Halaman

Selasa, 01 Maret 2016

SURGA SHOPPING DI 2 TEMPAT TERKENAL ..TAKSIM SQUARE DAN GRAND BAZAR…EDITION 15

Perjalanan hari ke-3 di Istanbul ada 2 tempat shopping terkenal yang sangat digemari wistawan Turki bila menginjak kaki di Istanbul.
Taksim Square dan Grand Bazar…wow mendengar tempat shopping mata dan telinga para Ibu ansung berdiri dan semangat untuk menghabiskan TLnya yang sudah ditukar saat di airport awal kedatangan kami ke Turki.

TAKSIM SQUARE

Daerah ini merupakan jantungnya Kota Istanbul dihubungi oleh Istiklal Street atau Istiklal Caddesi jalan khusus untuk pejalan kaki sepanjang 1,4 km berada di Distrik Beyoglu,Istanbul.Distrik yang berada di dataran Eropanya Turki merupakan salah satu tempat wisata belanja yang sangat terkenal di Turki.Bila berada di Istanbul wajib hukumnya wisatawan menginjakan kakinya di “ Paris”nya Istanbul ini.Suasana Eropa dengan bangunan bangunan bergaya klasik ,neo ghotic ,Art Nouveau memenuhi sepanjang jalan Istiklal yang dipenuhi oleh deretan butik terkenal,toko retail dan berbagai restaurant,café serta klub malam.Tidak saja pusat perbelanjaan saja tetapi juga dikelilingi oleh bangunan penting Mesjid,Gereja,Perguruan tinggi,Gedung Konsulat .

Kami diberi kesempatan untuk mengexplore daerah Taksim sebelum makan siang tiba.Karena Taksim sangat luas dan panjang group kami membuat meeting point persis di depan Hard Rock Cafe Taksim.

Berada disini seperti kami berada di Champs-Élysées, Kawasan Belanja Kelas Dunia di Paris..Cailee..Bagaimana tidak situasi dan style bangunannya hamper mirip dengan suasana Paris.Bedanya kawasan ini dilalui oleh kereta Trem Vintage berwarna merah yang membuat jalanan ini menjadi khas dan populer....

Nach tibalah saatnya kami hunting barang barang berkelas di kawasan ini.Hanif mulai dari semalam sudah mengajukan proposal untuk belanja sepatu di kawasan ini.Berhubung waktu dan barang yang kami hunting berbeda dengan adik Dr Yef dan Dr Titi.akhirnya kami berpisah agar waktunya bisa optimal dipakai.Berbagai Toko Retail dari Adidas,Nike Sport Centre dimasuki Hanif tetapi sayang saat kami disini Nike sedang melakukan renovasi Toko sehingga sementara waktu Tokonya ditutup.Sayang banget…
Sementara hunting pesenan si Uda Faras ke Hanif sempat kami temukan di retail toko toko brand terkenal baik kemeja,topi,perfume dll.Berada di pertokoan mewah dan modern ini akan membuat kantong cebol..hiks...
Sampai kami telat 15 menit dari waktu yang telah disepakati..oalaah..gpp dech demi anak anak tersayang...
Waktunya makan siang kami lanjutkan ke destinasi yang sangat terkenal juga

GALATA  BRIDGE

Galata Koprusu atau Galata Bridge merupakan jembatan yang melintasi Teluk Golden Horn Istanbul.Jembatan yang menghubungkan kawasan Istanbul Kota Lama dengan kawasan Istanbul Kota Baru.Kalau tadi di Taksim kita berada di kawasan kota Baru nan modern Istanbul di dataran Eropa.

Sehingga Jembatan Galata ini sangat strategis dengan pemandangan laut nan indah dan eksotik.Group kami diberi kesempatan untuk Lunch di sebuah Restaurant yang berada di lantai bawah jembatan yang dipenuhi oleh puluhan restaurant ,cafe sementara lantai atas dipenuhi oleh nelayan yang memancing ikan.

Sea food yang terkenal dengan Sandwich ikan (Balik Ekmek) membuat kami harus tetap mengantongi saos sambal product Indo...bukan iklan tetapi tanpa sambal dan saos menikmati sea food Turki serasa hambar saja.cailee
Berhubung restaurant di kawasan ini cukup mahal untuk kantong yang pas pasan sebaiknya kita harus meneliti menu list mereka.Kecuali kita dalam group yang sudah di booking duluan dengan menu standard group travel...
Setelah kenyang dan melepas lelah serta menghirup udara dan suasana tepi jembatan nan indah dengan ditemani burung burung camar mengitari kawasan indah ini.Saatnya kami melanjutkan perjalanan untuk next shopping ke kawasan yang paling top dan sangat populer.
Kami harus sholat jamak zuhur ashar dulu sebelum melanjutkan ke Grand bazar.
Mampir di sebuah mesjid mungil yang menurut Eda dulunya sebuah gereja.
GRAND BAZAR

Grand bazar merupakan pasar tertutup yang paling besar di dunia.Pasar yang dibangun th 1455 dan dibuka th 1561 merupakan pasar yang paling tertua dan memiliki hamper 4000 toko di dalamnya.Wisatawan yang berkunjung ke Istanbul akan sangat rugi bila tidak mampir ke salah satu pasar yang sangat terkenal ini.Surga belanja bagi wisatawan.
Berbagai barang dapat dijumpai di pasar ini antara lain: keramik,perhiasan,souvenir,karpet,rempah rempah,pakaian bahkan lampu lampu hias yang eye catching juga banyak di sini.
Saatnya kami hunting shopping sampai senja disini dengan waktu yang cukup lama kami dapat mengexplore hampir sebahagian lorong lorong khas Grand bazar.
Begitu banyaknya pintu pintu masuk menuju grand bazar sehingga kita harus bisa menandai di mana meeting point nantinya dengan group.
Saya cukup kalap belanja di Grand Bazar karena sejak dari tanah air memang sudah mempunyai rencana untuk mengisi toko Chiko Kado dengan berbagai pernak pernik khas Turki .
Saking banyaknya tentengan akhirnya kami harus drop dan istirahat sejenak di restaurant sambil menikmati Apple Tea dan Pizza.Itu pun Hanif sudah capek berkeliling sehingga saya dan Dr Titi kembali menghabiskan sisa waktu untuk bertransaksi dengan begitu banyak style dan corak model Phasmina dan scraf ala Turki …
Senja makin gelap saatnya kami harus kembali ke Bus yang sangat jauh tempat parkirnya dari Grand Bazar ditambah lagi dengan turunnya hujan membasahi Istanbul membuat badan menggigil kedinginan.Cepat cepat berlari kecil menuju Bus karena saatnya kembali ke Hotel dan packing semua barang dan belanjaan karena besok pagi kita sudah menuju Jedah.