Halaman

Rabu, 11 Juli 2012

PERJALANAN ROHANI MENUJU BAITULLAH



 PREPARATION UMROH  (I)
Alhamdulillah Ya Robb  Ya Rahman, Ya Rohiim ,,,Ya Rozzaaq…(Maha Pemurah,Maha Pemberi,Maha  Pemberi Rezeki)..… Mimpi jadi kenyataan…kenyataan diluar batas kemampuan akal manusia akhirnya terwujud sangat  susah dipercaya..Itulah keAgungan Allah SWT.
Manuasia hanya bisa berencana tapi bila Allah berkehendak untuk menjamu lebih cepat ke RumahNYA..
Alhamdullilah YRA…
Kun Fayakun…

Awal cerita saat keinginan  Mama untuk pergi  Umroh lagi  ditemani oleh putri”nya.Beliau ngotot untuk tetap ditemani oleh Uni Ed padahal Uni Ed baru pulang dari Umroh bersama Da Karib dan keluarga Dr Edy(adik Iparnya)  2 minggu yang lewat .
 Mama kembali menyatakan niatnya untuk ajak kembali ke Baitullah bersama Ni Ed  dan Dewi.Dan tak lupa mengajak serta saya ikut.
Memang berat untuk  meluluskan keinginan Mama karena Porsi Haji Insya Allah Tahun ini(2012 M/ 1433 H) sudah keluar  dan sudah mulai Manasik Haji di KBIH  Al Furqon Bekasi  tiap minggu Ba'da Zuhur..
Tapi Mama berandai” sekiranya Saya ikut dan diijinkan Doi…Maka Mama dan 3 Putrinya bisa pergi bareng..memang minus Dr  Hj. Titi karena dia masih punya anak kecil” 3 org dan diapun sudah pernah ke Tanah Suci dalam rangka Dinas(Abidin niyee..).Kami  b4  saudara cewe dari 8 org anak Mama.

Penuh dilemma  awalnya..karena barusan juga Pulang Travelling ke Negeri Sakura Japan  dengan Faras..masak mau pergi Umroh lagi…mana cuti Tahunan habis lagi..alamat  repot nic ngurus ijin kantornya..
Ada rasa tidak enak untuk minta ijin Doi  dan Bos di kantor ..Tapi keputusan ditangan sendiri karena Ibadah beda nilainya dengan Jalan” or Travelling.

Niat awal sedari dulu ingin menggugurkan Kewajiban Rukun Islam dulu yaitu Naik Haji…Baru pergi Umroh yang Sunnah..kalau mampu fisik dan Biaya.
Saking sangat  inginnya untuk menggugurkan Wajib tahun ini Porsi  ONH Reguler dan PorsiONH  Plus keluar barengan.benar” Rahmat dan Rezeki yang berlimpah ruah yang diberikan Allah SWT.
Boleh memilih via jalur mana saja untuk diundangNYA beribadah di Baitullah…
Tapi kita hanya bisa berencana  dan Allah mengijinkan lewat  ajakan Mama kalau Saya akhirnya diundang bertamu ke Baitullah dengan Umroh dulu.Insya Allah sudah melewati hasil diskusi dengan sahabat” dekat,keluarga dan Sholat istikarah tentunya…

Alhamdullilah Barakallah berarti Manasik Haji  lansung ke lapangan (on the spot)…..

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian khusus.

1.TRAVEL AGENT


Kami menggunakan Travel Haji &  Umroh ARAFAH MABRUR yang dipimpin  oleh Ustd. Meidy Latief.Travel ini sudah sering dipakai oleh Keluarga Dr Edy..termasuk Umroh Nied d kel kemaren.
Karena pelayanan yang Prima maka Travel ini menjadi prioritas kami untuk  menjadi Jemaahnya Ustdaz Meidy Latief.
Jadi semua kami serahkan urusan Travel dan syarat” ke Ni Ed dari PDG.Walaupun Kantor Pusat Travelnya disini.Tetap person kontak via Ni Ed..


2. CUTI UMROH

Berhubung Cuti Tahunan sisa 3 itupun untuk Cuti lebaran yang kudu wajib dipotong.Sehingga otomatis Cuti Umroh benar” harus melewati Jalur khusus..alias potong Gaji..
Tidak mudah memang pengurusannya..Dari  Email khusus ke HRD Mgr dan Prod Mgr..untuk Ijin Cuti potong gaji sampai harus approval Plant Manager dan Wa Plant..
Karena niat baik dan ikhlas semua Bos approve.Alhamdullilah dilancarkan lagi prosesnya..
Sehingga ditangan sudah mengantongi ijin Cuti (Potong Gaji  selama  8 hari kerja).


3.. PASPORT DAN VISA

·       Paspor Umum/Hijau dengan nama minimal 3 (tiga) kata misalnya: Ismeli Meciko Vilia Roza.
Bagi yang punya 1-2  suku kata Nama  seperti nama doi ,   Syafrinot , bisa urus di kantor  imigrasi. Nama belakangnya akan ditambah Nama Ayah dan Nama Kakek..Jadi Full Namenya menjadi : Syafrinot Fakhruddin Adimin.

Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang putih

- 80% ukuran kepala (focus wajah)

- Warna baju/jilbab kontras dengan latar (bukan putih /senada)

- Tidak memakai seragam dinas

- Ukuran, 3×4 = 4 lbr, 4×6 = 6 lbr, 2×3 = 2 lbr
(Karena sudah punya untuk syarat” ONH maka saya tidak repot lagi menyiapkannya.)


Kelengkapan Visa:

Vaksin meningitis(buku kuning)

Kita bisa  urus di:

a.   KKP Bandara Halim Perdanakusuma (021) 8000166, 8098665
b.    KKP Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Telp.5502277, 5506068
c.    Garuda Sentra Medika, Kemayoran, Telp. 4241000, 99080383
d.    KKP Tanjung Priok Jl. Raya Pelabuhan No.17 Tg.Priok 021-43931045
Buka jam 8.00-15.00


Setelah mencari informasi dari Lisa (temen SMA) yang barusan pulang Umroh .Akhirnya saya  suntik meningitis di KKP Tanjung Priok .Walau tidak tahu persisi alamat dan gedungnya tapi Niat i& yakin  saja nyetir sendiri di Senen pagi yang macet akhirnya sampai (tidak nyasar lho)…maklum mantan sopir  yang anaknya dulu di SMA 13 Priok.hehe
ternyata disini paling gak  ngantri.Biaya suntik meningitisnya sendiri Rp 110.000 per orang, khusus untuk wanita  ada biaya tes urine Rp 25.000 (pada saat penyuntikan tidak boleh sedang hamil).Pas suntik saya lagi Haid jadi tidak perlu test kehamilan.


Pelayanannya sangat memuaskan masuk lansung ambil kartu daftar dan mengisi form serta pas Jam 8.00 petugas sudah mulai bekerja sesuai fungsinya…
Sangat sigap dan terampil..Salut buat Pimpinan KKP Tj Priok…
Mereka bekerja professional sehingga butuh waktu relative singkat disana .Tidak perlu cuti untuk ngurus ini.



4.KELENGKAPAN TRAVEL BAG dari ARAFAH MABRUR

Travel Bag Arafah berwarna Kuning terang sehingga ”eye catching”.ternyata ada tuiuannya memakai warna yang gampang dilihat dari jauh.Saat bagasi dimasukkan dan dikeluarkan  porter akan banyak tercampur dengan Travel Bag dari Rombongan Umroh lain.makanya dianjurkan menggunakan Travel Bag ini untuk gampang dicollect(namun sayang rada kecil  gak bisa buat ole” deh...buat pakaian aja dah penuh..)

Travel bagnya berisi :

@ Bahan Seragam Batik warna Hijau ( bahannya cukup halus tidak panas)..dijahit di penjahit langganan S.Giri Rawamangun..
@ Mukena  Bahan katun 1 stell (warna list bunganya orange)
@ Bergo Putih
@ Buku Manasik Haji&Umroh yg memakai tali untuk lansung dilingkarkan ke leher saat beribadah

Beberapa tambahan isi koper dari rumah al:

Khusus Wanita (habis yg pergi cewe semua…):
-       Gamis  3-4 buah lebih enak bawa warna putih/hitam atau warna yg tidak mencolok,tidak ketat dan      tidak transparan.
-       2-3 atasan panjang
-       2 rok atau celana (bisa bw daleman gamis nantinya)
-      1-2  kerudung panjang (bergo)
-       1-2 baju tidur/daster
-       Mukena  1 lagi atasan  saja
-       Sajadah kecil buat dibawa-bawa(beli disana juga bole)
-       Handuk kecil buat dibawa-bawa
-       Peralatan Mandi dan skincare
-       Tissue Basah ( kalau sering ke toilet lebih nyaman pakai tissue basah)
-       Tas selempang kecil (untuk ke Mesjid bawa mukena,sajadah,sandal,buku manasik,buku doa,botol minum ,kacamata dll)

-          Kacamata Hitam antisipasi cuaca terik siang hari  saat ibadah ke Mesjid.
        -     Obat”an : Vitamin dosisi tinggi biar tetap fit
      -       Obat Diare
      -       Obat sakit kepala(paling jitu Bodrex bw saya)
      -       Obat demam
      -       Obat pusing
      -       Obat tetes mata
-          Minyak angin,kayu putih dan Salep Gosok  pegel” untuk kaki (Merek Muay asli Thailand)
-          Dll yang memang sering kita pakai di Indo  
-       Masker
-           Celana dalam sekali pakai isi 5 (2 pak) atau
-           Pantyliners-Bra
-          Kaos dalam yang ada kantong tengahnya…buat simpen uang saat ke mesjid
-           sepatu sandal lebih afdol putih   (better bawa cadangan)
-          Kaos kaki 3-4 pasang (warna krem , hitam  dan putih)
-          Gantungan baju..bw dihotel bila habis mandi nyuci baju (gampang kering soalnya)..
-          Kamera & batere
-          Handpone & Batere..(kadang bisa dibawa ke dalam masjid jika pinter’ nyimpennya biar gak ketauan askar)…

Doa Keselamatan & Pengajian




Saat sebelum berangkat kami sudah niat untuk mengadakan sedkit “ Doa Keselamatan & Pengajian “ di rumah.Karena diadakan Kamis Malam (22/7’12) persis malam pengajian rutin jadi Mama d kel dari PDG belum sampai di JKT.Karena mereka sampai Sabtu pagi(24/7).
Alhamdullilah lumayan ramai Ibu” yang datang dari ustadzah Nurlaila Rauf,Guru” Pengajian kami serta Ibu” MT Ummahatusholeha…
 Doa mereka untuk kelancaran Ibadah ,keselamatan,kesehatan dan selamat PP   bagi kami ber4. Serta keselamatn buat keluarga ,suami ,anak” yang ditinggalkan .Tak lupa  mereka minta didoakan agar secepatnya dipanggil untuk ke sana…
Walaupun beberapa temen" pengajian sudah ada yang Naik Haji   juga..
Mudah”an kami bisa menyampaikan amanat dan pesan mereka di Tanah Suci…

JADWAL KEBERANGKATAN:

Itinerary awalnya dari Arafah Mabrur kita berangkat hari Sabtu Malam ( tgl 24/7) ternyata ada sedikit masalah di Visa Saudi yang belum terbit sampai Jumat.Akhirnya Jadwal kami digeser menjadi Rabu Dini Hari/Kamis Pagi Jam 01.00 (tgl 27 July’12).Otomatis semua jadwal,penerbangan,Hotel ,Akomodasi berubah.Awalnya sempat protes karena Maskapai awalnya Saudi Arabia ganti ke Lion dan terakhir ganti ke Batavia dan Total harinya dari 13 hari + Dubai menjadi 10 hari saja.
Tapi mungkin ini sudah kehendakNYA jadi kami jalani saja dengan ikhlas dan sabar.
 Ternyata diakhir perjalanan memang ada hikmahnya lebih lama beribadah di Mekah.

MANASIK UMROH

Berhubung Jadwal digeser akhirnya Manasik dilakukan hari Sabtu pagi di Kantor Arafah di Ciputat.
Sempat kenalan dengan Jemaah laiinnya yang beberapa dari mereka keluarga besar Ustadz Meidy dari Banjarmasin,ada yang dari Pontianak, Saat manasik kami berkenalan dengan Ustadzah Tuti Sukayat salah satu penceramah yang cukup terkenal dan penulis beberapa Buku” Agama/Doa…
Awal perkenalan beliau mengajarkan doa” selama Ibadah dengan style bernyanyi/bersenandung  sehingga kita saat melakukan Ibadah Sai,thawaf tidak bête…
Sepertinya perjalanan Umroh kami cukup seru ternyata kami akan dipandu oleh Ustadz Meidy dan istri Ustadzah “Umi Siti” beserta Jemaah yang sekalian juga Ustadzah pemimpin Haji d Umroh selama 16 tahun Ustdzah Hj.Tuty Sukayat MA…tambah lagi Mutawiff di Mecca Ustdz  Zakir…asli Madura yang sudah lama bermukim di sana.Dengan total rombongan 23 orang tidak terlalu banyak sic..


Akhirnya  Kami ber4 Mama,NiEd ,saya dan Adek Dewi (Team cewe) tanggal 27 Juni- 8July 2012 total 10 hari berangkat Umroh ke Tanah Suci. Niat mama terkabul dengan membawa 3 Putrinya.Ada sedikit rasa mengganjal di hati bila tidak mengabulkan permintaan beliau “jangan..jangan..ibadah Umroh beliau yang terakhir bersama kami…” Mudah”an saja beliau masih diberi umur dan kesehatan yang panjang untuk kembali lagi ke Tanah Suci…..


Labaîk allâhumma labaîk, labaîk lâ syarîka laka labaîk, innal hamda wan ni’mata laka wal mulku, lâ syarîka laka
“Aku penuhi seruan-Mu Ya Allah, aku penuhi seruan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan seluruh kerajaan milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu.”



 ( To be continued)…..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar