Halaman

Kamis, 07 Maret 2019

NIKMATNYA KULINER DAN OLEH OLEH MEDAN SUNGGUH TIADA TARA EDISI 5

Setelah satu malam menikmati keindahan Resort cantik Taman Simalem .Besoknya kami memutuskan menuju Kota Medan.Awalnya Emma istri Om ujang sudah menawarkan untuk menginap saja di rumah barunya yang masih satu kompleks dengan rumah lama.Tetapi  Naufal dan Faras lebih memilih di Hotel biar lebih bebas jalan malam dan tidak mengganggu keluarga.
Saatnya kami meneruskan perjalanan siang ini ke Medan .Jarak Taman Simalem menuju Kota Medan sekitar 109 km dengan waktu tempuh 3,5 jam.Ditambah dengan makan siang dan istirahat mampir selama perjalanan ke beberapa destinasi Berastagi.Berada di Berastagi yang terkenal dengan Kota sejuk penghasil buah buahn seperti Jeruk,markisa dan aneka sayuran.
Terasa kurang bila sampai Berastagi kami tidak mampir di perkebunan Jeruk Medan Berastagi.
Setelah info ke driver akhirnya di tepi jalan kami berhenti disebuah kebun Jeruk yang di depannya terdapat penjual Jeruk.
JERUK BERASTAGI
Berada di daerah penghasil jeruk terasa kurang sreg bila kami tidak mampir ke kebun Jeruk yang banyak terdapat di sekitar jalan raya yang kami lewati.Tinggal memilih kebun yang masih banyak bergelantungan jeruk jeruknya.Akhirnya kami sampai disebuah kebun jeruk .Bila dikebunnya kita boleh sepuasnya memakan jeruk yang kita petik.Tetapi bila mau bawa pulang baru jeruk ini kita beli per kg.
Jenis Jeruk berastagi ini sepertinya berwarna Orange dengan bentuk bulat dan permukaan kulitnya halus serta banyak mengandung air.Rasa yang manis serta baunya wangi maka Jenis Jeruk ini dikenal dengan Washington Navel Orange (WNO). 
Jeruk Berastagi inilah yang kemudian lebih dikenal dengan Jeruk Medan. Walau jenis yang ditanam dikebun yang kami datangi tidak sama dengan yang mereka jual di depan lapak mereka.Karena kebunnya berbeda jenis jeruknya.Setelah mencicipi rasa manisnya jeruk kami membeli 3 kg untuk oleh oleh nanti di Medan.
Udara sejuk di Berastagi dengan suhu sekitar 15-18 der C membuat aneka sayuran dan buah sangat banyak ditemukan di sini.Buah seperti Jeruk ,Markisa dan Terung Belanda serta sayur Brokolo,Tomat,Kubis,Bunga Kol,Buncis,Cabai,Wortel dan Lobak.


AYAM PENYET CINDELARAS

 Kami mulai mencari tempat untuk makan siang karena perut sudah pingin diisi.Awalnya bingung mau makan apa di sepanjang jalan dari Berastagi.Persis di depan Funland  Mickey Holiday tertera besar nama resto Ayam penyet.Kami kembali mutar arah karena sudah kelewatan.Ternyata Resto Ayam penyet Cindelaras salah satu resto franchise ayam penyet yang terkenal di Medan.
Resto yang kami datangi Halalan Toyiban dan sangat luas dan lapang.Kami memesan makanan cukup banyak dari ayam,gurame, sayur,kopi.Sambil menunggu makanan dihidangkan kami sholat jamak dulu di resto mereka.
Hidangan sampai kami menikmati ayam penyet dengan wangi dan panas karena semua baru dimasak saat order.Rasanya yang enak dan suasana yang nyaman membuat kami cukup lama berada disini.
Saat kami bayar persis di depan resto terpampang durian Silangit yang berada dipinggir jalan.Durian yang baru saja diturunkan dari mobil .
Sambil merayu doi untuk makan durian akhirnya kami berdua mendatangi lapak tepi jalan durian Sidikalang.
DURIAN SIDIKALANG

 

Sidikalang bukan saja terkenal dengan kopinya tetapi juga buah Duriannya.Durian Sidikalang ini kami temukan persis ditepi jalan durian masih baru lansung dari kampungnya.Ukuran duriannya cukup sedang dengan harga yang sangat murah 1 buahnya hanya Rp 15 rb saja.Tanpa tawar menawar doi lansung suruh pemuda tanggung yang jual untuk mencari yang enak dan bagus.Kami berdua duduk ditepi jalan sambil menikmati makan durian.Jadi teringat masa masa kuliah suasana begini.Duriannya legit dan manis sangat tajam serta tidak ditemukan busuk satu pun diruang demi ruangnya.
Sementara Naufal dan Faras santai habis makan karena mereka tidak suka durian.
Sambil menikmati durian yang hanya kuat makan 3 buah saja karena habis makan dan perut kita sangat kenyang.Terlihat bapak tua tertidur pulas dipijok lapak durian ternyata ayah dari pemuda tanggung tadi.Sempat kita tanya dia habis pulang sekolah membantu orang tuanya berjualan durian ditepi jalan ini.Setelah durian habis baru mereka kembali ke kampung halamannya .Anak hebat yang berbakti sama orang tuanya.Tak terasa mata ikut berkaca kaca melihat semangat anak ini.Jadi ingat masa lalu saat saya dan saudara" masih kecil kecil..
Setelah habis makan durian sampai gak kuat berdiri lagi saking kekenyangan .Doi lansung bayar duriannya.Begitu murahnya sehingga kami memutuskan untuk memberikan sisa kembalian ke pemuda tanggung ini untuk belanja sekolah.Sambil nitip pesan "belajar yang rajin ya dan bantu ayahnya berjualan".
Hujan membasahi bumi saatnya kami kembali ke Ayam Penyet dan melanjutkan perjalanan menuju rumah Om Ujang di Perumahan Setia Budi Estate.
Perjalanan sore itu sangat ramai karena jam pulang kerja.Akhirnya kami sampai menjelang senja di rumah Om Ujang.Istirahat dan sholat Magrib kamipun berencana kuliner malam hari di Kota Medan.Pilihan malam ini Makanan khas Aceh yang tidak jauh dari rumah Om Ujang yaitu Mie Aceh Titi Bobrok.

MIE ACEH TITI BOBROK
Mie Aceh Titi Bobrok berada di Jl Setia Budi 17 D Sei sikambing tidak terlalu jauh dari kompleks perumahan Om ujang .Sehingga kuliner ini menjadi pilihan kami karena sudah kenyang tadi siang.jadi pingin menikmati kuliner terkenal di medan salah satunya Mie Aceh Titi Bobrok.
Ada yang unik dengan namanya Mie Aceh "Titi Bobrok".Terasa unik dan sedikit menggelitik Titi Bobrok ternyata berasal dari istilah jembatan yang berada persis disamping Mie Aceh ini.Jembatan ini sangat rusak dulunya sehingga orang Medan bilang titi bobrok.Titi itu Jembatan dan bobrok itu rusak.Akibat nama yang unik menjadi populer dan melegenda sejak mulai berjualan th 1996.

