Halaman

Minggu, 06 Maret 2016

IBADAH UMROH DI SAAT PERGANTIAN TAHUN BARU MASEHI DI MAKKAH AL MUKARRAMAH..EDITION 2

Setelah melakukan Umroh I hari ke 5 tgl 30 Desember 2015 sekitar jam 10 malam dan hampir selesai lewat tengah malam.

Berada di kota suci Makkah Al Mukarrahmah menjelang hari hari pergantian tahun Masehi menuju Tahun 2016 tidak ada yang special bagi penduduk Kota Mekah.Karena pergantian tahun Masehi bukan sesuatu yang lumrah untuk dirayakan .
Tetapi bagi kami mendapat sesuatu rezeki dan rahmatNYA bisa diberikan waktu ,keluasan rezeki serta kesehatan bisa melakukan ibadah di Kota suci disaat orang orang umumnya melepas pergantian tahun di Pusat Hiburan,Restaurant,Mall bahkan di pusat pusat keramaian Kota.
Ada rasa kebahagian dan syukur  yang tidak terkira bisa beribadah dan ziarah ke tempat tempat bersejarah  di Kota suci ini.Tanah Haram (Mekah dan Madinah) merupakan Kota suci yang memiliki kemuliaan dimana pahala sholat kita di Mesjid di tanah suci ini dilipatgandakan .Pahala sholat di Masjidil Haram atau masjid d I Kota Suci  Madinah
Sementara Umroh ke-2 dilakukan hari ke-7 tahun Baru Masehi 1 Jan 2016.Kami melakukan miqot di Ji'ronnah .Tempat yang berada sekitar 26 km dari kota Mekah .

Dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. 

Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)
Nach bayangkan saja bila kita sholat dan ibadah 1 kali  di Kota Mekah berarti sama dengan 100.000 sholat di Masjid lainnya.Subhanalloh..Hadits inilah yang membuat bila kita mampu dan punya kesempatan umroh dan Haji akan dilipatgandakan pahala yang kita terima.


Solat ini bukan saja khusus di Masjidil Haram tetapi sholat di seluruh tempat di Makkah .Karena dalam Al Quran dan As Sunnah seluruh tempat di Makkah disebut Masjidil Harom. Pemahaman ini yang kami juga dapatkan saat Ibadah haji th 2012 lalu.



Dari Umroh ke Umroh berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya ,dan Haji mambrur tidak ada pahala baginya kecuali Surga.(HR Bukhari Muslim).


Salah satu niat kami untuk bisa kembali dan kembali lagi Umroh ke Kota suci ini.Apalagi diberikan kesempatan beribadah disaat pergantian tahun.Memang tidak special bagi umat Muslim.Tapi special bagi kami dapat merasakan ibadah di kota suci,bersujud,meminta ampun atas segala perbuatan yang salah dan banyak khilafnya selama tahun 2015.
Bukan saja ibadah yang kami dapatkan malah bisa berkenalan dan silaturahim dengan umat muslim se dunia.Alhamdullilah Wa syukurillah.
Selain memperbanyak ibadah di Masjidil Haram ,Sholat Lima Waktu,Sholat sunat ,Membaca Al Quran,Dzikir,Thawaf sunah .Tetapi kami juga melakukan ziarah ke tempat bersejarah di seputar Kota Mekah seperti Jabal Tsur,Padang Arofah,Muzdalifah,Mina dan Jabal Nur. dan juga ke Jabal Rahmah.
4 hari di Mekah seperti hanya sekilas bagi kami masih banyak ibadah yang belum optimal kami lakukan di Umroh ke-2 kami berdoa agar bisa kembali lagi ke Kota suci ini dan juga berdoa untuk keluarga,sabahat,kaum muslim semuanya agar dapat diundangNYA untuk beribadah di negeri yang aman dan penuh Barokah ini...
Terasa waktu 4 hari hanya sebentar  saatnya di hari ke 8 persisnya tgl 2Jan 2016 kami siap siap meneruskan perjalanan ke Madinah untuk ziarah di Makam Rasullulah dan ibadah di Mesjid Nabawi.
Subuh kita sudah packing barang karena jam 8 bagasi sudah dicollect di depan kamar.Kebetulan Group umroh Etihad Reguler akan pulang ke Jakarta maka koper Ajwah Green kita bisa titip 4 pax biar nanti tidak terlalu over bagasi .Sisanya koper Non Ajwah dapat kami bawa ke Madinah.
Thawaf Wada kami lakukan jam 10 sampai sholat zhuhur   di Masjidil Harom  dengan melakukan Sholat Jamak Takdim .
Kami masih sempat pesan Burger King pesenan Hanif after Zhuhur ternyata saking cepatnya  transaksi dengan BK semua order kami di "paksa" menjadi up size..akhirnya 4 pesenan semua up size dengan total hampir 400 Rban 
Rupiah..alamak...ternyata di Kota suci masih ada juga yang "nakal" ke customer...
Habis makan siang kami masih tunggu Bus yang rencana menuju Madinah tetapi kami akan city tour Jeddah melewati Mesjid Qisas..Makam Siti Hawa..Belanja Cornise dan mampir di Mesjid terapung ...

Sempat belanja coklat,cemilan,perfume dll dan merasakan sensasi Bakso Mang Dul yang paling terkenal di Jeddah.
Saatnya kami melanjutkan perjalanan Jedah Madinah...
   
to be continued
 















http://meciko.blogspot.co.id/2016/03/perjalanan-menuju-madinah-al-munawarah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar