Sabtu, 13 Agustus 2022

BERASA HANIMUN SAAT DI NEGERI GENDING SRIWIJAYA.... ETAPE 2 TOUR DE SUMATERA

Etape II(9-11 Mei 2022)

Setelah Etape I kami dengan Keluarga Aat Fatma dari Alahan Panjang-Kayu Aro-Sungai Penuh dan akhirnya berakhir di Hotel Dafam Lb Linggau .Kami hanya tinggal berdua nginap disini karena Aat dan kel sudah jalan lebih duluan untuk mengejar sampai lebih cepat di Surabaya.

Kami berdua akhirnya menginap di  Hotel Dafam Lb Linggau dimana Hotel ini pernah kami singgahi sebelum lebaran tahun sebelum pandemik  yang lalu.Walau cuma semalam di Dafam tapi kami menikmati fasilitasnya dan breakfastnya yang lengkap untuk area Lb Linggau sudah termasuk Hotel yang terbaik.

Berada di Jl HM Soeharto Km 12 No 168 Lb Linggau .Malam ini kami order Suite Junior Double yang posisinya berada di pojokan sehingga bisa menikmati Matahari terbit di pagi hari.Habis breakfast masih menikmati suasana pagi di lb Linggau dengan suasana Dafam yang asri.

Dari Dafam Lb Linggau yang cuma semalam kami melanjutkan etape II menuju Palembang dengan route :
Lb Linggau-Tebing Tinggi-Lahat-Muara Enim -Sekayu-Betung-Palembang          dengan jarak 365 km ditempuh dengan waktu 8 jam 30 menit.Route ini lebih nyaman dan jalanan bagus  tidak ditemukan jalanan jelek seperti saat anak anak pulang ke Padang.Bila kita penikmat touring apalagi senang mencari spot spot foto di perjalanan membuat suasana menjadi asik dan tidak boring.Bila saja becak motor,Truk pengangkut kelapa sawit ,anak sekolah full tumpah di 1 bentor ,mampir sholat di mesjid nan nyaman serta kuliner di perjalanan menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi objek foto maka rangkaian perjalanan kami menjadi indah dan seru .

Jarak tempuh nyaris 9 jam kami memasuki Kota Palembang dengan kondisi sangat capek sehingga gak kuat buat cari makan malam.Untung sebelum Palembang kita sempat mampir makan Sate Pariaman .

Kami memasuki Hotel The Zuri yang sudah kita order saat di jalan dan hasil diskusi dengan anak anak dan Faras-Anisa pernah nginap di hotel ini.Hotel The Zuri berada di kawasan yang sama dengan Transmart Palembang,Bahkan parkirnya menyatu dengan Mall besar ini.Kami memutuskan untuk stay 2 malam menginap di Palembang dengan 2 Room yang berbeda Floor 16 dan Fl 19 yang berbeda dengan view Ampera Bridge,Indahnya..Negeri Gending Sriwijaya.

Kami tidak salah pilih hotel yang apik bersih nyaman dan point Interestnya Breakfastnya yang full menu. dan sangat lengkap layaknya Hotel *****.Kita akan bahas khusus tentang The Zuri (next sesi ya...sabar ).

Rangkaian kuliner dan destinasi kami lewati selama 2 hari di Kota Palembang al:

1. Kuliner Pindang Patin Musi Rawas

2.Al Quran Terbesar di Gandus (special edition)

3.Mesjid Agung Palembang (special edition)

4.Jembatan Ampera Sungai Musi

5.Sea Food Gareng

6.Sky Lounge 25 fl The Zury

7.Mpek mpek Beringin

The Zury Hotel dan Al Quran Gandus dan Mesjid Agung Palembang kita bahas disesi khusus ya karena banyak informasi yang akan saya ulas(Special Edition).

KULINER PINDANG PATIN MUSI RAWAS                                                                       Ada yang membuat penasaran doi saat kembali main ke Palembang untuk mencoba Pindang Patin Musi Rawas.Warung makan ini memang sangat terkenal walaupun secara harga cukup mahal tetapi tidak membuat penikmat kuliner kapok buat kembali.

Kami masuk ke warungnya sebelum makan siang dan itupun sudah penuh diisi para pegawai yang berpakaian dinas sudah duduk manis untuk makan siang.
Berdiri sejak th 1986 secara konsisten rumah makan ini menyediakan makanan khas Palembang "PINDANG".Karena kami berdua penasaran dengan Pindang kami pun pesan Pindang Patin,Pindang Udang Galah (2 porsi) .Wow Pindang Udang Galahnya cukup Mahal dengan Porsi Rp 120 rb /porsi membuat makan siang kami sangat special.Awalnya pesan 1 porsi penasarn begitu segarnya seperti kita makan Tom Yum membuat saya order 1 porsi lagi.
Pindang dengan kuah khas berwarna orange dengan rasa asam' pedas bercita rasa gurih.Enaknya.

Tapi jangan takut mahal karena menu di rumah makan ini disertai harga per porsinya jadi sebelum makan dan pesan kita sudah tahu berapa harga Pindang yang akan kita bayar.Tidak rugi kami ke sini untuk menghilangkan rasa penasaran sudah mencicipi rasa Pindang Legenda di Palembang.

Al Quran Terbesar di Gandus

Kami diberi keluasan rezeki untuk ke-2 kalinya berkunjung ke Museum Al Quran terbesar di Gandus yang terletak di Jl Mohamad Amin Kec Gandus.Palembang.Al Quran Al Akbar ini terdiri dari 30 Juzz yang dibuat dari Kayu Tembesu dengan ukuran tinggi 15 meter.Masya Allah indahnya.(Sesi khusus akan kita kupas tentang Museum Al Quran ini ya..)

Mesjid Agung Palembang

Kita juga mampir ke Mesjid peninggalan Kesultanan Palembang ini yakni Sultan Mahmud Badarudin I Jaya Wikrama  yang  didirikan th 1738 dan selesai 10 th kemudian 1748.Mesjid yang berada di Jl Jend Sudirman Kel 19 Illir Kec Bukit Kecil Palembang.

Bagaimana sejarah dan kupasannya kita bahas di sesi khusus Wisata Religi ya..

JEMBATAN AMPERA SUNGAI MUSI
Berada di Kota Palembang pasti akan identik dengan ikon Kota ini dengan Jembatan Ampera.Jembatan yang terbentang diatas Sungai Musi dengan panjang 1.177 m Lebar 22 m dan jarak antara menara 75 m serta tinggi 65 m.
Selain menghubungkan dua wilayah yang berada di Sungai Musi jembatan ini dulunya bernama Jembatan Musi  dan pernah juga dinamakan Jembatan Soekarno untuk penghormatan kepada Soekarno yang berperan besar saat pembangunannya.
Kami menghabiskan senja dikelilingi Pasar Malam yang tumpah ruah di sekitar Benteng Kuto Besak yang penuh dengan sejarah zaman Belanda dan Jepang.Niat awal untuk menikmati Sea Food di samping Jembartan Ampera yaitu River Side Restaurant yang menghadap ke jembatan Ampera yang pernah kami datangi sebelumnya.Karena jalanan sangat padat dan penuh baik masuk dan keluar Pasar malam Jembatan Ampera akhirnya niat kami ubah mencari Sea Food dilain tempat saja.

SEA FOOD GARENG
Sea food ini tanpa sengaja kami temukan saat malam setelah menghabiskan waktu di Jembatan Musi.Targetnya kita memang mau menikmati Sea Food di Kota Palembang tapi bukan resto di tepi sungai Musi yang sudah pernah kita datangi dulunya.Saat Waze mulai error untuk mencapai sebuah resto Sea Food tiba tiba saya melihat ada Warung Sea Food yang ramai dipenuhi penikmat sea food.Walau kami sudah lewat dan kembali balik ke warung sea food ini.

Berada di Jl Veteran No 32 L,Kepandean Baru,Kec Ilir Timur I,Kota Palembang.

SKY LOUNGE THE ZURY

Kami menghabiskan malam terakhir dengan santai menikmati live music di Sky Lounge The Zury di 25 fl serta sempat check sound dengan 2 lagu yang manis di malam ini.Malam makin larut sementara Lounge ditutup jam 23.00 malam.Nampak para dokter dokter yang lagi seminar ikutan foto foto di sky Lounge.Kami istirahat untuk besok melanjutkan etape terakhir santai kembali ke Rantau Bekasi.

PEMPEK BERINGIN
Berada di Jl Veteran No 32 L,Kepandean Baru,Kec Ilir Timur I,Kota Palembang.Inilah salah satu kuliner dan oleh oleh yang wajib dibawa wisatawan bila berkunjung ke Palembang.Terasa kurang afdol bila tidak menenteng kudapan terkenal ini.Salah satu empek empek terkenal di Kota Palembang yang direkomendasikan yaitu Empek Empek Beringin.Tanpa kami duga ternyata salah satu cabangnya terletak di samping Hotel Zury deretan Ruko yang kami tinggal jalan kaki beberapa meter saja dari Hotel.Padi saat habis breakfast setelah jam buka kami menuju Rukonya.
Pempek Beringin merupakan warisan turun temurun yang sudah dimulai sejak tahun 1970 di daerah Sayangan dimana arti BERINGIN itu Pohon besar yang menaungi ,kenyamanan dan rasa kekeluargaan.Cita rasanya yang khas dari Ikan tenggiri dan tepung tapioka adonan yang khas tidak keras saat di goreng membuat rasa pempeknya sangat legit ditambah rasa cuko khasnya yang asam membuat Pempek ini selalu dicari peminatnya.kan.

Beragam olahan pempek dengan jenis seperti Lenjer,adaan,telur,kulit.Bahkan sekarang sudah ada dalam kemasan Frosen sehingga untuk luar kota menjadi lebih aman dan praktis dengan berbagai kemasan dan jumlah yang diinginkan.
Berhubung kita baru sarapan jadi tidak kuat untuk mencoba kuliner ini lansung di tokonya.Jadi kita kemas saja dalam bentuk frozen untuk oleh oleh keluarga.
Setelah beberes barang kami check out di The Zury  jam 10.30 sambil merapikan barang barang di mobil biar nyaman dan lega.
Berakhir Etape ke -2 kami untuk selanjutnya meneruskan perjalanan di sisa Etape Terakhir di Jam 11 meninggalkan Kota Palembang.

See you next Etape Terakhir.