Bukan saja Mie Aceh yang terdiri dari berbagai varian seperti Mie dengan campuran Kepiting,Udang,daging,cumi tetapi berbagai Nasi Goreng dan Roti Cane.Kami memesan beberapa varian menu Mie basah,goreng dan kuah serta ditemani es timun serat Kue Timphan yang sangat legit.Kue Timphan merupakan panganan khas Aceh yang terbuat dari ketan dan diisi parutan kelapa yang khas.Seperti  kue lepat bugis kalau di Padang.
Setelah dari Mie Aceh kami mengantarkan bujang" dan doi ke Hotel Four Point karena mereka nginap disana .Sementara saya malam ini menginap di rumah Emma Ujang.
 Ada untungnya saya malam ini menginap di rumah Emma Ujang sehingga bisa ngobrol bebas dan cerita banyak tentang aktifitas dan kegiatan mereka di Medan dan juga ngobrol tentang pembangunan rumah mereka dengan 4 tingkat  di Setia Budi Estate ini akibat keterbatasan lahan tanahnya.
BOLU MEDAN NAPOLEON
Salah satu oleh oleh khas Medan yang lagi ngehits adalah Bolu Medan Napoleon dimana tokonya satu jalan denganb Bolu Meranti.Sehingga kami sekalian belanja di Napoleon dan di Meranti.
 Sebenarnya tidak ada bedanya antara Bolu Napoleon dan Bolu Meranti yang sudah lebih duluan terkenal.Tetapi karena Bolu Napoleon ini dimiliki oleh salah satu seleb tanah air sehingga banyak peminat yang turut menggemari karena didongrak oleh nama terkenal selebnya Irwansyah suami Zaskia Sungkar.
Bolu Napoleon dengan beberapa variant seperti Green tea,Caramel,Durian,keju,coklat dengan kisaran harga Rp 75- Rp 100 rb untuk 1 bolu Napoleon.Naufal memilih beberapa variant untuk oleh oleh temannya.Sementara saya hanya beli Bolu Meranti untuk di rumah Harau karena habis dari Medan saya lansung ke Padang.
BOLU MERANTI
Bolu Meranti salah satu Kue Bolu yang sudah sangat terkenal dan paling digemari serta dicari bila kita berada di Medan.
Sampai ada pameo mereka" Jangan tinggalkan Kota Medan tanpa kesan,Tanpa Bolu Meranti".
Berhubung kami pulang ke Padang dan Harau untuk syukuran sehingga perlu mencari oleh oleh Bolu yang cukup banyak.
Bolu Meranti terdiri dari berbagai variant yang  seperti Blueberry,Mocca,Strawberry,Nanas,Keju,Coklat,Kacang,Capucino .Ada Bolu Meranti 3 in 1,ada Bika Ambon,Pie Durian ,Pie Kacang Medan .
Setelah pesan untuk dibawa ke kampung kami juga mampir ke Toko Oleh oleh disampingnya untuk mencari Kopi Sidikalang.Setelah memilih beberapa jenis kopi Sidikalang biji kopi lansung digiling agar mudah dipakai saat sampai di rumah.

ICE CREAM RIA
Setelah beli Oleh oleh masih saja belum puas bila kita gak mampir ke Es Krim legendaris sejak th 1936.Pasti special bila kita mencoba es krim tempoe doloe ini yang sudah ada sejak th 1936.
Es Krim Ria berada di Jl Surabaya No 22C/28 di Ps baru.
Beragam jenis Es Krim tinggal tergantung kesukaan kita.Es Krim alpokat menjadi incaran kami karena paling top di sini.Kami mencoba es krim dengan alpokat buah dengan rasa yang sangat lembut kombinasi es krim dan rasa buah yang nikmat.
Sementara di meja diatas piring tersedia kue kue kecil ,kue basah,dan aneka kripik.

Setelah habis makan es krim ternyata penjual Sate Padang "Garuda" yang persis jualan di depan kedai es krim ini baru membakar dagingnya .Bau yang wangi menyengat membuat kami terpedaya untuk memesan 1 porsi Daging Sate Padang.Wah sate Padangnya subana lamak.Untung saja kami belum pulang masih sempat mencoba dan merasakan nikmatnya Sate Padang di Es Krim RIA.
SOP SUMSUM LANGSA 
 Medan dan Aceh memang sangat dekat sehingga beberapa kuliner top Aceh justru juga terkenal di Kota Medan.Selain Mie Aceh Titi Bobrok disebelah kirinya Warung Mie Aceh tsb juga ada warung Sop Tulang Sum Sum Langsa.Warna menyolok dari Kuning Hijau perpaduan yang kontras membuat warung Sop ini sangat gampang ditemukan.
Langsa merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di Aceh Timur.Nach kuliner ini berasal dari daerah Langsa.
Sop yang terdiri dari Tulang Sum Sum Kaki Sapi .Tetapi mereka tidak saja menghadirkan menu Sop Tulang tetapi beragam jenis Sop Daging,Buntut,Urat,Paru,Konro,Kaki kambing,Daging kambing,Kepala Kambing dan juga Soto Aya,daging,Babat Paru. Wow lengkp bangets.
Tetapi kami ke sini pasti akan mencoba special dari warung ini yaitu Sop Tulang Sum sum.
Tulang Sum sum Sapi mengandung 51 gr Lemak,7gr Protein,Kalsium . 
Satu Porsi Sop Tulang sum sum cukup besardengan 2 potong tulang siap kami nikmati.Dengan ditemani nasi putih panas serta potongan jeruk nipis,sambel hijau membuat rasa pedas,asem yang berpadu dengan rasa isi sum sum tulangnya membuat perpaduan yang mantab dan enak.
1Porsi sudah mebuat kami kenyang walaupun di meja juga ada otak otak sambel kacang tapi tidak sempat kami coba karena sudah kenyang.
Saat makan Abang Naufal masih saja mencari kuliner top Medan lainnya yang akan kami hunting..olala..benar benar perut bule nich..Emaknya aja sudah ampun ampunan.Dia masih belum kenyang.olala..
Habis makan Sop Tulang Sum sum kami mampir dan sholat Zuhur di Mesjid terbesar di Kota Medan Mesjid Raya Al Mashun.Edisi kupasan Mesjid akan saya bahas di 1 edisi berikutnya ya...
Edisi ini khusus kuliner dan oleh oleh ya...xixi
RM GUMARANG JAYA
Sehabis sholat zuhur di Mesjid Raya Medan Al Mashun dari tadi Naufal sudah mencari kuliner legenda lagi di Medan.Akhirnya dia menemukan salah satu Rumah Makan Padang yaitu Gumarang Jaya yang terkenal dengan Ayam kampung goreng nya.Kalau di Kota Padang pasti kita akan pergi ke RM Pagi Sore.
RM Gumarang Jaya berada di Jl Bridjen Katamso 27/29 dideretan ruko ruko lama dengan tampilan bangunan yang sudah lama dan tidak ada proses renovasi masih model lama.
 Kami memasuki ruangan dalam Gumarang Jaya dengan kursi kursi lama dan masih alami.Setelah duduk kami pesan ayam goreng ternyata sudah habis dan akan digoreng kembali.
Sambil menunggu ayam digoreng kami santai sejenak sambil memperhatikan langganan" Gumarang Jaya makan .Malah ada yang makan di tempat tapi pesan Nasi Ramas full sayur,sambel dll dengan menggunakan daun seperti bungkusan Nasi Ramas tetapi dengan order ayam Goreng 1 piring.Wah enak juga ya...
RM Gumarang Jaya ini mempunyai menu andalan Ayam goreng kampung dengan hidangan menu lain yang tidak terlalu banyak . 
Terlihat rendang,sayur,sambel,gulai nangka dan pastinya ayam kampung goreng yang garing dan renyah..
Setelah ayam goreng terhidang di meja 2 porsi .Lansung dilahap oleh para brondong yang memang sengaja ke sini untuk menikmati ayam goreng.2Porsi ber4 masih terasa kurang.Tetapi kami nanti malam masih lanjut kuliner malam lagi dengan Keluarga Om Ujang.Jadi untuk siang ini kuliner kita finish di Gumarang Jaya.


 Siang makin tinggi kami akan check in di Hotel JW Marriot Medan.Sebelumnya doi dan anak anak nginap di Four Point of Sheraton Hotel dan saya di rumah Om Ujang.Tetapi malam ini kami pindah ke JW Marriot5 setelah Naufal memutuskan pingin mencoba Hotel Five Star di Kota Medan.Ini kita bahas special edition Hotel yaa..
Istirahat di JW marriot sampai habis magrib untuk lanjut dinner Kuliner Malam Kota Medan dengan Om Ujang dan keluarga.
KULINER PAGARUYUNG
 Sehabis istirahat dan mandi serta sholat magrib dulu kami sudah janjian dengan Om Ujang untuk ketemu di kuliner malam hari di daerah Pagaruyung atau dikenal dengan Kuliner Pagaruyung yang berada tidak jauh dari SUN PLaza.
Dari Hotel JW marriot kawasan Pagaruyung tidak begitu jauh sehingga kami janjian disana aja dengan Om Ujang dan istrinya Emma.
Ternyata kawasan kuliner ini terkenal dengan masakan Indianya.atau yang dikenal dengan Kampung Keling karena pada umumnya dipenuhi dengan penduduk India asli yang merantau ke Medan.
Kuliner Pagaruyung ternyata sudah ada sejak 20 th yang silam.Wow sudang legenda donk.Pantes kalau ke Medan tidak mampir ke kuliner Malam ini terasa kurang pas.
Kami memilih salah satu Pojok warung masakan India setelah ketemu dengan Om Ujang dan istrinya.Anak anaknya ternyata kecapekan pulang sekolah sehingga tidak joint.
Pilihan kami Martabak Mesir ,Nasi Briyani,Roti Cane ,Sop Kambing dan beberapa juice.Soal rasa pasti asli Masakan India dengan rasa bumbunya yang khas dan kaya rempah .Apalagi dimasak lansung oleh orang orang India Asli dijamin enak pastinya.
Kami tidak mau terlalu kenyang di sini karena masih ada target terakhir nongki nongki cantik di Merdeka Walk.Ini tempat yang kemaren mau didatangi Naufal dan Faras ternyata mereka batal ke sini.
MERDEKA WALK.
Kawasan Merdeka Walk tidak begitu jauh dari Kawasan Pagaruyung.Hanya beberapa ratus meter saja kita sudah sampai di Merdeka Walk.Berada di  
Jl Balaikota ,Kesawan Medan.Persis di jantung Kota Medan.
Merdeka Walk berisi puluhan tempat kuliner dan nongkrong yang mulai dibuka sejak sore sampai dengan malam hari .Konsepnya yang outdoor benar benar mempunyai kita lepas menghirup udara malam hari Kota Medan.Bernaung di antara pepohonan besar sepanjang Merdeka Walk membuat areal ini sangat rindang.Bahkan dipenuhi lampu lampu aneka warna warni membuat semarak di malam hari.Bila Malam minggu ada Live Musik tetapi saat kami ke sini Senen malam live musicnya off.


Pilihan kami nongkrong jatuh di warung Kopi Srikandi berada di pojok kiri Merdeka Walk.Karena hari ini sudah Senen malam terlihat pengunjung Merdeka Walk para Karyawan habis pulang kantor santai dan nongkrong dulu di sini.
 Hanya pingin nongkrong dan ngopi saja serta diselingi cemilan ringan Roti Bakar dan Singkong goreng.
Sambil nongkrong malam terakhir kami di Medan sambil ngobrol santai juga.
Kami pulang setelah Warung Kopi SRIKANDI sudah rapikan meja dan kursi kami pelanggan terakhir yang beranjak dari warung mereka.
Tuntas sudah kuliner dan Oleh Oleh Khas Medan selama kami berada di Medan dan sekitarnya.
Travelling dan kuliner memang tidak bisa dipisahkan bila kita Travelling pasti akan kuliner  menikmati beragam aneka kuliner khas di suatu Kota yang kita datangi.Jangan mikiran timbangan makin ke kanan.Pulang dari travelling baru kembali olah raga/senam untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh..hehe


to be continued


Tidak ada komentar:

Posting Komentar