Halaman

Selasa, 07 November 2017

SORGA WISATA BERADA DI TENGAH DI KOTA ST PETERBURG EDISI 12

St Peterburg...THE VENICE  OF THE NORTH .KOTA TERCANTIK DI DUNIA
Hari ke-6 Minggu tgl 21 Mei 2017
Saint Peterburg  ,Kota cantik yang sedang kami datangi memang indah dipenuhi dengan gedung gedung sejarah dengan landmark yang memukau.Bila ke Rusia tanpa datang ke St Peterburg hampa rasanya dunia.Cailee.
Setelah awal kedatangan kami mengunjungi Benteng Peter & Paul Fortress serta Mesjid Biru Soekarno St Peterburg serta Neva Cruise group tadi siang.
Senja menjelang malam kami check in di Orbital Hotel yang berada di St Peterburg ,4 Nepokorennyh Pr.Kalininsky District,Saint Peterburg,Rusia 194021. 
Kamar kami  di Lt 7 no 722 berdua dengan Onty Fifi berada persis di depan menghadap apartement" yang berada di sebelah barat sehingga saat matahari tenggelam di  malam jam 21.an  kami masih melihat semburat merah jingganya..Indahnya..
 Setelah semalam  menginap di Orbita Hotel .Senen(22 May 17) saatnya kami hunting landmark" top dan keren di Kota yang dijuluki Venice di bahagian utara ini.
1. CHURCH OF THE SAVIOR ON BLOOD
 Gereja kebangkitan ini berada di tepi kanal Griboyedov.Seumur hidup saya setengah abad ini baru kali ini ketemu gereja yang sangat indah selain Katedral St Basil di Moskow .Ornamen" yang eye catching dengan warna warni yang sangat mencolok serta dihiasi kubah bawang yang warna warni..Indahnya...Kita pasti bertanya tanya kenapa gereja ini dinamakan Gereja berdarah karena gereja ini dibangun di bekas area Kaisar Alexander  II terluka parah  th 1881.Gereja sangat indah ini dirancang oleh Alfred Parland dengan gaya Gothic Rusia nan kental.Nama lain gereja ini adalah The Catedral of the Ressurection of Christ atau Gereja Katedral  Kebangkitan Kristus.
Namun sekarang bangunan ini bukan sebagai gereja lagi.Tetapi sudah menjadi Museum yang masuk dalam Situs Warisan dunia .Kami sempat menyimpan moment indah 3 sahabat cantik SMA ( Mbak Yuyun,Drg Dessy dan Mbak Riana) dilatarbelakangi Gereja indah ini.
2. NEVSKY PROSPEK
Nevsky Prospek merupakan jalan utama yang berada di tengah Kota St Peterburg. Jalan utama yang dibangun oleh Peter of Great .Jalan yang berada di jantung kota dengan bangunan bangunan kuno sebagai cagar alam  berarsitektur gaya Rusia Klasik. Jalan utama yang dipenuhi gereja gereja klasik,restorant ,kafe,Musium .
3. KAZAN CATEDRAL
Nevsky Prospek merupakan jalan utama yang berada di tengah Kota St Peterburg. Sementara Kazan Catedral  berad di sekitar Nevsky Prospek.Sepintas Katedral ini berbentuk seperti galery seni atau musium .Terlihat fasad depan dipenuhi pilar pilar raksana yang puluhan banyaknya melingkari katedral.Gereja Orthodox Rusia .
wikimedia.org
Katedral Kazan masih digunakan sebagai tempat ibadah sehingga tidak dipungut biaya masuk.Kami sengaja masuk untuk melihat keindahan ornamen interiornya.Banyak penganut kristen orthodok berdoa di altar gereja.Sayang kami tidak boleh foto di dalam area gereja.Sehingga hanya sepintas kembali keluar menikmati jalanan Nevsky Prospek.Beberapa teman malah nongkrong cantik di kedai Kopi Starb..k yang terletak tidak jauh dari Kazan katedral.Kami hunting Tumbler St Peterburg buat oleh oleh si bujang.Dan menikmati kopi di kedai kopi dengan suasana dingin" bulan semi..Katedral Saint Isaac 
 4. CATEDRAL ST ISAAC
 Katedral Saint Isaac atau dikenal juga dengan  Isaakievskiy Saboor berada juga tidak jauh dari Kazan katedral dan Nevsky Prospekt.Ternyata katedral ini merupakan Gereja terbesar Orthodok di St Peterburg serta terbesar ke-4 di dunia.Woww...Gereja ini dibangun untuk menghormati Saint Isaac Dalmatia seorang saint(orang suci) pelindung dari Peter the great dibangun th 1818 kemudian dibuka 1858.
Kami masih bisa foto foto di depan gereja dan juga bus City Sightseeing St Peterburg dengan warna merah kinclong.
 5.BRONZE HORSEMAN
Bronze Horseman atau dinamakan juga Medniy Vzadnik merupakan sosok Peter the Great yang terbuat dari perunggu.Patung ini bermula dibuat atas ide Catherine II setelah Peter the Great tewas dan digantikan oleh Catherine II atau  Yekaterina II Velikaya.Patung ini berada persis di depan kompleks Katedral St Isaac 
Kami dibawa ke suatu toko cendera mata yang hampir semua pernak pernik souvenir Rusia ada di toko ini.Tetapi harganya jauh lebih mahal di banding Pasar Ismailova.Sehingga kami hanya menikmati dan hunting jenis souvenir saja disini.Malah pasar seni yang berada di sekitar Gereja Savier the Blood lebih menjanjikan secara harga agak miring.Sehingga sorenya kami kembali lagi ke sana supaya gak kecewa...dasar emak emak gak mau rugi..






6.SMOLNY CATEDRAL 
Masih berada di tengah kota St Peterburg persisnya di tepian kiri Sungai neva kami mampir di gereja Biru nan cerah yang belakangan kami tahu namanya Smolny Catedral atau gereja Biru karena berwarna biru.Salah satu Landmark yang cukup terkenal dengan desain dan warna.Smolny Catedral ini dibuat oleh Arsitek terbesar FB Rastrelli th 1748dan baru th 1835 semua dekorasi interiornya selesai.Monumen dan gereja yang dipenuhi mistis,legenda berabad abad lamanya.
 Begitu banyak landmark terkenal dan sangat penuh misteri berabad abad lamanya di St Peterburg.Semua terlihat cantik dan sangat indah.
 Kami masih punya banyak waktu explore kota nan indah ini.Masih banyak yang akan kami telusuri untuk 3 hari ke depan.Kita akan puas puas mengelilingi St Peterburg nan indah bak sorganya wisatawan..

 to be continued








https://meciko.blogspot.co.id/2017/11/rusia-versailles-istana-peterhof-yang.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar