Halaman

Minggu, 05 November 2017

MESJID BIRU PETERBURG SAKSI BISU 5 EMAK DITINGGAL NEVA CRUISE...EDISI 11

St Peterburg...THE VENICE  OF THE NORTH .KOTA TERCANTIK DI DUNIA
Saint Peterburg adalah kota terbesar kedua di Rusia setelah Moskow .Kota cantik ini dibelah oleh Sungai Neva dan terletak di tepi teluk Finlandia di laut Baltik.St Peterburg menjadi Kota pelabuhan terpenting bagi Rusia di Laut Baltik.
Kota tua ini didirikan 27 Mei 1703 oleh  Tsar Peter the Great di tahun 1914 berganti nama menjadi Petrograd .Tetapi th 1924 berganti nama menjadi Leningrad  sampai th 1991 kembali memakai nama St Peterburg.Malah sempat menjadi ibukota Rusia.
Kota indah yang dibelah oleh sungai neva dengan jembatan jembatan megah indah melewati kanal kanal cantik .Wajar saja Kota ini di nobatkan UNESCO Heritage Warisan dunia..Subhanallah..
Pada saat musim panas terjadi fenomena alam WHITE NIGHT.White Night merupakan fenomena alam dimana malam hari seperti sore hari.Jadi bisa dibayangkan malam sudah jam 21.00 tetapi masih terang benderang.Ini yang kami temui selama travelling di St peterburg.Jam 21.00 malam masih seperti senja saja.Sehingga banyak waktu siang kami untuk jalan dan jalan terus.Sehingga malamnya semakin pendek.
Setelah mengunjungi Benteng Peter & Paul Fortress tidak begitu jauh dari benteng seberang jalan berdiri megah sebuah Mesjid besar berwarna biru anggun.Mesjid St Peterburg yang juga dikenal dengan Mesjid Biru Soekarno.

MESJID BIRU SOEKARNO
Mesjid berwarna biru dengan arsitektur Asia Tengah berada tidak jauh dari benteng Peter & Paul Fortress.Tidak begitu jauh dari Sungai Neva juga.Mesjid itu dinamakan Blue Mosque atau Mesjid St Peterburg seperti nama kotanya.Tetapi banyak orang menamakan mesjid ini dengan Mesjid Soekarno .Sejarah mencatat Mesjid ini pada tahun 1950an pernah dijadikan gudang oleh Pemerintah Rusia.Apalagi saat zaman era Komunis rumah rumah ibadah dilarang untuk digunakan tempat ibadah.
Pada th 1956 Presiden Soekarno dan putrinya Megawati  pernah berkunjung ke Rusia dan mampir ke St Peterburg dan mendapati gudang seperti mesjid.Presiden Soekarno kemudian meminta pemerintah Rusia untuk mengembalikan fungsi semula sebagai tempat ibadah Mesjid.Beberapa setelah Presiden Soekarno kembali ke Indonesia.Mesjid tsb kembali dibuka sebagai tempat ibadah umat Islam.
Th 1980 kemudian direnovasi besar besaran seperti bentuk yang sekarang kami lihat.

Beruntung sekali kami bisa menginjakkan kaki di Mesjid Biru nan megah ini dan melaksanakan sholat jamak .Disini enaknya bila pergi dengan group yang kebanyakan muslim kita diberi kesempatan ibadah ke Mesjid di suatu kota..Berkah hendaknya.
Rasa haru,kagum dan bangga bercampur aduk .Bayangkan saja berada di negara komunis tetapi kami bisa beribdah dengan tenang dan nyaman.
Mesjid Biru ini merupakan Mesjid terbesar di Eropa selain di Turki.kubah biru dengan tinggi 39 meter dengan menara kembar dengan tingginya 48 meter.Dinding ekteriornya terbuat dari granit abu abu sementara interiornya dipenuhi dinding dengan marmer berlukiskan flower dan kutipan ayat ayat al Quran.Lantainya dibentangkan karpet merah nan mewah buatan pengrajin Asia Tengah.
 Setelah dari mesjid group ternyata melanjutkan perjalanan menaiki Neva Cruise menyusuri kanal demi kanal sungai Neva .Tapi kami 5 orang Saya,Mba Nani,Onty Fifi,Mba Hening dan Mbak Peny salah mengerti kami kembali ke Bus yang berada di dekat Mesjid.Sementara group sudah naik Cruise.Olala sempat kami kesal dengan miskomunikasi ini .Untung Mas baroq telpon saya.Mereka akan tunggu tetapi jalan menuju tepi sungai Neva lumayan jauh bila balik lagi.Akhirnya kami putuskan untuk explore daerah sekitar Mesjid saja.


 Perut mulai keroncongan akhirnya kami menemukan penjual Kebab  Muslim berasal  dari Turki.Menikmati kebab di Halte bus di tengah Kota St Peterburg menjadi suasana yang special apalagi ditinggal group .hiksss.

 
Sekitar 1,5 jam group kembali ke bus setelah penantian panjang kami.Tetapi Mas Baroq berjanji akan membawa kami b5 kembali menaiki Cruise khusus agar 1 destinasi yang tertinggal bisa diganti.Benar saja saat group jalan ke Istana kami diberi kesempatan menyusuri Neva ditemani Mas Baroq.Memang baik sekali Mas Baroq.Ini bisa terlihat dari setiap perjalanan demi perjalanan setelah itu kami bisa menilai siapa yang ikhlas membantu tanpa pamrih dan hanya sekedar tugas saja...hmm curhat emak
Saat itu petugas Cruise menyangka kami b5 adalah istri istri Mas Baroq...huhahaha..( 5 orang selir)...ada ada saja
Akhirnya foto ini menjadi viral di group Rusia4  "5 istri yang tertinggal cruise di St Peterburg" ...huhahaha..




Tobe continued
https://meciko.blogspot.co.id/2017/11/sorga-berada-di-tengah-di-kota-st.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar