Halaman

Selasa, 02 Februari 2016

GRAND MOSQUE(ULUCAMI) ,MESJID AGUNG TERINDAH DI KOTA BURSA..EDITION 7

Beruntung kami saat perjalanan Umroh plus Turki ini bisa menelusuri jejak Peradapan Islam di Negara Ottoman .Salah satunya yang berada di kota Bursa.
Berada di tengah jantung Kota Bursa sebelah selatan Istanbul kira kira 100 km.Sementara Grand mosque megah ini berada di pusat keramaian dan pusat belanja Bursa.












Salah satu sisa peninggalan Islam di Bursa yaitu Grand Mosque atau dikenal dengan Ulu Cami yang dibangun dengan style Seljuk pada saat Kerajaan ottoman berkuasa di bawah Sultan Bayezid I( Sultan Yildirim  Bayezid) yang dibangun antara thn 1396-1399.Sultan bayezid I pernah bersumpah bila memenangkan Perang Nicopolis melawan pasukan Raja Sigismund (Hungaria) maka ia akan membangun 20 mesjid .Setelah menang akhirnya para penasehat sultan menyarankan untuk mendirikan satu masjid megah saja tapi dengan 20 kubah sama besar.Sementara 12 pilar berbentuk segi empat yang dihubungkan dengan lengkungan gaya arsitektur Seljuk .Sangat indah…

















Mesjid ini merupakan masjid terbesar  dengan keindahan kaligrafi di hampir setiap sudut masjid.Apalagi Ulu Cami memiliki 20 kubah(Dome) dan 2 Menara didesain oleh seorang arsitektur terkenal Ali Neccar   serta yang lebih specific mempunyai air mancur dan tempat wudhu persis di tengah Mesjid.Subhanalloh ..








Ekterior terlihat seperti batu persegi panjang dengan warna batuan terang dan sebahagian dilapisi keramik.Berhiasakan jendela jendela kecil dengan 2 menara kiri kanan dan 3 pintu masuk menghadap ke Bazar,Pelataran dan taman kota.
Tak lupa kami berwudhu dulu di samping kanan belakang masjid untuk segera melakukan Sholat Sunat 2 rakaat.Sayang sekali masuk ke Mesjid megah bila kita tidak sholat dan berdoa disini.



Sepatu dan sandal dapat dibawa ke dalam masjid karena masjid menyiapkan rak rak kayu kokoh untuk menyimpan sepatu pengunjung.Sementara Jemaah wanitaada tempat khusus di posisi belakang yang sudah dibatasi dengan pagar keramik yang kokoh.



Sementara di tengah masjid ada ruangan berpagar kayu dengan kolam air dengan hiasan air mancur dari kolam yang dihiasi bebatuan keramik sangat istimewa.Ternyata tempat ini bisa digunakan untuk tempat wudhu Pria yang terbuka .Sementara di pelataran luar juga tersedia puluhan kran wudhu dengan  dudukan sangat rapi dan teratur.


Kemudian kita masuk ke dalam Mesjid dengan terpesona kaligrafi dan keramik yang digunakan.
Kubah atas terbuka dengan fungsi ganda juga sebagai jendela.Karpet merah bata menghiasi seluruh lantai masjid dengan motif yang indah.Apalagi kaligrafi di tiap dinding begitu banyak kaligrafi indah mneghiasi interior masjid ini.Bahkan pilar pilar pun tak luput dari hiasan ornament dan kaligrafi bernilai seni tinggi. Hampir 200 karya kaligrafi para seniman Turki utsmani di abadikan ddinding masjid megah ini.Sayang baget ke kota Bursa kalo gak mampir dan sholat di sini…



Terpesona memandang dan mengngagumi smua hasil arsitektur zaman Sultan Bayezid I ini.
Hanya waktu yang membatasi kami untuk menikmati pesona dan keindahan masjid aguing Bursa yang terbesar dan terindah di kota ini.




Takhenti hentinya kami berdecak kagum dan bersyukur bisa mengunjungi salah satu mesjid terbesar di bursa dan merupakan peninggalan zaman ottoman...













Perjalanan dilanjutkan ke Green Mosque dan Silk House....
to be continued

http://meciko.blogspot.co.id/2016/02/menikmati-iskender-kebab-makanan-asli.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar