Halaman

Minggu, 23 Oktober 2016

WISATA BELANJA BATU PERMATA DAN PERNAK PERNIK BORNEO DI MARTAPURA.. EDISI 2

http://meciko.blogspot.co.id/2016/10/wisata-borneo-ikasmantri8514-16-october.html

Berada di Martapura yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Syamsudin noor  dan 45 km dari Kota Banjarmasin atau sekitar 1 jam perjalanan.
sambil menunggu bapak bapak Sholat Jumat .Kami mengitari sebuah Kompleks Pertokoan Batu permata yang paling terkenal di Martapura. Pertokoan CBS (Cahaya Bumi Selamat) yang beralamat Jl.Ahmad Yani, Kabupaten Banjar Martapura.
Memasuki Pusat pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) kami disambut dengan sebuah gapura indah bertuliskan Tulisan Arab  yang diambil dari Ayat Al Quran.Ternyata Kota Martapuran selain penghasil Intan terbesar juga merupakan Kota Santri.
Tidak begitu jauh dari pusat pertokoan juga berdiri sebuah Mesjid Al Karomah merupakan masjid termegah di Kota Martapura.
Kami diarahkan oleh Notaris teman Om pidin ke sebuah Toko Karya  Permata yang menjual berbagai jenis bebatuan Mulia dari Batu akik, Rubi,Safir,Kecubung bahkan Intan .Tidak saja bebatuan tetapi juga berbagai jenis dompet,tas dari anyaman manik manik  style Kalimantan.
Berbagai jenis batuan dari cincin,bros,kalung,gelang hampir semua jadi inceran teman teman.Dari awal jumatan sampai jumatan usai dan para bapak bapak bergabung masih saja kami kalap dengan koleksi bebatuan dari yang murmer sampai harga jutaan.
Sempat juga mengitari beberapa toko di sekitarnya terlihat ada Toko Pengrajin Kalimantan Rotan menjualTikar Lampit Kalimantan, Peci jangang, tas Rotan,Batok kelapa,Jok Mobil ,Mandau,Gelas Akar Pasar Bumi dll .Saya menemukan 2sepasang tikar Lampit Bamboe berukuran 180x200 cm cukup lebar dan bisa dilipat praktir  dengan desain flower dengan harga yang cukup murah ( 2 set=Rp 700 rb) akhirnya berpindah tangan .
Beberapa toko ternyata kalau Jumat malah tutup karena disini terkenal dengan Muslim yang taat sehingga Liburnya mereka malah Hari Jumat.Sementara Sabtu dan minggu hari pasarnya yang ramai.
Waktu sudah makin sore sementara kami belum makan siang.Saatnya harus mengisi perut yang sudah keroncongan.Ini baru kunjungan pertama kita ke Martapura dan hari terakhir pun sebelum ke Airport kita masih ada waktu untuk jalan kembali ke Pertokoan ini.
Lunch di RM IKAN GORENG CIANJUR.
Pasti akan berpikir yang sama dengan kami kok kita kuliner ke RM Ikan cianjur sich.Udah sampai Banjarmasin tetap saja mencari masakan sunda.Ternyata Restorant ini tidak begitu jauh dari Pertokoan CBS tadi sementara kita sudah sangat kelaparan karena saking semangatnya belanja lupa waktu makan.
Restorant  Ikan Goreng Cianjur berada di Jl Ahmad Yani,Banjar. Merupakan restorant group Ayam dan Ikan Goreng Cianjur yang pasti menyajikan hidangan berbagai jenis ikan dengan racikan ala sunda.
Setelah order menu ikan,ayam,cumi  semua dengan ala Sunda.Makan dan sekaligus sholat di mushola mini mereka di belakang sambil menunggu hidangan lengkap di meja.
Kami masih sempat menikmati Ikon kota Martapura di sebuah lapangan yang berada di seberang CBS dengan tulisan besar Huruf MARTAPURA..Tetapi bisa bernarsis ria sampai hujan gerimis membasahi Kota Martapura.
Bukan saja awal sampai menginjak kaki di Borneo tetapi kami masih saja belum puas untuk kembali ke Martapura di hari terakhir.
Akhirnya kami diantar oleh Mas Wawan ke sebuah Toko Langganannya Nte Ibeth.Bila beliau bawa tamu dari pusat atau dari Padang pasti dibawa ke Toko yang sangat lengkap ini .Berbagai batuan Intan,Berlian  dan batu batu berbagai jenis ada disini.Harga sampai puluhan juta..wow keren…
Bahkan masih bisa keliling lagi ke Toko Kain Sasirangan .Akibat bujukan dan rayuan Bu Notaris Ita belikan kami phasmina sasirangan buat ibu ibu.Tks Bu Not…
Puas dan dompet terkuras belanja 2 x kesempatan ke Martapura…Pasti buat ibu ibu yang doyan shopping bila ke Banjar tanpa ke Martapura dunia terasa Hampa…cailee…
to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar