Halaman

Rabu, 17 Februari 2016

MENYUSURI MESJID BIRU (GRAND MOSQUE) DI KAWASAN TUA SULTAHNAHMED ISTANBUL ..EDITION 11


Setelah menyebrangi Laut Marmara dari Kota Bursa ke Istanbul .Saatnya kami mngeksplore kawasan wisata Kota Istanbul yang persis berada di kawasan wisata Kota Tua  yang sangat terkenal “Sultanahmed”.
Kawasan ini merupakan pusat Kota Constantinopel zaman dulu.Beberapa situs kuno berada di daerah ini seperti Tugu Perjuangan rakyat Hipodrome,Museum Haga Sophia, Istana Top Kapi ,The Basilica Sistern.

Walaupun kami hanya berjalan sepintas di kawasan ini.Kami masih menikmati indah dan sejuknya kawasan Sultanahmet di antara merpati merpati yang berterbangan.

Dr Titi adek sangat penasaran untuk dapat mendekati HAGA SOPHIA tetapi kita harus memilih destinasi yang akan kita masuki karena waktu yang membatasi perjalanan wisata kami.Di daerah Sultanahmet ini kami dapat mengeksplore Istana Topkapi dan Mejid Biru .Sementara Haga Sophia hanya bias dilihat dari pelataran samping saja.Tidak apalah yang penting kami sudah bias berfoto dan punya moment di daerah wisata yang sangat terkenal di Istanbul ini.

Bayangan sangat saya dan Naufal pernah menapaki kaki di daerah ini 4 tahun yang silam kembali merebak saat Tulip bermekaran dimana mana indahnya…Jadi rindu kembali bertemu dengan si Abang Naufal…hmmm mm mulai lebay..
Tugu perjuangan Hippodrome sepintas jauh memandang kami tidak mendekatinya karena target pagi ini ke sebuah situs Kuno yang sangat terkenal di Istanbul Blue Mosque atau Mesjid Sultan Ahmed.

Mesjid Biru walalupun dari luar tidak terlihat Biru sama sekali tetapi setelah masuk ke dalam interior dari Mesjid ini dominan berwarna “BIRU”.
Mesjid Biru di bangun persis di lokasi Istana Kaisar Bizantium berhadapan lansung dengan Kuseum Haga Sophia dan Lapangan Hipodrome .
mecikoblogspot
mecikoblogspot
Blue Mosque atau Mesjid Sultan Ahmed (dalam bahasa Turkiyenya Sultanahmet Camii).Persis berada di landmarknya Turkiye kawasan Sultanahmed  dimana pada tahun 1453 menjadi Pusat Constantinopel ,ibukota dari Bizantium.


Memasuki ruang dalam Mesjid setelah kita melakukan Sholat Sunat 2 rakaat saatnya menikmati keindahan in terior dalam mesjid nan megah.Ada bertingkat kubah dominan  dengan ditopang tiga tembok melengkung.Berhiaskan tulisan kaligrafi Arab .Sementara dinding interior dalamnya dipenuhi dengan keramik 20 ribuan keramik hand made dengan variasi hiasan tulip buatan Iznik,salah satu daerah penghasil Keramik Turkiye  yang paling terkenal di dunia....


Sementara karpet merah hati merona menghiasi hampir seluruh lantai Mesjid dengan desain beragam corak Tulip.Dari sini terlihat kalau Bunga Tulip ini asli berasal dari Negri ini.Bukan dari Holland lho...


Sementara ekteriornya dipenuhi dengan jendela jendela besar hampir 200 lebih jendela kaca menghiasi sekeliling Mesjid megah ini.

Mesjid biru mempunyai 6 menara dan 36 buah kubah kecil disekeliling kubah besarnya.
Alhamdullilah kami bisa sholat di sini dan juga bisa menikmati kemegahan interior dan ekterior Mesjid Sultanahmed ini.







to be continued
http://meciko.blogspot.co.id/2016/02/jejak-kaki-cantik-ke-dua-di-kemolekan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar