Minggu, 17 Juli 2022

BERASA BERADA DI NEW ZEALAND ALA KABANJAHE DI KEBUN MADU EFFI EDISI 3

Setelah Edisi ke-2 kita "Mabok Kepayang" sama semua Kuliner Halal selama 4 hari di Sumatera Utara .Hari pertama sejak sampai di Kualanamu kita lansung menuju Sibolangit untuk stay di sana 1 malam.

Setelah siang menikmati kuliner khas Berastagi  di Warung Wajik  Peceren Berastagi kami melanjutkan destinasi perdana di Sumatera utara ke daerah Siosar.

Tepatnya Jl Kabanjahe Siosar Km 13 Siosar Sukamaju Kec Tigapanah Kab Karo Sumut

Destinasi ini "WISATA KEBUN MADU EFFI" merupakan tempat wisata terbaru dan lagi diminati wisatawan yang berada di Perbukitan Puncar 2000 Siosar Desa Kacinambun Kabanjahe,Sumatera Utara.Jarak destinasi ini dari KNO Airport sekitar 119 KM atau ditempuh dengan waktu 4 jam perjalanan darat.

Jarak dari Kota Berastagi sekitar 25 km atau ditempuh dengan waktu 30-45 menit.Jadi saat habis mampir di Peceren terasa tidak begitu jauh dengan jalanan menanjak dan banyak perkebunan sayur dan bunga dikiri kanan jalan.Udara sudah mulai terasa sejuk dan nyaman ketika kami sampai di Puncak Siosar 2000.

KEBUN MADU EFFI

Kawasan Kebun Effi ini memiliki luas 28 Hektar.Masya Allah luas sekali yang terletak di areal lahan yang berbukit dan tidak begitu jauh dari Gunung Sinabung.Perjalanan melewati perbukitan nan menghijau dengan jalanan berkelok kelok serta udara sejuk segar dengan panorama yang fantastik.Panorama alam yang tersaji di kawasan ini benar benar memukau.Tepat rasanya waktu kami menyilau destinasiini memakai Dress Code Pink Hijau yang membuat semarak dengan perpaduan corak warna keindahan alam di sini.

Kami memasuki kawasan ini sudah siang menjelang sore karena perjalanan kami yang cukup lama.Mai Emi bayar tiket restribusi Rp 20 rb /orang ke Kebun Madu Effi dan juga ke Kabin & Taman Bunganya sekaligus dan juga di berikan free Propolis.

Bagi para pecinta Fotographi maka tempat ini bisa menjadi pilihan yang paling diminati.Keindahan alamnya terlukis didepan mata .Kita dapat berjalan jalan menikmati segala keindahan alam serta hunting foto pasti sangat menyenangkan.

Saat memasuki awal Kebun Madu Effi kita sudah disuguhi pemandangan bunga bunga sepanjang jalan mengitari Kebun Madu.Kenapa disebut Kebun Madu karena disini ada peternakan Lebah. Mereka juga punya Rumah Informasi Lebah.Ada Rumah Lebah yang berada dikiri kanan jalan .Pasti akan kepikiran kenapa ada Kebun Madu dan lebah disini ternyata menurut infonya ownernya seorang Ilmuwan yang mengeluti Ilmu Pangan dan Bioproteksi yang dulu pernah lama tinggal di New Zealand.selama 12 tahun .Sebelum dibuka menjadi tempat Agrowisata di th 2018,Kebun Madu Effi awalnya kebun jeruk dan Peternakan Sapi pedaging.Kemudian Ide tercetus dari Ibu Felix(Ibu Effi) untuk beternah Lebah Eropa karena cocok dengan cuaca dan iklim Puncak 2000 Siosar yang dingin berkisar 15-25 der C.

Pantas konsep Kebun Bunga dan kebun Madunya  terinspirasi suasana serasa di New Zealand lho.Saat kami datang Rumah Lebah tidak ada aktifitas hanya video tentang peternakan lebah saja.Sehingga Kebun Madu Effi mengusung  Konsep Wisata Agro dan Edukasi.

Kami melanjutkan ke area Glamping bersama di Camping Ground yang terdiri dari beberapa Rumah dengan warna warni yang semarak.

Beragam Aktifitas bisa dilakukan di Kebun Effi antara lain:

1.Belajar tentang Lebah bersama Owner Kebun Effi

2.Glamping bersama Keluarga,Sahabat di Camping Ground

3.Ngopi dan nongkrong di Cafe Kebun Effi

4.Melihat peternakan Sapi/Kuda

5.Tempat paling keren untuk Swafoto

6.Menikmati Sajian Madu Effi asli

7.Memetik Jeruk lansung dari pohonnya.

Kami melanjutkan ke area Camping bersama di Camping Ground yang terdiri dari beberapa Rumah dengan warna warni yang semarak.Disini juga kita ditawari Foto pakaian Hanbook Korea-Jepang.Sayang amai amai tidak tertarik lebih tertarik menikmati keindahan alam dan area campingnya yang full colour di setiap mini cottagenya.

Disini terlihat Papan Larangan Merokok yang cukup besar membuat pengunjung harus mengikuti aturan Protokoler disini yang tidak mengijinkan untuk merokok di alam terbuka mungkin semacam edukasi saja.Selain Vila vila juga ada area Camping Ground yang menyatu dengan lapangan hijau di tengahnya untuk Acara api Ungun atau bermain bersama .Karena areanya fotogenic dan Instagramable membuat kami tidak puas puas berfoto di area ini.

Kembali kami mengitari sekeliling dengan hamparan bunga bunga disekeliling area camping sampai menuju Cafe modern yang siap menyajikan menu kuliner.Sayang kami tidak sempat mencobanya karena perut masih kenyang.Jika melihat kondisi alamnya yang indah sejuk dan berada diperbukitan serta didukung berbagai fasilitas yang membuat pengunjung betah berlama lama menikmati segala fasilitas di kawasan luas ini.Kami juga tidak sempat menikmati Peternakan Sapi/Kuda yang juga berada dikawasan ini kita harus menuju Kebun Bunga Effi satu lagi yang berada cukup jauh dan harus kembali ke Parkir mobil.Mai Ninna beli Jeruk Madu disini dan kami memutuskan tidak jadi ke kebun Jeruk untuk petik jeruk berhubung waktunya mepet.
Kami melanjutkan perjalanan ke Kabin  Effi yang tidak kalah menarik dari Kebun Madu Effi yang tadi  kebetulan belum begitu sore yang ditutup jam 6 sore.Disini View keindahan perbukitan Siosar semakin tampak jelas.Terlihat ada pengunjung yang bikin acara makan bersama di tengah kebun bunga nan indah.Disini kami ketemu dngan Photograper lokal yang tanpa sengaja kita minta bantu saat foto.

Kawasan ini terdiri dari beberapa Kabin kabin cantik full colour yang disewakan untuk pengunjung buat menginap.Udara sejuk nyaman dan pemandangan indah di perbukitan serta warna warni  kabin yang dipunya membuat suasana santai saat wisata menjadi berkesan..Kami menikmati taman tamin cantik nya dengan view indahnya deretan kabin kabin di sepanjang Kebun ini.Indahnya

Hari semakin senja sementara kita harus melanjutkan perjalanan menuju Berastagi dan Sibolangit.