Minggu, 14 Agustus 2022

MENIKMATI ETAPE TERAKHIR TOLL TRANS SUMATERA PALEMBANG-BAKAUHENI...

Etape Terakhir(11 Mei 2022)

Rabu pagi tgl 11 Mei 2022 merupakan hari terakhir kami di Palembang. Setelah packing pakaian terakhir ke koper kecil kami bersiap untuk Breakfast di Resto Makan Palace 3 fl The Zury Hotel.Kami berjumpa denga  para dokter puskesmas  se SUMSEL yang sedang Raker semalam foto foto di Sky Lounge Hotel ini.Sambil menikmati hidangan Breakfast dengan santai setelah mereka buru buru menyelesaikan santapannya karena waktu mereka masuk acara.

Kami menikmati aneka menu di Resto ini tanpa ketemu lagi dengan pemudik karena hari ini sudah beraktifitas seperti sediakala.Saatnya santai dan tenang .Setelah beberes barang kami check out di The Zury  jam 10.30 sambil merapikan barang barang di mobil biar nyaman dan lega walaupun kita cuma b2 saja.

Kami meninggalkan The Zury sambil dijalan doi sudah bilang sebaiknya kita di Rest area Toll makan Nasi Bungkus saja.Tanpa sengaja setelah selesai ngobrol kami melewati Restoran Sederhana .Alhamdulilah Ucapan adalah doa ternyata.Sederhana masih baru buka kami memilih aneka lauk yang masih panas panas dan wangi.Kami memilih Nasi bungkus 2 plus Lauk Jengkol Goreng balado dengan Air mineral untuk menemani kami di Etape terakhir berdua saja.Lamak bana...

Jam 11 siang kami menuju Bakauheni dengan total jarak tempuh 385 km prediksi 4 jam 30 menit dan kedatangan di sekitar jam 15.30 sore.
Jalan yang kami lalui ini Route Palembang -Bakauheni yang dulu ditempuh dengan 12 jam perjalanan kini dengan adanya Toll Trans Sumatera  Kayu Agung-Palembang  sejauh 373 km  sehingga waktu yang ditempuh sekarang hanya 3-3,5 jam saja.
Perjalanan Palembang -Lampung Bakauheni melewati 3 ruas Toll:

1. Toll Palembang-Indralaya
2. Toll Terpeka(  Terbangi besar-Pematang  panggang-Kayu Agung)
3. Toll Terbangi Besar-Bakauheni Selatan

Jam 13.an kami mampir untuk Sholat jamak dan makan siang di Rest Area Km 214.Sholat jamak di mesjidnya yang pakai AC nyaman dan bersih serta tak lupa memesan Kopi Latte di Point Coffee Indomaret.

Udara terik di rest area ini membuat kami memutuskan makan nasi bungkus didalam mobil saja dengan santai dan menikmati mobil mobil keluar masuk rest area.Saran buat pemudik bila melewati toll Trans Sumatera ini lebih baik membawa stock makanan karena rest area belom begitu lengkap untuk warung warung makan yang sesuai selera.Paling ada Mini Market yang menjual roti,minuman dan snack.Tetapi untuk makan siang belum begitu lengkap pilihannya.

Kami memasuki gerbang toll untuk pembayaran Route Toll Trans Sumatera tadi dengan Route Palembang*(Kayu Agung Utama )-Bakauheni Selatan harga Rp 289.000.Kami sampai di Pelabuhan Bakauheni hampir jam 4 sore.Beginilah kira kira penampakan Toll Trans Sumatera Palembang-Bakauheni , foto dari atas pakai drone  yang dimiliki  dokumentasi HK(Hutama Karya)

Kami memasuki jalur Khusus Kapal Ferry Express dengan total Tagihan ASDP Bakauheni sejumlah Rp 590.050 yang sudah kita bayar semalam beli Tiket express 2 penumpang plus mobil  untuk keberangkatan Jam 20.00 WIB malam ini.
Prediksi kita ternyata lebih cepat jam 16.00 kami sudah memasuki Jalur khusus Kapal Express.Kita secara teratur ikut barisan mobil dikantong kantong untuk tunggu kapal.Mobil kami berada di Kantong Kiri no 3 paling kanan persis di depan Anjungan Agung Mall.
Tidak ada kericuhan seperti saat di Merak waktu mudik ke Padang.Prediksi 3 kapal Ferry kita sudah terangkut.Ternyata magrib tiba dan malam makin gelap kapal k.e-3 hanya bongkar muatan dan pergi dalam kondisi kosong mungkin istirahat atau ada "Trouble"
Kami akhirnya menunggu Kapal Ferry ke-4 sambil nyari makanan di Anjungan Kapal Ferry.Akhirnya kami menemukan "Bakso Sonny" yang sangat terkenal di Lampung dan ada cabangnya di anjungan Ferry.Saya pesan 1 porsi Rp 38 rb sesuai harga dan rasanya memang enak.Ternyata sama sama lapar akhirnya doi pesan 1 porsi lagi kembali ke anjungan.Karena masih lama Ferry ke-4 akhirnya kami memutuskan sholat di mushollanya sambil kembali beli Kopi di mini market.
Alhamdulillah Ferry ke-4 merapat KMP Batu Mandi Panjang jam 21.05 kita memasuki Ferry dengan lancar dan tertib serta aman.Setelah parkir kami memasuki Kapal Ferry untuk mencari tempat duduk selama penyebrangan.Awalnya milih paling atas kapal kemudian kami memutuskan masuk ruangan.Untung tersisa 2 sofa kosong dengan sigap kita duduki.

Perjalanan yang lancar ke seberang tanah Jawa.Welcome Merak.Isi BBM dulu kemudian melanjutkan toll menuju Harapan Indah.
Kami memasuki Kota Harapan Indah Jam 01.20 tengah malam dengan selamat dan sehat walafiat.Sudah ditunggu 2 bujang dengan Nasi Goreng panas panas untuk kami nikmati setelah lelah perjalanan dari Palembang ke Bekasi.
Ngobrol seru dengan mereka suka duka Travelling berdua saja tanpa mereka ikut di mobil kembali ke rantau.Usai sudah travelling balik mudik kami dengan santai dan banyak destinasi dan kuliner yang dicoba .

Teringat kata kata indah dari BUYA HAMKA  yang berpesan: "Cari pasangan itu gak mesti mapan,yang  penting kamu tahu apa rencana dia untuk ke depannya.Dan profesinya tidak perlu harus ini itu.Memang Cinta butuh makan,namun ada satu perasaan ketika kamu mau untuk berjuang bersama,maka itu lebih terasa nikmat"..      Masya Allah tanpa disadari itu yang saya ikuti saat memilih pasangan hidup tanpa melihat "ini dan itu" nya waktu dulu 30 th yang silam ..Alhamdullilah semua terwujud satu per satu seperti mimpi mimpi dan angan tertinggi dulunya yang gak mungkin diraih.

Alhamdulillah Barakallah atas nikmat nikmat sehat ,waktu,kesempatan,rezeki dan umur bisa menikmati Alam Ciptaan Allah SWT
Surat Al Mulk ayat 15:"Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu,maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-NYA .Dan hanya kepada-NYA lah kamu kembali setelah dibangkitkan".