Minggu, 18 Agustus 2019

ALCAZABA De MALAGA SAKSI BISU PERTAHANAN TERAKHIR UMAT ISLAM.. EDISI 10

Day7(09 Feb19 Kami menginap hanya 1 malam saja di NH CAMPO DE GIBRALTAR HOTEL.Kita check out  pagi ini karena cuma 1 malam saja.Breakfast tersedia jam 7.30 .Bagasi baru bisa di drop di recepsionis setelah breakfast dan kita menuju Malaga jam 8.30 .
Jarak Gibraltar menuju Malaga sekitar 136 km ditempuh selama 2 jam perjalanan .Sementara suhu saat ini di Malaga sekitar 10 der C cukup segar hanya butuh jacket tipis saja.Kami akan menyusuri jalanan daray Gibraltar menuju Malaga ditepian pantai Laut Mediterania. Hanya berselang 2 jam perjalanan tanpa kita harus ke rest area sampailah kami di Kota Malaga .Kota kedua terbesar di Spanyol.Malaga merupakan Kota yang berada di tepi pantai yang indah.Disini tempat plesiran warga Spanyol menikmati musim panas di tepi Pantai Malaga.

Salah satu objek terkenal yang akan kita kunjungi di Malaga adalah Benteng La Alcazaba yang merupakan benteng yang dibangun sebagai bagian pertahanan dari para perompak atau bajak laut peninggalam suku Moor.
Bila kita sudah menjelajahi Cordoba betapa pilu dan mirisnya jejak umat Islam di Spanyol selama proses Reconquista.
Apa itu Reconquista??
Reconquista adalah upaya Kaum Kristen merebut kembali Semenanjung Iberia.Reconquista (dalam bahasa Spanyol dan Portugal) berarti penaklukan kembali.Periode selama lebih kurang 700 th( 539 th bagi Portugal)  pada abad pertengahan ketika beberap akerajaan Kristen di Semenanjung Iberia akhirnya berhasil mengambil kembali Semenanjung Iberia dari kekuasaan orang islam.
Penaklukan Islam terhadap kerajaan Visigoth Kristen pada abad ke-8 mencakup hampir semua wilayah semenanjung Iberia kecuali sebagian Galicia,Asturia,Cantabria,Catalonia,dan negara Basque.Selang 500 th kemudian satu satunya penguasa Muslim yang tersisa di semenanjung Iberia adalah Dinasty Nasriyah di Granada.Dinasti ini ditaklukan th 1492 sehingga seluruh Semenanjung Iberia berada dalam kekuasaan Kristen dan menandai berakhirnya Reconquista.
(Ensiklopedia Peradapan islam ANDALUSIA: Dr.Muhamad Syafii Antonio )

Saat di Malaga ini kita kembali melihat saksi bisu benteng pertahanan terakhir Umat islam di Malaga yaitu La Alcazaba.Kami diberi waktu sebebas bebasnya di malaga sampai sore.Sehingga setelah kita foto keluarga di diantara bangunan indah Kota Malaga kami berpencar sesuai dengan target destinasi yang masing masing kami inginkan.Ada yang suka sejarah maka dia akan menelusuri jejak sejarah Islam.Yang suka shopping pasti akan mampir di pertokoan sepanjang jalan Kota Malaga atau yang senang menikmati keindahan alam Pantai Malaga beberapa teman menikmati naik kuda mengelilingi Malaga.Free time sesuai yang kalian inginkan.
 Saya dan Onty Jihan memutuskan kami memasuki Benteng La Alcazaba yang penuh sejarah menjadi saksi bisu pertahanan terakhir umat Islam di Malaga. Alcazaba de Malaga dibangun di atas Bukit Gibralfaro seluas 15 ribu meter persegi.Bangunan benteng Alcazaba (Citadel)ini dibangun pada era Abdul Ar Rahman I .Berada tepatmenghadap laut dan berada tidak jauh  di situs bekas benteng Romawi pada Abad I.Posisi yang strategis bisa memandang ke arah 360 ' ke arah kota dan ke arah laut Mediterania dan Benua Afrika.Struktur temboknya terbuat dari batu kapur dan sisa reruntuhan theater Romawi sementara fondasi benteng ini terbuat dari batu karang sangat kokoh sekali.
 Saya dan Onty memasuki benteng Alcazaba ternyata kami bareng ketemu sepasang "kekasih zaman old" yang juga masuk bareng kami yaitu drg Mira dan Pak Adam.Drg Mira merupakan teman saya saat jalan ke UK-Scotland April 2018 dan kembali joint di Andalusia dengan membawa sang suami tercinta Pak Adam.Pak Adam merupakan pensiunan Jenderal bintang ** & seorang Laksamana Muda TNI AL lho.Tetapi mereka pasangan yang sangat humble dan saat kami bareng pak Adam tidak segan segan mengambil foto kami bertiga dengan istri cantiknya.Sangat Supel dan humble bangets sehingga kami nyaman saja berada diantara pasangan murah senyum ini.Jangankan 1-2 kali foto berkali kali berhubung sang istri maniak di foto setiap sudut pintu ,dinding,pohon selalu kudu wajib dijepret.Tapi beliau tidak pernah bosan  dan kesal jepret istrinya.Apalagi dengan gaya gaya manja istri membuat beliau luluh untuk selalu jepret foto sang istri cantiknya.Sampai sampai saat kami di Andora Drg Mira saking asik foto lupa ternyata di depan kaca dan terbentur kaca wajah beliau.Pasti biru dan lebam lah saking pose maniak abiezz. ..hikss..#mohonijinbudokter..

Seru bila kita ketemu beragam sifat dan style teman  travelling.tetapi kita semua kompak dan seru walau kadang kadang ego tiap orang kadang terlihat di setiap perjalanan.Kadang ada yang bertingkah sombong dan angkuh yang seolah olah cuma dia yang keliling dunia yang lain baru 1-2 kali.Ya itulah sifat manusia pingin lebih dari lainnya.Tapi itu yang membuat seru lho selama perjalanan .Bener gak nich..Saya,Onty Bu Nani ,Mbak Adonia,Teh Tati,Hevie,Ratna,Ayu dan beberapa teman Rusia 417 sudah mengenal karakter masing masing kami karena sudah lebih 4-5 kali jalan bareng.Semua saling mengerti dengan hobi masing masing kita.Ada yang hobinya shopping barang branded ,Hobi tiap kota mencari Toko Merchandise Hard rock  atau melipir ke setiap Kedai kopi S hanya untuk koleksi Thumblernya(termasuk saya nich)..koleksi toko kalau saya mah.
Bahkan saat di Malaga inilah Grandy dituduh memborong thumbler Kedai kopi Starbuck ini padahal memang kedai kopinya lagi renovasi.Huhaha.resiko TL yang selalu Jastip maka saat Thumber gak ada dikira diborong sang TL.Beberapa kali Grandy jadi bahan olokan kami bila thumbler S belum ditemukan.hikss..sorry Grandy
Setelah puas menikmati benteng Alcazaba dan kami berempat juga menikmati perbukitan malaga dari samping Benteng sambil melihat keindahan Kota Malaga nun dari bukit .Indah sekali.

Kami turun menelusuri pertokoan Malaga untuk mencari souvenir dan juga pernak pernik toko pastinya.Setiap saya mencari isi toko baik souvenir ,barang barang unik selalu Onty setia menemani .Walau beliau kadang kadang hanya mencari beberapa saja buat keluarga di rumah .Tetapi beliau selalu setia menemani saya tiap belanja.Karena dia tahu persis target shopping saya ke setiap kota yang dilalui.
Thanks Onty chayank...muachhh.
 Saat kami melihat foto Teh Tati mejeng di group WA penasaran dengan bangunan full colour yang juga pose sang Paduka Om tedy mejeng di group.Akhirnya kami bertiga Mbak Rina,Onty lari larian untuk mengejar tempat bangunan itu berada.Berada di tepi pantai banyak ternyata tempat yang Instagramable di sana untung kita diberitahu sang Paduka Ote.
Wah bisa mati gaya kalau tidak ketemu nich.untung kita bertiga masih ketemu Grandy dan Arma disana sehingga masih bisa foto bertiga.Perjalanan kami berakhir di Malaga kota nan indah di tepi Laut Mediterania.

Perjalanan kami berakhir di Malaga kota nan indah di tepi Laut Mediterania.Kami melanjutkan perjalanan ke Granada sebelumnya kita sudah sepakat mampir untuk shopping di Nevada Mall Granada.Waktu kita habiskan disana sebelum kita check in di Hotel Occidental Granada untuk 1 Night saja.
Malam ini kita menginap di Kota Granada untuk besok harinya kita akan mengunjungi Istana sangat indah Alhamra.Nach penasaran khan dengan Istana Cantik Alhamra.Yuk ikuti terus edisi Andalusia ya...

Yuk ikuti terus edisi Andalusia ya...