Halaman

Kamis, 20 Desember 2018

PADU PADAN TENUN WASTRA NUSANTARA DI RUMAH PUTIH NAN APIK



Jumat tgl 7 Dec18 merupakan Hari special untuk Nyah Lolita ,nyonyah cantik blasteran Jerman Bangka ini merayakan Milad beliau persis juga dengan Milad ke-4nya Chiko Kado yang ke-4.
Semoga Nyah Lolita selalu dilimpahkan sisa usia nan barokah,Kesehatan Lahir dan bathin,Rezeki nan melimpah dan barokah serta kebahagian dunia dan akhirat serta Keluarga yang Sakinah  Mawadah Warohmah.
Kemaren De Nyonyah sudah sepakat Jumat pagi akan arisan dan kuliner sekitar Kota Jakarta saja.Apalagi saat sekarang musim hujan jadi sedikit was was bila jalan ke luar kota apalagi arah Bogor,sentul dan sekitarnya.
Kami sepakat untuk makan siang disebuah restoran style rumahan yang resik apik berada tidak jauh dari Harapan Indah yaitu


Kali ini kami sudah sepakat untuk Dress Codenya menggunakan Tenun Wastra Nusantara ini belum pernah kita pakai untuk DC De'Nyonyah.Beberapa dari kita sudah punya malah ada yang stock lama bongkar bongkar lemari nemu dech Tenun Nusantara ini.Beda dengan Sang Nyonyah yang ultah beliau selalu membeli baju baju selain DC yang kita pakai jarang beliau punya apalagi gak bisa minjam karena ukuran bodi bule yang tinggi besar.Sementara ada juga lho Tenun ala Loro Jongrang bikin jahit hanya 1 malam saja.Malah ada lho yang minjam bila ada yang punya stock lebih.Jadi jangan disangka kita pakai DC selalu semuanya beli dan baru .Ohh tidak..Malah saling pinjam,bongkar lemari stock lama ,padu padan stock lama dengan baru .Tetapi memang akhirnya menjadi kompak dan serasi karena semuanya selalu patuh dan ikut aturan De Nyonyah bila sudah diputuskan.Sehingga kami selalu tampil serasi,kompak,cantik dan selalu positive thinking.
Akhirnya kami kompak dengan Tenun Wastra Nusantara yang memang cantik dengan tenunan berbagai daerah menyatu dalam padu padan warna nan indah dan menarik.
Wastra itu dalam bahasa Sansekerta berarti  kain.Kain yang dibuat dengan gaya dan seni apapun baik ditenun,dibatik atau dirajut tanpa menggunakan mesin  itulah wastra.Nach Wastra Nusantara berarti kain yang dibuat bukan menggunakan mesin .Kain yang dibuat di pelosok daerah di Indonesia  itulah disebut  Wastra Nusantara.
Jadi kalau ada yang bilang Wastra Nusantara sudah gak sok tau lagi ya.hehe.
Wastra Nusantara itu sangat beragam benar apalagi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.Indonesia sangat kaya dengan beragam kain seperti songket dari Minang,Palembang,Jambi,Ulos dari Tapanuli, songket(poleng) di Bali, ada tenun ikat dari NTT,jumputan dari Palembang dll.
Kebetulan saya punya hobi dan senang dengan Wastra Nusantara baik songket Minangkabau,Batik Tanah Liek Minang,Songket Bali,Jumputan Palembang,bahkan tenunan Lombok juga punya.Sehingga bila ada acara yang harus memakai kain Nusantara tidak perlu beli lagi yang baru.

Kami janji jam 10 pagi di rumah Enin untuk maksi di Rumah Putih Cempaka Mas.Hari ini jumatan dan kami sudah sepakat sholat zhuhur di resto saja.
RUMAH PUTIH
Jl.Cempaka Putih tengah I no 38 Cempaka Putih 
Jakarta Timur
(021)4213216

 Berangkat jam 10.20an dari rumah enin menuju Cempaka Putih .Hanya butuh waktu 1 jam lebih sedikit kita sudah sampai di Cempaka Putih.Restonya tidak terlalu kelihatan karena berada di Jl Cempaka Putih tengah yang berbaur dengan rumah rumah warga.Sepertinya resto ini awalnya sebuah rumah tinggal yang disulap menjadi usaha kuliner dengan bangunan 2 tingkat .Bangunan lantai 2nya untuk kost Putri dan bangunan dibelakang masih dipakai untuk rumah tinggal pemiliknya.
Rumah Putih Poolside Restaurant sudah kami booking sebelumnya sehingga saat masuk sudah diantar pelayannya ke ruang utama dipojok kanan ruang.
Rumah besar dengan dominan warna putih dengan kolam renang yang berada disisi kanan rumah.Rumah besar ditengahnya taman dan kolam renang serta dipenuhi kursi taman dan meja serta dinaungi payung payung warna warni.
Sambil memilih makanan Nyah Ellys dan Nyah Corina.Kami dapat oleh oleh cemilan Bali dari Nyah Wiwik dan Magnet Danau Toba dari Nyah Trisna karena dia baru pulang dari Medan .
Sambil menunggu makanan yang diorder datang kita mulai explore untuk foto foto pojok pojok Rumah Putih .Terlihat beberapa tamu sudah duluan datang di resto.Masih cukup sepi karena masih sedang sholat Jumat dan belum waktu Makan siang juga.Beruntung kami karena masih sepi jadi bisa menggunakan tempat tempat yang pas dan cocok untuk foto narcis.
Menu Rumah Putih cukup lengkap dengan Berbagai Nasi : Nasi Cumi,Nasi Udang,nasi Ikan Dori,Nasi Ayam,Nasi Kailan Cah Sapi .Berbagai Nasi Goreng,Mie Goreng,Kwetiau,Sop Buntut,Soto Betawi,Tomyum Seafood,Tekwan.
Dessert Banana Fritter with Ice cream,Pisang Goreng keju,Singkong ala Thai,Banana split.
Berbagai cold drink Iced Capuccino,Coffe Late,Lychee Tea,Fruit Tea,Teh Tarik,Iced Tea,Iced Green Latte,Lemon tea.
Kami memesan makan tengah dengan tambahan Dessert.Serta aneka minuman sesuai order masing masingnya.
Menu telah hadir di depan mata kami siap mencicipi Lauk yang sudah dipesan.Untuk menu mereka cukup recomendedlah masih bisa direkomendasikan ke teman teman untuk arisan,kongkow,atau ngopi cantik di sore hari di Rumah Putih Poolside Restaurant.
Setelah para bapak bapak pulang jumatan dan resto sudah dipenuhi para karyawan yang berada disekitar Cempaka Putih .Kami siap untuk sholat Zhuhur di Musholla di pojok depan kolam renang.
Ruang Musholla yang resik dan apik serta masih banyak terdapat buku buku agama dan Al Quran berjejer rapi di lemari pemilik rumah.
Setelah sholat dan santai sejenak kami kemudian memutuskan untuk pamit dari Rumah Putih karena sudah lumayan lama berada di resto ini hampir 3 jam.


Perjalanan ke HI pun tidak terlalu macet .Keburu masih siang akhirnya habis sholat Ashar di rumah Nyah Lolita kita kembali ngopi cantik di Cafe Beku yang berada di Ruko depan H.Indah.Masih sore soalnya dan mata juga butuh energi extra pastinya dengan ngopi bareng.
CAFE BEKU
Cafe ini berada persisi di depan Kompleks Harapan Indah Ruko Regency Blok BF no 20 Jl Harapan Indah Pejuang Medan Satria.
Cafe Beku merupakan One Stop Family Cafe yang menghadirkan suasana kekinian dengan beragam spot foto membuat pengunjungnya betah berada di dalam Cafe.
Sebenarnya menu andalan mereka Home Made Gelato tetapi karena kami sebenarnya pingin nongki cantik aja masih kenyang jadi kita hanya pesan kopi ala vietnam,Waffle dan beberapa cemilan ringan .


Sampai senja merambat dan azan magrib sudah saling bersahutan akhirnya kami pamit pulang.Selalu saja ada waktu untuk bersama dalam suka dan duka.Indahnya silaturahim tanpa batas .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar