Halaman

Sabtu, 04 November 2017

MENIKMATI KERETA SUPER CEPAT SAPSAN MENUJU ST PETERBURG...EDISI 10

Hari 6: 21 MEI 2017 SUNDAY 
Hari ini kami akan berangkat menuju kota cantik dan terbesar ke 2 di Rusia St Peterburg setelah Moskow .Horeee semangat seperti ingin ketemu pacar saja layaknya.
Kami harus check out pagi after breakfast untuk selanjutnya pindah kota dengan membawa semua koper dan barang.Selain ditemani mas Baroq kami juga ditemani Mas (Rio Febrian) Bayu  yang baru joint saat kita mau berangkat ke St Peterburg.Bayu pernah kuliah di Rusia  sehingga bahasa Rusia pastinya lancar dan fasih.Kembali ke Indo dan bergabung dengan Ote Group.

KERETA SUPER CEPAT SAPSAN
Perjalanan dari Moskow ke St Peterburg  yang berjarak sekitar 714 km .St Peterburg berada di sebelah utara Kota Moskow.Group kami diberi kesempatan untuk memilih moda transportasi Kereta Super cepat Sapsan (tulisan Rusia Cancah).Waktu tempuh dengan menggunakan kereta super cepat ini sekitar 4 jam perjalanan dengan kecepatan 230 km/jam..wow cepatnya...
Sementara bila kita naik kereta Reguler waktu tempuh dicapai sekitar 9-10 jam perjalanan.Kalau kita mau berhemat bisa sich berangkat sore dari Moskow pagi hari sampai di St Peterburg..Ntar ya kita coba bila jalan private..
Kami harus geret koper besar dan kecil melewati stasiun октябрьская (baca: Oktyaberskaya)  .Stasiun Jalur Koltsevaya Metro Moskva yang dibuka sejak 1 januari 1950 .Stasiun yang didesain oleh Leonid Polyakov.
Kami diberikan tiket seharga 2516 Rubel sekitar Rp 600 rban ( 1 Rubel= Rp240) tiap orang yang sudah ada no seat 2C Jam 07.45.Train 756 AA Gerbong 09.Kita harus teliti saat masuk gerbong dan jalur kereta agar tidak salah masuk kereta.Apalagi tiap kita geret Koper 2 sehingga harus tepat masuk ke gerbong yang sesuai tiket.2 jam sebelum keberangkatan kami sudah berada di stasiun .Beberapa kami ada yang beli snack dan minuman untuk di kereta.Malah kami masih bisa cuci mata melihat barang barang yang dijual mini store sekitar stasiun.


Akhirnya kereta datang kami sudah berada antri di jalur yang ditentukan.Untung saja Koper dibantu Porter yang kami sewa secara group .Sehingga setelah masuk ke kereta dan ditaruh di ruang bagasi yang berada di posisi belakang kursi duduk.

Perjalanan selama 4 jam tidak terasa dilewati .Panorama indah di luar dengan suasana kereta yang tenang,tanpa goyang serta kursi yang nyaman dan ruang yang lega  membuat suasana di kereta seperti naik pesawat saja.kami bisa charger HP,bisa makan minum dan malah foto foto narsis di Sapsan.Fasilitas kereta yang nyaman ada lemari khusus untuk gantung jacket,sweater .Malah ada penawaran merchandise di kereta.Terlihat Mbak Adonia beli sesuatu untuk cucunya.
Alhamdulilah disetiap perjalanan saya bisa menikmati moda transportasi yang keren di setiap kota.Nyaris sama kalau kita berada di Jepang bisa menaiki Kereta Shinkansen antar Kota antar Distrik.
Tanpa terasa kami sampai di St Peterburg yang sudah dinanti oleh Bus Private group kami.Disini enaknya bila group tidak terlalu besar kami hanya berjumlah 26 orang sehingga keakraban terasa begitu kental dan saling kenal satu sama lain.Tambah lagi group kami mayoritas emak emak hobi travelling plus 1 Cowo Handy yang batal pergi dengan istrinya.
St Peterburg...THE VENICE  OF THE NORTH .KOTA TERCANTIK DI DUNIA
Saint Peterburg adalah kota terbesar kedua di Rusia setelah Moskow .Kota cantik ini dibelah oleh Sungai Neva dan terletak di tepi teluk Finlandia di laut Baltik.St Peterburg menjadi Kota pelabuhan terpenting bagi Rusia di Laut Baltik.
Kota tua ini didirikan 27 Mei 1703 oleh  Tsar Peter the Great di tahun 1914 berganti nama menjadi Petrograd .Tetapi th 1924 berganti nama menjadi Leningrad  sampai th 1991 kembali memakai nama St Peterburg.Malah sempat menjadi ibukota Rusia.
Kota indah yang dibelah oleh sungai neva dengan jembatan jembatan megah indah melewati kanal kanal cantik .Wajar saja Kota ini di nobatkan UNESCO Heritage Warisan dunia..Subhanallah..
Kita buktikan ya secantik apakah Kota St Peterburg ini.
Kami diberi kesempatan untuk menulusuri salah satu Bangunan sejarah di St Peterburg yaitu Benteng Peter and Paul Fortress.
BENTENG PETER and PAUL FORTRESS
Benteng asli dari St Peterburg yang didirikan oleh Peter Agung th 1703.Benteng ini merupakan bangunan permanen pertama yang dibangun Peter untuk antisipasi ancaman dan serangan dari Kerajaan Swedia.Malah didalam benteng juga didirikan Katedral lho.Benteng yang dibangun dengan desain dari Domenico Trezzini dari th 1706-1740.Benteng ini nasih digunakan sebagai penjara dan tempat eksekusi di awal th 1920an...ihhh sereeem..
 Kami masih sempat menelusuri tepi luar benteng yang lansung berbatasan dengan sungai Neva.Tidak jauh dari Benteng Peter and Paul Fortress terdapat Mesjid St Peterburg(Blue Mosque).Edisi berikutnya saya akan cerita tragedi 5 emak  ditinggal "Pesiar Neva Cruise "..hiksss termasuk saya..




to be continued
http://meciko.blogspot.co.id/2017/11/mesjid-biru-peterburg-saksi-bisu-5-emak.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar