Halaman

Jumat, 08 Desember 2023

REZEKI BERSAMA SOHIB K85 WISATA KULINER LAMPUNG -PALEMBANG 21-23 OCT23

Kami diberi kesempatan rezeki,kelapangan waktu dan kesehatan untuk dapat menghadiri Pesta Pernikahan ananda Aditya putra Sahabat kami Dr Adelfisli Kimia85.Acaranya kebetulan di rumah besan di Lampung Selatan sehingga butuh waktu dan energi luang untuk datang ke Lampung.
LAMPUNG SELATAN

Pesta  ADITYA Putra DR ADELFISLI SAHABAT KMIA85

Awalnya rencana untuk pergi 3 pasang dengan Gamal/Lina,Akmal/Uun dan kita b2 ternyata Akmal tidak bisa joint karena masih baru kerja dan tidak enak ijin ke ownernya (walau pemilik sahabat sendiri colek Mak Yon) .Tetapi malamnya Akmal main ke rumah untuk menitipkan amplop teman kantor yang juga Sahabat Uwan Adel.

Habis subuh Sabtu  kami rencana lansung jalan.Ternyata kami jalan pagi juga.Kita sudah planning bawa 1 mobil saja sehingga Mobil Gamal/Lina ditaruh di garasi rumah biar kita nyaman b4 dengan 1 mobil .

WISATA DAN KULINER PALEMBANG

1. The Zury Hotel Palembang 2 Night

2.MARTABAK  HAR

3.SRI MELAYU RESTO

4.MESJID KI MUARA OGAN

5.BAYIT AL QURAN GANDUS

6.MESJID AGUNG PALEMBANG

7.RIVER SIDE RESTO AMPERA BRIDGE

8.MAKAN RESTO "THE ZURY HOTEL"

MARTABAK HAR

Kami ke sini setelah keliling mencari kuliner di malam saat kami baru sampai.Sayang saya dalam kondisi drop demam panas dan pusing sehingga makan juga tidak selera dan tidak ada foto foto kuliner saat kami di Martabak Har.(maafkan yaach).

Salah satu kuliner yang sangat legendaris di palembang yang sangat tersohor.Martabak telur yang dicampurkan dengan Kuah kari,cuka hitam dan irisan cabe.Pedas dan penuh rempah rempah.Martabak Har sudah ada sejak th 1947.Pendirinya H Abdul Rozak (HAR) warga India yang merantau ke Palembang .

SERI MELAYU RESTO

Bangunan tua khas Palembang yang sangat luas,bersih dan dipenuhi pepohonan rindang.Beragam jenis Pindang tersedia disini dari Pindang Patin,Pindang Udang,Pindang Tulang,Berengkes Patin,Ikan Saluang Goreng,Pentol/Bedug ,aneka sambal dan lalapan.

Alhamdulillah kondisi saya mendingan saat makan di resto ini.Jadi masih bisa merasakan kelezatan Pindang yang kami pesan .Asam pedasnya terasa dan memang juara .Wajar kita pesan berbagai Pindang disini.Tidak salah pilih.
Pindang Palembang yang paling terenak kami temukan di Resto Seri Melayu ini.Resto ini rekomendasi seorang tukang pancing di tepi Sungai Musi saat kami habis Lebaran menginap di Kota Palembang.Jadi kami kali ke2 untuk mencicipi masakan Seri Melayu Terletak di Jl Demang Lebar Daun Palembang persis dekat Griya Agung(Istana Gubernur Sumsel).Wajar tamu tamunya terlihat berpakaian dinas saat hari biasa disini.

Beragam jenis makanan kami pesan untuk mencoba rasa Pindang khasnya.Pindang yang disajikan dengan wadah khusus yang dilengkapi Kompor nyala api kecil untuk menjaga pindangnya tetap panas.Dilengkapi Irisan Nanas,Tomat,Potongan Cabe daun kemangi.Rasa yang segar,asam pedas dengan kombinasi asam pedas memang sangat lezat.
 MESJID KIAI  MUARA OGAN

