Halaman

Minggu, 29 Juli 2012

JEDDAH KOTA TERAKHIR PERJALANAN SPIRITUAL(VII)

Jeddah merupakan Kota  persinggahan terakhir kami sebelum menuju Tanah Air.
Habis sholat Jumat dan Makan siang kami siap menuju Jeddah karena kami masih punya waktu 1 malam lagi untuk menginap

HARI JUMAT, 06 JULI 2012 : MADINAH – JEDDAH
·         Pk. 14.00 jamaah berangkat ke kota Jeddah. Tiba di kota Jeddah dilanjutkan City Tour kota Jeddah diantaranya mengunjungi : Pusat perbelanjaan Balad/Qornis (Toko Ali Murah), Masjid Qishash,   Masjid Biru (terapung), Laut Merah.
·         Jamaah menginap di Hotel Al Azhar Jeddah

HARI  SABTU, 07 JULI 2012 :JEDDAH JAKARTA.
·         Jamaah bangun pagi dan sholat subuh di kamar hotel.
·         Makan pagi dengan nasi kotak dari hotel dan mampir  di MasjidTerapung/Airport Jeddah. Untuk mampir foto’
·          Jamaah harus sudah tiba di Airport King Abdul Aziz pk. 07.00.
·         Pk. 10.00 pesawat  Batavia Air (Y6 8921) berangkat ke Jakarta.
·         Insya Allah dengan mengucapkan Alhamdullilahi Robbilalamin rombongan tiba selamat di CKG Jakarta

Sampai di Hotel Al Azhar Jedah sudah malam karena kami sempat city tour keliling Kota Jeddah yang berada di tepian Laut Merah(Red Sea) sempat melihat dari kejauhan Air Mancur Raksasa.,keliling kota ,mengitari Red Sea.Tapi Karena menjelang Magrib kami tidak berhenti.
Menuju Hotel untuk menginap lagi 1 malam di Jedah.

Hotel Al Azhar Jeddah

Al Azhar Hotel Jeddah is leading four stars hotel, newly opened, designed with a new look and facilities, combined with hotels legendary services set to establish as an ideal business hotel located in the hart of the Jeddah city, along Madina road with easy access to commercial center, government offices and the business district, 20 minutes drive to king Abdul Azez international airport and five minutes to Balad and red sea beach

Hotelnya cukup nyaman kami karena nginap hanya beberapa jam saja dari Madinah sudah mempersiapkan tas kecil untuk ganti baju tidak perlu bongkar Koper disini.

Setelah pengurusan kamar kita lansung menuju Restaurant untuk Makan Malam karena setelah makan malam ,Mandi segera untuk pergi belanja ke Cornice/Pusat perbelanjaan Al Balad(salah satunya Toko Ali Murah)
Belanja di Cornice terkenal dengan berbagai macam Perfume disini dengan Harga murah dan yang terkenal juga.Di kawasan Cornice ini ternyata banyak Jemaah Indo yang berburu oleh” disini.Beragam buah tangan dan kuliner ada ditoko” sepanjang kawasan ini.
Beberapa toko terlihat berbahasa Indo seperti Toko Ali Murah,Toko Gani Murah,Toko Amir dan Toko utan Murah..Bahasa Indonesia.Entah kenapa harus ada kata”Murah” disetiap Tokonya..Apa menarik peminat Jemaah Indo yang paling kalap jika shopping..heheh.
Sempat teman” Jemaah nyari Korma disini terutama Group Ustdzah Tuty dan Hajah Ronnah. Sampai kalang kabut Kormanya tertinggal di Toko.
Bagi yang pengen makan Bakso juga disini ada tempat Warung Bakso si dul..Kita makan Bakso rame” ketemu dengan TKI/TKW yang bekerja di Jeddah.Mereka senang ngobrol dan ketemu sodara” dari Indo.
Setelah kenyang Makan bakso dan Juice kami kembali ke Hotel yang tidak terlalu jauh dari sini.Istirahat karena besok pagi sudah siap” menuju Airport.
Sabtu(Hari terakhir)
Setelah sholat subuh dan Mandi sudah siap untuk check out menuju Aiport King Abdul Aziz..
Kami sempat mampir di Masjid Terapung Red Sea.Kebetulan air tidak pasang jadi Mesjidnya tidak terlihat terapung karena sebenarnya berada di pinggir bibir pantai.

Barangkali kalau air pasang terlihat berada ditengah” laut makanya terapung…
Dalam suasana pagi sempat foto” saja disini.Pantainya tidak terlalu bersih banyak sampah” berserakan.Tapi mungkin sejarahnya yang buat Laut ini terkena

Menurut Wikipedia
Laut Merah (Arab بحر الأحمر Bahrul-Ahmar; Ibrani ים סוף Yam Suf; Tigrinya ቀይሕ ባሕሪ QeyH baHri) atau Laut Teberau adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Laut ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral
Sempat foto” disini sebentar karena kita harus segera menuju Aiport King Abdul Aziz.
Sampai di Aiport Jeddah yang memang tidak terlau jauh kita  lansung Sarapan pagi yang sudah di pesan pake Box.
Masuk ke Imigrasi tidak ada masalah lancar.tapi saat check in..Dewi dan keluarga Banjarmasin  kel.bermasalah sehingga kami harus tunggu lama untuk bisa masuk ke Ruang tunggu.
Hasil kesepakatan Dewi bisa masuk dan ikut rombongan tapi Kel Banjar harus ikut penerbangan sore dengan didampingi ustadz Meidy.
Setelah masuk ruang tunggu ternyata pesawat delay dan kami berangkat Jam 12 siang dari awal jam 10.00

Hampir semua rombonga travel’ Umroh ketemu rombongan Mamah \Dedeh juga nic di Airport.
Alhamdullilah penerbangan ditempuh hampir 10 Jam dan landing di CKG Jam 3 dini hari WIB
Alhamdullilah Barakallah semua sampai dengan selamat dengan koper” dan barang serta Air Zam” yang sudah dibagi per Jemaah 10 L per org.
Demikian perjalanan spiritual kami menuju Baitullah dan Ziarah ke Mesjid Nabawi serta ke tempat” bersejarah lainnya.
Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama Ibadah dan Perjalanan menambah Ilmu dan bekal kami nanti untuk kembali lagi ke Baitullah saat haji Tahun ini.
Insya Allah.
Mohon maaf bila ada beberapa informasi dan kata” yang tidak pada tempatnya.Karena kami tidak setiap saat mencatat perjalanan kami disini tidak seperti Touring” biasa lainnya.
Inipun sebahagian besar dari Cacatan /Lembaran Kertas ala Ustadzah Tuty yang diberikan ke Hajah Ronnah karena 1 tempat duduk di Pesawat sehingga bisa Copas nic.
Tiada gading yang tak retak dan tiada perbuatan yang selalu benar.
Bila saja banyak kesalahan” dan perbuatan bila kita ikhlas dan berserah diri padaNYA.Semuanya kembali kepadaNYA..

Barakallah

Meciko
(Keluarga Hj.Asna Ismael Putri ke 2)