Halaman

Kamis, 02 November 2023

EPHESUS..JEJAK MEGAH KOTA ROMAWI KUNO PENUH SEJARAH EDISI 7

Kita akan menuju KUSADASI untuk melihat "Leather Jacket show "di sebuah Toko Donna Milan.Turkiye juga terkenal penghasil Kulit terbesar dan terkenal di dunia.Saat pertama kali ke Turkiye saya dan Naufal berkunjung ke Toko Jacket Kulit kami sudah membeli sepasang Jacket kulit yang memang cukup mahal secara harganya pakai Kurs Dollar.Walau TL lagi anjlok tetapi fashion di Turkiye tetap konsisten menggunakan mata uang $ dalam transaksinya.
Jadi kami ke sini ikut menyaksikan pagelaran show mereka dan beberapa teman tertarik untuk membeli sayang juga sudah sampai di sini tidak membawa pulang jacket kulit indah mereka.

Ephesus berada di Kota Selcuk Provinsi Izmir dimana jarak dari Istanbul sekitar 9-10 jam perjalanan darat.Atau dapat dicapai dengan 1-1,5 jam via udara.Provinsi Izmir ini berada di Wilayah Turkiye sisi Benua Asia dimana kami akan menuju Kusadasi dengan kondisi Cuaca Kusadasi berkisar 17-31oC (Cerah).


Tetapi kami sampai di Kota Romawi kuno yang pernah jaya di masa Kerajaan Romawi sangat terik panas.Sampai terik matahari saking puoolnya mencapai 35oC...


Sejarahnya Kota ini pernah hilang akibat gempa bumi.Kemudian dibangun kembali dan menjadi salah satu "must visit Palace"jika sedang berkunjung ke Turkiye.Kudu wajiblah .TL Local kami Siebell fasih menceritakan detail sejarah bangunan Ephesus dibawah terik matahari yang menyengat luar biasa..

Epheses(Efes) dalam bahasa Turkiye merupakan reruntuhan sisa-sisa dari sebuah Kota Kuno,nmun keindahan itu masih jelas tergambar.Saat masuk kawasan ini ada gelitik bulu roma tiba tiba muncul melihat kebesaran puing puing Kota Romawi Kuno ini..Megah...

Kemegahan Kota ini pada masa kejayaan bangsa Romawi,Kondisi masyarakatnya dan fungsi dari setiap bangunan yang berada di kompleks ini sungguh menjadi  sejarah panjang sebuah peradaban.Masya Allah.


Celcus Library dan Grand Theater adalah dua sisa bangunan yang sangat penting di Ephesus dan jaraknya tidak terlalu jauh.Celcus Library merupakan Perpustakaan terbesar ketiga pada masa kejayaannya.Bangunan sudah tidak utuh namun bentuk depan beserta pilar pilarnya berdidri kokoh dengan megah.Ornamen patung dewa dewi Romawi menghiasi dinding dinding bagian luar .


Kami sampai di Ephesus persis jam 12 siang cuaca sangat puanas sekitar 35oC.Grand Theater pada masa kerajaan Romawi sangat gegap gempita dengan begitu luasnya theater sehingga masih terasa kemegahannya.Terletak di punggung bukit theater berbentuk setengah lingkaran dengan tempat duduk yang berundaak undak.Bak seperti stadion dan posisi tengahnya merupakan panggungpementasan.Ternyata bukan saja untuk pementasan seni dan drama tetapi juga adu gladiator dengan binatang saat KekaisaranRomawi.Kami tidak naik ke theater di saat cuacara lagi puanas poll hanya foto saja dari bawah.


Ephesus tercatat sebagai World Heritage UNESCO 2015.Komplek Ephesus juga terdapat berbagai tempat antara lain: Bath of Varous,Temple of Domition,Temple of Hadrian,State Agora,Hercules Gate,Memmius Monument,Temple of Artemis dan banyak lagi.


Kami lunch di sbuah Reto :Selcuk Resto Buffet.Dimana beberapa group travel juga sudah booking di sini.Resto cukup besar dengan menu Buffet.Sehingga kita bebas memilih makanan ,lauk dan beragam makanan khas Turkiye terhidang di sini.

Kami mampir di Rest area untuk sholat jamak dan juga sekalian bisa beli cemilan di sini.Setelah itu kita akan menuju Pamukalle melewati desa penghasil Straawberry,penghasil kapas dengan kebun kebun dipenuhi kapas untuk produksi baju,kain,selimut dll.


to be continued




Tidak ada komentar:

Posting Komentar