Halaman

Senin, 26 Agustus 2019

KETIKA CINTAKU TERTINGGAL DI BARCELONA EDISI 13

Saat th 1988 dan saya masih di bangku kuliah di  akhir masa kuliah salah satu Lagu yang sangat terkenal dari penyanyi Fariz RM yaitu "Barcelona".Fariz RM menulis dan merilis lagu Kisah Cinta di Barcelona tsb sehingga lagu itu meledak dan sangat populer membawa nama beliau terkenal dengan Ikon "Barcelona".
Saat itu pernah terpikir lho..Barcelona indah dan cantik sekali Kota ini.Kapan ya saya bisa sampai di Kota ini.
Nach hari ini khayalan itu menjadi kenyataan "Dreams come true"...Terbayang gak sich 30 th kemudian kaki menginjak Kota Barcelona...Horeee..Ternyata benar gantungkanlah cita citamu setinggi langit.Insya Allah diijabah Allah SWT.BARCELONA
 "Gemerlap pesta kota
Seolah getar flamenco mengalun jiwa
Kududuk terhanyut nuansa
Di sudut semarak Plaza Catalonia
Kala sepasang mata menatapku manja
Mengajak berdansa
Sapanya, "Quiere usted bailar conmigo?
Quiere darme su direccion, Senorita?
Kuingin kau ajak serta malam ini
Como se pronucia, oh juwita
Ingin kunyatakan cinta sepenuh kata
Mungkin esok ku 'kan pergi
Tapi kuberjanji
Pasti diriku kembali
Untuk cinta yang tertinggal
Di jantung Barcelona
Peluklah diriku mesra dalam cinta
Sebagai pengikat rindu
Akan kukenang selalu cintaku di Barcelona"

BARCELONA
Barcelona merupakan Ibukota Wilayah Otonom Spanyol Catalonia yang terletak di Comarca.Barcelona ini merupakan Kota terbesar ke-2 di Spanyol atau Andalusia  berada diantara dua sungai Llobregat dan Besos.Barcelona itu berada di wilayah Timur Spanyol di Pantai Laut Mediterania.
Ternyata Kota Barcelona ini menjadi Kota satu satunya di dunia yang meraih "Royal Gold Medal for Architecture".Sementara penghargaan ini biasanya diberikan ke individual atau group tetapi ini Kota meraih predikat yang sangat tinggi .
9 Situs bersejarah di Barcelona merupakan Situs Warisan dunia UNESCO dan 7 diantaranya merupakan hasil karya seorang arsitek terkenal Antonio Gaudi.
Daya magic terbesar turis berkunjung ke Barcelona ternyata tim sepak bola mereka yang sangat terkenal FC Barcelona.Tadi pagi kita sudah menjejakan kaki di Stadion terbesar di Eropa CAMP NUO merupakan salah satu destinasi paling terkenal di Barcelona.
WISATA BARCELONA
1. STADION FC BARCELONA "CAMP NUO"  Edisi 12
2. La SAGRADA FAMILIA
Salah satu Situs Warisan Sejarah Dunia UNESCO th 1984 yaitu Basilika La Sagrada Familia yang dibuat oleh Antonio Gaudi th 1882.
Mahakarya Antonio Gaudi ini menjadi Ikon Barcelona.Tidak mungkin ke Barcelona bila kaki tidak menginjak La Sagrada Familia.Gereja yang berarsitektur dengan gaya Gothic dan Art Nouveau dengan panjang 90 m dengan lebar 60 m dengan 8 menara yang indah.
2 TL  guanteng Ote yang menemani kami di Group 2 dengan background La Sagrada Familia Arma dan Grandy selalu kompak dan saling support.Bahkan nanti di akhir perjalanan kami terbukti saat "Over Bagasi Trouble " di Madrid Airport mereka berdua bekerja dengan optimal agar "kasus gaduh" kami terselesaikan dengan bijak dan sangat surprise.Thanks alot Arma dan Grandy..Tunggu kisah seru kita di ending Edisi Andalusia ini yaa..Kita keep dulu untuk nanti ya.

Setelah kami foto keluarga kita menyebar ke La Sagrada Familia sehingga kita pernah bersama di lokasi ini.Saya kebetulan masih bertiga dengan Onty dan Mbak Linda menyusuri lokasi luar Gereja Gothic ini tetapi memang kami tidak masuk ke dalam .
Pembangunan gereja ini sempat terhenti karena Antoni Gaudi meninggal 1926 akibat kecelakaan dan jasadnya ternyata dikebumikan ruang bawah tanah Sagrada, dan kemudian beberapa arsitek meneruskan target rampungnya Basilika ini th 2026.Tepat saat 1 abad kematian Gaudi nantinya.
Terlihat saat kami datang masih saja ada pembangunan dilokasi gereja.Menara utama gereja ini setinggi 172,5 m menjadikan La Sagrada Familia merupakan katedral tertinggi di Eropa.Luar biasa rancangan  Sang Brilian Antonio Gaudi sangat megah dan indah ini.Bahkan dapat menampung 13 ribu pengunjung.Wow Fantastic..
Kami menikmati dari luar saja sangat menakjubkan.Tetapi waktu kami harus dibagi juga untuk belanja souvenir,ngupi dll.Barangkali kami merupakan salah satu pengunjung Basilika ini yang dikunjungi tiap tahun sekitar 3,5 jt pengunjung.Wow..
Kami menghabiskan waktu di sini dengan mencari souvenir Barcelona di deretan toko toko souvenir.Kita akan menuju city centre tak lupa mampir di Toko Merchandise Hard Rock dan ngupi di kedai Kopi "S".
 3. LAS RAMBLA
Berhubung Barcelona dipenuhi aneka bangunan indah ,fantastic dan beragam destinasi yang kami ingin datangi .Jadi saat di Las Rambla kita diberi waktu seluas luasnya untuk eksplore Pusat Kota Barcelona. Wajar disini kita jadi berpencar sesuai dengan target tempat yang akan kita datangi.
Jalanan sepanjang 1,3 km ini seperti jalanan terbaik di Barcelona yang terbentang dari Plaza Cataluna menuju Pelabuhan Lama Barcelona Port Vell.
Bila saya,Onty,Mba Linda dan Bu Hani hanya bermain tidak sampai ke pelabuhan dan tepi pantai Laut Mediterania.Beda dengan Mbak Gagarina dengan Group Aceh Sisters yang sempat mengabadikan foto fotonya di pelabuhan Port Vell.Cantik nian...

Jangan sedih bila kita tidak sampai ke tepi pantai Barcelona karena tiap sudut Kota ini semua cantik dan indah.Terlihat kami menemukan Kran air minum yang lansung bisa diteguk dari kran di tepi Jalanan La Rambla.Sangat cantik dan unik.Bahkan ada cerita bila kita minum air kran Barcelona itu berarti kita akan kembali ke Barcelona.Semoga saja ya..
Jalanan La Rambla sangat nyaman untuk pejalan kaki karena tersedia jalur ditengah yang lapang dan luas sementara untuk motor dan mobil menggunakan jalur sisi kiri dan kanan.Terbalik ya kali di kampung kita.Sementara sepanjang La Rambla dipenuhi toko toko ,restoran,cafe serta toko toko souvenir khas Barcelona.Kami sampai di Plaza Cataluna yang sangat terkenal itu.
 Kami sampai di Plaza Cataluna yang sangat terkenal itu.Inilah jantungnya Kota Barcelona.Luas jantung kota ini sekitar 5 Ha dengan mempertemukan Kota Tua dengan distrik modern Barcelona.Ratusan merpati jinak seolah olah menghipnotis kami menuju titip pusat Cataluna untuk bermain dan mengekspresikan kebebasan kami setelah sampai di Barcelona.

Senja mulai terlihat dari langit Barcelona.Hati kami mau saja pingin duduk dan leyeh leyeh di Plaza Cataluna seperti tidak mau berpisah dengan suasana Kota nya nan cantik.Sambil menunggu Bus yang akan menjemput kita kami masih sempat ngopi ngopi cantik di meja kursi dipelataran pertokoan sepanjang La Rambla.Angin senja yang makin kencang sudah mulai terasa menusuk ke tulang tulang karena kota ini berada di tepi pantai.Semakin sore angin laut semakin menerpa ke pipi dan badan kami. dinginnya.Kita masih punya waktu 1 malam lagi di Barcelona
Harusnya kami tadi pagi menuju Gaudi House ternyata gedung ini ditutup karena ada renovasi besar besaran.Sayang 1 destinasi kami jadi hilang.Sehingga kami jadi punya waktu yang panjang di Jantung Kota Barcelona.
Karena kita sampai masih senja di Hotel.Habis menaruh barang dan sholat kami sepakat jalan di Mall  La Maquinista yang berada di belakang Hotel kami hanya berjalan kaki 5-7 menit kami sampai di Mall.Kami ketemu carefour sambil belanja bahan bahan masak tentunya mbak Linda ck..ck
 Besok pagi kita akan menuju ke sebuah negara kecil yaitu Andora.Nach apa yang terkenal di negara kecil itu.Ikuti saja perjalanan kami di Andalusia sampai tuntas yaaa..