Halaman

Jumat, 22 November 2019

BERBURU SOUVENIR BORNEO DI PASAR KEBUN SAYUR BALIKPAPAN

Bila jalan ke suatu kota atau daerah pasti pingin tahu tempat menjual souvenir atau cendera mata khas Kota tersebut.
Berada di Borneo atau persisnya di Balikpapan kita akan mencari tahu dimanakah pusat Souvenir dan Cendera mata khas Borneo.
Kami kemudian menemukan informasi bahwa Pusat Souvenir dan cendera mata di Balikpapan salah satunya berada di Pasar Inspres KEBUN SAYUR.
Pasar Inpres KEBUN SAYUR berada di Kota Balikpapan hanya 6,5 Km dari Hotel Aston sekitar 20 menit kita sudah sampai di Pasar Inpres ini.Berada di Jl Letj. Soeprapto Kebun Sayur Balikpapan Kalimantan Timur.
Nama Pasar sangat sederhana KEBUN SAYUR barangkali banyak sayur yang dijual di situ ternyata tidak ada Sayur yang di jual.Sejarahnya dulu merupakan kebun Kangkung dan sebahagian kawasan Pemukimam Penduduk Tionghoa yang kemudian th 1981 hasil keputusan Inspre kemudian dibuat pasar untuk menampung pedagang Pasar Pandansari dan Pasar Blauran Kebun Sayur yang terbakar. 
Saat saya dan teman Ikasmantri85  ke Banjarmasin th 2016 saya sempat main dan shopping juga ke Pasar Souvenir oleh -oleh di Pertokoan CBS (Cahaya Bumi Selamat) Martapura.
Kami memasuki Pasar Inpres Kebun Sayur masih pagi dan sepi belum terlalu ramai.Kami persis menemukan suasana dan pernak pernik isi pasar hampir sama dengan Pasar CBS Martapura.Pasar Kebun Sayur berisi aneka souvenir dari Manik manik Borneo,Aneka Batu Akik (aneka perhiasan Gelang,giwang,kalung),Pernak pernik khas Dayak,Aneka Tas Manik ,Kain Songket Borneo dan Baju Kaos dengan khas Borneo .Naluri dan Jiwa khas perempuan mengalir deras bila bertemu dengan suasana Pasar seperti ini.Ya Ampuun.
Apalagi barang yang berada di sini sangat cocok dengan isi Chiko Kado yang mempunyai Koleksi Souvenir Nusantara dan Manca Negara.
Disaat saya heboh dan terpesona saat menemukan harta karun di Pasar Kebun Sayur sementara 3 Big Bos SN hanya santai melihat 1-2 toko untuk membeli oleh" istri dan makanan untuk di rumah.Berada di pasar ini harus mempunyai trik jurus menawar yang jitu.Apalagi bila kita beli dengan jumlah yang cukup banyak.Bukan saja barang untuk isi toko tetapi oleh oleh buat sahabat sempat saya beli di sini.
Sangat terpesona dengan kain songket khas Borneo dengan warna warni cerah dan desain yang sangat indah.Selain Songket Khas Dayak juga ada Batik motif khas Dayak juga .Tinggal pilih mana yang disuka.
Ternyata songket Borneo Balikpapan ini sangat beragam juga dari bahan katun,sutera dan bahan lainnya tersedia.Tergantung budget yang kita inginkan.Termasuk yang hobi dan koleksi Kain Nusantara beberapa helai warna warni yang cantik akhirnya menjadi oleh oleh buat keluarga.Bahkan Batik Khas  Dayak juga dijual di sini.Lengkap bangets khan.
Sayang saya merasa gak enak ditungguin 3 Bos SN sementara mereka tidak begitu berminat belanja dipasar ini.@naluriBos emang beda. hihaa
Coba saya dikasi waktu full day sendiri ke sini...so pasti Mabuk kepayang walah.. 
Malah saya juga melirik Tas Tas manik buatan khas Borneo.Warna warna cerah mendominasi hasil tangan pengrajin Borneo.Beberapa ukuran Tas Manik menjadi pilihan untuk koleksi Chiko Kado.Nach bila penasaran belum sampai ke sana boleh melipir ke Toko Chiko Kado di Kota Harapan Indah...hehe..@naluridagangnich.
Berasa hampir 2 jam disini dan saya masih menikmati memilih milih barang untuk oleh oleh,koleksi dan dagangan tetapi karena ikut dengan para Bos SN dan harus tahu diri akhirnya saya mengakhiri petualangan shopping di Pasar terbesar Souvenir dan cendera mata di Balikpapan ini.Bayangkan saja bila pedagangnya berjumlah 600 toko baru hanya 4-5 toko yang dimasuki terasa belum ada apa apanya.@kecewaberatnich
 Barangkali bikin penasaran itulah membuat saya nantinya harus balik lagi ke Borneo..Paling tidak ke Kota yang berbeda.Insya Allah.
Siang ini harus berakhir berburu oleh oleh dan souvenir Khas Dayak di Pasar terbesar Souvenir Balikpapan.
Lain waktu kita balik lagi ke sini yach.Nach bagi pecinta pernak pernik dan cendera mata bila berada di Kota Balikpapan jangan lupa mampir ke Pasar Inpres Kebun Sayur ya.
Berakhir sudah travelling saya di acara utama untuk pergi Pesta pernikahan Fahri di Balikpapan.Lain waktu kita kulik lagi travelling dan kuliner Borneo saat dolanan lagi ke Pulau ini ya....
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar