Halaman

Sabtu, 27 Juli 2019

BELEM TOWER...SITUS WARISAN DUNIA UNESCO DI LISBOA EDISI 3


Sebelum kita diantar ke Hotel Eurostars Lisboa Parque Largo Andaluz 13B, Baixa Lisbon Portugal 1050-121
Kita akan dibawa ke destinasi Belem Tower atau Menara Santo Vincentius yang berada di kawasan Santa Maria de Belem di munisipalitas Lisboa,Portugal.
Belem Tower ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO lho.
Kami punya waktu beberapa jam untuk mampir ke Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini ya.
Berada di Lisboa Ibukota Negara Portugal atau Portugis .Kita mengenal Kota Lisbon atau Lisboa ini salah satu Kota terbesar di Portugal.Beruntung group kami selain ke Spanyol kami bisa bertandang dulu ke Portugal.Secara wilayah Lisbon berada di Barat Daya Portugal.Malah Kota ini persis berada di tepi Samudera Atlantik.Kota pantai dan juga berada di Muara Sungai Tagus (Ribeira).
Nama Portugal mungkin tidak asing lagi di telingga zaman anak sekolahan dulu.Yup Portugal atau Portugis salah satu yang pernah datang ke Indonesia th 1512 dan kemudian menguasai rempah rempah Indonesia saat itu.Sasaran pertama Portugis yaitu menguasai Malaka th 1511 dibawah pimpinan Alfonso de Albuquerque sejak saat itu Portugis menguasai perdagangan rempah rempang dari Asia ke Eropa.Bahkan Portugis yang pertama sekali membuat Peta Nusantara dan disebarkan di Eropa membuat dan menarik bangsa lain untuk datang ke Nusantara terutama  Belanda.
Masih ingat gak sejarah dan geografis  zaman kita SD hehe.
Tidak saja itu orang portugal juga menyebarkan ajaran Katolik Roma di daerah Indonesia Timur.Bahkan mereka kemudian membantu Timor Timur  agar bisa lepas dari Indonesia.
Barangkali yang suka sejarah akan ingat seorang penjelajah Portugis Vasco Da Gama  yang sangat terkenal menemukan jalur lansung dari Eropa ke India mengitari benua Afrika. 
Nach buat penggemar bola pasti akan kenal dengan Christian Ronaldo Pemain sepak bola termahal di dunia berasal dari Portugal.
Itulah beberapa orang terkenal yang berasal dari Portugal atau Portugis.
Nach sekarang kita kembali ke cerita Lisboa atau Kota Lisbon yang berada di tepi pantai .

 BELEM TOWER
Nama Lokal: Torre de Belem dibangun tahun 1515.Tower Belem ini merupakan gerbang pintu masuk menuju Pelabuhan Lisbon.Berada di tepi Muara  Sungai Tagus di sebuah pulau kecil yang awalnya bertujuan untuk menghormati Ekspedisi Vasco Da Gama.Tower ini menjadi titik awal perjalanan pelaut dan juga sebagai Simbol Negara Portugis juga.
Tower Belem ini juga dikenal dengan nama Tower of St.Vincent yang terletak di Aveida Da Brasilia Lisbon yang dibuat dengan gaya Manueline dengan bahan bebatuan dengan banyak motif dengan tinggi 30 M.Motif yang banyak bebatuan hasil rancangan Fransisco de Arruda yang dulunya pernah membangun Benteng Portugis di daerah Maroko.Jadi ada beberapa desainnya bergaya Maroko.

Kami sampai di komplek Belem Tower siang sehingga kita hanya foto spot spot yang penting saja.Karena ini destinasi pertama yang kami datangi tidak terlihat teman teman yang masuk ke dalam tower barangkali hanya memandang dari tepi pantai sudah cukup melihat keindahan salah satu Situs Warisan Unesco ini.
Menara atau Tower Belem ini dibangun saat Pemerintahan Raja Manuel I sehingga banyak simbol simbol arsitektur Manueline motif maritim (tali melingkar dan bengkok),Salib dan Bola Armilarry. 
Kami juga menemukan miniatur Belem tidak jauh dari Tower ini.Sambil menyusuri tepi pantai karena waktu kita tidak terlalu lama di sini maka kami habiskan sisa waktu menyusuri tepi sungai dengan banyaknya kapal kapal yang sedang berlayar dan juga sedang berlabuh.
 Di Tower Belem ini kami mulai mengenal beberapa teman baru bagi saya karena baru pertama bareng jalan.Salah satunya Sang Dubes Ote..Mba Gagarina yang sudah puluhan kali lho ikut Ote sehingga Reza Salah satu TL Ote menjuluki beliau Dubes Ote.
Mbak Rina salah seorang Pensiunan RNI Group yang menghabiskan waktu luang masa Purnabaktinya untuk Travelling.sehat dan happy terus Mbak Rina...
Dari Tower/Benteng Belem ini sambil menyusuri tepi Sungai kita juga melihat sebuah jembatan nun di ujung sana berwarna cerah merah terang yang dinamakan Jembatan 25 de Abril yang sangat terkenal dengan nama Golden Gate Bridge of Lisbon yang menghubungkan Kota Lisbon dengan Almada.Malah sepintas sangat mirip dengan Golden Gate Bridge yang berada di San Fransisco yang dibangun tahun 1966 .Ternyata kontraktornya sama dengan Jembatan yang di San Fransisco..Pantess...nyaris kembar..
Sebenar ada 1 titipan Abang Naufal ke saya untuk mencoba kue khas Portugal
pastéis de Belém.Kue (egg tart) khasnya Portugal persis adanya di Belem.Entah kenapa saat berada di kawasan Belem saya belum menemukannya.Mungkin karena baru pertama kali menginjak kaki di Belem belum tahu lokasi toko kuenya.Semoga perjalanan selanjutnya saya bisa mencoba kue khas Portugal ini..Insya Allah.
Kami sempat mampir di kios kios souvenir  Lisbon yang terlihat souvenir khas mereka terbuat dari bahan Keramik dan dengan motif khas Ayam Jantan Jago.Terlihat beberapa teman sudah mulai melirik souvenir khas mereka .
 Tetapi karena baru hari perdana saya belum tertarik untuk membeli.Sambil lihat lihat terlihat salah satu teman group kami yang baru saya kenal si cantik Bu Hosma yang menetap di Banjarmasin.Walau turunan Jawa yang lembut Bu Hosma masih tetap saja menetap di Banjarmasin walau sang pujaan hati seorang dokter Spesialis Jantung sudah mendahului beliau.
Setelah dari kawasan Belem kita akan check in di Hotel Eurostar karena badan kita sudah cape dan mungkin jetlag juga butuh istirahat dan adaptasi waktu Eropa.
Kami berada di Portugal selama 4 hari 3 malam sehingga kita menginap di hotel ini cukup lama.








To be continued

2 komentar: