Halaman

Sabtu, 05 Maret 2016

PERJALANAN UMROH MENUJU JEDDAH DAN MAKKAH AL MUKARRAMAH ..EDITION 1


Saatnya start waktu kami mulai beribadah umroh ke Kota suci Mekah dan Madinah setelah melakukan perjalanan wisata ke Turkey.Perjalanan kami menggunakan Turkish Airlines menuju Jeddah siang itu ditempuh 3 jam lebih .Saat di atas daerah miqot Yalamlam,maka saat itulah Jemaah umroh berpakaian ihrom dan mengucapkan niat “Labbaika Allahumma Umrotan”..
 Beberapa saat sebelum landing di Airport King AbdulAziz Jeddah.Para bapak bapak sudah mulai merapikan kain ihromnya dan membuka jacket dan yang paling penting pakaian dalam jangan lupa dilepas…xixi..Sambil bisik bisik ke Hanif kalau harus membuka cdnya upsss…

Mengenai tempat Miqot ada Hadist yang berhubungan dengan aturan ini.
Sesungguhnya Nabi Sallallahu Alaihi Wa sallam telah menentukan tempat miqat dalam hadits Ibnu Abbas Radhiallahu Anhuma dalam sabdanya,

وَقَّتَ رَسُولُ اللَّهِ - صلّى الله عليه وسلّم - لأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ ، وَلأَهْلِ الشَّامِ الْجُحْفَةَ ، وَلأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ الْمَنَازِلِ ، وَلأَهْلِ الْيَمَنِ يَلَمْلَمَ . قَالَ : فَهُنَّ لَهُنَّ ، وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ أَهْلِهِنَّ مِمَّنْ أَرَادَ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ ، فَمَنْ كَانَ دُونَهُنَّ فَمِنْ أَهْلِهِ ، وَكَذَا فَكَذَلِكَ حَتَّى أَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنْهَا ( أخرجه البخاريّ برقم 1524 ، ومسلم برقم 1181)
"Sesungguhnya Nabi sallallahu alaihi wa sallam menentukan miqat penduduk Madinah, Dzulhulaifah, untuk penduduk Syam, Al-Juhfah, untuk penduduk Najad, Qarnul Manazil dan untuk penduduk Yaman, Yalamlam.  

Beliau bersabda, ‘Tempat-tempat ini berlaku bagi mereka dan bagi orang yang datang lewat tempat tersebut, meskipun bukan penduduknya. Bagi orang yang ingin melakuan haji dan umrah. Dan barangsiapa yang (tinggal) sebelum miqat, maka (ihramnya) dimulai dari keluarganya (rumahnya). Bahkan termasuk penduduk penduduk Mekkah, memulai (ihram haji) dari Mekkah." (HR. Bukhari, 1524 dan Muslim, 1181)
Talbiyah yang mulai kami lafazkan..

Labbaik Allahumma Labbaik Labbaikala syarikalaka LabbaikInnalhamda wanni’matalak walmulkala syarikalak  
(Wahai Allah kami datang memenuhi panggilanMU.Tiada sekutu untukMU segala Puji dan Kuasa untukMU)
Landing di Jedah dan mulai mengumpulkan bagasi.Ternyata team penjemput Ajwah cukup lama menghubungi group kami.Sehingga waktu kami tersita habis di sini.Akhirnya penjemput bagasi datang untuk ambil bagasi dan masuk ke Bus.Sayang saat pick up disini Kopernya Bu Evita tercecer dan sampai di Mekah tidak di temukan.Kasian padahal dalam koper itu semua peralatan dan pakaian Umroh beliau ada disana…ambil hikmahnya aja bu jadi banyak belanja pakaian umroh dech di Mekah...
Setelah di Bus kami bertemu dengan ustadz yang akan mengiringi ibadah kami selama di Mekah dan Medinah .Setelah pembagian makan malam Cateringnya makanan Indonesia serta air mineral dan Roti Manis menemani kami perjalanan menuju Mekah yang ditempuh selama 1 jam perjalanan.
Memasuki Kota Mekah setelah perjalanan darat selama 1 jam dengan tak putus putusnya melafazkan talbiyah dan tetap menjaga dari batalnya umroh dan membayar dam.
Setelah check in di Hotel dan pembagian Room di Hotel Al Safeer Hotel yang berada hanya 400 m dari Masjidil haram dan persis berada di seberang Ajwad Makarim Mekah hotel.Hotel yang pernah kita pakai umroh I dulu dengan Mama .

Ajwad Makarim Hotel
 

Kami menempati hotel **** menurut Ajwah Tour and Travel.tetapi bila lihat faktanya space  room yang sangat pas pasan dan kebetulan kami dapat kamar dengan 3 Bedroom jadi terpaksa  taruh koper di Bed yang kosong.Tetapi selama di Tanah Suci kita harus banyak bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan.Walaupun secara kenyataan fasilitas selama di Turki lebih bagus dan keren dibandingkan di Mekah.
Saatnya kami akan melakukan Umroh I untuk menggugurkan niat umroh kami sejak di atas pesawat Turkish tadi siang.

Kami akan berada di Makah Al Mukaramah selama 4 hari dari 30 Desember sd Tgl 2 Jan 2016. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar