malin ‘Usman” dan Co driver Bayu.Kami siap menjemput teman” ke Bandara Minangkabau.Sebelumnya Bus mampir ke Pangkalan Bus” pariwisata untuk absen dan ambil Snack Box.

Bus kami Bus Pariwisata dari Bukittinggi  menurut info Drivernya dengan kapasitas 25 orang sementara kami 14 orang.Jadi banyak spare untuk santai santai selonjoran.Busnya AC dengan Karaoke dan bagus.rapi resik.

Persiapan mereka saat ke Soeta  Terminal 3 dan seru seruan saling nyari setelah check in..serta monitor di flightradar saat pesawat mereka akan landing..

Pesawat mereka landing mulus Jam 7.30an setelah mereka ambil koper barulah kita ketemu di luar dan heboh karena sudah lama tidak ketemu mereka.Sementara saya sudah nunggu di depan exit gate bersama Malin.sang TL yang belakangan baru tau kalo dia teman SMP adik Ipar Fitri.olala..

Sambil saling cerita rame dan seru karena sudah lama tidak berjumpa.
Luar biasa 9 Departemen dulunya di exBayer & JHHP(  Prod,QC,R&D,WH,Legal,Logistic dll) bisa berkumpul lagi dalam satu keseruan.Sambil membagikan cemilan dan Kue Bolu Lapis “Orange’.Dan masih dapat jatah Lontong oncom pedes buatan Hera…tenkiu beib..

Perjalanan kami start BIM menuju Sitinjau Laut sebelum masuk Solok

Cuaca sangat cerah dan mendukung sekali perjalanan kami memasuki Sitinjau Laut mampir untuk Toilet stop dan menikmati panorama Sitinjau Laut tempat melihat pemandangan Kota Padang dari ketinggian

Sitinjau laut berjarak 30 Km dari Kota Padang.Dataran tinggi dengan udara yang sejuk dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl dengan Panorama Kota Padang yang dilatar belakangi oleh Samudera Hindia karena Kota Padang berada di tepi Pantai Samudera Hindia.

Wisata Danau Diatas dan Danau dibawah..

Danau ini terkenal dengan sebutan Danau Kembar .Padahal sebenarnya Danau ini berjarak 300 m  keduanya.Yang kita lihat terletak lebih tinggi itu  Danau Dibawah  kemudian baru Danau lebih rendah Danau Diatas  berada di Kabupaten Solok,Desa Bungo Tanjung Alahan Panjang.

Udara Alahan Panjang ini sangat sejuk bila dulu zaman kuliah kita akan memakai jaket berlapis dan “pemuda “ sini menggunakan Sebo (tutup kepala sampai ke muka)..Tetapi saat kami ke sini udara cerah dan matahari bersinar terik sehingga kami malah menggunakan payung saking teriknya.

Sementara tanah Alahan Panjang sangat subur karena berada di tempat yang sejuk sehingga banyak bunga dan tanaman yang gampang hidup di daerah sini.

PERKEBUNAN TEH   DIKAKI GUNUNG TALANG

Kami melewati kawasan Puncaknya SUMBAR dataran tinggi yang menghampar hijau seluas mata memandang.Hamparan kebun the berada di sejuknya kaki Gunung Talang.Gunung Talang merupakan gunung StatoVolcano dengan ketinggian 2.597 mdpl.Nach Perkebunan the ini berada di kaki yang membentang sepanjang jalanan yang berliku liku.

Kami mampir di tepi warung untuk menghirup oksigen gratis sepuas puasnya disini.Subahnalloh benar benar indah.Langit yang bersih membiru terbentang dibawah hamparan kebun the menghijau dengan kostum kami warna Ungu membuat 3 warna menjadi menyatu dalam keindahan Sang Pencipta Bumi.

Banyak kawan kawan terkesima dengan indahnya negeri kami mereka tidak mengyangka Sumbar begitu indah dan moleknya.

Perut kami mulai keroncongan karena makin siang saatnya makan siang di Restorant.Menu dendeng Batokok paling dicari disini.Sayang sekali Ellis masuk angin ,pusing dan mabok selama perjalanan sehingga gak bisa menikmati makan siang di kaki gunung Talang ini.Habis makan persis di depan resto ada mesjid Raya sehingga kami lansung sholat Jamak biar lega melanjutkan perjalanan berikutnya.

TENUNAN DAN CENDERA MATA  SILUNGKANG

Kami mampir di salah satu Toko Pusat Tenunan dan cendera Mata Silungkang INJ .Kampung Tenun Kota Sawahlunto.Berbagai tenunan Silungkang dapat ditemukan disini.Apalagi uni ites berasal dari Silungkang ..walaupun sudah puluhan tahun gak pulang hiksss..

Silungkang ini berupa desa yang berada di kabupaten  Sawahlunto Sijunjung yang terkenal dengan tenunan songket Silungkang yang sangat populer sampai manca negara.Kalau kita mengerti tenunan Songket yang dibuat dengan tangan (Hand made) beragam benang ada songket batabua, selendang lebar, songket panuah,benang dua .Berbagai motif juga dapat kita lihat sebut saja nama nama motif seperti motif bungo kunyit,kaluak paku,Pucuak Ranggo patai ,Pucuak jawa..wah banyak dech..

Berbagai Tenunan Kain,Baju,Tas bahkan sekarang taplak meja,selendang,serbet dapat kita beli disini.Banyak kawan “ tertarik dengan product khas Silungkang ini.Awalnya hanya mampir lihat lihat ternyata pada nenteng bungkusan belanjaan juga..
Tidak puas di satu toko kami kembali lagi ke toko yang menjual khusus kerajinan dari rotan,ijuk dan berbagai peralatan rumah tangga.Kami tertarik untuk beli Sapu ijuk Khas Silungkang yang memang terkenal awet,kuat dan tahan lama.Ahirnya 4 sapu ijuk berpindah ke tangan saya dan emak Anna.
Perjalanan kami masih lanjut sedikit lagi ke Kota Sawahlunto .kota kecil yang sekarang sedang berbenah dalam bidang Pariwisata untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kotatambang Batubara ini yang sangat berperan di era penjajahan Belanda.
 Hampir 95 km dari Kota Padang yang sudah kami lewati  untuk mencapai kota Sawahlunto..
Nanti kita bahas tentang sejarah dan destinasi di Kota Sawahlunto yaaa..