Mesjid tua terletak di Jl Ki Marogan Kec Kertapati Palembang Sumsel.Mesjid Kiai Muara Ogan atau dikenal juga Mesjid Ki Marogan ini memiliki arsitektur yang memadukan Budaya Palembang,China,India dan Arab.Mesjid ini merupakan mesjid tertuas ke2 setelah Mesjid Agung Kota Palembang.Mesjid dengan keunikan dimana berdiri kokoh diantara 2 sungai yaitu Sungai Musi dan Sungai Ogan.Bahkan mesjid ini dijuluki mesjid di atas Sungai.
Mesjid yang persis berada di tepian Sungai sehingga kita bisa foto foto di tepi sungai ini.Dua sungai menyatu Sungai Musi dan Sungai Ogan.Penuh sejarah ternyata mesjid ini.
BAYIT AL QURAN GANDUS
Objek Wisata Religi Al Quran Al Akbar ini merupakan Al Quran raksasa yang terbuat dari Kayu Tembesu dengan tinggi 15 m berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Kec Gandus ,Sumsesl dibangun th 2001-2002.
Saya sudah yang ke-3 kali mendatangi Bayit Al Quran ini bahkan sudah pernah saya bahas di:
Hari semakin sore kami baru sampai ke  Gandus.Saya memutuskan berdua untuk tunggu di mobil saja karena sudah sering ke Bayit Al Quran ini.Gamal-Lina memutuskan berdua untuk masuk dan menikmati keindahan ayat ayat Al Quran yang ditulis dengan indah diatas kayu Trembesi.
Berada di kawasan 5000 Ha yang merupakan Kawasan Pondok pesantren IGM Al Ihsaniyah  di Jl M Fauzi Gandus Palembang.Ayat ayat Al Quran yang diukir diatas Kayu Trembesi dengan panjang 177 cm dan Lebar 140 cm dengan tebal 2,5 cm.
Pembangunan Al Quran Raksasa ini dipelopori oleh H.Syofwatillah Mohzaik selama 7 tahun dengan biaya 2 Milyar yang menghabiskan Kayu Trembesi sebanyak 40 meter kubik kayu dari jenis yang tahan air ,awet,tahan anti rayap.ukiran Ayat Ayat Al Quran yang dibangun mulai th 2002 dengan kolaborasi para pemahat pemahat kaligrafi  handal  sehingga tgl 30 Januari 2012 Wisata Religi ini diresmikan oleh Presiden SBY.
Warna dasar yang digunakan diatas ukiran ini merah tua yang merupakan warna khas songket Palembang.Ayat ayat Al Quran ini disusun dari lantai dasar dan lantai atas.Setiap lembaran ukiran ini bolak balik sehingga kita bisa membaca ayat ayat Al Quran bolak balik dari kedua sisinya.
MESJID AGUNG PALEMBANG
Kita juga mampir ke Mesjid peninggalan Kesultanan Palembang ini yakni Sultan Mahmud Badarudin I Jayo Wikramo  yang  didirikan th 1738 dan selesai 10 th kemudian 1748.Mesjid yang berada di Jl Jend Sudirman Kel 19 Illir Kec Bukit Kecil Palembang
Mesjid ini dinamakan Mesjid Sultan Mahmud Badaruddin(SMB) I Jayo Wikramo yang merupakan Mesjid terbesar di Sumatera Selatan khususnya Palembang.Mesjid yang merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darusalam yang tertua di Kota Palembang didirikan th 1738 M atau 1151 H.Pembangunannya memakan waktu selamam 10 th saat pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I bertahta.
RIVERSIDE RESTO
Beralamat Jl Benteng Kuto Besar,19 Ilir,Bukit Kecil Palembang.
Ini malam ke-2 saat kami menginap di Palembang sayang kondisi saya sampai Palembang drop deman panas dan batuk sehingga tubuh tidak kuat untuk pergi kuliner.Malah tidur dan minum obat sambil selimutan menjadi pilihan terbaik.Mereka b3 jalan keluar setelah saya tidak apa apa ditinggal .Akhirnya pilihan terbaik kuliner malam ini ke Resto terbaik view paling istimewa di Palembang dengan latar belakang Jembatan Ampera.Resto Riverside
Resto Riverside beberapa kali sudah saya datangi sehingga sudah tau rasa dan kulinernya.Mereka sepertinya memilih Makan Nasi Goreng dan beberapa makanan.
MAKAN RESTO " THE ZURY"
Hari kedua  kami senin pagi karena badan belum fit saya memutuskan untuk Breakfast di Hotel saja.Sementara Gamal dan Lina masih asik berenang di sky roof top lt 25.Mereka memutuskan tidak gabung sarapan di Makan Resto .Sementara saya sekalian hunting suasana Breakfast pagi ini.
Menikmati Breakfastnya yang terletak di Makan Place  lt 5  yang menyajikan makanan Nusantara dan Western dengan menu Buffet Breakfast.
The Zury Palembang ternyata baru dibangun 2018 sebelum pandemik dan merupakan Hotel pertama dari Zury Hotel management yang lansung merebut simpati Wong Kito.Malah diklaim Hotel ini merupakan Hotel tertinggi di Palembang dengan lantai 25 membuat pemandangan Kota Palembang bisa dilihat dari rooftop Hotel ini.
Hotel yang mempunyai jumlah kamar sebanyak 214 kamar dengan type :Superior,Deluxe,Junior Suite,President Suite. dengan 10 Ruang Meeting untuk mengakomodir acara gathering,meeting,Arisan,Seminar dan Wedding.Bahkan Ballroomnya berkapasitas 1500 pax.Cukup luas bukan.
Hotel The Zury alamat detailnya di :
Jl Radial no 1371 ,24 Ilir Bukit Kecil Palembang Sumatera Selatan.Hari pertama kami habis mandi dan sudah segar akan menikmati Breakfastnya yang terletak di Makan Place  lt 5  yang menyajikan makanan Nusantara dan Western dengan menu Buffet Breakfast.

Sky Lounge & Sky Pool 25 fl.

Sehabis sarapan saya menuju Sky Lounge &Pool di lantai 25.Ternyata Gamal sudah selesai renangnya dan balik ke kamar.Tapi saat kami ke atas masih banyak tamu yang menikmati renang di Poolnya lantai teratas Hotel The Zury.

Senen siang setelah sholat Zuhur kita check out dan lansung mencari Oleh oleh oesenan anak anak Empek empek.Ada orderan untuk Beli Empek Nony.
Empek empek Nony yang sudah berdiri th 1993 menyajikan cita rasa asli khas Palembang.
Saat makan di mpek mpek terlihat Pangulu mulai kurang sehat dan pusing.Untung Gamal lansung ambilalih bawa mobil.Ternyata selamam di jalan demam panas wah gantian dech kurang sehatnya.
Perjalanan kami lancar sampai naik Ferry dan istirahat di mobil karena sama-sama kurang sehat.
Kami sampai di rumah dengan selamat nyaris tengah malam.
Butuh recovery setelah banyak perjalanan 2 bulan terakhir ini.Semoga kita semua sehat sehat dan semangat disaat masa masa usia menua.Aamin Ya Rob.